Cara Cek Penghasilan TikTok dengan Mudah, Bisa Lewat Aplikasi & Situs Web

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Wednesday, 23 February 2022, 11:00
Akun TikTokmu sudah bisa menghasilkan uang tapi bingung cara melihatnya? Simak cara cek penghasilan TikTok berikut ini.

Cara cek penghasilan TikTok dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi dan situs web. Informasi ini tentunya penting diketahui oleh para pengguna terutama influencer TikTok.

Sebagai media sosial yang sedang populer dan banyak digunakan masyarakat, khususnya anak muda, TikTok memang memungkinkan para pengguna untuk bisa mendapatkan cuan dari aplikasinya itu.

Setiap kreator konten atau influencer TikTok biasanya mendapatkan uang dari fitur monetisasi yang ada di aplikasi. Semakin bertambahnya follower dan viewer, maka pendapatan bisa semakin besar.

Pendapatan dari TikTok juga bisa diraih dengan melakukan siaran langsung. Tak mengherankan bahwa kini banyak pengguna yang ingin mencobanya. Lantas, bagaimana cara cek penghasilan TikTok? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Penghasilan TikTok Lewat Aplikasi

Seperti yang sudah Jaka singgung di atas, cara melihat penghasilan TikTok bisa dilakukan dengan dua metode. Metode pertama ini dengan mengeceknya di akun TikTok atau aplikasinya.

Berikut langkah mengecek penghasilan TikTok kamu melalui aplikasi ini:

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. ADVERTISEMENT
  3. Klik ikon profil akun.
  4. Klik ikon tiga titik.
  5. Klik Creator Tools dan klik TikTok Creator Funds.
  6. Selesai, jumlah penghasilan kamu dari TikTok akan ditampilkan.

Cara Cek Penghasilan TikTok Lewat Situs Web

Selain melalui aplikasinya, kamu juga dapat cek penghasilan TikTok melalui situs web. Salah satu situs yang bisa dimanfaatkan adalah exolyt.com. Situs ini bisa membantu menghitung penghasilanmu dari TikTok.

Berikut langkah mengecek penghasilan TikTok kamu melalui situs ini:

  1. Buka browser dan kunjungi situs exolyt.com.
  2. Masukkan username akun yang ingin dicek.
  3. Klik calculate earnings.
  4. Setujui semua terms of service.
  5. Hasil analisis akan muncul dengan menampilkan kisaran pendapatan per video.

Persyaratan Bergabung di Fitur TikTok Creator Fund

Sebagai media sosial yang bisa dijadikan sumber penghasilan alternatif buat para penggunanya, TikTok memiliki program yang bernama TikTok Creator Fund. Program ini adalah bentuk dukungan terhadap Tiktokers secara finansial.

Kreator atau influencer TikTok yang telah tergabung dalam program ini akan bisa menghasilkan uang dari setiap jumlah tayang (views) pada video TikTok mereka. Apa saja persyaratan untuk bisa bergabung dalam program ini?

Berikut persyaratan bergabung program TikTok Creator Fund:

  1. Berusia minimal 18 tahun.
  2. Memiliki minimal 10.000 followers asli (bukan bot dan sebagainya).
  3. Jumlah tayangan video minimal 100.000 dalam waktu 30 hari terakhir.
  4. Konten video bersifat orisinal dan sesuai dengan Pedoman Komunitas TikTok.
  5. Berada di wilayah fitur TikTok Creator Funds diberlakukan.

Jadi, untuk bisa mendaftar program TikTok Creator Fund pengguna harus memenuhi persyaratan di atas. Pengguna bisa mendaftar program ini di menu akun TikTok mereka.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Selain digandrungi karena sukses menjadi wadah bagi para pengguna untuk berekspresi, TikTok juga bisa menghasilkan pendapatan alternatif. Tak berlebihan jika aplikasi ini bisa menjadi ladang profesi menggiurkan.

Aplikasi yang berjaya dan bersinar semenjak pandemi hingga sekarang ini telah menjelma menjadi alat pengumpul pundi-pundi buat para pengguna, terutama mereka yang punya kreativitas membuat konten menarik dalam video durasi pendek.

Mau tahu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari TikTok? Simak daftar cara mendapatkan uang dari TikTok yang Jaka himpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Donasi atau Payout Coins

Cara ini bisa dilakukan ketika pengguna melakukan siaran langsung di aplikasi. Para viewer bisa mengirimkan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang oleh si kreator konten.

2. Jual Beli Akun TikTok

Akun TikTok dengan jumlah follower banyak memiliki nilai jual yang juga tinggi. Bisanya, target atau si pembeli akun adalah brand-brand yang membutuhkan media untuk mempromosikan produk atau jasa mereka.

3. Sponsored Content Post

Cara ini lumrah bisa temui pada akun-akun TikTok para influencer atau artis TikTok. Setiap konten yang terkait kerja sama secara komersil tentu akan mendapat ganjaran atau biaya dari pihak yang menginginkan promosi.

Selain tiga cara di atas, ada beberapa cara lainnya untuk mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu terapkan. Jika ingin mengetahui lebih detail informasi ini, kamu bisa menemukannya lewat artikel Jaka berikut ini.

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Terbaru 2021 | Terbukti Menghasilkan!
Kamu ingin mendapatkan uang dari rumah? Saatnya kamu coba cara mendapatkan uang dari TikTok yang sangat mudah bahkan untuk para newbie. Yuk simak!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang bagaimana cara cek penghasilan TikTok yang sudah Jaka berikan. Mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara masuk FYP TikTok yang sekaligus menghibur seperti ini juga bisa kamu lakukan.

Setelah mengetahui caranya, kalian tidak perlu bingung lagi berapa pendapatan dari TikTok yang selama ini telah dihasilkan. Buat kalian yang baru memulai, simpan informasi ini saat akun TikTok kamu sudah bisa menghasilkan uang, ya!

Baca juga artikel Cara Salin Tautan di TikTok, Spiral Betty, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT

10 Artis Tiktok Viral Indonesia & Luar Negeri | Bukan Cuma Joget Alay!

20 Aplikasi Download Video Terbaik 2024, Bisa Download dari Medsos Gratis!

Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!

10+ Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator Terbaru 2023, Anti Fakir Kuota!

10 Cara Download Video IG, Reels, Foto, & IGTV Tanpa Watermark, Gak Ribet!

Kembali Keatas