J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Registrasi Kartu simPATI Baru 2020 | Bisa Daftar Tanpa KK & KTP?

Sabtu, 26 Sep 2020, 09:00 WIB
Begini cara registrasi kartu simPATI baru untuk tahun 2020. Simak cara-cara lengkap registrasi kartu simPATI di artikel ini.

Seperti yang kamu tahu, Telkomsel merupakan provider layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Banyak orang menggunakan berbagai macam layanannya, salah satunya yang paling banyak dipakai adalah kartu simPATI.

Hanya saja, seturut dengan aturan Pemerintah tahun 2016, semua pengguna kartu simPATI, baik lama maupun baru wajib melakukan registrasi dengan memvalidasi Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Kira-kira, bagaimana sih cara registrasi kartu simPATI baru tahun 2020? Tenang aja, semua bakal Jaka jabarkan dengan rinci di bawah. Panduan ini juga bisa kamu gunakan untuk Kartu As, Loop, hingga Kartu Halo loh!

Cara Registrasi Kartu simPATI

1 7ce8b
Sumber foto: Suara.com

Banyak yang menggunakan layanan provider Telkomsel, khususnya kartu simPATI. Hal ini terjadi karena banyak hal, khususnya karena harga paket internetnya yang murah dan terjangkau.

Adapun cara registrasi kartu simPATI, Loop, As, hingga Halo pada dasarnya sama, mengingat semuanya berasal dari provider yang sama, yaitu Telkomsel.

Kamu bisa menggunakan cara online dari situs Telkomsel secara langsung, atau kamu juga bisa menggunakan fitur Dial SMS lewat telepon. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak penjabaran Jaka di bawah ini!

Cara Registrasi Kartu simPATI Telkomsel Baru 2020

2 58caf
Sumber foto: Liputan 6

Cara registrasi awal kartu simPATI sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus ke GraPARI Telkomsel. Penasaran kan? Berikut panduan lengkapnya!

Syarat Registrasi Kartu simPATI

Ada beberapa persyaratan administrasi yang harus disiapkan oleh pengguna kartu simPATI. Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), persyaratan yang harus disiapkan adalah:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)

Selain WNI, ternyata kartu simPATI juga terbuka bagi Warga Negara Asing (WNA). Persyaratannya pun nggak kalah mudahnya, terutama untuk mendaftar kartu prabayar. Persyaratannya adalah:

  1. Paspor
  2. KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap)
  3. KITAS (Kartu Ijin Tinggal Sementara)

1. Cara Registrasi Kartu simPATI Baru lewat SMS

Cara registrasi kartu simPATI via SMS Dial lewat telepon adalah cara paling mudah untuk dilakukan. Selain cepat, cara ini juga gratis karena didukung langsung oleh Pemerintah Pusat.

Jika kamu merupakan pengguna baru kartu simPATI Telkomsel, berikut panduannya!

  1. Ketik REG<spasi>NIK#Nomor KK#.
  2. Kirim ke 4444.
3 6fda9

Contoh, masukkan REG 12345678910111213#10987654321012345#, lalu kirim ke nomor 4444.

Jika kamu merupakan pengguna lama kartu simPATI Telkomsel, maka format SMS yang dikirimkan adalah:

  1. Ketik ULANG<spasi>NIK#Nomor KK#.
  2. Kirim ke 4444.
4 0f8c2

Contoh registrasi pengguna kartu simPATI yang lama adalah ULANG 1234567890123456#3201060401130027#, lalu kirim ke nomor 4444.

2. Cara Registrasi Kartu simPATI Baru lewat Online

Sebelumnya, cara registrasi kartu simPATI secara online dilakukan pada https://telkomsel.com/cek-prepaid. Sayangnya, setelah Jaka coba periksa, situs tersebut sudah tidak bisa diakses, geng.

Jaka sempat diarahkan menuju situs Telkomsel lainnya yaitu https://www.telkomsel.com/en/registrasiprabayar, namun di situs ini hanya menyertakan rincian prosedur registrasi kartu Telkomsel prabayar, termasuk simPATI.

Dengan demikian, jika kamu ingin registrasi kartu simPATI, kamu hanya bisa melalui SMS Dial ataupun datang langsung ke GraPARI Telkomsel di seluruh Indonesia.

Selain registrasi kartu Telkomsel, kamu juga bisa mengetahui cara registrasi kartu Tri, Indosat, dan provider lainnya. Semua bisa kamu baca lewat artikel yang Jaka tulis di bawah ini.

Cara Registrasi Kartu Sim B5acf
Cara Registrasi Kartu SIM Semua Operator (Update 2019)
SIM Card tidak bisa dipakai kalau belum didaftarkan. Simak cara registrasi kartu Telkomsel, XL, Indosat, 3, dan Smartfren, baik via SMS atau online di internet.
LIHAT ARTIKEL

Berapa Lama Proses Registrasi Kartu simPATI?

6 289ff
Sumber foto: PT Kontak Perkasa Futures

Baik pengguna lama maupun baru kartu simPATI Telkomsel bakal mendapatkan kemudahan registrasi kartu yang singkat dan cepat.

Biasanya, proses pendaftaran kartu simPATI berlangsung kurang dari 5 menit. Namun untuk proses validasinya sendiri di Database Nasional memakan waktu 1x24 jam.

Apabila traffic sedang lancar, hari itu juga kamu bisa langsung mendapatkan pesan konfirmasi via SMS bahwa nomormu sudah terdaftar, geng.

Kecepatan proses registrasi kartu simPATI pun nggak berhubungan dengan kebijakan zonasi Telkomsel terbaru 2020, mengingat zona wilayah ini hanya mengatur pembagian harga saja.

Cara Cek Kartu simPATI sudah Terdaftar apa Belum

Ada 4 cara yang digunakan untuk mengetahui apakah kartu simPATI yang kamu punya sudah sukses terdaftar atau belum.

Pertama, kamu bisa mengakses situs Telkomsel di https://telkomsel.com/cek-prepaid. Sayangnya setelah Jaka coba, situs ini sudah tidak bisa diakses.

Kedua, kamu bisa mencoba menghubungi Call Center Telkomsel pada 0807-1-811-811. Nantinya kamu tinggal menyiapkan nomor simPATI mu yang aktif ditambah NIK dan KK.

Ketiga, kamu bisa langsung menuju ke GraPARI Telkomsel yang tersebar di seluruh Indonesia. Sama seperti cara di atas, kamu tinggal menyiapkan nomor simPATI mu yang aktif ditambah NIK dan KK.

Keempat, kamu bisa memanfaatkan fitur SMS Dial untuk menghubungi Data Server Nasional. Berikut cara cek kartu SIM simPATI sukses registrasi!

  1. Silakan menuju UMB Dial Number, lalu ketikkan kode nomor di bawah ini.

*444#

  1. Kalau sudah muncul jendela notifikasi baru, pilih nomor 2 yang bertuliskan Cek Status Registrasi.
  2. Tunggu agak lama sampai muncul pesan SMS dari 4444 yang menyatakan bahwa nomormu sudah terdaftar.
7 C88d8

Kenapa Registrasi Kartu simPATI Gagal Terus?

5 Fe7d0
Sumber foto: Telkomsel

Kamu sudah mengikuti cara registrasi kartu simPATI baru, baik secara online maupun lewat HP Android. Namun ternyata kamu nggak menerima notifikasi apapun. Atau, kamu malah mendapat notifikasi kalau nomormu gagal terdaftar.

Kira-kira kenapa ya bisa seperti itu? Ada beberapa faktor yang menyebabkan registrasi kartu simPATI, Loop, As, hingga Halo gagal. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Jaringan Error: Jaringan nasional yang lagi padat bisa membuat terjadinya traffic jam sehingga memperlambat proses registrasi. Potensi gagal bisa lebih besar.
  2. Nomor KK atau NIK Salah: Hati-hati saat menginput data berupa angka. Kalau kamu salah memasukkan angka KK atau NIK, datamu bakal nggak bisa terinput dengan Database Nasional.
  3. Data Ganda: Bisa jadi nomor KK atau NIK mu diblokir oleh Dispenduk karena kasus data ganda. Kalau sudah begini, wajib diurus!
  4. Kematian Anggota Keluarga: Ternyata, kematian anggota keluarga terutama ayah atau ibu berpotensi merubah nomor KK.
  5. Pengguna Berpindah Kota: Jika pengguna kartu simPATI berpindah domisili dan mengubah alamat KTP nya sesuai domisilinya sekarang, ada kemungkinan nomor KK mu bakal berganti.

Cara Registrasi Kartu simPATI Tanpa KK dan KTP, Bisa?

Setelah kamu membaca penyebab registrasi kartu simPATI Telkomsel gagal, pastinya kamu sudah bisa menyimpulkan bahwa nomor KK dan NIK pada KTP sangatlah penting dalam proses ini.

Dengan begitu, kamu nggak bakal bisa mendaftarkan kartu Telkomsel jika nggak ada kedua hal ini, mau itu kartu simPATI, Loop, As, hingga Halo.

Maka, jika kamu menemukan situs yang menjabarkan cara registrasi kartu simPATI tanpa KK dan KTP, Jaka jamin itu hoax 100%, geng!

Bisakah Kartu simPATI yang sudah Mati Diaktifkan Kembali?

8 92139
Sumber foto: Surya Malang

Apa yang terjadi jika kamu ingin registrasi kartu simPATI, tapi kamu baru nyadar kalau kartumu ini sudah habis masa berlakunya alias mati?

Sebenarnya, kartu simPATI, seperti kartu Telkomsel lainnya, masih bisa diselamatkan jika nomor itu masih memasuki masa tenggang kurang dari 15 hari. Jika sudah lebih dari 15 hari, kartumu sudah nggak bisa diaktifkan lagi.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa membaca artikel tentang Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati yang sudah pernah Jaka tulis di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Mati 53bb7
Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!
Cara mengaktifkan nomor Telkomsel yang mati? Memang bisa? ✅ Simak panduan cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati 2020 selengkapnya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Demikian pembahasan Jaka mengenai cara registrasi kartu simPATI baru yang berlaku per tahun 2020. Gimana? Gampang banget bukan?

Baca juga artikel seputar Telkomsel atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Paket Internet Xl 95dfe

Daftar Harga Paket Internet XL 3G/4G November 2020, Murah Meriah!

Paket Internet Indosat B1dfc

Daftar Harga Paket Internet Indosat Terbaru 2020, Mulai 10 Ribuan!

Paket Internet Smartfren E8281

Daftar Harga Paket Smartfren Murah & Unlimited November 2020

Paket Internet 3 950de

Paket Internet 3 (Tri) Harga Terbaru November 2020, Murah!

Untitled 1 41bb6 1ff1f

Harga Paket Internet Telkomsel Terbaru November 2020, Murah-Murah!

Paket Internet Unlimited 2d167

Daftar Harga Paket Internet Unlimited Semua Operator Terbaru 2020

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Registrasi Kartu 3 Terbaru 2020 | Via Online, SMS, & Kode UMB

3 Cara Registrasi Kartu 3 Terbaru 2020 | Via Online, SMS, & Kode UMB

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!

Cara Registrasi Kartu by.U Terbaru 2020, Paket Internet Murah Meriah!

Cara Registrasi Kartu by.U Terbaru 2020, Paket Internet Murah Meriah!

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir | 100% Sukses!

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir | 100% Sukses!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal