Kumpulan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Laptop Sampai Bersih, Bikin Ngebut!

Ditulis oleh Jaka - Jumat, 18 September 2020, 07:00
Mau menghapus aplikasi bawaan di laptop tapi nggak tahu caranya? Tenang, Jaka punya beberapa cara uninstall aplikasi di laptop supaya kinerja makin ngebut

Merawat PC atau laptop adalah hal penting supaya perangkat dapat memberikan performa terbaik tanpa harus membebani kinerja prosesor komputer.

Namun, terkadang ada aplikasi yang tidak sengaja terpasang ke PC tanpa disadari. Entah karena ada aplikasi bawaan Windows ataupun aplikasi yang tak sengaja kamu install.

Semakin banyak aplikasi yang dipasang dalam PC kamu, maka seharusnya kinerja prosesor akan semakin berat dan mempengaruhi performa.

Nah, Jaka punya solusinya untuk menghapus aplikasi itu. Yuk, simak cara uninstall aplikasi di laptop yang sulit untuk dihapus, berikut ini!

Kumpulan Cara Menghapus Aplikasi Laptop yang Susah untuk Dihapus

Terkadang, ada aplikasi yang dipasang ke PC secara otomatis tanpa kamu ketahui. Hal ini sering terjadi saat kamu menginstal sebuah aplikasi.

Dalam installer itu, terkadang akan memasang aplikasi bawaan secara tersembunyi tanpa ada persetujuan dari kamu. Menghapus folder bukan berarti aplikasi tersebut sudah hilang dari laptop-mu, geng.

Tentu hal ini menyebalkan, apalagi jika aplikasi bawaan tersebut tidak dapat kamu temukan di menu Control Panel Windows.

ADVERTISEMENT

Tak hanya aplikasi bawaan, tapi juga bisa datang dari update Windows yang membawa aplikasi yang kurang digunakan atau hanya sebagai gimmick.

Lalu, bagaimana cara uninstall aplikasi di laptop yang sulit untuk dihapus itu?

1. Cara Hapus Aplikasi di Laptop Menggunakan App Settings

Microsoft Windows sering kali menyematkan software yang jarang digunakan ke PC kamu tanpa diketahui. Tak jarang aplikasi tersebut hanya sebagai 'iklan'.

Aplikasi bawaan ini seringkali bikin kinerja laptop menjadi berat dan mengurangi performa. Sayangnya, kamu nggak bisa menghapus aplikasi ini hanya dengan mengakses control panel.

Sebelum kamu mencoba cara-cara di bawah, ada baiknya kamu mencoba cara satu ini dulu, geng. Dengan mengakses App Settings, kamu bisa menghapus aplikasi secara mudah.

Cara ini juga bisa kamu gunakan untuk menghapus aplikasi biasa yang kamu install sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1 - Klik Start

Langkah 2 - Menghapus Aplikasi

Apabila aplikasi yang ingin kamu hapus tidak dapat ditemukan pada daftar aplikasi sebelumnya, kamu bisa menggunakan cara selanjutnya.

2. Cara Menghapus Aplikasi di Laptop Menggunakan Windows PowerShell

Cara kedua yang bisa kamu lakukan apabila laptop-mu ter-install sistem operasi Windows 10 adalah dengan menggunakan Windows PowerShell.

Windows Powershell bisa kamu manfaatkan untuk menghapus aplikasi bawaan yang rewel dan tidak mau dihapus, seperti kalkulator, alarm, Groove Music, dan lain-lain.

Selain aplikasi bawaan di atas, kamu juga dapat menghapus aplikasi apapun yang ada di PC / laptop kamu dengan menggunakan kode perintah.

Kode perintah tersebut adalah sebagai berikut:

Get-AppxPackage (NamaAplikasi) | Remove-AppxPackage

Tanda kurung yang jaka berikan di dalam kode diisi dengan nama aplikasi yang ingin kamu hapus. Setiap aplikasi memiliki kode sendiri.

Berikut adalah kode aplikasi yang dapat kamu terapkan di dalam kode uninstall menggunakan Windows PowerShell:

Untuk langkah menggunakannya pun cukup mudah, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Langkah 1 - Buka Windows PowerShell

Langkah 2 - Cek Aplikasi di Laptop Kamu

Langkah 3 - Klik Kode Uninstall Dengan Aplikasi yang Ingin Kamu Hapus

Kamu akan melihat notifikasi berwarna hijau yang menandakan bahwa perintah kamu sedang diproses. Lalu aplikasi yang kamu uninstall akan hilang sendirinya.

Cara Uninstall Aplikasi Laptop Menggunakan Unlocker

Unlocker adalah software yang digunakan untuk menghapus file apapun di Windows atau software yang sulit untuk dihapus sebelumnya.

Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan. Langkah penggunaannya pun cukup simpel tanpa harus memasukan kode apapun seperti cara pertama di atas.

Jadi kamu yang tidak yakin untuk melakukan cara di atas dengan menggunakan kode, bisa pakai aplikasi Unlocker ini.

Unlocker 1.9.2
Apps System Tuning Unlocker
DOWNLOAD

Cara untuk menggunakannya adalah sebagai berikut:

Langkah 1 - Buka Aplikasi Unlocker Lalu Pilih Aplikasi

Langkah 2 - Pilih Delete Lalu OK

Aplikasi atau file yang kamu pilih akan dihapus secara otomatis oleh Unlocker. Mudah kan caranya!

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara uninstall aplikasi di laptop yang sulit untuk dihapus. Kamu dapat memilih di antara ketiga cara di atas.

Apakah kamu punya pertanyaan mengenai langkah-langkah di atas? Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Windows atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT

WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

14 Layanan Web Hosting Gratis & Terbaik di 2021 | Server Indonesia & Tanpa Iklan!

Layar HP Sering Error ? Ini Cara Kalibrasi Layar Sentuh untuk Semua Android

Cara Membuat Animasi Bergerak Keren di HP Android, Bisa 2D atau 3D!

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Terbaru 2020, Gak Ketahuan!

4 Cara Mudah Mengubah Foto JPG ke PDF di Android & PC, Gratis!

undefined
Kembali Keatas