10 Cara Masuk FYP TikTok dengan Mudah Terbaru 2022, Auto Trending!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 07 June 2022, 14:00
Cara masuk FYP TikTok memang tricky. Namun, Jaka punya rahasia strateginya. Dijamin postinganmu bakal langsung viral dan trending!

Cara masuk FYP TikTok masih jarang diketahu oleh sejumlah pengguna hingga kini. Namun, Jaka punya rahasia buat FYP biar postingan videomu cepat viral dan trending. Penasaran, kan?

Seperti yang kamu tahu, aplikasi TikTok semakin populer belakangan ini. Apalagi di tahun 2022 ini, banyak lagu TikTok viral yang berhasil menjadi tren, khususnya pada generasi milenial dan Z.

Belum lagi di masa pandemi seperti saat ini, aplikasi TikTok sudah diunduh sebanyak 2 miliar pengguna dan bertambah sebanyak 20% selama pandemi. Tidak heran jika banyak pengguna yang berlomba untuk masuk FYP.

Dengan masuk FYP, kamu berpotensi untuk mempromosikan barang atau jasa maupun mengasah self-branding sebagai selebTikTok. Lalu, bagaimana cara masuk FYP TikTok di tahun 2022? Berikut penjelasannya!

Apa Itu FYP?

Sumber foto: Blibli

FYP (For Your Page) adalah halaman awal saat kita membuka TikTok. Pada halaman ini, tersaji deretan rekomendasi video yang sedang populer atau paling sering ditonton.

Jika videomu berhasil masuk FYP, maka postinganmu bakal mendapat lebih banyak penonton, sehingga potensi menjadi viral semakin besar. Dengan begitu, kamu juga bisa lebih sering masuk FYP.

Cara Kerja Algoritma TikTok untuk FYP

Sudah menjadi rahasia umum bahwa algoritma FYP TikTok sangat sulit ditebak. Namun, dengan memahami prinsip-prinsip di bawah ini, kamu jadi punya strategi khusus agar videomu bisa cepat viral.

ADVERTISEMENT

Pertama-tama, setelah kamu selesai mengupload konten video, postinganmu akan ditayangkan ke dalam FYP akun-akun tertentu.

Akun-akun ini termasuk dalam 'kelompok sampel kecil'. Biarpun jumlahnya tidak banyak, mereka sangat berpengaruh dalam menentukan trending tidaknya videomu.

Jika mereka memberikan interaksi, baik dalam bentuk likes atau comments, sistem algoritma TikTok akan secara otomatis menganggap video ini laku dan punya potensi trending.

Setelah itu, TikTok akan mencoba menayangkan videomu di kelompok sampel yang lebih besar dan luas. Jika laku dan ramai, TikTok akan memasukkan videomu ke kelompok yang lebih besar lagi.

Begitu terus hingga akhirnya, postingan videomu bakal trending dan viral. Maka dari itu, kamu harus kreatif dalam menarik pasar, nih!

Selain itu, dilansir berbagai sumber, ada beberapa faktor yang menentukan sebuah video bisa masuk dalam FYP TikTok, di antaranya:

  1. Interaksi pengguna: Video harus sesuai dengan apa yang sering dilihat pengguna, sering mendapat likes dan comment, dan akun yang difollow.

  2. Informasi video: Meliputi caption, audio yang digunakan, hashtag, dan topik yang sedang tren.

  3. Setelan akun: Meliputi preferensi bahasa, negara, dan tipe perangkat yang dipakai.

Cara Masuk FYP TikTok (Update Tren 2022)

Setelah memahami definisi FYP beserta cara kerjanya, pastinya kamu penasaran, gimana sih cara agar TikTok FYP dan banyak like? Nah, Jaka akan membahas rahasia sekaligus strateginya di bawah ini!

1. Buat Video yang Menarik dan Berkualitas

Sumber foto: IDN Times

Hal paling mendasar yang harus kamu lakukan agar postinganmu bisa masuk FYP adalah merancang konten yang kreatif dan menarik.

