Cara Rekaman dari Rumah dengan Mudah 2022, Tak Perlu Bayar Sewa Studio Musik!

Default

Cara rekaman dari rumah jadi salah satu alternatif buat kamu yang memiliki banyak ide musik atau materi lagu, tapi tak bisa menyewa studio. Jangan biarkan kreativitasmu terbentur oleh keterbatasan tersebut, geng.

Tidak semua orang memiliki modal yang cukup untuk menyewa studio rekaman, terlebih mengingat prosesnya yang cukup panjang. Alih-alih berhenti berkarya dan menyerah, kondisi ini bisa bikin kamu jadi lebih kreatif.

Berkat kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi, menciptakan studio rekaman di rumah sendiri bukanlah hal mustahil. Tak melulu soal peralatan studio rekaman profesional, kamu juga bisa memanfaatkan perangkat sekitar.

Buat kamu yang berhasrat membuat lagu atau musik tapi bingung keterbatasan alat dan sebagainya jangan khawatir. Simak cara rekaman dari rumah 2022 di sini agar kamu bisa merekam lagu sendiri yang berkualitas.

Peralatan Rekaman dari Rumah

Peralatan Rekaman Dari Rumah 5f60a
Sumber foto: Apple

Meski dilakukan di rumah dan bukan di studio rekaman profesional, kamu akan tetap membutuhkan peralatan home recording. Jangan khawatir, karena alat yang dibutuhkan tentunya tidak harus sama dengan yang ada di studio.

Kamu bisa membangun studio rekaman sederhana memanfaatkan komputer, laptop, bahkan gawai. Apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan rekaman dari rumah selain alat musik? Simak uraian berikut.

1. Ruangan atau Kamar

Langkah pertama adalah kamu harus memastikan bahwa tersedia ruangan kosong atau setidaknya kamar pribadi yang bisa dipakai. Jangan lupa juga untuk memasang peredam suara pada ruangan agar suara tidak bocor.

2. Komputer/Laptop

Kamu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang memadai seperti kecepatan prosesor dan kapasitas memori mumpuni. Pasalnya, software atau aplikasi rekaman lagu umumnya membutuhkan cukup banyak sumber daya perangkat.

Baik perangkat berbasis Windows maupun Mac sama-sama bisa kamu manfaatkan untuk mengolah rekaman di rumah. Rata-rata, perangkat berbasis Windows lebih sering dipilih karena lebih mudah melakukan upgrade sound card.

3. Aplikasi/Software Recording

Sudah sempat Jaka singgung di poin sebelumnya, aplikasi atau software adalah komponen penting yang harus terpasang pada perangkat kamu. Kamu bisa mendapatkan software ini sesuai dengan biaya yang dimiliki.

Jika ingin mengemat anggaran, kamu bisa menggunakan software rekaman dengan lisensi freeware atau shareware. Audacity dan GarageBand merupakan dua software paling populer dan banyak digunakan.

4. Aplikasi Audio Mixer

Sama halnya dengan software untuk recording audio, kamu juga membutuhkan aplikasi untuk melakukan proses mixing-nya. Aplikasi audio mixer gratis maupun berbayar seperti Adobe Audition, Audacity, Abletion Live, Reaper, Cubase tersedia untuk kamu gunakan.

5. Headphone/Mikrofon

Headphone bisa menjadi pengganti speaker monitor sebagai alat untuk mendengarkan musik hasil mixing dan editing. Headphone berguna untuk mengurangi rekaman yang bocor atau menjadi guide saat rekaman.

Sementara mikrofon, tentunya sangat dibutuhkan sebagai salah satu alat untuk melakukan perekaman. Idealnya, kamu memiliki beberapa jenis mikrofon dengan karakter berbeda untuk membumbui hasil rekaman.

6. Audio Interface

Audio Interface punya peran yang sangat penting untuk melancarkan koneksi alat musik dan Mikrofon agar bisa direkam melalui laptop atau komputer. Alat perekeman satu ini bahkan wajib kamu miliki karena tidak ada alternatif lain.

Cara Merekam Lagu/Musik di Rumah

Cara Merekam Di Rumah 0aebe
Sumber foto: Shutterstock

Setelah set ruangan studio rekaman versi rumahan rampung dan alat-alat yang dibutuhkan sudah tersedia, sekarang saatnya kamu mulai melakukan rekaman. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk merekam dari rumah.

  1. Pastikan komputer memiliki cukup RAM untuk menjalankan program.

  2. Siapkan perangkat untuk instrumen yang ingin direkam.

  3. Sambungkan (misal gitar) ke amplifier seperti biasa.

  4. Lakukan penyesuaian di aplikasi perekaman untuk mendeteksi instrumen yang terhubung.

  5. Jika terdapat lirik, lakukan perekaman suara kamu.

  6. Setelah selesai, salin file hasil rekaman ke komputer.

  7. Naikkan atau turunkan volume vokal sesuai dengan keinginan.

  8. Simpan hasil final rekaman atau lagu kamu.

Cara Rekaman Lagu di HP Lewat Aplikasi

Cara Rekaman Lagu Di HP Lewat Aplikasi 70b94
Sumber foto: Google Play

Jika menginginkan cara lebih praktis yang tidak memerlukan studio rumahan untuk merekam, kamu juga biasa memanfaatkan perangkat HP. Caranya yaitu dengan berbagai aplikasi yang bisa diunduh gratis pada HP kamu.

Namun, tentunya cara ini tidak akan menghasilkan rekaman yang lebih baik kualitasnya dari studio rumahan. Jika kamu hobi meng-cover lagu-lagu hits, deretan aplikasi ini layak untuk dicoba.

Informasi tentang rekomendasi aplikasi rekaman lagu terbaik di HP bisa kamu dapatkan lewat artikel Jaka di bawah ini.

Aplikasi Rekaman Lagu Ff0a4
10 Aplikasi Rekaman Lagu untuk HP dan PC | Gak Perlu ke Studio!
Mau rekaman sendiri tapi hasilnya kayak di studio rekaman? Bisa, kok! Download saja aplikasi rekaman lagu di HP dan Pc berikut ini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Merekam Suara Sambil Memutar Musik

Cara Merekam Suara Sambil Memutar Musik Bbdf6
Sumber foto: Google Play

Untuk bisa melakukan hal ini kamu membutuhkan aplikasi tambahan, seperti WaveEditor. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk tetap bisa merekam suara meskipun sedang memutar musik di Android. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Download dan install aplikasi WaveEditor di tautan ini.

  2. Buka pemutar musik di HP dan pilih atau putar lagu yang diinginkan.

  3. Buka aplikasi WaveEditor yang sudah diunduh.

  4. Pilih Record dan Play pada halaman utama.

  5. Selesai, sekarang kamu bisa merekam suara sambil memutar musik di Android.

  6. Jika sudah selesai merekam suara, tekan Stop di aplikasinya.

  7. Pilih Keep atau Simpan dan rekaman akan otomatis tersimpan di HP.

Akhir Kata

Cara rekaman dari rumah ternyata cukup mudah untuk dilakukan oleh kamu yang punya keterbatasan dalam menyewa studio musik profesional. Meski tetap membutuhkan sejumlah biaya, setidaknya kamu bisa memiliki studio rekaman yang bisa dipakai kapan saja secara gratis!

Berkat kemajuan teknologi dan kemudahan akses informasi, menciptakan studio rekaman di rumah sendiri bukanlah hal mustahil. Tak melulu soal peralatan studio rekaman profesional, kamu juga bisa memanfaatkan perangkat sekitar.

Baca juga artikel Cara Cek PIP 2022, Cara Mengaktifkan Akun Belajar.id, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Download Lagu Terbaik Bfee2
15 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Kualitas Suara Maksimal & Lebih Irit Kuota!
Cat5 Eef05
5 Cara Download Lagu di iPhone Terbaru | No Jailbreak!
12121 F9fe7
10 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik di Android, Buat Live Streaming!
Aplikasi Perekam Suara 11be0
15 Aplikasi Perekam Suara Terbaik Android 2020, 100% Jernih!
Aplikasi Perekam Layar Fa119
12 Aplikasi Perekam Layar HP Android Terbaik 2020, Tanpa Root!
Aplikasi Screen Recorder Pc 63141
18 Aplikasi Perekam Layar PC & Laptop Terbaik 2022 : Gratis & Ringan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal