50+ Tips & Trik Fitur Terbaru WhatsApp 2021, Jarang Diketahui!

Ditulis oleh Jaka - Selasa, 26 Januari 2021, 11:30
Banyak fitur WhatsApp yang sangat jarang diketahui! biar makin kekinian, simak tips & trik fitur WhatsApp terbaru yang wajib kamu coba berikut ini!

WhatsApp memang dikenal sangat rajin dalam memberikan berbagai fitur baru untuk penggunannya. Sayangnya banyak orang belum bisa memaksimalkan berbagai fitur ini guys.

Nah untuk semakin memudahkan dalam banyak hal, berikut JalanTikus bakal mengulas kumpulan tips dan trik fitur baru WhatsApp yang bisa kamu gunakan.

Dijamin bikin chatting makin seru, jaga privasi, kurangi konsumsi data dan masih banyak lagi. Penasaran, kan? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Centang Satu Meski Sudah Dibaca

Fitur centang dua dan biru memang ditambahkan untuk memastikan pesan telah diterima dan dibaca dengan baik. Namun untuk kamu yang membutuhkan privasi, fitur WhatsApp ini memang cukup mengganggu.

Untuk mematikannya, kamu bisa saja membuat pengirim hanya mendapatkan centang satu walau kamu sudah membaca pesan yang dikirimkan loh. Untuk tahu caranya, simak di bawah ini!

GBWhatsapp 13.10.2
Apps Social & Messaging GBWhatsapp
DOWNLOAD

2. Bungkam Chat Teman WhatsApp di Grup

Sama seperti aplikasi chatting lainnya, WhatsApp memungkinkan kamu untuk membentuk grup dan bertindak sebagai admin. Nah fitur terbaru bisa membuat kamu membungkan chat anggota grup loh.

Dengan pengaturan yang mudah melalui menu Group settings, WhatsApp bisa membuat hanya admin saja yang bisa mengirim pesan di sebuah grup yang kamu ikuti. Wajib coba nih!

3. Mengetahui Last Seen yang Disembunyikan

Terkadang beberapa orang mematikan fitur Last Seen untuk menjaga privasi agar aktivitas online mereka tidak terlihat orang lain. Namun tetap saja, dengan tips WhatsApp ini kamu bisa melihatnya kembali.

Yang kamu perlukan adalah menggunakan aplikasi OnLog dan mendaftarkan nomor WhatsApp yang hendak kamu tracking. Bisa jadi serasa hacker kalau pakai cara ini!

Cara Melihat Last Seen WhatsApp Pacar Yang Disembunyikan, 100% AMPUH!
Cara melihat last seen WhatsApp yang disembunyikan ampuh buat kamu yang mau tahu aktivitas pacar kamu. Dijamin nggak bakal ketahuan kalau lagi kepoin!
LIHAT ARTIKEL

4. Membuat Group Video Call di WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp sudah menambahkan fitur Video Call yang memungkinkanmu melakukan panggilan video bersama teman. Kini kamu bisa melakukan panggilan video alias Group Video Call hingga bersama 3 kontak kamu guys.

Selain melakukan panggilan video bersama grup, kamu juga bisa melakukan Group Voice Call yang punya fungsi serupa, namun hanya berupa panggilan suara.

Cara Menggunakan Group Video Call WhatsApp, Bisa Ngobrol Berempat Sekaligus!
Jaka bakal mengulas cara video call grup WhatsApp, fitur baru yang diluncurkan aplikasi chatting yang membuat kamu bisa ngobrol berempat teman-temanmu.
LIHAT ARTIKEL

5. Mengganti Wallpaper WhatsApp

Bosan dengan wallpaper WhatsApp yang masih gitu-gitu aja? Atau mau diganti dengan foto gebetan biar makin mesra? Kamu bisa mengganti background WhatsApp biar chat kamu makin berwarna.

Bahkan, kamu bisa menggunakan aplikasi WhatsApp Wallpaper untuk mendapatkan wallpaper high resolution dari WhatsApp. Kamu juga bisa menggunakan foto yang kamu ambil loh.

6. Mematikan Tanda Centang Biru

Setiap pesan yang dikirimkan dan sudah dibaca akan ditandai dengan dua centang biru. Bila kamu merasa keberatan lawan bicara mengetahui status pesan sudah dibaca atau belum, kamu bisa mengubahnya.

Caranya masuk ke menu Settings > Accounts > Privacy. Dari situ, gulir ke bawah dan hapus tanda centang di pilihan menu Read Receipts untuk menonaktifkannya.

7. Menyembunyikan Status Last Seen

WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Bila hal ini dirasa mengganggu privasi, kamu bisa menyembunyikan status Last Seen tersebut.

Caranya, masuk ke menu Settings > Accounts > Privacy. Kemudian pilih menu "Last Seen", maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Kamu tinggal memilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut. Gampang banget, kan?

8. Mengirim Pesan Tanpa Simpan Nomor HP

Saat kebutuhan lagi terdesak, kamu pastinya pernah hendak mengirimkan WhatsApp namun belum pernah menyimpan nomor HP penerima. Memang agak ribet dan lama kalau harus melakukan proses ini terlebih dahulu.

Nah tips WhatsApp ini bisa membuat kamu mengirim pesan tanpa menyimpan nomor HP penerima. Jadi bisa makin cepat, apalagi saat keadaan terdesak guys.

Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Simpan Nomor HP Penerima
Mau kirim pesan WhatsApp tapi tak mau menambah daftar kontak yang sudah kebanyakan? Berikut cara kirim pesan WhatsApp tanpa menyimpan nomor HP penerima.
LIHAT ARTIKEL

9. Mengetahui Siapa yang Sering Dihubungi

Sudah sewajarnya kalau WhatsApp menjadi aplikasi yang enggak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari yang kamu lakukan. Makanya pasti ada saja orang yang kamu sering chat di aplikasi ini kan?

Untuk mengetahui siapa yang sering dihubungi di WhatsApp, kamu bahkan bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi. Cara selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Siapa Yang Sering Dihubungi Pacar Atau Pasangan Di WhatsApp
Pengin kepoin pacar atau pasanganmu? Jangan-jangan mereka selingkuh! Nah, begini cara melihat chat/panggilan mereka di WhatsApp.
LIHAT ARTIKEL

10. Membuat Status di WhatsApp

WhatsApp kembali meluncurkan sebuah fitur menarik yang bisa digunakan oleh banyak orang. Hampir mirip seperti Snapchat dan Instagram Stories, kamu bisa mengubah status menjadi lebih menarik dari sebelumnya.

Selain membagikan tulisan, dalam fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk membagikan gambar atau video ke teman-teman kamu. Lebih lanjut, kamu bisa baca artikel di bawah ini ya.

Tiru Snapchat Status di WhatsApp Kini Bisa Lebih Keren
Hampir mirip seperti Snapchat dan Instagram Stories, nantinya pengguna WhatsAp bisa mengubah status menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Seperti apa fiturnya?
LIHAT ARTIKEL

Fitur & Trik WhatsApp Lainnya...

11. Kirim Foto Tanpa Mengurangi Kualitas

Pada versi terbaru WhatsApp, kamu sudah bisa lho mengirim hampir semua format file via WhatsApp. Itu artinya kamu dapat mengirim foto resolusi tinggi di WhatsApp tanpa mengurangi kualitas.

Caranya kamu harus mengirimkannya melalui lampiran dokumen, ini langkah-langkahnya.

12. Pin Obrolannya dari Kontak Tertentu

Berapa group WhatsApp yang kamu miliki? Dan, berapa banyak chat yang masuk setiap harinya? Repot bukan kalau harus menelusuri chatting-an penting satu persatu.

Fitur terbaru WhatsApp 2017 ini bisa kamu gunakan sebagai solusi, pin saja obrolan penting kamu di WhatsApp. Dengan ini, kamu bisa lebih efisien dan hemat waktu dalam menggunakan WhatsApp.

13. Mengubah Video Jadi GIF

Tips WhatsApp keren lainnya ialah memungkinkan kamu untuk mengubah video menjadi format gambar bergerak GIF. Belakangan ini gambar GIF memang lagi populer banget di media sosial.

Kamu bisa menciptakan sesuatu yang kreatif dari fitur terbaru WhatsApp ini. Caranya gambang banget, seperti biasa kamu mau kirim foto atau video dan klik format GIF.

Cara Mudah Convert Video ke GIF di WhatsApp Untuk Semua Smartphone
Ada fitur di WhatsApp yang dapat mengubah video jadi GIF. Memang, bagaimana cara convert video ke GIF di WhatsApp?
LIHAT ARTIKEL

14. Membuat Foto Profil 3 Dimensi

Bosan sama tampilan foto profil WhatsApp yang flat alias gitu-gitu aja? Kamu juga bisa membuat foto profil 3 dimensi di WhatsApp dengan melakukan sedikti olah foto menggunakan aplikasi Pixel Lab guys.

Membuat foto 3 dimensi ini tergolong gampang-gampang susah sih. Namun jika kamu mengikuti tips WhatsApp di bawah ini, dijamin bakal lebih mudah kok!

Cara Membuat Foto Profil 3D Di WhatsApp
Foto profil WhatsApp menggunakan foto 2 dimensi mungkin sudah biasa, lalu bagaimana jika foto tiga dimensi
LIHAT ARTIKEL

15. Verifikasi Dua Langkah

Inovasi WhatsApp dalam membuat penggunanya nyaman dan aman tak pernah berhenti. Salah satunya adalah kehadiran fitur two-step verification (verifikasi dua langkah) untuk Android maupun iOS.

Verifikasi dua langkah adalah sebuah fitur yang mengharuskanmu memasukkan sebuah password/passcode khusus untuk bisa mengakses informasi dari akun tersebut.

Fitur Verifikasi Dua Langkah WhatsApp Sudah Rilis, Begini Cara Pakainya
Fitur verifikasi dua langkah (two-step verification) kini sudah aktif. Begini cara menggunakan fitur tersebut untuk mengamankan akun kamu.
LIHAT ARTIKEL

16. Menambahkan Robot Canggih

Pernah pakai Telegram? Dibandingkan WhatsApp, Telegram lebih unggul karena memiliki fitur Bot yang bisa digunakan untuk menjalankan perintah otomatis.

Bahkan, Bot Telegram bisa diajak main game, loh! Nah, biar WhatsApp makin canggih dan seru, kamu juga bisa tambahkan Bot di WhatsApp, berikut caranya!

Cara Menambahkan Robot Canggih di WhatsApp Android
Setelah video call di WhatsApp, apa kamu mau fitur yang lebih keren lagi? Jika mau, yuk tambahkan robot canggih di WhatsApp!
LIHAT ARTIKEL

17. Mengubah Tema WhatsApp

Pernah nggak kamu bosan dengan tema bawaan WhatsApp yang nggak bisa diganti-ganti? Fitur mengganti tema memang nggak disediakan secara resmi oleh pihak WhatsApp.

Maka dari itu, Jaka akan kasih tahu kamu cara mudah ganti tema WhatsApp tanpa root. Caranya bisa kamu simak di bawah ini.

GBWhatsapp 13.10.2
Apps Social & Messaging GBWhatsapp
DOWNLOAD

Kalau belum begitu paham bagaimana cara mem-backup chat WhatsApp silakan baca artikel berikut ini:

Cara Mudah Backup Chat WhatsApp
Kamu gak mau kehilangan chat WhatsApp yang penting? Jangan khawatir, pakai aja cara backup chat WhatsApp dan mengembalikannya kembali berikut ini.
LIHAT ARTIKEL
Cara Mudah Mengubah Tema WhatsApp Tanpa Root
Cara mengganti tema WhatsApp untuk tampilan yang keren. Bisa pakai foto sendiri & tanpa aplikasi! (tanpa root).
LIHAT ARTIKEL

18. Backup Percakapan WhatsApp ke Format TXT

WhatsApp sangat berguna untuk para pengguna smartphone yang sering berkirim pesan instan. Tapi, apakah pengguna bisa melakukan back-up percakapan WhatsApp?

Nah, maka dari itu Jaka hadir untuk memberi tahu cara back-up percakapan WhatsApp ke format TXT. Baca selengkapnya artikel di bawah ini, ya!

Cara Backup Percakapan WhatsApp ke Format TXT
Jaka kini hadir untuk memberi tahu cara backup percakapan WhatsApp ke format TXT. Memangnya bisa ya? Bisa dong! Kamu saja yang mungkin belum tahu caranya. Baca selengkapnya artikel ini ya.
LIHAT ARTIKEL

19. Hemat Kuota Internet Saat Menggunakan Whatsapp

Kamu pengguna aktif WhatsApp? Tentu saja penggunaan aktif akan membuat konsumsi data boros. Untungnya, aplikasi pesan instan ini memiliki fitur khusus untuk menghemat data sehingga kamu bisa lancar berkomunikasi tanpa kantong jebol.

