J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Terjebak Iklan! 5 Hal Ini WAJIB Kamu Perhatikan Sebelum Ganti Smartphone

Jangan Terjebak Iklan! 5 Hal Ini WAJIB Kamu Perhatikan Sebelum Ganti Smartphone

Rabu, 11 Okt 2017, 12:00 WIB
Beberapa tips dari Jaka berikut ini bisa kamu jadikan referensi sebelum menukar smartphone lamamu dengan yang baru.

Zaman sekarang smartphone bukan lagi dipandang sebagai kebutuhan tersier. Hampir semua orang membutuhkan smartphone untuk menunjang kesehariannya. Baik itu untuk bekerja ataupun hanya sekedar menemani di sela kesibukan.

Perusahaan-perusahaan pembuat smartphone pun berlomba-lomba untuk menyajikan smartphone berharga murah dengan menggunakan spesifikasi yang mumpuni. Jika dahulu untuk membeli sebuah smartphone tidak cukup dengan uang Rp 2 jutaan, sekarang seseorang bisa pulang membawa sebuah smartphone bahkan dengan uang kurang dari Rp 1 juta. Namun, hal tersebut bukan alasan bagi kita sebagai konsumen untuk membeli tanpa adanya perhitungan yang matang terlebih dahulu. Beberapa tips dari Jaka berikut ini bisa kamu jadikan referensi sebelum menukar smartphone lamamu dengan yang baru.

BACA JUGA
  • Tips Membeli Smartphone Terbaik Dengan Budget Terbatas
  • 11 Tips Memilih dan Membeli Smartphone Android Bekas
  • 4 Tips Penting Untuk Membeli Smartphone Android Murah Berkualitas

Jangan Terjebak Iklan! 5 Hal Ini WAJIB Kamu Perhatikan Sebelum Ganti Smartphone

1. Service Center

51066258082b8dc682d22d646180a789

Percuma kalau kamu membeli sebuah HP tetapi tidak ada pelayanan purna jualnya. Sebagus-bagusnya sebuah smartphone, kamu tentu nggak mau kan kalau smartphone kamu rusak terus langsung jadi barang rongsokan begitu saja. Untuk itu, sebelum kamu membeli smartphone, tidak ada salahnya melakukan cek adanya service center terdekat di kotamu (sekedar informasi, kalian bisa cek brand disini: Xiaomi, Oppo, Samsung, Sony, dan Asus). Jangan lupakan pula dengan garansi yang diberikan oleh produsen smartphone tersebut ya!

2. Garansi

C348fceb8840573cf46fd0af513c198a

Sebenarnya masih lanjutan dari poin di atas, terkait dengan pelayanan purna jual. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak smartphone di pasaran Indonesia masuk dengan cara tidak resmi (garansi distributor). Nah, terkadang untuk 'lolos', beberapa custom di dalam smartphone sudah banyak diubah. Alhasil, beberapa fungsinya juga tidak bisa dipakai sesuai keadaan asli. Biasanya konsumen dapat merasakan perbedaannya pada smartphone paling lama 2-3 bulan atau paling cepat sekitar 1 minggu setelah pemakaian.

Untuk seseorang yang suka ngoprek, hal semacam itu tidak akan menjadi masalah. Tetapi untuk sebagian golongan yang paling anti dengan yang namanya oprek-mengoprek dan ogah-ogahan untuk bongkar pasang smartphone, tentu akan jadi masalah.

Saran Jaka sih untuk yang nggak mau ribet seperti ini mending beli Smartphone dengan garansi resmi. Toh, sekarang banyak kok yang resmi. Selisih harganya juga tidak terlalu kentara.

3. Spesifikasi yang Sesuai

A9a5c2dc33a4c4118fc77f883505b17f

Kebanyakan orang membeli smartphone karena tertarik dengan iklan atau melihat salah satu temannya sudah menggunakan terlebih dahulu. Apa salah? Nggak, nggak ada yang salah. Toh memang fungsi dari adanya iklan ialah untuk menarik konsumen, dan kamu nggak bisa menyalahkan temanmu untuk pakai HP keluaran terbaru. Menjadi salah kalau kamu ikut-ikutan membeli tanpa adanya perhitungan terlebih dahulu.