Tidak hanya menyoal kejernihan video, akan tetapi juga orisinalitas konten yang dibawakan dan tak menyinggung isu SARA. Ini sangat penting untuk menarik engagement antara creator dan followers.

Apalagi, konten yang autentik dan orisinil akan membawa nilai tambah bagi videomu, sehingga potensi ramai dan ditayangkan di FYP akun lain makin besar.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai tips dan triknya, silakan baca artikel Jaka yang berjudul Cara Mudah Membuat Video TikTok untuk Pemula.

Cara Mudah Membuat Video TikTok Untuk Pemula, Biar Viral Dan Terkenal!
Mau eksis di TikTok nggak, geng? Kalau begitu, kamu wajib simak cara membuat video TikTok di sini. Dijamin videomu bakalan bagus dan bisa FYP.
LIHAT ARTIKEL

2. Durasi Video Lebih Baik Pendek

Sumber foto: Allstars.id

Tahukah kamu bahwa semakin pendek durasi video yang dibuat, semakin besar peluangmu bisa viral dan masuk FYP TikTok?

Dilansir beberapa sumber, creator diharapkan membuat video berdurasi 15-20 detik. Cara ini dianggap paling efektif untuk membuat postinganmu trending.

Lalu, bagaimana jika videomu berdurasi lebih dari 20 detik? Tidak masalah, mengingat poin ini bukan hal yang mutlak. Yang penting, postinganmu bisa kreatif dan mampu menarik perhatian penonton.

3. Gunakan Caption yang Kreatif

Sumber foto: Reddit

Biarpun yang jadi pusat perhatian adalah konten videomu, namun salah satu cara masuk FYP TikTok Android yang juga tidak boleh dilewatkan adalah penggunaan caption yang kreatif dan eye catching.

Malahan, sangat tidak disarankan kalau kamu tidak mencantumkan caption apapun alias blank, karena algoritma TikTok malah akan menganggap videomu sebagai spam.

Agar peluang videomu masuk FYP meningkat, silakan menggunakan caption yang unik, menjual, dan relevan dengan topik-topik yang sedang populer.

4. Pakai Lagu TikTok Viral

Sumber foto: Millennial Mind Sync

Salah satu cara agar video TikTok kita masuk FYP adalah menggunakan musik atau audio yang pada saat ini sedang populer.

Penggunaan musik atau audio tersebut akan membuat algoritma TikTok bekerja dengan cara menawarkan videomu ke FYP akun lainnya. Dijamin, videomu akan makin banyak ditonton orang.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang musik TikTok yang lagi viral, silakan buka artikel Jaka yang berjudul Daftar Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2022.

30+ Lagu TikTok Terbaru Yang Viral Di 2021, Goyang Makin Asyik!
Lagi cari lagu TikTok viral terbaru 2023 supaya masuk tren dan FYP? Berikut kumpulan lagu TikTok yang sedang hits dan viral akhir-akhir ini.
LIHAT ARTIKEL

5. Ikuti Tren Hashtag

Sumber foto: Louise Myers Visual Social Media

Dalam mempraktikkan cara FYP TikTok, hashtag menjadi salah satu hal yang juga harus kamu perhatikan. Dengan bantuan hashtag, videomu bisa menjangkau lebih banyak pengguna.

Cara mengeceknya juga sangat sederhana. Kamu tinggal buka aplikasi TikTok, lalu tap simbol 'Discover' yang ada di sebelah ikon 'Home'.

Di sana, kamu bisa melihat aneka jenis hashtag populer yang bisa kamu pakai sesuai dengan kontenmu. Jangan lupa sisipkan hashtag tersebut pada caption video.

Selain itu, kamu bisa menggunakan hashtag umum seperti #fyp, #foryou, atau #foryoupage agar semakin menambah peluang postinganmu masuk FYP.

6. Perhatikan Waktu Posting di TikTok

Sumber foto: Influencer Marketing Hub

Nah, ini salah satu yang paling penting. Ketika hendak mengupload konten, perhatikan baik-baik prime time atau jam posting yang ramai agar masuk FYP TikTok.

Berdasarkan analisis Jaka, jadwal FYP TikTok yang tepat untuk melakukan upload video adalah pada jam istirahat, sekitar pukul 12.00-13.00 dan pukul 16.00.

Selain itu, kamu juga bisa upload konten TikTok sekitar pukul 18.30-20.00. Hindari upload terlalu pagi atau terlalu malam karena bisa menurunkan views.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa memperhatikan tabel jam FYP TikTok 2022 yang sudah Jaka upload di atas.

7. Lakukan Kolaborasi dengan Sesama Creators

Sumber foto: IDN Times

Sudah jadi hal lumrah bagi para creators untuk berkolaborasi satu sama lain. Namun ternyata ini ada tujuannya, loh!

Selain menambah popularitas, kolaborasi antar creator membuat videomu mendapatkan engagement dari followers atau bahkan fans creator yang kamu ajak kolaborasi.

Tentu saja, hal tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap pertambahan jumlah viewers, akan tetapi juga followers setiamu. Keren, kan?

8. Berpartisipasi dalam Challenge yang Lagi Trending

Sumber foto: YouTube/Best TikTok Compilations

Tidak hanya membuat ide sendiri, kamu juga bisa berpartisipasi dalam challenge atau tren yang kebetulan sedang populer di TikTok.

Nah, meskipun challenge-nya sama, tapi kamu dituntut untuk membuat video yang orisinil. Semakin berbeda dan menarik kontenmu, tentu saja bakal makin menarik banyak viewers.

Misalkan, kamu tertarik untuk mengikuti challenge joged K-Pop. Kamu bisa membuatnya dengan sedikit berbeda. Jika orang lain membuat konten sendiri, kamu bisa mengajak ayah atau ibumu ikut berjoget. Dijamin bakal langsung viral!

9. Interaksi dengan Pengguna Lainnya

Sumber foto: StayHipp

Sudah upload video TikTok sesuai tips dan trik yang diberikan Jaka di atas tidak menjamin kamu bisa langsung masuk FYP. Jangan lupa, TikTok juga memperhitungkan interaksimu dengan pengguna lainnya.

Jika kamu mencari cara FYP di TikTok tanpa hashtag, maka kamu bisa berinteraksi dengan membalas komentar yang ada di postinganmu. Semakin rutin kamu berinteraksi, algoritma TikTok bakal mendeteksi videomu disukai banyak orang.

Karena laris, maka videomu bisa masuk FYP pengguna lainnya dengan skala besar. Dijamin, lama kelamaan videomu akan makin ramai dan trending di mana-mana.

10. Ikuti Akun TikTok Verified

Cara yang terakhir ini mungkin susah-susah gampang untuk dilakukan. Ya, kali ini kamu bisa mengikuti akun-akun centang biru TikTok alias akun verified.

Jika kamu sudah menerapkan cara-cara di atas, maka diharapkan akunmu bakal lebih di-notice dan diikuti oleh followers pada akun verified yang sudah kamu ikuti tadi.

Akhir Kata

Itulah panduan lengkap tentang cara FYP TikTok 2022. Meskipun tricky dan cukup rumit, namun dijamin berkat strategi dan ketekunanmu dalam mengolah konten, kamu bisa cepat viral dan sering masuk FYP. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

85+ Lagu TikTok Viral Terbaru Paling Hits 2023, Bikin Terngiang di Kuping!

13 Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark Terlengkap 2024, Bisa Tanpa Aplikasi!

5 Cara Menambah Followers TikTok Paling Cepat dan Efektif, Viral!

9 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Termudah 2023, Pemula Wajib Banget Coba!

Kembali Keatas