Nah, berikut ini terdapat langkah-langkah yang harus kamu atur untuk hemat kuota internet saat menggunakan WhatsApp:

Cara Jitu Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan Whatsapp
Kamu pengguna aktif Whatsapp? Ingin menghemat penggunaan kuota internet? Simak ni cara jitu untuk menghemat kuota internet saat kamu menggunakan Whatsapp.
LIHAT ARTIKEL

20. Melihat Orang yang Kepo Profil WhatsApp

Pernah enggak sih merasakan kalau ada seseorang yang ngintip atau kepoin profil WhatsApp yang kamu miliki? Ya sudah jelas, kamu pasti ingin mengetahui pelaku di balik orang yang kepo tersebut guys.

Berbekal aplikasi Whats Tracker, kamu pun bisa mengetahui dan melihat orang yang sering kepoin profil WhatsApp kamu. Kamu bisa mengikuti tips WhatsApp ini dengan beberapa langkah di bawah ini.

Cara Mengetahui Siapa Yang Melihat Profil Whatsapp Kita
WhatsApp memiliki bagian bernama profil, dimana foto profil kamu dapat terlihat lebih jelas. Biasanya kalau ada orang yang suka kamu, bakal suka ngintipin. Tapi, kamu nggak bisa tahu siapa orangnya. Solusinya? Yuk simak cara mengetahui siapa yang melihat profil Whatsapp kita berikut...
LIHAT ARTIKEL

21. Membuat Boomerang di Status WhatsApp

Memang kedua aplikasi ini sudah berada di bawah satu naungan, yakni Facebook. Melalui Status WhatsApp, kamu juga bisa membuat video Boomerang layaknya yang bisa kamu lakukan di Instagram Stories.

Untuk membuatnya, kamu bisa menggunakan aplikasi Boomerang for Instagram atau membuat GIF dari video yang kamu rekam loh. Cara selengkapnya, lihat di bawah ini.

22. Mengetahui Pesan WhatsApp Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan

Pernah nggak sih kamu kesulitan menghubungi teman yang menonaktifkan fitur Read Receipts alias centang biru. Belum lagi, fitur "Last Seen" juga dimatikan.

Untuk memastikannya, Jaka punya trik baru nih untuk mengetahui pesan kamu dibaca atau tidak meski centang biru WhatsApp dimatikan. Caranya adalah dengan mengirim rekaman suara.

Ketika kamu mengirim pesan suara dan teman kamu memainkan pesan tersebut. Maka dua centang biru akan tetap muncul tak peduli meski fitur Read Receipts sudah dimatikan.

Dengan ini, ketauan deh apakah dia sengaja mengabaikan kamu atau tidak. Selain itu, masih ada cara lagi. Selengkapnya kamu bisa baca artikel berikut: Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Kamu Dibaca Meski Centang Biru Dimatikan.

23. Edit Foto ala Snapchat Sebelum Kirim

WhatsApp menambahkan fitur drawing dan kemampuan menambahkan stiker pada kamera WhatsApp seperti yang terdapat pada Snapchat. Bahkan, antar-mukanya terlihat sangat mirip.

Jadi, setelah kamu mengambil foto atau video. Kamu dapat menambahkan emoji, mencoret-coret, atau menambahkan teks, persis seperti Snapchat.

Selain itu, WhatsApp juga menambahkan fitur flash di kamera depan WhatsApp yang berfungsi menerangi objek agar hasilnya lebih cerah saat selfie di tempat minim cahaya.

Selengkapnya kamu bisa baca artikel berikut: Facebook Tambahkan Fitur Ala Snapchat ke dalam WhatsApp.

24. Beri Tanda Bintang

Ada informasi penting dalam percakapan? Biar enggak tenggelam dan hilang begitu saja, kamu bisa memberikan tanda bintang. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting.

Caranya, pilih pesan yang ingin kamu tandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik. Maka akan muncul tanda Bintang pada header WhatsApp, tepat di samping ikon Delete dan pilihlah tanda bintang tersebut.

Bila ingin melihat pesan yang sudah ditandai bintang, kamu cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan Starred Messages.

25. Mention Teman di Group

Seperti Twitter, WhatsApp juga punya fitur mention di grup. Dengan menggunakan fitur ini, kamu yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih mawas diri saat di-mention.

Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter "@". Setelah mengetik simbol "@" di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan muncul.

26. Membalas Pesan yang Tenggelam di Grup

Saking ramainya percakapan dalam grup, kadang kita sering dibuat bingung. Teman kita sebenarnya menjawab pertanyaan yang mana.

