8 Cara Keluar dari Grup WA Tanpa Diketahui Orang Lain, Jauh dari Grup Hoax!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 11 Agustus 2022, 12:30
Pengen keluar dari grup WA tanpa notifikasi yang sopan ? Simak tutorial Jaka mengenai cara keluar dari grup WA tanpa diketahui berikut ini.

Ingin keluar grup WA tanpa notifikasi biar enggak ketahuan? Tenang saja, Jaka bakal kasih tahu kamu cara keluar grup WA tanpa diketahui orang lain.

Sebagai salah satu aplikasi chatting paling populer di dunia, WhatsApp (WA) jadi salah satu software untuk membuat WA group untuk berbagai macam tujuan, mulai dari membahas pekerjaan hingga sebagai wadah fandom membagikan informasi seputar idolanya.

Bergabung dengan sebuah grup WA tentu saja menguntungkan dan memudahkan. Namun, ada kalanya kamu merasa risih karena terus mendapatkan notifikasi dari grup, apalagi jika kamu rasa grup tersebut toxic dan banyak hoax.

Selain risih, banyaknya notifikasi juga bisa memperlambat kinerja HP dan bikin smartphone kamu makin panas.

Nah, daripada memendam kesel sendiri tapi gak enakan mau keluar grup, mending simak panduan dari Jaka mengenai cara keluar dari grup wa tanpa diketahui berikut ini.

1. Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui dengan Mengganti Nomor

Untuk keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan, geng. Nah, salah satu yang paling Jaka rekomendasikan adalah mengganti nomor telepon kamu.

Meskipun agak ribet, namun bisa dibilang keluar grup WA tanpa diketahui dengan cara ini adalah yang paling ampuh dan paling gak mencurigakan.

ADVERTISEMENT

Sebelum melakukan cara ini, backup semua chat kamu terlebih dahulu untuk jaga-jaga. Cara backup-nya cukup masuk ke menu Settings > Chat > Chat Backup, sama seperti hendak mengembalikan chat WA yang terhapus di HP Android dan iPhone.

1. Ganti Nomor WhatsApp

Cara pertama untuk keluar grup WA tanpa diketahui adalah dengan mengganti nomor WhatsApp dengan nomor lain. Pastikan nomor penggantinya masih aktif ya, geng.

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tap ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas, pilih Settings.
  3. Pilih Account > Change Number.
  4. Masukan nomor lama dan nomor pengganti untuk WhatsApp kamu.
  5. Tap Done.

Seperti itu panduan keluar grup WA tanpa ketahuan dengan cara mengganti nomor. Namun harus diingat, pastikan kedua nomornya masih aktif ya. Kalau sudah tap Done.

2. Clear Data WhatsApp

Langkah selanjutnya untuk menerapkan cara keluar dari grup WhatsApp tanpa ketahuan adalah menghapus data WA, geng. Begini tahapannya :

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka Menu Setting > Apps.
  3. Tap Clear Data untuk menghapus semua data dan grup WA mu.

3. Masuk Lagi Menggunakan Nomor Lama

PENTING! Jangan langsung login ke Whatsapp begitu kamu selesai clear data, geng. Tunggu kira-kira 30-45 menit dulu. Kalau sudah lewat baru kamu masuk lagi ke Whatsapp menggunakan nomor lamamu.

Tampilannya akan sama seperti pertama kali kamu masuk WhatsApp. Ikuti saja semua prosesnya seperti biasa. Jika ada opsi Restore maka Pilih Yes.

Dengan begitu kamu bisa masuk akun lama kamu, tapi sudah keluar dari grup WhatsApp. Seperti itulah cara left grup WA tanpa diketahui anggota lainnya. Gampang banget bukan?

2. Cara Keluar Grup WA Diam-Diam Tanpa Mengganti Nomor

Cara sebelumnya memang terbukti ampuh untuk kamu keluar grup chat tanpa ketahuan. Sayangnya, kamu harus repot menggonta-ganti nomor HP.

Belum lagi, kamu juga harus menyediakan nomor baru yang juga aktif untuk proses perpindahan sebelum meninggalkan grup WhatsApp tersebut.

Ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan, khususnya dengan memanfaatkan WhatsApp MOD terbaik dan populer, di mana ada fitur khusus buat keluar dari grup WA tanpa diketahui anggota grup lainnya.

Namun, buat kamu yang gak mau repot, Jaka akan kasih kamu cara keluar dari grup wa tanpa diketahui admin dan anggota yang gak perlu mengganti atau berpindah nomor HP.

Tenang aja, kamu gak memerlukan bantuan aplikasi tambahan apalagi harus melakukan root pada smartphone kamu. Cukup dengan mengikuti langkah demi langkah di bawah ini:

1. Pilih Grup WA

Buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kamu. Lalu tuju grup WhatsApp yang ingin segera kamu tinggalkan.

Pastikan grup tersebut memang yang masuk kategori annoying alias mengganggu dan kamu yakin untuk meninggalkan grup tersebut. Berikut panduan singkatnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tap grup yang ingin kamu leave.
  3. Tekan ikon titik tiga di atas, tekan Leave Group.

2. Aktifkan Mute

Aktifkan fitur Mute yang disediakan WhatsApp. Fitur Mute berfungsi untuk membisukan notifikasi dari grup atau orang tertentu selama beberapa waktu.

Dengan kata lain, kamu gak akan menerima notifikasi apapun dari grup tersebut. Caranya, tekan grup tersebut beberapa detik > pilih ikon speaker dicoret yang terletak di sebelah kanan atas. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan grup, pilih simbol speaker dicoret.

3. Pilih Jangka Waktu Terpanjang

Kamu akan diberi beberapa opsi jangka waktu yang kamu inginkan untuk mute grup tersebut, yaitu delapan jam, satu minggu hingga satu tahun. Berikut panduan lengkapnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka grup yang akan di-mute.
  3. Pilih jangka waktu yang paling lama yaitu satu tahun.
  4. Jika sudah, pilih OK.

4. Tunggu Hingga Dikeluarkan

Dalam jangka waktu tersebut kamu gak akan terganggu dengan aktivitas apapun yang ada di grup tersebut kecuali jika kamu di-chat langsung oleh salah satu anggota.

Selain itu, kamu lama-lama akan dianggap oleh admin dan anggota lainnya sebagai anggota grup yang gak berpartisipasi aktif di grup tersebut sehingga kemungkinan kamu dikeluarkan dari grup semakin besar.

Tunggulah hingga admin grup mengeluarkan kamu hingga kamu 100% terbebas. Memang cara ini membutuhkan waktu cukup lama, tapi langkah ini lebih baik dibandingkan cara sebelumnya, geng.

Cara Keluar Grup WA Tanpa Ketahuan dengan Fitur Baru

Kini, WhatsApp meluncurkan fitur "tinggalkan grup tanpa notifikasi" pada 10 Agustus 2022. Sesuai namanya, kamu yang tergabung ke dalam sebuah grup, dapat meninggalkan ruang obrolan secara diam-diam.

Pasalnya, untuk sebagian pengguna WhatsApp, kondisi ketika ada anggota "leave group" (meninggalkan grup) bisa menimbulkan rasa sungkan atau tidak nyaman.

Dalam fitur terbaru ini, nantinya pengguna WhatsApp akan keluar grup tanpa notifikasi sehingga tidak ada anggota grup yang mengetahuinya. Hanya admin grup yang mengetahui siapa saja anggotanya yang keluar dari grup.

Maka dari itu, fitur baru WA ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin sopan saat meninggalkan grup. Fitur "leave group" diam-diam ini juga bertujuan untuk meningkatkan privasi pengguna dan memberikan kendali pengguna di platform WA.

Namun, WhatsApp belum memberikan penjelasan, apakah fitur ini sudah digulirkan secara merata ke seluruh pengguna atau diluncurkan secara bertahap. Kita tunggu aja, ya, fitur ini bisa dinikmati pengguna di Indonesia.

Akhir Kata

Nah itu dia, geng, tips mengenai cara left grup WA tanpa diketahui dari Jaka. Sekarang kamu bisa terbebas dari obrolan grup WhatsApp yang gak penting, banyak hoaks, sampai wacana ngumpul yang gak pernah terwujud.

Meski begitu, Jaka sarankan alangkah lebih baik kalau kamu berpamitan baik-baik kalau ingin meninggalkan sebuah grup. Bisa-bisa kamu malah jadi musuhan dengan temanmu.

Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

13 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik | Alternatif WA Berbagi Data Pengguna!

10 Aplikasi Stiker WA Terbaik 2021, Bisa Bikin Stiker Sendiri!

23 WhatsApp MOD APK Terbaik 2022, Banyak Fitur Menarik & Anti Banned!

150+ Wallpaper WhatsApp Aesthetic Terbaru 2022, WA Makin Kece!

100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2022 (Paling Update!)

undefined
Kembali Keatas