7 Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di HP dan PC, 100% Works!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Monday, 29 April 2024, 01:11
Aplikasi penting di HP dan PC nggak sengaja terhapus? Coba cara mengembalikan aplikasi yang terhapus berikut ini. Gampang dan bisa dilakukan untuk HP dan PC, loh!

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus rupanya cukup mudah untuk dilakukan. Cara ini bisa diikuti oleh kamu yang tidak sengaja menghapus aplikasi yang masih digunakan serta aplikasi tidak muncul di layar.

Dengan demikian, kamu bisa memulihkan aplikasi yang sebelumnya terhapus dan kembali menggunakannya tanpa takut aplikasi hilang permanen.

Pada kesempatan kali ini, Jaka akan menjelaskan cara menginstal ulang aplikasi yang sudah terhapus melalui berbagai langkah alternatif. Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

1. Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Android via Play Store

Kalian pasti sering mendownload aplikasi dan game dari Google Play Store. Nah, salah satu cara mengembalikan aplikasi yang terhapus, ya, dengan mengunduh ulang di platform ini.

Cara mengembalikan aplikasi yang sudah diuninstall di Android ini simpel banget, kok. Kamu cukup ketikkan nama aplikasi yang ingin diinstal di HP, lalu download aplikasinya. Selesai, kamu bisa menggunakan aplikasi itu lagi!

Akan tetapi, bagaimana kalau kamu lupa nama aplikasinya? Bagaimana jika aplikasi tiba-tiba hilang? Tenang, Jaka punya caranya, kok. Kita akan tetap memanfaatkan Google Play Store untuk melakukan langkah ini. Ikuti instruksi Jaka di bawah, ya!

  1. Buka Google Play Store.
  2. ADVERTISEMENT
  3. Klik tiga garis di samping kiri layar.
  4. Klik Aplikasi dan Game Saya.
  5. Klik Koleksi.
  6. Daftar aplikasi yang pernah kamu instal akan muncul.
  7. Instal aplikasi yang kamu ingin.
  8. Aplikasi sudah kembali!

2. Cara Mengaktifkan Kembali Aplikasi Bawaan di HP

Oke, geng, kalau kasusnya aplikasi yang ingin kamu kembalikan ini bawaan dari smartphone, maka seharusnya aplikasi ini tidak bisa terhapus, geng.

Aplikasi bawaan sudah tertanam di dalam sistem HP, jadi nggak akan bisa diuninstal bagaimanapun caranya. Aplikasi ini cuma bisa dinonaktifkan saja.

Nah, kalau kalian nggak sengaja menonaktifkan aplikasi bawaan ini dan ingin kembali menggunakannya, kalian bisa masuk ke pengaturan dan mengaktifkan kembali aplikasi yang dimaksud. Begini cara mengembalikan aplikasi yang terhapus tanpa download:

  1. Buka pengaturan HP.
  2. Klik Aplikasi.
  3. Klik bagian Nonaktif.
  4. Cari aplikasi yang ingin kamu aktifkan kembali.
  5. Klik dan pilih Aktifkan.
  6. Aplikasi bawaannya sudah bisa diakses kembali!

3. Cara Kembalikan Aplikasi yang Terhapus dengan Instal Aplikasi Pihak Ketiga

Pernah nggak, geng, kamu sudah download aplikasi dengan versi tertentu dan nggak sengaja terhapus? Tapi, kalau download lewat Google Play Store, versinya berbeda dan nggak sesuai kebutuhanmu?

Kalau kasusnya seperti ini, Jaka menyarankan kamu untuk instal file berekstensi .APK yang bisa kamu unduh dari berbagai sumber, termasuk di website JalanTikus.com.

Mengunduh melalui Google Play Store atau App Store memang lebih praktis, tapi kalau mengunduh di platform pihak ketiga, kamu bisa menentukan ingin memasang versi aplikasi yang baru atau lama. Jika kamu butuh cara mengembalikan aplikasi yang terhapus ini, silakan baca instruksi dari Jaka dengan seksama, geng!

  1. Buka browser HP dan pergi ke mesin pencari.
  2. Ketik Download (nama aplikasi yang diinginkan) APK.
  3. Klik salah satu situs website penyedia file APK.
  4. Pilih versi APK yang diinginkan.
  5. Klik Download.
  6. Buka pengaturan HP.
  7. Buka Privacy Protection.
  8. Buka Special Permission.
  9. Klik Install from unknown source.
  10. Pilih aplikasi yang sudah didownload.
  11. Klik Install from this source.
  12. Tunggu proses instalasi selesai.
  13. Aplikasi siap dijalankan!

Untuk memudahkan kamu mencari database file .APK, kamu bisa mencarinya di situs JalanTikus.com dan beberapa situs lain seperti:

4. Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di PC dengan Control Panel

Oke, selanjutnya Jaka akan memberikan cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop atau PC dengan pengaturan control panel. Kendali ini biasanya dimanfaatkan untuk memodifikasi sistem internal PC seperti menginstal dan menghapus aplikasi, mengubah background desktop, dan lainnya.

Nah, kalau nggak sengaja menghapus aplikasi, kamu bisa mengembalikannya dengan me-restore pengaturan PC ke periode waktu tertentu.

Syaratnya, kamu harus rutin melakukan back-up sistem operasimu atau mengaktifkan back-up otomatis di PCmu. Jika tidak, kamu tidak akan bisa melakukan cara ini. Begini langkah cara mengembalikan aplikasi laptop setelah di reset:

  1. Buka PCmu, pergi ke Control Panel.
  2. Klik Recovery.
  3. Klik Open System Restore.
  4. Pilih Recovery point yang diinginkan (mau restore ke periode waktu yang mana).
  5. Klik Next.
  6. Tunggu sampai proses selesai.
  7. Jika sudah selesai, cek apakah aplikasi yang kamu maksud masih terinstal di PCmu.
  8. Jika ya, artinya kamu berhasil mengembalikan aplikasi yang terhapus!

5. Cara Kembalikan Aplikasi Terhapus di PC via Windows Powershell

Cara mengembalikan aplikasi yang terhapus selanjutnya ialah melalui Windows Poweshell. Aplikasi ini sudah tertanam di sistem operasi Windows, jadi nggak usah download dan install apapun.

Cara mengembalikan aplikasi yang sudah di-uninstall di windows 10 berlaku untuk kamu yang menguninstall aplikasi menggunakan Windows Debloater atau fitur hapus aplikasi dari Windows. Kalau kamu menghapusnya dari aplikasi pihak ketiga, cara ini tidak dijamin berhasil.

Tapi, nggak ada salahnya untuk mencoba, kok. Yuk, simak cara mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus di bawah ini.

  1. Cari aplikasi Windows Powershell.
  2. Klik kanan, pilih Run as Administrator.
  3. Jendela CMD (Command Prompt) akan terbuka.
  4. Copy pastekan formula di bawah ini:

    Get-AppxPackage -allusers | foreach {Add-AppxPackage -register $($_.InstallLocation)\appxmanifest.xml -DisableDevelopmentMode}

  5. Tekan Enter.

  6. Tunggu hingga sistem memproses aplikasi yang pernah terhapus.
  7. Selesai! Jika berhasil, aplikasi yang kamu maksud akan kembali terinstal.

6. Cara Instal Ulang Aplikasi yang Terhapus di PC dengan 10AppsManager

Aplikasi untuk Windows ini berguna banget buat kamu yang nggak sengaja meng-uninstall aplikasi bawaan di PCmu. 10AppsManager punya antarmuka sederhana dan ukuran yang kecil.

Aplikasi ini juga mudah digunakan dan bersifat portable, alias nggak perlu kamu instal dulu. Tinggal copy filenya, kamu bisa menjalankannya! Yuk, simak cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di PC dengan 10AppsManager.

  1. Download 10Apss Manager di sini.
  2. Ekstrak dan jalankan programnya.
  3. Pilih aplikasi bawaan yang ingin kamu kembalikan.
  4. Klik Reinstall.
  5. Tunggu hingga proses selesai!

7. Cara Instal Ulang Aplikasi di PC dengan O&O AppBuster

Nah, kalau aplikasi yang ini nggak hanya bisa mengembalikan aplikasi bawaan yang terhapus, tapi juga aplikasi pihak ketiga lain dan. Cara mengembalikan aplikasi yang tersembunyi bisa dengan mudah melakukan reinstall aplikasi tersebut di PC-mu.

Selain itu, O&O AppBuster juga punya fitur untuk membuat restore point, loh, buat jaga-jaga kalau kamu tidak sengaja lagi menghapus aplikasi penting. Begini cara mengembalikan aplikasi yang terhapus dengan O&O AppBuster.

  1. Download O&O AppBuster di sini.
  2. Install dan buka aplikasinya.
  3. Pilih aplikasi mana saja yang ingin diinstal kembali.
  4. Klik Install.
  5. Tunggu hingga proses instalasi selesai!

Akhir Kata

Nah, geng, demikian cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di HP maupun PC yang bisa kamu coba. Caranya gampang asal kamu mengikutinya dengan benar!

Jika kamu kehilangan aplikasi penting di HP, saran Jaka gunakanlah pemulihan melalui Google Play Store karena lebih aman dari virus dan malware. Kalau pakai aplikasi pihak ketiga, risikonya gampang kena virus dan "penyakit" HP lainnya.

Untuk yang kehilangan aplikasi di PC, coba kamu gunakan aplikasi O&O AppBuster karena lebih lengkap. Kamu bahkan bisa membuat restore point sekaligus supaya PCmu akan otomatis terback-up. Selamat mencoba, ya!

Baca juga artikel seputar Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

ARTIKEL TERKAIT

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

10 Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2024, Terbukti Aman atau Penipuan?

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

Kembali Keatas