Biar lebih rapi, kamu bisa mengutip salah satu pesan di grup dan membalasnya. Caranya, tekan lama pesan tersebut, maka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak.

Salah satunya, yang terletak paling kiri, ada ikon bergambar panah. Kamu cukup menekannya sekali, lalu WhatsApp akan otomatis mengutip pesan yang ingin kamu komentari.

27. Mematikan Download Otomatis

Paket kuota Internet kamu lagi kembang kempis? Kamu bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima tidak otomatis terunduh.

Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini tentunya mengakibatkan konsumsi kuota yang cukup besar.

Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage. Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut.

28. Memblokir Kontak

Kamu sering mendapatkan pesan nggak jelas dari orang tak dikenal? Blokir saja. WhatsApp menyediakan fitur ini dan bisa diakses dengan mudah.

Caranya, buka percakapan dengan orang yang dituju. Sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas dan pilih tab More. Pilih menu Block.

29. Video Call

Setelah menanti lama, akhirnya WhatsApp merilis fitur video call miliknya. Dulu, kamu harus menggunakan WhatsApp versi Beta untuk menikmati fitur ini.

Tapi sekarang, siapa pun bisa melakukan video call via WhatsApp. Caranya, masuk ke chat room yang ingin kamu hubungi. Lalu, kamu tinggal klik tombol Video Call.

30. Kirim File via WhatsApp

Saat fitur berbagi dokumen pertama kali diumumkan, kita hanya bisa mengirim file berekstensi PDF. Kini WhatsApp meningkatkan dukungan mengirim file dokumen dengan cakupan ekstensi file lebih luas.

Kamu sekarang dapat mengirim file berekstensi Word, Excel, dan PowerPoint. Praktis ya bisa berkirim file kantor atau tugas kuliah via WhatsApp. Caranya seperti berikut ini.

31. Pesan WhatsApp Otomatis Terenkripsi

Layanan olah pesan WhatsApp menegaskan komitmennya untuk selalu menjaga privasi dan keamanan data penggunanya dengan mengenkripsi percakapan antar-penggunanya.

Maka, semua pesan, foto, video, file, dan pesan suara yang kamu kirimkan secara otomatis akan dienkripsi secara end-to-end. Bahkan, termasuk obrolan grup dan panggilan suara.

Ide dari fitur ini cukup sederhana, yakni ketika seorang pengguna saling berkirim pesan, maka satu-satunya orang yang bisa membacanya adalah lawan bicara kita atau orang-orang dalam grup.

Tidak ada orang lain yang bisa melihat pesan tersebut, tidak ada cyber crime, tidak ada peretas, bahkan pihak WhatsApp sekalipun.

32. Quick Reply Notifikasi

Fitur Quick Reply tentunya semakin memudahkan kamu dalam membalas pesan secara cepat dan mudah tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Quick Reply ini bekerja di layar apa pun, termasuk lockscreen sama seperti fitur pop-up notifikasi.

Setelah menekan reply button, kamu akan mendapati overlay untuk mengetik balasan dan mengirimnya tanpa harus membuka aplikasi terlebih dahulu.

33. Bisa Kirim Tulisan Unik

Kamu dapat mengutak-atik teks yang diketik, yakni membuat teks dalam format tebal, miring, dan lainnya.

Font WhatsApp ini tidak didapatkan dari tombol ataupun opsi lainnya. Kamu harus memasukkan sedikit kode unik agar teksnya berubah.

Caranya, kamu bisa baca artikel berikut: [7 Cara Mengubah Font WhatsApp (WA), Bikin Tampilan Keren & Unik!](7 Cara Mengubah Font WhatsApp (WA), Bikin Tampilan Keren & Unik!), yang sudah pernah JalanTikus bahas.

34. Mengembalikan Pesan yang Terhapus

Sebagian besar pengguna smartphone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chatting utama. Termasuk kamu kan?

Tentunya kamu punya pesan percakapan yang sangat penting, namun bagaimana jika percakapan kamu terhapus atau hilang. Entah karena ganti atau kehilangan perangkat dan sebab lainnya.

Lebih lengkap, kamu bisa mengembalikan pesan yang terhapus pada artikel berikut: Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Terhapus.

35. Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

Untuk alasan tertentu, jika kamu ingin mengetahui lokasi seseorang lewat pesan WhatsApp atau pesan Facebook, ternyata itu bisa kok dilakukan.

Kamu bisa coba tips keren yang sudah JalanTikus sajikan, baca artikel berikut: Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat Pesan WhatsApp dan Facebook.

36. Baca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui dan Tanpa Menghilangkan Centang Biru

Mungkin kamu pernah merasa kesal karena privasi kamu untuk mengabaikan pesan seseorang jadi terusik.

Betapa tidak, sekarang orang bisa tahu kamu sudah membaca pesannya atau belum. Ujung-ujungnya, jadi nggak enak hatikan kan kalau mau cuekin dia?

Nah, kamu bisa baca artikel berikut: Cara untuk Menyembunyikan Status Pesan Terbaca di WhatsApp Tanpa Menghilangkan Centang Biru.

37. Baca Pesan WhatsApp Tanpa Ketahuan Pengirim

Kamu pasti tahu kan bahwa tanda sebuah pesan WhatsApp sudah dibaca adalah munculnya dua simbol ceklis biru pada smartphone si pengirim pesan.

Nah, ternyata kamu bisa kok memilih untuk tidak memunculkan tanda ceklis biru ini setelah kamu membaca pesannya.

Caranya, bisa kamu baca di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Menonaktifkan Fitur Centang Biru WhatsApp di Android.

38. Menggunakan 2 Akun WhatsApp dalam 1 Smartphone

Meskipun kamu menggunakan smartphone dual SIM, namun kamu memang hanya bisa menggunakan satu nomor saja di satu smartphone. Ternyata ada cara mudah untuk menggunakan dua Whatsapp dalam satu smartphone. Kamu cukup menggunakan aplikasi bernama Disa. Untuk lebih lengkap tentang tips WhatsApp ini dan cara menggunakannya, silakan baca artikel berikut ini: Cara Seru Pake 2 WhatsApp dalam 1 Android.

39. Bikin WhatsApp Teman Kamu Rusak (Crash) dan Tak Bisa Digunakan

Salah satu bug yang ditemukan pada WhatsApp terbaru adalah tidak mampu menampung terlalu banyak emoji. Kamu harus mengirim sekitar 4200 emoji secara bersamaan untuk bikin WhatsApp teman kamu crash dan tak bisa digunakan sementara.

Cara lebih lengkapnya dapat kamu lihat pada artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Usil Membuat WhatsApp Teman Rusak Cuma Bermodalkan Smiley.

40. Menggunakan Emoji Jari Tengah dan Kondom

Emoji jari tengah merupakan fitur terbaru yang dimiliki WhatsApp. Entah dengan alasan apa, emoji ini akhirnya dibuat dan menjadi fitur resmi WhatsApp.

Sedangkan emoji kondom adalah sebuah kampanye anti AIDS yang sedang digalakkan oleh DUREX.

Kamu bisa baca ulasan lengkapnya di artikel tips WhatsApp berikut: Cara Menggunakan Emoji Jari Tengah dan Emoji Kondom di WhatsApp.

41. Menggunakan WhatsApp di Komputer atau Laptop

Tidak hanya bisa chatting WhatsApp lewat smartphone, kamu juga dapat melakukan obrolan menggunakan PC atau laptop.

Caranya sangat mudah, kamu hanya tinggal menggunakan WhatsApp Web yang merupakan fitur resmi dari WhatsApp.

Kalau kamu belum tahu caranya, baca aja artikel tips WhatsApp berikut ini:

Cara Download WhatsApp Di Laptop/PC + Cara Install-Nya, Mudah!
Malas bolak-balik cek WhatsApp di HP saat sedang menggunakan laptop? Tenang, kamu bisa download WA di laptop juga, kok! Simak caranya berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

42. Mengirim Pesan WhatsApp Secara Otomatis dan Terjadwal

Ternyata kamu bisa mengirim pesan WhatsApp secara otomatis dan terjadwal? Asyik banget, bagaimana caranya? Kamu perlu menginstal aplikasi pihak ketiga bernama WhatsApp Scheduler.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat sebuah pesan WhatsApp, lalu mengatur waktu kirim dan berapa kali pesan tersebut akan dikirimkan secara otomatis.

Cara penggunaannya bisa kamu lihat di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Buat Jadwal Otomatis Kirim WhatsApp.

43. Cara Mengetahui WhatsApp Diblokir

Jika sebelumnya JalanTikus menjelaskan cara memblokir kontak WhatsApp, sekarang Jaka jelaskan bagaimana cara mengetahui apakah akun WhatsApp kamu diblokir atau tidak oleh orang lain.

Caranya dapat kamu baca di artikel tips WhatsApp berikut: Ini Dia Cara Mengetahui Apakah WhatsApp Kamu Diblokir Gebetan.

44. Mematikan Notifikasi Grup

Di aplikasi WhatsApp, tentunya kamu bergabung dengan beberapa grup tertentu. Baik secara sukarela, maupun karena terpaksa. Banyak hal yang dibicarakan di dalam grup WhatsApp.

Mulai dari berbagi informasi penting, sebar undangan, sampai ke hal-hal tidak penting seperti bercanda, kirim MEME dan video lucu, atau ngegosip berjamaah.

Kalau kamu merasa terganggu tapi sayang kalau keluar dari grup tersebut, kamu bisa matikan notifikasinya. Caranya, bisa kamu lihat di artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Menghentikan Notifikasi Grup WhatsApp.

45. Backup Pesan WhatsApp ke Cloud Storage

Kamu bisa menggunakan aplikasi Sync untuk mem-backup semua data di WhatsApp kamu ke berbagai Cloud Storage. Hal ini sangat berguna jika kamu hendak mengganti smartphone baru.

Lihat caranya pada artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Bikin Memori HP Android Tambah Lega dengan Fitur Terbaru WhatsApp atau Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box).

46. Chatting WhatsApp Tanpa Kartu SIM

Ternyata, kamu bisa chatting dengan WhatsApp dengan perangkat yang tidak memiliki kartu SIM, misalnya tablet.

Nah, kalau mau tahu caranya, silakan baca artikel tips WhatsApp berikut ini: Cara Chatting Menggunakan WhatsApp Tanpa Kartu SIM.

47. Memaksimalkan Fitur-fitur Baru WhatsApp

Banyak fitur keren yang dihadirkan WhatsApp dalam update terbarunya. Seperti preview link website, backup Google Drive, custom notification, dan sebagainya.

Kamu bisa baca ulasan lengkap mengenai fitur-fitur terbaru WhatsApp di artikel berikut: 6 Fitur Baru WhatsApp yang WAJIB Kamu Coba.

48. 5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Menyerang Pengguna WhatsApp

Sebagai aplikasi chatting utama, tentunya ada saja pihak tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan nama tenar dari WhatsApp untuk menipu orang lain dan berusaha meraup untung dari mereka.

Makanya, melalui artikel penting berikut ini JalanTikus ingin memberitahu kalian, langsung saja kamu baca tips WhatsApp berikut: 5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Mengatasnamakan WhatsApp.

49. Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp

Nah buat kamu yang suka merasa kehilangan pacar atau teman, tentunya kamu sekarang bisa melacak lokasi seseorang lewat WhatsApp kamu lho.

Lewat artikel ini, kamu bisa melakukan pelacakan pada seseorang yang ingin kamu lacak. Berikut artikel lengkapnya: Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp, 100% Akurat!

50. Kumpulan 14 Tips WhatsApp Lainnya

Banyak orang menyukai tampilan sederhana WhatsApp, serta kecepatan pengiriman pesannya. WhatsApp juga tidak boros baterai, RAM, serta hemat kuota data.

Dengan segala kelebihannya, hampir semua pemilik smartphone pasti menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utamanya.

Nah, makanya JalanTikus rangkum kumpulan 14 tips WhatsApp lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Akhir Kata

Itulah berbagai kumpulan fitur dan tips terbaru WhatsApp yang bermanfaat dan belum tentu kamu ketahui. Dengan tips-tips WhatsApp tersebut, chatting di WhatsApp pasti jadi jauh lebih seru dan nyaman.

Kalau kamu punya info atau tips dan trik lain seputar WhatsApp, silakan tulis pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ini ya. Jangan malu-malu!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

Bisa Hack Lokasi Orang Lain? Ini 10 Kode Unik dan Rahasia di WhatsApp yang Jarang Diketahui!

100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui

Mengapa WhatsApp Tidak Bisa Video Call? Ini Cara Mengatasinya

2 Cara Mudah Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

APPS TERKAIT
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Text Multiplier For WhatsApp 2.0
Apps Remola
Booyah Video Chat for WhatsApp 1.0.6
Apps Rounds Entertainment Ltd.
WhatsApp Plus 13.00.2
Apps JalanTikus
undefined
Kembali Keatas