J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

Kamis, 18 Jun 2020, 16:00 WIB
Mau sembunyikan aplikasi biar nggak ketahuan pacar? Nih, Jaka punya kumpulan cara menyembunyikan aplikasi di semua tipe HP Android, mudah dan tanpa root!

Smartphone bisa dibilang menjadi kebutuhan setiap orang saat ini, maka nggak heran kalau di dalamnya terdapat juga beberapa hal-hal pribadi yang hanya boleh kamu saja yang mengetahuinya.

Nggak cuma file gambar atau video saja, mungkin juga ada beberapa aplikasi di HP Android yang bersifat pribadi sehingga orang lain nggak boleh lihat, nih!

Selain cara menyembunyikan file di HP Android, ternyata ada juga metode atau cara hide aplikasi yang bisa kamu ikuti, geng.

Penasaran? Pada artikel kali ini Jaka bakal kasih ulasan, tips, dan cara menyembunyikan aplikasi di HP Android yang dijamin mudah dan tanpa root.

Kumpulan Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Android, Dijamin 100% Sukses!

Ngomongin soal ponsel Android, tentu nggak akan lepas dari keamanan dan privasi penggunanya. Termasuk kamu yang mungkin menggunakan beberapa aplikasi yang bersifat pribadi.

Sebenarnya, kamu bisa saja menggunakan aplikasi pengunci aplikasi Android. Namun tentunya hal ini akan tetap menampilkan ikon aplikasi pada app drawer, geng.

Buat bikin aplikasi tersebut benar-benar "hilang", kamu bisa ikuti kumpulan cara sembunyikan aplikasi Android yang sudah Jaka rangkum sebagai berikut.

1. Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan di Semua Android

Mungkin kamu kesal dengan adanya aplikasi bawaan atau bloatware yang muncul saat kamu pertama kali membeli HP Android baru.

Tanpa perlu melakukan uninstall, kamu juga bisa menyembunyikan aplikasi bawaan pada semua tipe HP Android. Kali saja kamu bakal membutuhkannya sewaktu-waktu, geng.

Nah, untuk melakukannya pun kamu nggak perlu membutuhkan aplikasi tambahan, lho. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

Langkah 1 - Buka Google Play Store

  • Pertama kali, kamu pergi ke aplikasi Google Play kemudian ketuk ikon hamburger di bagian kiri atas layar. Di sini kamu tinggal geser ke bawah, lalu pilih opsi Help & feedback.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android 01 14fa1

Langkah 2 - Pergi ke Menu Manajemen Aplikasi Android

  • Setelah itu, kamu akan dibawa ke laman khusus. Di sini kamu tinggal pilih opsi Tap to go to Application Settings untuk dialihkan ke laman manajeman aplikasi Android seperti berikut.
  • Pilih aplikasi bawaan yang hendak kamu sembunyikan, sebagai contoh Jaka bakal menyembunyikan aplikasi Google Duo, geng.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android 02 47bb0

Langkah 3 - Pilih Opsi Disable

  • Pada laman informasi aplikasi Google Duo, kamu hanya perlu ketuk tombol Disable. Jika muncul kotak peringatan seperti ini, kamu tinggal pilih OK.
  • Perlu diingat, metode menyembunyikan aplikasi dengan opsi Disable akan menghapus semua versi update yang pernah kamu download.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android 03 5405b

Langkah 4 - Kembalikan Aplikasi yang Disembunyikan

  • Untuk mengembalikan aplikasi dengan metode ini, kamu cukup ikuti langkahnya dari awal dan pilih Enable.
  • Maka aplikasi bakal kembali muncul pada app drawer, namun kamu harus download update terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya kembali.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android 04 Bf3b5

2. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

Sementara itu, untuk para pengguna HP Xiaomi kamu juga bisa menikmati fitur serta aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi yang terdapat pada antarmuka MIUI.

Untuk mengakses dan melakukan pengaturannya pun terbilang cukup mudah, di mana kamu tinggal ikuti cara menyembunyikan aplikasi di HP Xiaomi seperti berikut ini.

Langkah 1 - Buka Settings dan Pilih App Lock

  • Buka menu Settings pada HP Xiaomi kamu kemudian geser ke bagian bawah hingga kamu menemukan opsi App Lock seperti berikut ini, geng.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Xiaomi 01 85b53

Langkah 2 - Aktifkan App Lock di MIUI

  • Fitur App Lock pada MIUI ini memungkinkanmu mengunci atau menyembunyikan hingga 12 aplikasi, lho. Jika kamu baru pertama kali mengaktifkannya, kamu tinggal ketuk Turn On.
  • Setelah itu kamu tinggal atur pola yang berfungsi sebagai kunci dan kemudian tambahkan Mi Account yang kamu gunakan pada HP Xiaomi dengan ketuk Add.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Xiaomi 02 7b5f9

Langkah 3 - Sembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi

  • Lalu kamu tinggal pilih tab Hidden Apps yang ada di bagian atas untuk menyembunyikan aplikasi dari app drawer MIUI. Aktifkan dengan cara geser toogle pada aplikasi yang hendak kamu sembunyikan.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Xiaomi 03 9410a

Langkah 4 - Tampilkan Aplikasi yang Disembunyikan di Xiaomi

  • Untuk mengakses aplikasi yang kamu sembunyikan di HP Xiaomi, pada app drawer kamu tinggal buat gestur layaknya melakukan zoom in pada gambar.
  • Selanjutnya kamu bakal diminta memasukkan pola yang tadi sudah dibuat untuk dapat mengakses aplikasi yang disembunyikan.
  • Untuk menampilkan kembali aplikasi, kamu cukup ikuti langkah penggunaan App Lock seperti di atas dan nonaktifkan toogle aplikasi pada tab Hidden Apps, geng.

3. Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung

Jajaran HP Samsung terbaru yang kini mengandalkan antarmuka One UI pun juga memiliki fitur bawaan untuk dapat menyembunyikan aplikasi tanpa perlu tools tambahan.

Terlebih kamu bisa menyembunyikan semua aplikasi, termasuk juga untuk aplikasi bawaan Android seperti Kalkulator hingga Kalender.

Untuk cara menyembunyikan aplikasi di HP Samsung kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Langkah 1 - Buka Pengaturan Home Screen

  • Akses pengaturan home screen pada One UI dengan cubit pada tampilan layar utama. Kemudian kamu tinggal pilih opsi Home Screen Settings yang ada pada bagian bawahnya.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Samsung 01 E3bbb

Langkah 2 - Pilih Opsi Hide Apps

  • Kamu nggak perlu aplikasi menyembunyikan aplikasi tambahan di One UI, geng. Di sini kamu cukup geser layar ke bawah dan pilih opsi Hide Apps.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Samsung 02 2f521

Langkah 3 - Pilih Aplikasi yang Akan Disembunyikan

  • Terakhir, kamu bakal ditampilkan semua ikon aplikasi yang terpasang di HP Samsung yang kamu miliki. Tandai aplikasi yang hendak kamu sembunyikan dan pilih Done jika sudah.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Hp Samsung 03 Ddba5

Langkah 4 - Menyembunyikan Aplikasi di Samsung Berhasil!

  • Dengan begini, aplikasi bakal disembunyikan dari tampilan pada HP Samsung yang kamu gunakan.
  • Untuk menampilkannya kembali, kamu cukup ikuti lagi langkah-langkah di atas. Hilangkan tandanya pada opsi Hide Apps dan pilih Done. Mudah banget, kan?

4. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Microsoft Launcher

Jika HP Android yang kamu miliki belum memiliki fitur bawaan untuk menyembunyikan aplikasi, kamu bisa juga melakukannya dengan bantuan aplikasi launcher Android.

Salah satu yang Jaka pergunakan adalah Microsoft Launcher yang punya performa baik dan rating yang bagus di Google Play. Bagaimana cara penggunaannya?

Langkah 1 - Download Aplikasi Microsoft Launcher Terbaru

  • Pertama kali, kamu wajib download aplikasi Microsoft Launcher terbaru yang bisa kamu dapatkan melalui tautan di bawah ini.
  • Jika sudah lakukan pemasangan launcher seperti biasa hingga tampilan antarmuka HP Android kamu berubah, geng.
Microsoft Launcher Tema Android Icon
Microsoft Launcher - Tema Android 5.11.2.56329
Apps Utilities Microsoft
DOWNLOAD

Langkah 2 - Buka App Drawer Microsoft Launcher

  • Dari tampilan home screen, kamu tinggal ketuk ikon app drawer pada bagian bawah untuk memunculkan daftar aplikasi yang terpasang di HP Android kamu.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Microsoft 01 5e91f

Langkah 3 - Buka Opsi Hidden Apps di Microsoft Launcher

  • Kemudian kamu ketuk ikon tiga titik yang ada pada bagian atas app drawer kemudian pilih opsi Hidden Apps untuk menyembunyikan aplikasi pada Microsoft Launcher.
  • Pada jendela Hidden Apps kamu tinggal ketuk tombol Hide Apps yang ditampilkan pada layar, geng.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Microsoft 02 886a6

Langkah 4 - Pilih Aplikasi yang Mau Disembunyikan

  • Bakal muncul pop-up aplikasi apa saja yang bisa kamu sembunyikan di Microsoft Launcher. Pilih hingga tanda ceklis berubah menjadi biru dan ketuk Confirm apabila sudah selesai.
  • Nah, cara menyembunyikan aplikasi di Microsoft Launcher berhasil. Kini kamu nggak bakal menemukan aplikasi yang disembunyikan pada app drawer.
  • Untuk menampilkan kembali aplikasi, kamu cukup ikuti langkah sebelumnya kemudian ketuk Unhide.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Microsoft 03 Ae77d

5. Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan Nova Launcher

Terakhir, ada cara untuk menyembunyikan aplikasi di Android dengan Nova Launcher yang mungkin akan terlihat anti-mainstream, geng.

Soalnya di sini kamu nggak bakal menyembunyikan pada folder tertentu, melainkan dengan mengganti nama aplikasi dan ikon yang digunakannya.

Nah, biar nggak curiga kamu tinggal ubah ikon dan nama aplikasi ke aplikasi atau game yang kemungkinan besar bakal nggak dibuka oleh pacar kamu. Penasaran bagaimana caranya?

Langkah 1 - Download Aplikasi Nova Launcher Terbaru

20130717142315_736
Nova Launcher for Android 6.2.9
Apps Browser TeslaCoil Software
DOWNLOAD

Langkah 2 - Buka Tampilan Aplikasi di Nova Laucher

  • Dari halaman home screen, kamu cukup usap layar ke atas untuk membuka tampilan seluruh aplikasi dan game yang terpasang di HP Android.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Nova 01 A2802

Langkah 3 - Pilih Opsi Edit Aplikasi

  • Pilih aplikasi yang hendak kamu sembunyikan dengan ketuk dan tahan ikon aplikasinya. Bakal muncul pop-up yang berisi beberapa opsi, di mana kamu tinggal pilih Edit.
  • Seperti dilihat, di sini kamu bisa melakukan kustomisasi pada ikon dan nama aplikasinya, lho!
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Nova 02 3704b

Langkah 4 - Ubah Ikon Aplikasi

  • Ketuk pada gambar ikon yang hendak kamu ubah, kemudian pilih Gallery apps untuk memilih ikon aplikasi yang sudah kamu unduh sebelumnya.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Nova 03 021cc

Langkah 5 - Ubah Nama Aplikasi

  • Terakhir, kamu tinggal ubah nama aplikasi pada App Label dan ketuk Done apabila sudah selesai.
  • Sekarang tampilan ikon dan nama aplikasi sudah berubah yang membuat orang lain tertipu pada aplikasi sebenarnya yang kamu sembunyikan, geng.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di Hp Nova 04 B7cd3

Akhir Kata

Nah, itulah dia beberapa cara menyembunyikan aplikasi di HP Android semua tipe yang bisa kamu lakukan dengan mudah tanpa perlu akses root dan sebagainya.

Untuk menambah tingkat keamanan, kamu juga bisa memasang aplikasi pengunci aplikasi Android biar orang lain nggak bisa menembusnya, geng.

Punya solusi jitu lainnya untuk mencegah orang lain membuka aplikasi pribadi kamu? Yuk, tuliskan pendapatmu pada kolom komentar di bawah. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menyembunyikan Aplikasi Iphone 9997f

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone, Gak Perlu Install Aplikasi!

Android Launcher To Hide Apps Fi E0e8f

Cara Menyembunyikan Foto di HP Android, Dijamin Gak Bakal Ketahuan!

Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Di Hp Banner Ff736

Cara Menyembunyikan Nomor Telepon Agar Tidak Diketahui (HP Android & iPhone)

Cara Menyembunyikan Kontak Wa Banner 035bd

3 Cara Menyembunyikan Kontak WA Supaya Tidak Ketahuan Pacar!

Cara Menyembunyikan Teman Di Fb Cc19e

3 Cara Menyembunyikan Teman di FB Terbaru | Cepat & Mudah!

3 Cara Mengunci Aplikasi Di Hp Samsung Dengan Mudah Data Dijamin Aman 11907

3 Cara Mudah Mengunci Aplikasi di HP Samsung Semua Tipe (Terbaru 2020)

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

4 Cara Kirim Aplikasi Lewat WA (WhatsApp), Bisa Kirim APK Game!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

7 Aplikasi Kunci Aplikasi Terbaik Android, File Rahasia Dijamin Aman!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal