10 Film tentang Dewa Mitologi Terbaik, Seru dan Menegangkan

Default

Film tentang dewa menjadi favorit banyak orang karena berakar dari banyak budaya, tradisi, ataupun kepercayaan di dunia.

Bagi mereka, dewa dinilai sebagai sosok yang melindungi dan menjaga keseimbangan alam dan manusia di bumi. Latar belakang kisahnya pun bermacam-macam, mulai dari mitologi Yunani hingga Nordik, semuanya ada.

Nilai moral dan budaya yang terkandung dalam film dewa mitologi sangatlah bermakna dan bagus untuk kamu tonton.

Penasaran apa aja? Buat kamu yang tertarik dengan cerita tentang dewa-dewa, berikut Jaka rangkum rekomendasi film tentang dewa mitologi yang harus kamu saksikan!

1. Jason and the Argonauts (1963)

Film dewa mitologi Yunani yang satu ini ini sudah dirilis sejak tahun 1963 silam, mengisahkan petualangan Jason, putra dari Alcimed bersama sekelompok pahlawan kapal yang disebut Argonuts.

Mereka ditugaskan untuk menemukan Golden Fleece atau bulu domba emas atas perintah Raja Pelias. Dalam perjalanannya, mereka harus berhadapan dengan berbagai macam musuh berbahaya.

Mulai dari suku pembunuh, peri penggoda, penyihir, bahkan seekor Naga. Berkat alur cerita yang rapi ditambah aksi petualangan yang seru membuatnya jadi salah satu film action terbaik yang harus kamu tonton.

Judul Jason and the Argonauts
Tayang 31 Agustus 2016
Durasi 1 jam 44 menit
Produksi Morningside Productions, Columbia Pictures
Sutradara Don Chaffey
Cast Todd Armstrong, Nancy Kovack, Gary Raymond, dkk
Genre Action, Adventure, Family
Rating 91% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

2. Wonder Woman (2017)

Buat kamu penggemar film superhero DC terbaik pasti familiar dengan film tentang dewa terbaru ini. Dirilis pada tahun 2017, Wonder Woman mengisahkan tentang petualangan Putri Diana, putri Dewa Zeus yang kelak jadi superhero hebat.

Bersama dengan pejuang Amazon, ia bakal bertarung melawan Ares, Sang Dewa Perang yang mengobrak-abrik tatanan dunia dan membunuh banyak orang yang nggak bersalah.

Dengan akting memukau dan keren Gal Gadot ditambah jalan ceritanya yang sempurna, film Dewa Zeus dan keluarganya ini bakal sangat direkomendasikan buat kamu tonton.

Judul Wonder Woman
Tayang 2 Juni 2017
Durasi 2 jam 21 menit
Produksi DC Films, RatPac Entertainment, Atlas Entertainment
Sutradara Patty Jenkins
Cast Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright, dkk
Genre Action, Adventure, Fantasy
Rating 93% (RottenTomatoes.com)

7.4/10 (IMDb.com)

3. Thor: Ragnarok (2017)

Kalau DC punya Wonder Women, Marvel Studios punya Thor. Film yang dirilis tahun 2017 ini mengakar dari sosok Thor yang merupakan anak Dewa Odin, salah satu dewa paling berpengaruh dalam mitologi Nordik.

Film tentang Dewa Nordik ini juga menceritakan kisah Thor yang tinggal di Asgard dan memiliki gelarnya sendiri, yakni Dewa Petir. Dalam setiap pertarungannya, ia selalu menggunakan mjolnir, palu gada yang mampu mengeluarkan listrik.

Nah, karena kesalahannya, ia dibuang ke bumi dan kekuatannya diambil oleh sang ayah. Beragam konflik yang muncul, terutama dengan sang ayah dan Loki, saudara tiri Thor bikin film tentang mitologi Nordik ini layak buat ditonton.

Judul Thor: Ragnarok
Tayang 3 November 2017
Durasi 2 jam 10 menit
Produksi Marvel Studios
Sutradara Taika Waititi
Cast Chris Hemsworth, Tom Hiddleston, Cate Blanchett, dkk
Genre Action, Adventure, Comedy
Rating 93% (RottenTomatoes.com)

7.9/10 (IMDb.com)

4. Pan's Labyrinth (2006)

Dirilis tahun 2006, salah satu film terbaik karya sutradara Guilermo Del Toro ini mengisahkan tentang gadis kecil bernama Ofelia yang baru saja pindah rumah ke lokasi yang asing dan cukup mencekam.

Saat ia mencoba menjelajahi daerah di sekitar rumahnya, ia menemukan sebuah labirin tua. Nggak disangka, ia bertemu dengan makhluk bernama Faun.

Meskipun Faun makhluk yang terlihat mengerikan, tetapi ia bukan sosok jahat, malah Faun lah yang membantu Ofelia dalam menghadapi konflik mengerikan di masa depan.

Film tentang dewa ini mengangkat kisah mitologi dan cerita rakyat Spanyol dengan plot cerita yang rapi sekaligus menegangkan. Pantas saja film ini berhasil memenangkan Piala Oscar 2007 untuk kategori Sinematografi Terbaik.

Judul Pan s Labyrinth (El laberinto del fauno)
Tayang 29 Desember 2006
Durasi 1 jam 58 menit
Produksi Esperanto Filmoj, Warner Bros. Pictures, Telecinco Cinema
Sutradara Guillermo del Toro
Cast Ivana Baquero, Ariadna Gil, Sergi L pez, dkk
Genre Drama, Fantasy, War
Rating 95% (RottenTomatoes.com)

8.2/10 (IMDb.com)

5. Journey to the West: Conquering the Demons (2013)

Siapa yang pernah menonton serial TV Sun Go Kong atau Kera Sakti semasa kecil? Nah, kalau kamu sudah familiar dengan kisah kocak nan seru tersebut, kamu perlu menonton film yang satu ini.

Dirilis pada tahun 2013, film tentang dewa-dewa ini menceritakan kisah Tang Sanzang (Wen Zhang) yang masih belum menjadi biksu suci. Di sini ia menjadi seorang pemburu siluman amatiran yang mengandalkan buku lagu anak-anak sebagai "senjata".

Dalam perjalanannya hingga menyeberangi lautan dan gunung, ia bakal bertemu serangkaian konflik dan petualangan seru, khususnya saat berhadapan dengan dewa-dewa.

Di sinilah kamu bakal tahu asal muasal kenapa bisa ada sosok Kera Sakti, Biksu Tong, hingga siluman babi Chu Pat Kai.

Judul Journey to the West: Conquering the Demons (Xi you: Xiang mo pian)
Tayang 7 Februari 2013
Durasi 1 jam 50 menit
Produksi Bingo Movie Development, Village Roadshow Pictures Asia, Chinavision Media Group
Sutradara Stephen Chow, Chi-Kin Kwok
Cast Zhang Wen, Qi Shu, Bo Huang, dkk
Genre Action, Adventure, Fantasy, Comedy
Rating 94% (RottenTomatoes.com)

6.8/10 (IMDb.com)

6. 300 (2007)

Pastinya kamu familiar dengan film ini, apalagi kalau hafal dengan adegan ikonik saat Raja Sparta, Leonidas menendang dan membunuh para utusan Xerxes, dewa sekaligus raja ke dalam sumur sambil berteriak, "This is Sparta!".

Film tentang dewa-dewi Yunani yang satu ini sarat dengan kisah mitologi yang kental. Berawal dari novel, kisah ini diadaptasi menjadi film oleh Hollywood.

Film tentang dewa mitologi dan peperangan ini sangat menarik buat ditonton karena menyajikan plot cerita yang matang dan kualitas grafik yang bagus, secara khusus adegan peperangannya yang terasa nyata dan kolosal.

Karena itulah, film 300 berhasil memenangkan MTV Movie Awards 2007 untuk kategori Best Fight. Keren banget, geng!

Judul 300
Tayang 9 Maret 2007
Durasi 1 jam 57 menit
Produksi Legendary Pictures
Sutradara Zack Snyder
Cast Gerard Butler, Lena Headey, David Wenham, dkk
Genre Action, Adventure, Drama
Rating 60% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

7. Hercules (1997)

Film tentang dewa Yunani yang satu ini dirilis pada tahun 1997 dan jadi hits di masanya. Hal ini mengingat pada waktu itu, masih jarang film animasi yang mengangkat tema dewa-dewa, khususnya film tentang makhluk mitologi.

Film tentang Dewa Zeus dan keluarganya ini berfokus pada sang putra yang bernama Hercules. Ia berhasil diculik dan dibuang oleh Pain dan Panic atas perintah Hades yang berniat menguasai Olympus.

Setelah Hercules tumbuh remaja, ia berusaha menemukan jati dirinya dengan berkunjung ke kuil Zeus. Di sanalah ia memperoleh informasi bahwa untuk mengembalikan posisinya sebagai dewa, ia harus berjuang membela kebenaran dan jadi pahlawan sejati.

Berkat jalan ceritanya yang seru dan nggak ngebosenin, lengkap dengan aksi kocak para pemerannya, film tentang mitologi Yunani ini menjadi salah satu film keluarga terbaik sepanjang masa yang pas buat kamu tonton bareng serumah.

Judul Hercules
Tayang 15 Juni 1997
Durasi 1 jam 33 menit
Produksi The Walt Disney Company, Walt Disney Pictures
Sutradara Ron Clements, John Musker
Cast Tate Donovan, Susan Egan, James Woods, dkk
Genre Animation, Adventure, Comedy
Rating 84% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

8. Troy (2004)

Meskipun sempat dikritik karena melakukan kesalahan fatal, namun film Troy (2004) berhasil mendulang kesuksesan yang cukup besar di Hollywood.

Film tentang dewa-dewa ini mengambil latar belakang di abad 12 SM dan mengisahkan peperangan antara Sparta dari Yunani dengan Troy yang awalnya bersepakat untuk berdamai.

Konflik percintaan dan kepentingan pribadi yang terjadi malah membuat resolusi perdamaian terancam batal. Apakah akhirnya mereka berhasil menurunkan ego dan amarah yang muncul?

Judul Troy
Tayang 13 Maret 2004
Durasi 2 jam 43 menit
Produksi Warner Bros, Helena Productions, Latina Pictures
Sutradara Wolfgang Petersen
Cast Brad Pitt, Eric Bana, Orlando Bloom, dkk
Genre Drama, History
Rating 54% (RottenTomatoes.com)

7.2/10 (IMDb.com)

9. Prometheus (2012)

Dirilis tahun 2012, film Prometheus memberi perspektif tentang asal-usul terjadinya kehidupan di bumi yang tak bisa lepas dari mahluk alien xenomorph.

Dikisahkan kaum yang disebut Engineers dengan pengetahuan bioteknologi canggih memulai ekspedisi tentang sisi lain kehidupan manusia di bumi.

Siapa sangka, apa yang mereka temukan sungguh mengejutkan dan membuat rencana mereka berubah total. Sungguh menegangkan!

Judul Prometheus
Tayang 8 Juni 2012
Durasi 2 jam 4 menit
Produksi Twentieth Century Fox, Dune Entertainment, Scott Free Productions
Sutradara Ridley Scott
Cast Noomi Rapace, Logan Marshall-Green, Michael Fassbender, dkk
Genre Adventure, Mystery, Sci-Fi
Rating 73% (RottenTomatoes.com)

7.3/10 (IMDb.com)

10. Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief (2010)

Jalan cerita film ini dimulai saat Percy Jackson yang merupakan anak dewa Poseidon dituduh mencuri petir milik Zeus.

Tidak terima, Poseidon menyatakan siap bertarung jika Zeus hendak membahayakan nyawa sang anak. Zeus pun memberi tenggat waktu, apabila petirnya tidak kembali sampai batas waktu yang ditentukan, maka akan terjadi perang besar.

Dari sinilah, konflik sesungguhnya dimulai. Percy Jackson yang lahir sebagai manusia normal tiba-tiba dikagetkan dengan asal usulnya. Berhasilkah mereka menemukan pencuri sesungguhnya?

Judul Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief
Tayang 12 Februari 2010
Durasi 1 jam 58 menit
Produksi Phoenix Film Partners, 1492 Pictures, Sunswept Entertainment
Sutradara Chris Columbus
Cast Logan Lerman, Kevin McKidd, Steve Coogan, dkk
Genre Adventure, Family, Fantasy
Rating 49% (RottenTomatoes.com)

5.9/10 (IMDb.com)

Daftar Film tentang Dewa Mitologi Terbaik 2021

  1. Jason and the Argonauts (1963)
  2. Wonder Woman (2017)
  3. Thor: Ragnarok (2017)
  4. Pan's Labyrinth (2006)
  5. Journey to the West: Conquering the Demons (2013)
  6. 300 (2007)
  7. Hercules (1997)
  8. Troy (2004)
  9. Prometheus (2012)
  10. Percy Jackson & the Olympians: The Lightning Thief (2010)

Akhir Kata

Itulah tadi deretan film dewa-dewa yang harus kamu tonton. Gimana pendapatmu, geng? Atau kamu punya rekomendasi film tentang dewa-dewa terbaik lainnya?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8
7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!
Naskah Be6b0
Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik
Page Cbfcc
7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!
1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb
7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?
Page 63ff4
7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?
Goblinost Custom 97734
7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal