J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul, Mudah dan Praktis!

5 Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul, Mudah dan Praktis!

Senin, 9 Sep 2019, 18:00 WIB
Rasanya nyebelin banget ketika lagi asyik chatting di WhatsApp di gebetan tapi notifikasi WA tidak muncul. Nggak usah khawatir, geng. Cek artikel Jaka berikut ini

WhatsApp merupakan aplikasi chatting / messenger dengan pengguna terbanyak saat ini. Dengan bermodal internet, kamu bisa bertukar pesan dengan siapa saja dan di mana saja.

Hampir semua orang sudah menggunakan WhatsApp atau WA sebagai sarana komunikasi. Fitur voice & video call serta chat mampu menggantikan peran SMS dan telepon biasa yang menggunakan pulsa.

Meskipun begitu, WA juga memiliki masalah. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah notifikasi WA tidak muncul sehingga mengganggu aktivitas chatting kamu.

Penyebab dan Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul

Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps Social & Messaging WhatsApp Inc.
DOWNLOAD

Ada banyak penyebab mengapa WA kamu nggak memberi notifikasi ketika ada pesan masuk. Mulai dari masalah koneksi internet hingga setelan WhatsApp di HP kamu.

Dalam artikel ini, Jaka bakal kasih tahu kamu mengenai 5 penyebab paling umum mengapa notifikasi WA kamu nggak muncul serta cara mengatasinya, geng.

Daripada banyak berbasa-basi, langsung saja, yuk, simak artikel Jaka berikut ini!

1. HP Tidak Tersambung ke Internet

1 0b96f

Penyebab pertama merupakan masalah yang paling sering terjadi. Supaya bisa menggunakan WhatsApp dengan maksimal, HP kamu harus memiliki koneksi internet yang baik.

Ketika nggak terhubung ke internet yang stabil, WhatsApp kamu akan mengalami kesulitan untuk menerima dan mengirim pesan, serta menampilkan notifikasi.

Cara paling simpel untuk mengecek koneksi internet di smartphone kamu adalah dengan membuka website di browser smartphone-mu.

Apabila website nggak terbuka, berarti ada yang salah dengan koneksi internetmu. Kamu bisa coba mengatur setelan internet-mu atau mencari sinyal WiFi di sekitarmu.

2. Notifikasi HP Dimatikan

Selain hal di atas, kamu bisa coba mengecek notifikasi di HP kamu terlebih dahulu. Mungkin saja, fitur notifikasi di HP kamu memang dimatikan/mute.

Selain itu, pada HP Android zaman sekarang juga terdapat fitur DND atau Do Not Disturb yang membuat HP-mu mematikan notifikasi yang masuk.

Fitur DND berguna banget kalau kamu sedang main game atau menonton video di HP-mu dan nggak mau terganggu dengan notifikasi yang masuk.

Fitur ini bisa kamu temukan di notification bar ketika kamu men-swipe layar smartphone-mu ke bawah. Mungkin saja kamu nggak sengaja memencet DND sehingga notifikasi WA tidak masuk.

Untuk mengeceknya, kamu bisa melakukan hal berikut.

  • Swipe ke arah bawah pada layar utama smartphone-mu sehingga muncul notification bar.

  • Pastikan kamu menonaktifkan fitur DND pada notification bar. Kamu juga bisa menonaktifkan mode silent apabila kamu sedang berada di luar ruangan.

1 2 41cb6

3. WhatsApp Nggak Berjalan di Background

Meskipun HP kamu sedang idle alias didiamkan, aplikasi-aplikasi yang ada di dalam HP kamu tetap bekerja di background / latar belakang.

Namun, aplikasi yang terus berjalan di background seringkali membuat baterai HP menjadi boros dan cepat habis. Fitur penghemat baterai terkadang mematikan aplikasi tersebut.

WhatsApp merupakan aplikasi yang harus tetap berjalan di background. Hal ini dikarenakan WhatsApp membutuhkan sinyal untuk menerima dan mengirim pesan secara live.

Nah, kamu bisa mengatur apa saja aplikasi yang boleh berjalan di background. Mungkin saja HP kamu mematikan akses WA untuk menghemat baterai.

Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan.

  • Buka Settings lalu pilih opsi Manage Apps pada menu untuk mengatur setelan aplikasi.

  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp pada daftar aplikasi yang ada di HP-mu.

3 4 00b90
  • Klik pada Notification, lalu aktifkan opsi Show Notification untuk menampilkan notifikasi WA pada HP-mu.
5 6 Fba47
  • Kembali lagi pada menu setelah WA, lalu pilih opsi Other Permission. Pastikan opsi Start in background tercentang supaya WhatsApp kamu bisa tetap bekerja meskipun HP tidak kamu gunakan.
5 7 15603

4. WhatsApp di HP Terkoneksi ke WhatsApp Web

Salah satu keunggulan WhatsApp yang paling sering digunakan adalah kemampuannya untuk disinkronisasikan dengan PC atau laptop yang kamu gunakan.

Fitur WhatsApp Web ini berguna banget buat kamu yang sedang bekerja di PC / laptop. Kamu nggak perlu memegang HP-mu untuk membaca atau membalas chat di WhatsApp.

Ketika mengaktifkan layanan WhatsApp Web, notifikasi yang semula muncul di HP-mu akan pindah ke desktop. Hal tersebut bisa menjadi alasan mengapa notifikasi WA tidak muncul di HP kamu.

Untuk mengatasinya, kamu perlu log out dari semua komputer yang kamu gunakan untuk mengakses WhatsApp Web. Berikut adalah tutorialnya.

  • Buka aplikasi WA lalu pilih Menu (simbol berbentuk 3 titik vertikal) di pojok kanan atas untuk memunculkan. Kemudian, pilih WhatsApp Web untuk masuk ke setelan.

  • Kamu dapat melihat desktop apa saja yang pernah mengakses WhatsApp Web kamu. Kemudian, pilih Log out from all devices.

8 9 7e885

5. Preferensi Aplikasi Berubah

Notifikasi WA tidak muncul bukan cuma masalah konektivitas saja, geng. Kamu juga perlu mempertimbangkan masalah setelan preferensi WA di HP kamu.

Semua aplikasi yang ter-install di HP Android kamu memiliki preferensi yang berisi permohonan akses dan setelan khusus aplikasi tersebut.

Apabila setelan preferensi aplikasi kamu nggak sesuai, aplikasi yang kamu gunakan tersebut malah nggak berfungsi secara normal.

Salah satu cara untuk memperbaiki hal tersebut adalah dengan mengembalikan preferensi ke setelan default atau awal. Berikut adalah cara yang harus kamu lakukan.

  • Buka menu Settings pada HP-mu, lalu pilih opsi Manage Apps untuk mengatur setelan preferensi aplikasi yang kamu inginkan.

  • Setelah masuk ke halaman Manage Apps, klik pada tombol Menu yang berbentuk 3 titik vertikal. Pilih Reset app preferences untuk mengembalikan ke pengaturan awal.

10 11 96f38

Akhir Kata

Apakah cara yang Jaka berikan berhasil, geng? Kalau nggak berhasil, kamu bisa mencoba untuk me-restart HP atau meng-install ulang aplikasi WhatsApp-mu.

Sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya ya, geng!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Backup Data Whatsapp Banner

Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

Aplikasi Chatting Selain Wa 6b833

13 Aplikasi Chatting Selain WA Terbaik | Alternatif WhatsApp Down!

Untitled 4 93b0a

10 Aplikasi Stiker WA (WhatsApp) Terbaik 2020 | Bikin Stiker Sendiri!

HP Murah Bisa Wa 52279

10 HP Murah Bisa WhatsApp (WA) | Harga Mulai Rp100 ribuan!

Status Wa Keren 0689b

50+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2020 (Paling Update!)

Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui

100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
WhatsApp Bikin Boros Baterai HP, Ini Cara Mengatasinya!

WhatsApp Bikin Boros Baterai HP, Ini Cara Mengatasinya!

5 Aplikasi WhatsApp Transparan Terbaik, Bikin WA Makin Kece!

5 Aplikasi WhatsApp Transparan Terbaik, Bikin WA Makin Kece!

Cara Daftar WhatsApp di Android Gratis dan Cepat!

Cara Daftar WhatsApp di Android Gratis dan Cepat!

Cara Mengendalikan HP dari Jarak Jauh dengan Aplikasi Resmi dan Legal

Cara Mengendalikan HP dari Jarak Jauh dengan Aplikasi Resmi dan Legal

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal