5 Cara Membuat Video di TikTok untuk Pemula Terlengkap 2022, Gampang & Dijamin Bagus!

Ditulis oleh Ayu Pratiwi - Tuesday, 06 December 2022, 16:45
Mau eksis di TikTok nggak, geng? Kalau begitu, kamu wajib simak cara membuat video TikTok di sini. Dijamin videomu bakalan bagus dan bisa FYP.

Viralnya TikTok sebagai aplikasi media sosial terbaik di tahun 2022 membuat banyak orang ingin mengetahui cara membuat video TikTok yang mudah dan simpel. Dengan mengetahui cara itu, pengguna bisa eksis di aplikasi tersebut.

Tak hanya eksis saja, jika video yang kamu post disukai banyak orang hingga tembus FYP, maka kesempatan buat menjadi seleb TikTok bakalan terbuka lebar, geng. Menggiurkan, bukan?

Sayangnya, cara membuat konten di TikTok belum banyak diketahui orang, khususnya pemula. Mereka masih berpikir kalau bikin video dari HP sebagai konten TikTok susah dan merepotkan. Padahal, easy peasy banget!

Penasaran bagaimana cara membuat konten video TikTok yang simpel dan mudah tersebut? Kalau begitu, kamu bisa ketahui langkah-langkah membuatnya di bawah ini. Selamat menyimak!

Cara Membuat Video TikTok dengan Tulisan

Cara buat konten video TikTok yang saat ini laris digunakan orang ialah menggunakan tulisan. Soalnya, membuat video TikTok dengan durasi yang lama paling asyik menggunakan tulisan.

Ditambah lagi, kalau kamu sedang ingin membagikan konten edukatif. Maka, membuat video dengan tulisan bergerak adalah solusinya.

Meski begitu, jangan kepanjangan dan bertele-tele, ya, geng. Usahakan sesingkat mungkin agar orang mau membaca dan menyelesaikan video TikTok-mu sampai habis.

ADVERTISEMENT

Lantas, bagaimana cara membuat video dengan tulisan di TikTok tanpa aplikasi tersebut? Gampang banget! Yuk, simak di bawah.

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat.
  2. Klik tanda tambah (+).
  3. Buat atau cari video yang sudah kamu bikin di galeri.
  4. Jika sudah tahu video mana yang kamu mau, klik menu "Aa" di bagian paling atas.
Sumber foto: JalanTikus - Tutorial membuat teks di video TikTok
  1. Masukkan kalimat yang kamu sudah siapkan.
  2. Atur gaya penulisan; apakah menggunakan gaya Classic, Typewriter, Handwriting, dan lain-lain.
  3. Jika sudah, klik Selesai.
  4. Setelah itu, atur kembali posisi dan durasi teks dengan cara klik pada tulisan tadi, kemudian pilih menu "Tetapkan Durasi".
  5. Selesai.

Apabila dirasa video sudah sesuai keinginan, silakan bagikan ke TikTok, geng. Kamu bisa membagikannya ke TikTok Stories atau Feed TikTok dengan klik menu "Berikutnya".

Cara Membuat Video dengan dan Sesuai Lagu di TikTok

Biar video TikTok yang kamu buat makin keren dan bisa FYP, jangan lupa gunakan filter estetik yang disediakan dengan cara klik menu "Efek" sebelum membagikannya.

Selain itu, kamu juga wajib menambahkan lagu trending TikTok sebagai backsound. Tujuannya, biar TikTok bisa membawa video tersebut ke Beranda pengguna lain.

Cara buat menambahkan lagu di video TikTok juga gampang banget. Bahkan, kamu pun bisa menyesuaikan video dengan lagu-lagu yang kamu pilih sendiri, lho.

Adapun caranya ialah sebagai berikut ini. Yuk, disimak!

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat.
  2. Klik tanda tambah (+).
  3. Buat atau cari video yang sudah kamu bikin di galeri untuk di-post.
  4. Jika sudah tahu video mana yang kamu mau, klik menu "Tambah suara" yang ada di bagian paling atas.
Sumber foto: JalanTikus - Tutorial menambahkan musik di video TikTok
  1. Pilih lagu yang kamu mau. Kamu bisa memilih berdasarkan musik yang disarankan TikTok atau cari yang kamu mau dengan klik menu ikon kaca pembesar.

  2. Setelah masuk di menu pencarian tersebut, pilih kembali lagu yang kamu inginkan.

  3. Lalu, klik ikon ceklis untuk menambahkan lagu ke video.

  4. Jangan lupa atur kesesuaian lagu berdasarkan lirik yang kamu mau dengan klik informasi lagunya.

  5. Selesai.

Lebih lanjut, jika di video yang kamu masukkan ke TikTok ada suaranya, kamu bisa mengatur suara bawaan dari video itu dengan klik informasi lagu yang ada di atas video >> klik Volume >> kemudian aturlah suara bawaan sesuai keinginan.

Cara Membuat Video Transformasi Wajah di TikTok

Sumber foto: Tokopedia - Langkah-langkah membuat video transisi TikTok

Tren di TikTok memang selalu ada-ada saja. Bila dahulu cara membuat Petpet Generator begitu ingin diketahui semua orang, sekarang berbeda lagi.

Sekarang, pengguna media sosial sedang ingin berlomba-lomba membuat video transformasi di TikTok, geng. Pasalnya, video jenis tersebut bisa memperlihatkan wajah seseorang dari dulu hingga sekarang. Sangat menarik!

Saking trennya konten tersebut, sampai ada yang membuat challenge di TikTok dan IG mengenai #Yearbooktrend dan #3yearschallenge, lho. Lantas, gimana caranya? Simak saja di bawah!

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat.

  2. Klik tanda tambah (+).

  3. Masukkan video yang kamu mau lebih dahulu.

  4. Jika videonya sudah masuk, atur posisi video tersebut sesuai bagian yang ingin kamu transisikan dengan klik menu "Sesuaikan".

  5. Kamu bisa memotong video dengan menariknya menggunakan garis yang ada di menu tersebut.

  6. Klik menu "Edit" untuk mengatur kecepatan, posisi, dan memisahkan bagian.

  7. Setelah sudah memisahkan bagian pertama dan kedua untuk ditransisikan, klik menu "Simpan" yang ada di bagian atas.

  8. Klik menu "Efek" untuk menambah kesan pergantian.

  9. Selesai.

Sebagai saran, saat kamu memilih efek, pastikan kalau kamu sudah menggunakan efek pergantian yang sederhana, ya. Jangan gunakan efek yang berlebihan, apalagi sampai menggunakannya berkali-kali.

Selain cara di atas, untuk membuat video transisi atau transformasi di TikTok juga bisa kamu lakukan dengan cara merekamnya sendiri .

Triknya, pilih durasi yang diinginkan, kemudian rekam dirimu. Setelah take bagian pertama dari transisi tersebut selesai, lakukan take lagi untuk hasil dari transisi yang kamu mau itu.

Cara Membuat Video TikTok Jedag-jedug

Sumber foto: Unsplash - Bagaimana cara membuat video remix dj TikTok?

Tak hanya transisi saja, tren video jedag-jedug juga hingga kini banyak digunakan orang. Apalagi, sekarang banyak lagu remix yang viral di TikTok untuk joget-joget.

Tentu saja membuat video jedag-jedug pun harus kamu lakukan biar keren. Maka, bila ada konten jedag-jedug yang saat ini ingin kamu buat, kamu bisa mengikut tutorial membuat video di TikTok yang lagi viral jedag-jedug lewat artikel di bawah.

Jaka pernah membahas secara lengkap tentang cara mengedit video jedag-jedug melalui aplikasi TikTok atau aplikasi lainnya. Yuk, langsung disimak saja!

Cara Edit Video Di TikTok Paling Keren Dan Mudah, Dijamin Viral Dan Jadi FYP!
Kamu Tiktokers pemula yang butuh tahu cara edit video Tiktok biar hasilnya keren dan viral? Simak penjelasan lengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Edit Video TikTok Ada Suara Google

Sumber foto: JalanTikus - Bagaimana cara membuat video dengan suara Google

Pernah lihat video TikTok yang ada suara Google-nya, terus kamu ingin bikin juga? Tenang! Kamu pun bisa melakukannya sekarang, geng.

Jaka bakalan mengajarimu cara membuat video TikTok yang ada suara Google di bawah. Jadi, yuk, langsung simak langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi TikTok di perangkat.
  2. Klik tanda tambah (+).
  3. Buat atau cari video yang sudah kamu bikin di galeri.
  4. Masukkan tulisan yang kamu inginkan di halaman pengeditan video TikTok.
  5. Jika sudah dimasukkan, klik tulisan tersebut sampai muncul menu "Text to-speech".
  6. Tunggu beberapa saat sampai muncul suara. Selesai.

Oia, cara lainnya untuk menambahkan suara Google juga bisa kamu lakukan dari situs soundoftext.com, geng. Cara ini biasa dipakai jika kamu mengedit video dari aplikasi CapCut maupun VN. Adapun caranya sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs soundoftext.com.
  2. Masukkan kalimat yang mau kamu ubah ke suara Google.
  3. Jika sudah berubah menjadi suara Google, download audio tersebut.
  4. Masuk ke aplikasi CapCut atau VN.
  5. Bikin video seperti biasa.
  6. Lalu, klik menu "Audio" untuk menambahkan audio Google tadi.
  7. Selesai.

Akhir Kata

Demikian penjelasan Jaka mengenai cara membuat video TikTok paling lengkap dan mudah di tahun 2022 ini. Karena sudah tau caranya, kamu bisa mulai bikin konten TikTok-mu melalui cara yang Jaka jabarin di atas.

Jaka sarankan, sebelum kamu membuat video, lebih baik cari inspirasi lebih dahulu di menu "Pencarian" atau "FYP" TikTok agar kamu bisa riding the wave. Dengan begitu, kontenmu bisa dilihat oleh banyak orang, geng.

Namun, sebagai permulaan, ada baiknya konsisten membuat video di TikTok dengan cara menambahkan teks saja. Jika sudah terbiasa, kamu bisa eksplorasi fitur editing video lainnya yang ada di aplikasi besutan Bytedance tersebut.

Jjika sudah mahir, silakan kembangkan bakat dan kreativitasmu menggunakan deretan aplikasi edit video Android gratis yang ada di bawah. Jaka jamin videomu bakalan lebih keren lagi, deh. Sekian dan selamat mencoba!

11 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark Terbaik, Bikin Video Ala Pro!
Aplikasi edit video tanpa watermark untuk Android, iOS, maupun PC bisa membuat video editanmu terlihat lebih profesional. Yuk, download aplikasinya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar [Cara Jualan di TikTok]https://jalantikus.com/tips/cara-berjualan-di-tiktok/) atau artikel Tips lainnya dari Rismawati Idris.

Kembali Keatas