3 Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp, Biar Aman dari Orang Kepo!

Default

WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting terbaik yang bersifat personal. Tapi, ada kalanya orang lain kepo terhadap isi chat di HP kita. Untungnya, masalah tersebut bisa diatasi dengan cara menyembunyikan chat WhatsApp.

Saat ini WhatsApp memang semakin umum digunakan. Bisa dibilang hampir di setiap smartphone ter-install aplikasi tersebut.

Selain memiliki banyak fitur menarik, WhatsApp memudahkan komunikasi dengan keluarga, teman, atau rekan kerja. Mungkin di antara berbagai pembicaraan yang kamu lakukan dengan mereka ada chat yang bersifat rahasia.

Nah, supaya pesan tersebut tidak bisa dilihat oleh orang lain ketika mereka meminjam HP milikmu, kamu bisa mengikuti cara supaya chat WA tidak muncul melalui penjelasan di bawah ini.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dan Memunculkannya Kembali

Berkat semakin banyak aplikasi untuk sadap WhatsApp, kadang orang-orang merasa khawatir isi chat mereka akan ketahuan orang lain. Padahal, WhatsApp telah dilengkapi dengan sistem end-to-end encryption yang menjamin keamanan isi chat.

Kamu juga tidak perlu menghapus chat yang dianggap bersifat rahasia untuk menjaganya supaya tetap aman. Hal ini dikarenakan ada cara menyembunyikan WhatsApp seseorang tanpa aplikasi tambahan.

Tenang saja, cara ini berlaku untuk smartphone Android maupun iOS, kok. Daripada kamu semakin penasaran, langsung saja simak pembahasannya di sini.

Cara Menyembunyikan Chat WA di Android

Saat ini semakin banyak trik yang digunakan oleh para pengguna WhatsApp untuk melakukan personalisasi pada aplikasi tersebut. Salah satu contohnya adalah cara membuat last seen palsu.

Sama seperti cara tersebut, kamu juga bisa menyembunyikan chat WhatsApp di HP Android tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Penasaran bagaimana cara menyembunyikan pesan WhatsApp di HP Android tanpa aplikasi? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP kamu.

  2. Tekan dan tahan chat yang ingin disembunyikan hingga muncul beberapa ikon di bagian atas. Langkah ini juga berlaku pada cara sembunyikan chat grup WhatsApp, ya.

  3. Selanjutnya, klik ikon Archive.

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp 4b786
Sumber foto: Teknologi.id
  1. Chat yang disembunyikan akan langsung hilang dari tampilan. Kamu bisa membukanya dengan cara klik Archived chats di bagian paling bawah pada tab Chats.
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Iphone 0d006
Sumber foto: centerklik
  1. Jika ingin mengembalikan chat tersebut, tekan dan tahan agak lama, lalu klik ikon Unarchive.
Cara Menyembunyikan Whatsapp Seseorang A1864
Sumber foto: centerklik

Kekurangan dari cara ini adalah chat yang sudah kamu sembunyikan akan muncul lagi dengan sendirinya jika orang atau grup tersebut mengirimkan pesan baru.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp iPhone

Meskipun kegunaan dan fitur-fiturnya sama, namun WhatsApp di Android dan iPhone memiliki perbedaan. Tampilan WA di iPhone yang lebih simpel membuat beberapa pengguna Android sampai mencari cara mengubah WhatsApp Android menjadi iPhone.

Sementara itu, cara menyembunyikan chat WA di iPhone sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan di HP Android. Seperti yang disebutkan tadi, tampilannya saja yang berbeda.

Nah, bagi kamu pengguna iPhone, yuk, ikuti langkah-langkah menyembunyikan chat WhatsApp di iPhone tanpa aplikasi berikut ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp di iPhone kamu.

  2. Klik tab Chats di bagian bawah layar.

Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp Iphone 9a6a9
  1. Geser ke kiri chat yang ingin disembunyikan dan klik opsi Archive.
Cara Menyembunyikan Whatsapp Seseorang Cb3e2
  1. Chat yang disembunyikan akan langsung hilang dari tampilan. Kamu bisa membukanya dengan cara usap layar ke bawah hingga muncul tulisan Archived Chats di bagian paling atas.
Cara Sembunyikan Chat Grup Whatsapp 77b41
  1. Jika ingin mengembalikan chat tersebut, geser ke kiri, lalu klik opsi Unarchive.
Cara Menyembunyikan Chat Whatsapp 60446

Sama seperti di HP Android, chat WhatsApp di iPhone yang sudah disembunyikan akan muncul lagi dengan sendirinya jika orang atau grup tersebut mengirimkan pesan baru.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp dengan Aplikasi

Nah, kalau kamu ingin menyembunyikan chat WhatsApp secara lebih aman, dalam arti chatnya tidak akan muncul kembali meskipun ada pesan baru, kamu bisa memanfaatkan WhatsApp MOD APK.

Saat ini sudah banyak aplikasi WhatsApp versi modifikasi yang memiliki beragam fitur lebih canggih dibanding WhatsApp versi resmi, salah satu yang paling terkenal adalah GBWhatsApp.

Berikut adalah cara menyembunyikan pesan WA menggunakan aplikasi GBWhatsApp. Tapi, cara ini khusus untuk Android, ya.

  1. Download dan install aplikasi GBWhatsApp terlebih dahulu melalui link berikut jika kamu belum punya.
Gbwhatsappinfo Icon
GBWhatsapp 13.10.2
Apps Social & Messaging GBWhatsapp
DOWNLOAD
  1. Buka aplikasi WhatsApp versi resmi, masuk ke menu Setting, klik opsi Chats, dan pilih Chat Backup.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 2 5a96b

  1. Klik Back Up, lalu tunggu proses pengamanan data-data chatting kamu hingga selesai. Biasanya proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 3 3b2ad

  1. Selanjutnya, buka aplikasi GBWhatsApp, klik Restore, lalu masukkan nomor WhatsApp yang kamu gunakan. Jika sudah, klik Next.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 4 5f46c

  1. Lakukan verifikasi nomor telepon, lalu masukkan nama, kemudian klik Next.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 5 D65cf

  1. Semua chat kamu di aplikasi WhatsApp yang lama akan langsung muncul. Tekan dan tahan pada chat yang ingin disembunyikan. Klik tiga titik vertikal di pojok kanan atas, pilih Hide, lalu buat Pattern sebagai pengaman.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 6 B25a4

  1. Chat yang disembunyikan akan langsung hilang dari tampilan. Untuk mengaksesnya, klik tulisan WhatsApp, lalu masukan Pattern yang telah kamu buat.

Cara Menyembunyikan Pesan Whatsapp 7 A89c8

Akhir Kata

Itu dia cara menyembunyikan chat WhatsApp di HP Android dan iPhone, baik menggunakan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin chat WhatsApp pribadimu akan aman dari mereka yang suka kepo dengan isi chat di HP kamu. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir lagi, deh.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Backup Data Whatsapp Banner
Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)
Aplikasi Stiker Wa 54cdb
10 Aplikasi Stiker WA Terbaik 2021, Bisa Bikin Stiker Sendiri!
Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui
100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui
Aplikasi Chatting Selain Wa 6b833
13 Aplikasi Chat Selain WA Terbaik | Alternatif WA Berbagi Data Pengguna!
Wallpaper Wa Af976
150+ Wallpaper WhatsApp Terbaru & Terlengkap 2020 | WA Makin Kece!
Cara Menghapus Akun Whatsapp 3dfb0
4 Cara Menghapus Akun Whatsapp Permanen dan Sementara, Mudah!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal