5 Cara Menghapus Program Bandel yang Susah di Uninstall

17 February 2017

Merawat PC/laptop adalah hal penting supaya perangkat bisa memberikan performa terbaik untuk kita. Sebelumnya, Jaka sudah membahas 7 cara meningkatkan performa laptop baru berbasis Windows 10 supaya nggak lemot dan 8 tips untuk membuat laptop jadul tetap ngebut.

Kali ini, Jaka mau bahas cara menghapus program yang susah di uninstall di komputer kamu. Pasalnya, program-program tertentu bisa membuat komputer kamu lamban. Dikutip dari TechRadar, berikut caranya:

Cara Menghapus Program Yang Susah di Uninstall

1. Menggunakan Windows PowerShell

Menggunakan PowerSheel

Pada update OS Windows 10, Microsoft sering kali membawa software yang kegunaannya dipertanyakan. Jadi pastikan bahwa kamu mencoba dan menggunakan software tersebut, jika tidak maka sebaiknya kamu uninstall.

Sebut saja 3D Builder atau Groove Music, dan lainnya. Nah, kamu dapat menghapus program tersebut dengan menggunakan Windows PowerShell.

Caranya buka menu Start > Ketik "Windows PowerShell" > Setelah itu klik kanan Windows PowerShell dan pilih "Run as administrator". Lalu, hapus contohnya Jaka mau hapus 3D Builder 3D, caranya:

ppxPackage*3dbuilder* Remove-AppxPackage

Mungkin kamu juga bisa mempertimbangkan menghapus beberapa aplikasi di bawah ini:

  • 3D Builder: 3dbuilder
  • Alarms and Clock: windowsalarms
  • Calendar and Mail: windowscommunicationsapps
  • Camera: windowscamera
  • Groove Music: zunemusic
  • Maps: windowsmaps
  • Movies & TV: zunevideo
  • OneNote: onenote
  • People: people
  • Photos: photos
  • Store: windowsstore
  • Voice Recorder: soundrecorder
  • Xbox: xboxapp

Jika kamu ingin mengembalikan program yang sudah kamu hapus, buka Windows PowerShell lagi dan ketik kode berikut.

Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

2. Menggunakan 10AppsManager

10AppsManager

Cara di atas sulit? Ada cara yang lebih mudah yakni mengandalkan aplikasi bernama 10AppsManager yang bisa menghapus program bawaan di komputer kamu.

Caranya download dan install 10AppsManager di JalanTikus. Setelah itu, kamu langsung bisa menggunakan 10AppsManager untuk menghapus aplikasi yang membandel sekalipun.

3. Menggunakan Unlocker

Menggunakan Unlocker

Unlocker adalah software yang digunakan untuk menghapus file di Windows atau program yang tidak bisa dihapus sebelumnya. Keunggulan Unlocker, mampu menghapus file atau folder yang sulit dihapus, mendeteksi program yang menjalankan suatu file, dan penggunaan mudah cukup satu kali klik.

Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus
Cara Menghapus File atau Folder yang Tidak Bisa Dihapus
Baca

4. Menggunakan Safe Mode

Safe mode

Safe mode sangat berguna untuk melakukan perbaikan kesalahan atau masalah yang terjadi pada sistem, yang tidak bisa dilakukan pada saat booting secara normal.

Untuk bisa masuk pada safe mode, bisa dilakukan dengan cara menekan tombol F8 pada keyboard, pada saat komputer sedang booting. Dengan menggunakan tombol navigation atau anak panah ke atas dan ke bawah pilih safe mode kemudian tekan enter. Setelah kamu berada di safe mode, mencoba uninstall melalui Control Panel atau perangkat lunak khusus uninstaller.

5. Menggunakan Revo Uninstaller

revo

Revo Uninstaller adalah uninstaller yang inovatif. Dengan algoritma tingkat lanjut yang cepat, Revo Uninstaller menjalankan scan sebelum dan setelah kamu meng-uninstall aplikasi.

Setelah proses program uninstaller dijalankan, kamu dapat menghapus file tambahan yang tidak diperlukan, folder dan registry yang biasanya tersisa pada komputer kamu.

Bahkan jika kamu mengalami gagal install, Revo Uninstaller akan memindai data aplikasi pada hardDisk drive dan dalam Windows Registry, menampilkan semua file yang ditemukan, folder dan item registry sehingga kamu dapat menghapusnya.

Itulah, 5 cara menghapus program yang susah di uninstall di komputer kamu. Penting untuk merapikan file dan program yang ada di komputer dan itu untuk kita juga agar komputer berjalan maksimal. Share pendapat kamu!

Baca juga artikel seputar Komputer atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar