WhatsApp Diblokir Sementara atau Permanen? Berikut Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 04 April 2023, 13:30
Kenali ciri-ciri Whatsapp diblokir sementara atau permanen, penyebab, dan cara mengatasinya melalui penjelasan lengkap di sini!

Bagaimana jika akun WhatsApp kamu yang kena blokir? Masalah ini bisa dibilang umum dialami pengguna. Pemblokiran yang dilakukan pada aplikasi ini biasanya bisa kembali dipulihkan dan digunakan seperti biasa.

Ada beberapa penyebab dan ciri-ciri WhatsApp diblokir seseorang atau sistem. Penyebab utamanya adalah pelanggaran persyaratan. Misalnya dilaporkan karena melakukan spamming dan membuat pengguna lain terganggu.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika di-banned WA? Simak penjelasan Jaka di bawah ini tentang penyebab WhatsApp diblokir dan cara mengatasinya!

WhatsApp Terblokir Karena Apa?

Sumber foto: Friends of Fort Point Channel. (WhatsApp kamu bisa diblokir atau di-banned secara permanen atau sementara.)

Untuk menghindari seseorang yang dianggap menyebalkan atau mengganggu, aplikasi WhatsApp menyediakan fitur blokir.

Sebagai informasi, WhatsApp diblokir atau di-banned adalah salah satu kondisi ketika pengguna melanggar ketentuan atau terms of service yang dimiliki oleh WhatsApp. Jika hal tersebut terjadi, kamu tidak bisa menggunakan WA dengan nomor tersebut.

Secara umum, penyebab WhatsApp diblokir biasanya karena pengguna melanggar persyaratan layanan yang sudah ada. Di WhatsApp, ada dua jenis pemblokiran, yakni blokir sementara (temporarily ban) dan blokir permanen (permanent ban).

ADVERTISEMENT

Penyebab WhatsApp Diblokir Sementara

WhatsApp dapat memblokir sementara akun (temporarily ban) jika kamu melakukan hal-hal di bawah ini:

Penyebab WhatsApp Diblokir Permanen

Jika kamu sering terkena blokir sementara, ada kemungkinan kamu akan diblokir secara permanen. Alasan WhatsApp dapat memblokir akun kamu secara permanen (permanent ban) adalah sebagai berikut:

Lalu, berapa lama nomor WA diblokir? Akun WhatsApp biasanya akan terblokir dalam waktu 24 hingga 48 jam lamanya. Tunggu batas waktu tersebut. Setelah batas waktu blokir habis, akun WhatsApp yang diblokir sementara sudah bisa dibuka lagi seperti biasanya.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Sementara

Bagaimana cara mengembalikan WhatsApp yang terblokir, baik sementara atau permanen? Sebenarnya cara mengatasi WhatsApp diblokir sementara itu mudah, geng! Kamu cukup mengganti aplikasi tidak resmi yang dipakai dengan aplikasi WhatsApp yang resmi.

Namun, jika kamu yang sudah telanjur menggunakan aplikasi tidak resmi, seperti GBWhatsApp Pro APK, kamu perlu melakukan back up histori chat terlebih dahulu supaya tidak hilang. Nah, untuk selengkapnya, simak di bawah in!

Untuk Pengguna GB WhatsApp

Bagi kamu yang menggunakan GB WhatsApp, langkah-langkah back up di bawah ini baru bisa kamu lakukan ketika masa blokir sementara telah berakhir.

  1. Buka GB WhatsApp > menu More options > Chats > Back up chats.

  2. Klik Settings > Storage > Files.

  3. Cari folder yang bernama GB WhatsApp, tekan dan tahan.

  4. Klik titik tiga > More > Rename.

  5. Ganti nama foldernya menjadi WhatsApp

  6. Download aplikasi resmi WhatsApp > Login WhatsApp seperti biasa pakai nomor telepon.

  7. Ketika muncul tampilan back up, pilih Restore > Next

  8. Selesai. WA akan berisikan obrolan yang sebelumnya ada di aplikasi GB WhatsApp.

Sumber foto: JalanTikus. (Panduan mengatasi WA diblokir sementara pada GBWhatsApp.)

Untuk Pengguna WhatApp Plus

Jika kamu menggunakan WhatsApp Plus, semua data back up secara otomatis ditransfer ke aplikasi WhatsApp.

Dengan catatan, jika riwayat chat kamu telah disimpan sebelumnya, riwayat tersebut akan ditransfer secara otomatis ke aplikasi WhatsApp resmi.

Panduan mengembalikan WhatsApp diblokir pada WhatsApp Plus adalah sebagai berikut:

  1. Buka Play Store dan unduh aplikasi WhatsApp.

  2. Verifikasi nomor telepon.

  3. Chat otomatis telah tersimpan.

Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Selamanya

Bagaimana jika ternyata nomormu diblokir selamanya oleh pihak WhatsApp? Satu-satu caranya adalah dengan mengirim email ke pihak WhatsApp dan katakan alasannya.

Jika tetap tidak bisa, alternatif lain yang bisa kamu coba, yaitu dengan membuat akun baru dengan nomor baru. Pastikan untuk tidak mengulangi pelanggaran yang sama di masa depan.

Cara Mengatasi Whatsapp Diblokir Teman

Lalu, bagaimana jika WhatsApp kamu diblokir oleh seseorang? Secara otomatis, kamu tidak lagi bisa mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon. Ciri-ciri WhatsApp diblokir sementara oleh seseorang adalah sebagai berikut:

Bagaimana cara mengatasi WhatsApp diblokir teman tanpa ganti nomor atau menghapus akun? Simak panduannya di bawah ini.

  1. Pastikan semua nomor kontak dan data sudah di-backup.

  2. Buka Settings pada WhatsApp > Account > Hapus akun.

  3. Uninstall WhatsApp > Install kembali.

  4. Jika bisa melihat foto profil WA atau status dari teman, artinya kamu sudah berhasil membuka blokiran mereka.

Sumber foto: JalanTikus. (Tidak bisa mengirim pesan dan melakukan panggilan telepon jika WA diblokir teman.)

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga agar akun WhatsApp kamu tidak diblokir, yaitu dengan mematuhi aturan layanan yang sudah ada. Dengan begitu kamu tetap bisa menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi tanpa harus khawatir akan diblokir oleh pihak WhatsApp.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuka blokir WA orang yang memblokir kita, simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini:

Cara Membuka Blokir WA Orang yang Memblokir Kita Tanpa Ganti Nomor (Terbaru 2023)
Ingin tahu cara membuka blokir WA orang yang memblokir kita? Tenang, kamu bisa melakukannya meski tanpa persetujuannya. Simak langkah-langkahnya di sini.
LIHAT ARTIKEL

WhatsApp Akan Diblokir Kominfo?

Dilansir CNN, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan bahwa perusahaan yang tidak mendaftarkan PSE paling lambat 20 Juli 2022 akan dianggap ilegal dan hak operasinya di Indonesia bakal diblokir pada hari berikutnya, yakni 21 Juli.

Selain WA, produk perusahaan teknologi yang masuk dalam daftar PSE di antaranya adalah Google, Facebook, Twitter, Instagram, Telegram, TikTok, hingga YouTube.

Ada juga platform musik seperti Spotify dan Joox, serta berbagai marketplace, layanan video streaming, hingga game mobile seperti PUBG Mobile dan Mobile Legends.

Data Kominfo menunjukkan PSE yang sudah mendaftarkan diri antara lain Gojek, Traveloka, Tokopedia, OVO, TikTok, Resso, Spotify, Capcut, Helo, Dailymotion, Mi Chat, dan Linktree.

Dari kebijakan ini, netizen Indonesia protes terkait kebijakan pemblokiran dan menganggap aturan ini mengancam privasi mereka sebagai pengguna. Selain itu, pelarangan aplikasi sosial ini juga akan berdampak kepada masyarakat sebagai pengguna platform digital.

Sebenarnya, ada beberapa cara mengakses WhatsApp dan aplikasi lainnya yang terblokir. Meski ilegal, cara ini jadi andalan para pengguna internet.

Langsung saja, berikut Jaka bagikan cara membuka situs yang diblokir tanpa dan dengan menggunakan aplikasi di HP Android, iOS, hingga Google Chrome. Apakah benar-benar bisa dilakukan? Simak ulasan lengkapnya di sini, yuk!

10 Cara Membuka Situs Diblokir Tanpa & Pakai Aplikasi, 100% Works!
Kumpulan cara membuka situs yang diblokir di Android, baik tanpa atau menggunakan aplikasi terbaru 2024. SImak baik-baik!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai kabar pemblokiran WhatsApp dan bagaimana jika akun WhatsApp kamu yang diblokir, beserta cara mengatasinya. Penjelasan di atas bisa jadi solusi bagi kamu yang merasa diblokir, baik oleh sistem atau oleh teman.

Jadi, jangan panik kalau kamu mendapatkan pesan "Your phone number ****** is temporarily banned from WhatsApp. Contact Support", kamu cukup meng-uninstall aplikasi tidak resmi dan menggantinya dengan aplikasi WhatsApp yang resmi.

Oh ya, WhatsApp punya banyak tips dan trik yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah Mengetahui Lokasi Seseorang. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

9 Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp, Akurat & Ampuh!
Ingin lacak seseorang tanpa diketahui? Simak kumpulan cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp dengan berbagai perangkat di sini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel Cara Nonton Film di Telegram, WhatsApp Generator Text gratis, atau artikel Apps menarik lainnya dari Nural

ARTIKEL TERKAIT

174 Link Grup WhatsApp (WA) Terlengkap & Terbaru 2024, Join Yuk!

5 Aplikasi WhatsApp Terlarang Super Canggih 2023, Nikmati Fitur Eksklusif Tanpa Batas!

7 Cara Menggunakan WhatsApp Tanpa Nomor HP, Masih Works di 2024?

Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Menghapus Chat, Kontak, & Grup | Gampang!

Kembali Keatas