J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker

Senin, 28 Nov 2016, 18:00 WIB
Sudah pasti kamu nggak tahu apa perbedaan antara emoji, emoticon, dan stiker. Nah, dengan membaca artikel ini, kamu pasti tahu apa perbedaan tersebut.

Zaman sekarang, siapa yang tidak hobi chatting-an? Seiring dengan berkembangnya teknologi, perpesanan pun juga bertumbuh pesat. Zaman dulu, kamu hanya bisa bertukar pesan dengan layanan SMS saja. Siapa sangka, saat ini kamu mampu melakukan hal tersebut secara gratis menggunakan aplikasi.

Aktivitas ini menjadi populer setelah hadirnya aplikasi BBM, WhatsApp, LINE, dan lain sebagainya masuk ke dalam sistem smartphone, sehingga kamu tinggal mengaksesnya hanya dalam satu genggaman saja. Ya, untuk mengoperasikannya, kamu hanya perlu membayar paket Internet, lalu kamu bisa bertukar pesan dengan siapa pun, kapan pun, dan dimana pun kamu mau melalui aplikasi-aplikasi tersebut.

BACA JUGA
  • Nggak Cuma LINE, Ternyata WhatsApp Juga Punya Emoji GAY!
  • Cara Menginstal Emoji iPhone di Smartphone Android

Perbedaan Antara Emoji, Emoticon dan Stiker

Emoji

Dengan aktifnya kegiatan ini, tentu saja sering terjadi kesalahpahaman dalam melakukan texting. Hal ini biasanya terjadi dikarenakan komunikasi dua arah yang flat, tidak ada unsur emosi di dalamnya, sebab kamu tidak akan pernah tahu raut wajah lawan bicara kamu bukan? Sehingga perbedaan maksud kamu dengan si dia tidak nyambung, jadilah pertengkaran. Nah, untuk itu emoji, emoticon, serta stiker hadir untuk kamu.

Kita akan bahas satu per satu ya, supaya kamu nggak bingung mengenai perbedaan dari ketiga makhluk ini, hehehe.

1. Emoji itu Buatan Siapa sih?

084a466a5acfdbe71229223b775d3174cb73057253a78c41f2cde945deec40e8

Emoji merupakan sebuah istilah dari bahasa Jepang yang berarti gambar berkarakter. Pada dasarnya, emoji digunakan dalam halaman elektronik, ataupun bertukar pesan teks. Seiring terkenalnya emoji, semakin bertambahnya zaman maka emoji meledak hingga keluar Jepang. Wow!

Pencipta emoji sendiri ialah Shigetaka Kurita pada tahun sekitar 1998 - 1999. Beliau merupakan bagian dari tim yang tengah mengerjakan sebuah platform Internet seluler milik NTT DoCoMo. Emoji pertama kali hanya berukuran 12 x 12 pixel saja. Mulai dari sini lah, produsen emoji mulai meningkat dari tahun ke tahunnya.

2. Terus, Emoticon Siapa yang Bikin?

Photofahlman20

Emoticon sendiri merupakan kombinasi kata antara 'emotion' yang berarti emosi, dan 'icon' yang berarti gambar orang suci secara harfiah. Pembuatan emoticon ini memang memiliki tujuan yang sama dengan emoji, namun emoticon lebih merujuk ke sebuah simbol atau kombinasi dari simbol-simbol yang mengkespresikan wajah manusia yang mengandung emosi.

Banyak yang saling mengklaim dirinya sebagai pencipta maupun pengguna pertama dari emoticon. Akan tetapi, dari sekian banyak orang atau pihak yang mengaku sebagai pencipta, Scott Fahlman lah orang pertama yang menggunakan emoticon berbentuk ':-)' dan ':-('.

3. Lalu Bagaimana dengan Stiker?

Free Line Stickers In China

Stiker adalah ilustrasi rinci dari karakter yang mewakili perasaan emosi maupun tindakan yang ingin kamu lakukan dalam aktivitas perpesanan. Hal ini juga merupakan campuran dari kartun dan emoji Jepang seperti tanda senyum. Namun, stiker lebih beragam dari emoticon maupun emoji. Sebab, stiker tidak hanya menampilkan ekspresi wajah, namun juga reaksi tubuh sehingga karakternya lebih kuat.

Stiker berasal dari Jepang yang dibuat pada tahun 2011, saat perusahaan bernama Naver mulai mengembangkan LINE di Negeri Sakura tersebut. Kemudian, pada awal 2012, aplikasi dan karakter profil yang ditampilkan dalam koleksi stiker LINE tumbuh dengan pesat. Tidak hanya di Jepang, tapi juga mendunia, dan beberapa aplikasi lainnya juga ikut-ikutan untuk menggunakan stiker sebagai cara menyalurkan emosi kita dalam perpesanan.

Line For Android Icon2 Icon
LINE for Android 10.0.2
Apps Social & Messaging Naver
DOWNLOAD

Sudah mengerti belum kamu? Jadi, perbedaan antara emoji, emoticon, dan stiker sudah terlihat jelas bukan? Emoji merupakan sebuah gambar yang cenderung hanya menampilkan emosi wajah ataupun mood orang. Tetapi, seiring berjalannya waktu, emoji pun mengalami banyak perkembangan, ada gambar hati, awan, gagang telepon, lonceng, dan lain sebagainya.

Sedangkan, emoticon hanyalah berupa kombinasi simbol yang tersedia dimanapun termasuk dalam perangkat pintar yang kamu miliki. Kombinasinya pun juga memang menunjukkan keadaan emosi seseorang, namun cenderung tidak menyentuh untuk lawan bicara. Kemudian stiker pun memiliki sosok yang sama, tetapi karakter yang ditampilkannya jauh lebih kuat. Kamu pasti sering kan memakai stiker untuk meluapkan perasaan? Hehehe.

Emoji Gabungan

Begitulah perbedaan antara emoji, emoticon, dan stiker serta sekilas mengenai sejarahnya. Meski sebagian besar dari kamu nggak peduli mengenai perbedaan ini, setidaknya kamu bisa mengerti apa dan tahu tentang tiga hal yang sangat akrab dalam dunia perpesanan mobile ini. Tulis pendapatmu pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Xiaomi Mi Mix Punya Fitur Cortana Banner

Xiaomi Mi Mix Siap Kedatangan Fitur Cortana

Samsung Galaxy S7 Bajakan Banner

Ini Dia Cara Membedakan Mana Samsung Galaxy S7 yang Bajakan dan Original!

Cara Membuat Kamera Smartphone Secanggih Mirrorless Banner

Cara Membuat Kamera Smartphone Secanggih Kamera Mirrorless

Download Play Store 01 Eba0e

Cara Download dan Instal Play Store yang Terhapus atau Hilang, Gratis!

Ekstensi Chrome Terbaik Untuk Pelajar

5 Ekstensi Google Chrome Terbaik untuk Para Pelajar

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Bitstrips Icon
Bitmoji - Your Avatar Emoji 10.27.117
Apps Bitstrips
Touchpal Cute Emoji Keyboard Icon
TouchPal Emoji Keyboard 5.8.0.1
Apps CooTek
Emojikeyboard
Emoji Keyboard 3.2
Apps GO Dev Team
Emoji Switcher Root Icon
Emoji Switcher (root) 2.0.2
Apps Steven Schoen
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
200+ Arti Semua Emoji Terlengkap 2020 | Jangan Sampai Keliru Pake!

200+ Arti Semua Emoji Terlengkap 2020 | Jangan Sampai Keliru Pake!

5 Aplikasi Keyboard Emoji Terbaik untuk Android

5 Aplikasi Keyboard Emoji Terbaik untuk Android

15 Emoji Ini Pasti Sering Kamu Salah Artikan!

15 Emoji Ini Pasti Sering Kamu Salah Artikan!

Cara Menginstal Emoji iPhone di Smartphone Android

Cara Menginstal Emoji iPhone di Smartphone Android

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal