7 Ciri-ciri WA Diblokir atau Tidak & Cara Mengatasinya, Awas Jangan Salah Paham!

Default

Ciri-ciri WA diblokir dapat diketahui dengan melihat beberapa hal yang ada di dalam aplikasi pesan instan ini. WhatsApp atau WA memang punya fitur blokir yang biasanya digunakan untuk menghindari kontak tertentu.

WhatsApp sudah menjadi platform komunikasi penting bagi banyak orang. Namun, terkadang selalu ada hal-hal mengganggu seperti pesan atau telepon dari nomor tak dikenal yang akhirnya memaksa kita untuk memblokir pengguna lain.

Bagaimana jika terjadi sebaliknya? Mungkin kita akan merasa kesal dan bingung, karena tidak bisa lagi menghubungi kontak tersebut. Guna menghindari kesalahpahaman, sebaiknya pastikan terlebih dulu apakah kontak WA kita benar-benar diblokir.

Belum mengetahui caranya? Tenang, simak beberapa ciri-ciri WA diblokir yang sudah Jaka himpun berikut ini. Ketahui juga langkah-langkah untuk mengatasi WA yang diblokir untuk membuatmu dapat menghubungi dia lagi!

1. Ciri-ciri WA Diblokir via 'Last Seen' (Status Online)

Ciri Ciri WA Diblokir Last Seen
Sumber foto: DNA India - Ciri ciri WA Diblokir

Biasanya, kamu tidak dapat melihat atau megetahui last seen dari orang tersebut. Last seen sendiri merupakan status terakhir seseorang yang aktif menggunakan WhatsApp. Namun, status 'terakhir dilihat' yang tak nampak tidak selalu berarti kamu sudah diblokir.

Hal ini bisa disebabkan karena orang tersebut mengatur privasi last seen-nya. Setiap pengguna WA memang dapat mengatur privasi last seen mereka melalui pengaturan. Pengguna WhatsApp bisa menyesuaikan daftar kontak yang dapat melihat status online mereka.

2. Ciri-ciri WA Diblokir via Chat Tidak Terkirim

Ciri Ciri WA Diblokir Via Chat Tidak Terkirim
Sumber foto: Freepik - Ciri ciri WA Diblokir

Chat atau pesan singkat yang tidak terkirim bisa menjadi tanda jika kontak WhatsApp telah diblokir seseorang. Jadi, periksalah tanda centang atau tick marks yang ada di ujung kanan bawah.

Saat tanda centang berjumlah satu dan warnanya abu-abu dan setelahnya orang tersebut tak membalas pesan sampai berhari-hari atau bahkan dalam satu tahun, bisa jadi pesan tak terkirim disebabkan karena nomor kontak kamu telah diblokir oleh si penerima pesan.

Sementara bila warna tanda centang berubah menjadi biru, artinya si penerima sudah membaca pesan alias chat yang sudah kita kirim. Namun, sebagian orang mengatur untuk tanda centangnya tetap berwarna abu meski pesannya sudah dibaca

Pengaturan tersebut menyebabkan orang sulit mengetahui apakah pesannya sudah terkirim atau tidak. Tanda centang pada chat WhatsApp juga bisa berjumlah satu buah saja jika HP penerima pesan sedang tidak terhubung ke koneksi internet.

3. Ciri-ciri WA Diblokir via Foto Profil

Ciri Ciri WA Diblokir Via Foto Profil
Sumber foto: IST - Ciri ciri WA Diblokir

Cara mengetahui WA Diblokir tanpa chat ini juga bisa menjadi indikator yang cukup akurat. Perhatikan foto profil orang tersebut apakah dalam kondisi default seperti saat pertama kali mendaftar.

Bisa jadi sebelum memblokir, orang tersebut sempat bergonta-ganti foto dan akhirnya pengaturan foto profil ke default. Namun, foto profil default bisa disebabkan karena orang tersebut memang tidak menambahkan foto profil WA dan membiarkannya seperti itu.

Selain itu, orang tersebut mungkin juga tidak kamu masukkan ke dalam kontak sehingga fotonya tidak muncul. Namun, kebanyakan pengguna WA hampir pasti selalu menambahkan foto profil dan tidak membiarkannya dalam kondisi default.

4. Ciri-ciri WA Diblokir via Status Update

Ciri Ciri WA Diblokir Via Status Update
Sumber foto: Tech Maven - Ciri ciri WA Diblokir

Para pengguna bisa berbagi cerita atau status ala-ala Snapchat melalui WhatsApp. Namun, jika kamu tidak bisa menyaksikan pesan status kontak lain, bisa jadi mereka telah memblokir kamu sepenuhnya.

Meski begitu, hal tersebut juga bisa diakibatkan oleh pengaturan privasi untuk pesan status yang dibatasi oleh si pengguna. Bisa jadi juga orang tersebut jarang memperbarui pesan statusnya.

Sebaiknya, tanya teman kamu yang juga berteman dengan orang yang dimaksud. Apakah teman kamu itu masih bisa melihat pesan status orang tersebut atau tidak. Ada dua kemungkinan yaitu memang diblokir atau hanya dihapus dari daftar viewer pesan status.

5. Ciri-ciri WA Diblokir via Telepon

Ciri Ciri WA Diblokir Via Telepon
Sumber foto: Mashable India - Ciri ciri WA Diblokir

Kamu dapat mengetahui ciri ciri WA diblokir dengan cara menelepon orang tersebut. Coba hubungi mereka dengan telepon atau panggilan video. Jika terus-menerus tidak berhasil, kamu mungkin memang diblokir.

Namun ketahui juga penyebab lainnya, yakni si pengguna bisa jadi sedang tidak menghubungkan HP-nya ke koneksi internet atau dalam keadaan mati. Jika benar diblokir, saat menelepon kamu akan melihat status panggilan hanya "Memanggil", bukan "Berdering".

6. Ciri-ciri WA Diblokir via Voice Note & Foto

Ciri Ciri WA Diblokir Via Voice Note Foto
Sumber foto: GSMArena - Ciri ciri WA Diblokir

Cara ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan chat tidak terkirim. Pesan suara atau voice note dan foto yang juga gagal dikirim bisa menjadi tanda kalau WA kamu sudah diblokir seseorang.

Saat tanda centang di foto dan voice note yang kamu kirim berjumlah satu buah dan warnanya abu-abu dalam waktu yang sangat lama, bisa jadi orang tersebut memang sudah memblokir WA kamu.

7. Ciri-ciri WA Diblokir via Undangan Grup

Ciri Ciri WA Diblokir Via Undangan Grup
Sumber foto: IST - Ciri ciri WA Diblokir

Satu tanda lainnya yang bisa memperkuat kemungkinan bahwa kamu sudah diblokir seseorang di WhatsApp adalah ketika mencoba memasukkan mereka ke dalam sebuah grup. Muncul notifikasi yang menyatakan jika kamu tidak memiliki otoritas atau izin untuk menambahkan orang tersebut ke dalam grup.

Cobalah membuat obrolan baru dalam bentuk grup dan menambahkan beberapa teman ke dalamnya. Jika teman-teman yang lain dapat dengan mudah dimasukkan, maka ini bukanlah masalah. Sementara jika ada kontak yang tidak bisa dimasukkan bisa saja kamu diblokir olehnya.

Bagaimana Cara Mengatasi WA Diblokir?

Setelah mengetahui ciri-ciri WA diblokir, bagaimana cara mengatasinya? Bagi kamu yang merasa harus segera bisa menghubungi pengguna yang memblokir, berikut ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

1. Chat via Grup WA

Jika kamu dan orang yang memblokir termasuk ke dalam satu grup yang sama, manfaatkan kesempatan ini untuk berkomunikasi. Kamu bisa menanyakan dan meminta ia untuk membuka blokirnya dengan alasan apapun yang bisa kamu sampaikan.

Dalam sistem grup di WA, akun yang bukan merupakan admin tidak bisa memblokir atau mengeluarkan seseorang sembarangan. Jadi, kamu masih bisa tetap berkomunikasi dengan orang tersebut tanpa takut akan diblokir lagi.

2. Ganti Nomor Telepon

Kamu bisa mengganti nomor telepon supaya bisa kembali menghubungi orang yang memblokir. Sebaiknya, backup semua data kontak dan pesan lainnya yang ada di akun WA lama terlebih dahulu.

Mengganti nomor telepon merupakan langkah yang sangat mudah, kamu bisa menghubungi orang yang bersangkutan. Kamu pun bisa membuat akun WA baru dengan menggunakan nomor baru tersebut.

3. Menghapus Akun WA

Menghapus akun WA merupakan cara terakhir yang cukup berisiko, karena dapat menghapus semua data kontak dan pesan di WA kamu selama ini. Cara ini bisa dilakukan saat kamu benar-benar tidak memiliki kesempatan dengan cara pertama dan kedua.

Setelah akun terhapus, kamu bisa membuat WA baru dengan membuka aplikasi WA. Saat WA sudah kembali seperti semula, maka kamu sudah bisa kembali berkirim pesan kepada kontak yang telah memblokir kamu sebelumnya.

Akhir Kata

Itulah kumpulan ciri ciri WA diblokir yang bisa penanda apakah kontak kamu menjadi salah satu yang tidak diinginkan seseorang. Sejauh ini, tidak ada cara mengetahui WA diblokir dengan aplikasi selain dari platform WhatsApp itu sendiri.

Meski begitu, perlu diingat juga bahwa ciri-ciri di atas tidak sepenuhnya secara langsung menjadi petunjuk bahwa WA diblokir. Dalam beberapa kasus, banyak pengguna mengira WA diblokir tetapi sebenarnya ada kendala teknis.

Baca juga artikel Cara Rekaman dari Rumah, Cara Menyadap WA Tanpa Brandcode, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 2 D01d0
Cara Mengganti Nomor WA Tanpa Menghapus Chat, Kontak, & Grup | Gampang!
Cara Nonton Status Whatsapp Tanpa Diketahui
100% Ampuh! Begini Cara Nonton Status WhatsApp Tanpa Diketahui
Status Wa Keren 2f310
100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2022 (Paling Update!)
Download Jtwhatsapp Jimods Terbaru 2020 Whatsapp Mod Canggih 5c3d6
Download JTWhatsApp (JiMODs) Versi 9.11 Terbaru 2022, WhatsApp MOD Canggih!
Untitled1 F3cb3
Download GB WhatsApp APK v2.22.23.84 Update 2022, Premium & No Ads!
Cara Spam Wa 0d2c1
6 Cara Bom Chat WhatsApp Otomatis 2022, Bisa Spam Chat WA Tanpa Ribet!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal