Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus, Dijamin Ampuh!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 15 February 2022, 15:00
Sering kesal dengan aplikasi membandel di HP Android-mu? Kamu harus simak cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus terbaru 2022 ini!

Cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus adalah tech hack yang wajib kamu tahu sebagai pengguna Android. Sebab, aplikasi yang tidak bisa dihapus nyatanya memang ada banyak!

Google Play Store menyediakan segudang aplikasi yang bisa kamu download dan instal. Namun tidak jarang, kamu bakal menemui aplikasi Android palsu yang malah berisi iklan dan susah untuk dihapus alias uninstall.

Aplikasi Android yang tidak bisa dihapus ini tentu akan sangat menyebalkan. Sebab, HP-mu jadi berat karena aplikasi tersebut memakan memori dan storage.

Kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, berikut Jaka akan mengulas cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus paling update 2022.

BACA JUGA
  • 5 Cara Menghapus Akun Gmail Permanen di Berbagai Perangkat, Gampang Banget!

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Android

Karena beberapa pengaturan yang diaktifkan, terkadang aplikasi Android menolak untuk di-uninstall alias dihapus dari smartphone kamu.

Namun, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, aplikasi tersebut sebenarnya bisa dihapus, tapi memang perlu cara khusus untuk melakukannya.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghapus aplikasi Android yang membandel.

ADVERTISEMENT

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Device Administrator

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat menemukan masalah ini adalah melalui pengaturan pada Device Administrator. Kamu pun bisa melakukannya tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut beberapa langkah yang wajib kamu lakukan, guys.

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Aplikasi Tambahan

Selanjutnya adalah cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus dengan menginstal aplikasi khusus. Cara ini bisa digunakan jika kamu belum menemukan jalan keluar setelah melakukan cara sebelumnya.

Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk langsung menghapus aplikasi yang tidak bisa di-uninstall di HP secara paksa dan tanpa perlu pengaturan tambahan apapun.

Salah satu aplikasi yang bisa melakukan tugas ini adalah Easy Uninstaller. Panduan lengkap cara menghapus serta link download aplikasi ini bisa kamu dapatkan di bawah:

  1. Download Easy Uninstaller APK di Google Play Store atau dari link yang telah Jaka sediakan.

  2. Jalankan APK.

  3. Klik Start Using Now. Aplikasi akan menjalankan analisis perangkat Android.

  4. Tandai aplikasi yang ingin kamu uninstall.

  5. Konfirmasi jika kamu memang ingin menghapus aplikasi tersebut.

  6. Selesai.

Cara ini memang efektif untuk menghapus aplikasi membandel di HP-mu. Namun, ingat, kamu juga butuh memori dan storage tambahan untuk menginstal aplikasi ini.

Easy Uninstaller - Clean Apps 2.2.8
Apps Cleaning & Tweaking HANDSOME COMPANY (c)
DOWNLOAD

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Factory Reset

Namun, bukan berarti cara sebelumnya belum tentu berhasil menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Ada beberapa aplikasi tertentu yang malah mengandung adware dan malware yang hanya bisa dihapus dengan factory reset loh.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

BONUS: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Menonaktifkannya

Cara ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin menghapus aplikasi bawaan pada HP Android. Saat ini, aplikasi Android biasanya punya OS versinya sendiri sehingga memasukkan banyak aplikasi bawaan.

Sayangnya, beberapa aplikasi bawaan tersebut bisa memakan banyak memori. Aplikasi tersebut bahkan tidak bisa kita uninstall karena tidak ada pilihan untuk melakukannya.

Nah, aplikasi bawaan ternyata bisa dihapus. Namun, cara ini tidak bisa dibilang murni menghapus. Sebab, hal yang kamu lakukan adalah menonaktifkan aplikasi.

Meski tidak menghapus, cara ini cukup efektif karena akan mengurangi konsumsi memori (RAM) dalam jumlah yang terbilang signifikan. Sayangnya, kelemahan dari metode ini adalah storage yang tetap terisi oleh aplikasi karena kamu tidak menghapusnya.

Kalau kamu merasa cara ini adalah yang terbaik untuk HP-mu, silakan simak panduannya di bawah ini:

  1. Buka menu Settings/Pengaturan.
  1. Cari menu Aplikasi/Kelola Aplikasi/Semua Aplikasi.

  2. Pilih aplikasi yang akan kamu "hapus".

  3. Klik aplikasi tersebut.

  1. Klik Disable/Nonaktifkan di bagian bawah.

Akhir Kata

Itulah penjelasan Jaka mengenai cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Cara ini hampir bekerja pada semua aplikasi. Semua kembali lagi kepada pilihan yang kamu anggap paling ideal buat HP-mu!

Apa kamu punya masalah yang sama? Jangan ragu buat mencoba dan share pengalaman kamu pada kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

16 Aplikasi Cheat Game Online & Offline di Android 2024, Lengkap dengan Link Download!

APPS TERKAIT
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Kembali Keatas