Contohnya, untuk kamu yang bekerja di lapangan maka lebih cocok bila membeli smartphone dengan daya baterai besar, awet, dan fast charging, bukan smartphone dengan suara bass maksimal layaknya live konser. Hal itu juga berlaku untuk masalah SIM slot. Jika kamu membutuhkan dua nomor dan kapasitas memori eksternal yang besar untuk menunjang pekerjaanmu, pilihlah smartphone dengan 2 SIM slot dan 1 tray lagi untuk kartu memori eksternal, bukannya yang menggunakan sistem hybrid.

4. RAM

061d952c89faf1442cf1f826f52d8ba7

Sebenarnya RAM itu masuk di dalam pembahasan spesifikasi yang sesuai, namun Jaka jadikan poin tersendiri. Normalnya calon pembeli selalu memperhatikan smartphone idamannya tanpa memedulikan besaran RAM-nya. Ternyata itu bisa jadi masalah loh. RAM yang kecil memengaruhi kerja HP kamu. Bahkan, antara lag atau aplikasi yang sering ketendang, bakal jadi makanan kamu sehari-hari. Pernah ngalamin? Jadi kalau kamu membeli smartphone dengan RAM yang kecil (512 MB) mending kamu mendedikasikannya memang hanya untuk sekedar berkomunikasi tanpa membebaninya dengan aplikasi dan media yang seabrek.

5. Harga dan Aksesoris Tambahan

793810de97e8937437d0de09439b918c

Sesuaikan budget yang kalian miliki sebelum membeli sebuah smartphone. Spesifikasi yang mumpuni tidak hanya ditemukan pada smartphone di kelas flagship kok. Kamu nggak perlu memaksakan diri untuk membeli sebuah HP yang berada di luar jangkauanmu. Toh, kamu juga bisa memilih dari kelas middle-low.

Untuk aksesori, tergantung dengan kamu sebagai pembeli. Ada beberapa produsen smartphone yang menjual aksesorinya secara terpisah dari smartphone milik mereka. Alasannya tentu untuk mengurangi harga jual di pasaran. Jika kalian tidak masalah dengan absennya earphone, case, ataupun screen guard, maka kalian bisa bebas memilih smartphone yang memang tidak memiliki paket lengkap di dalamnya.

Jadi, itulah beberapa hal yang bisa kalian jadikan referensi sebelum membeli sebuah smartphone. Tentunya kalian ingin memiliki smartphone sesuai angan-angan kalian kan? Nah, jika ada hal lain yang bisa ditambahkan dari tips di atas, kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar di bawah ya!

ARTIKEL TERKAIT
Istilah Dalam Dunia Smartphone

Biar Nggak KUDET! Ini 8 Istilah Dalam Dunia Smartphone yang Perlu Diketahui

Aplikasi Android Terbaru September 2017

7 Aplikasi Android Terbaru Gratis Edisi September 2017

Game Android Terbaru September 2017

7 Game Android Terbaru Gratis Edisi September 2017 untuk Melatih OTAK!

Lagi Siri Selamatkan Remaja 14 Tahun Yang Terdampar Karena Badai Harvey

Lagi! Siri Selamatkan Remaja 14 Tahun yang Terdampar Karena Badai Harvey

Harga Cuma 3 Juta Asus Zenfone 4 Max Pro Siap Hadir Di Indonesia

Harga Cuma 3 Juta, ASUS Zenfone 4 Max Pro Siap Hadir di Indonesia!

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jangan Asal, Hindari 5 Hal Ini Ketika Membeli Smartphone Baru!

Jangan Asal, Hindari 5 Hal Ini Ketika Membeli Smartphone Baru!

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

11 Cara Penting Sebelum Beli Smartphone Baru Pake Uang THR

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

Yakin Butuh HP Baru? 5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Ganti Smartphone

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

6 Tips Memilih Smartphone yang Paling Pas Untukmu, Poin Terakhir Paling Penting!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal