J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Ciri-Ciri WA Disadap dan Cara Mengatasinya, Awas Bahaya Hacker!

7 Ciri-Ciri WA Disadap dan Cara Mengatasinya, Awas Bahaya Hacker!

Jumat, 24 Apr 2020, 15:30 WIB
Kejahatan karena WhatsApp diretas kini kian marak. Yuk, ketahui ciri-ciri WA disadap beserta cara dan cara mengatasinya dengan mudah, temukan di sini!

Kamu bingung kenapa tiba-tiba chat WhatsApp yang masuk nggak ada notif? Atau penasaran kenapa kamu nggak bisa pakai WhatsApp Web di PC atau laptop?

Sebagai aplikasi chatting populer, Jaka yakin pasti kamu banyak menyimpan hal pribadi dan dokumen rahasia di dalamnya, geng.

Dengan maraknya kejahatan siber (cyber crime), kini kian banyak kasus WhatsApp diretas yang bisa mengincar siapa saja. Kamu mungkin saja salah satunya!

Untuk memastikannya, kamu bisa cek dulu ciri-ciri WA disadap dan cara mengatasinya dengan mudah yang sudah Jaka rangkum berikut ini.

Inilah Dia Kumpulan Ciri-Ciri WA Disadap yang Bisa Kamu Ketahui dengan Mudah!

Banyak metode yang dilakukan oleh hacker atau pembajak untuk menyadap akun WhatsApp kamu. Seperti menggunakan WA Web, menggunakan jaringan WiFi, atau malware dan aplikasi tertentu.

Tentu kamu nggak mau kalau pesan WhatsApp yang sifatnya pribadi menjadi konsumsi pihak yang nggak bertanggung jawab. Atau malah akun WA kamu digunakan untuk tindakan kriminal.

Untuk itu kali ini Jaka sudah merangkum ciri-ciri WA disadap dan cara mengetahuinya yang bisa kamu lakukan sendiri, geng.

1. Chat WA Terbaca Secara Otomatis

Ciri Ciri Wa Disadap 01 90fd6

Cara mengetahui WA disadap yang pertama adalah kamu telah menyadari hal aneh yang terjadi pada akun WhatsApp kamu, geng.

Pernahkah kamu merasa menemukan sebuah chat yang sudah terbaca, namun kamu merasa belum membuka atau membaca chat tersebut?

Kalau begitu, itulah menjadi salah satu ciri-ciri WA di-hack. Dengan kata lain, ada orang yang membuka dan membaca chat tersebut.

Bisa jadi orang tersebut memiliki akses smartphone kamu saat kamu nggak sadar atau malah disadap jarak jauh, nih.

2. Akun WhatsApp Web (WA Web) Aktif di Perangkat Lain

Ciri-ciri WhatsApp disadap lainnya adalah aktifnya WhatsApp Web (WA Web) di perangkat lain, selain komputer atau laptop yang bisa kamu akses.

Mungkin juga kamu sedang tidak menggunakan WhatsApp Web di PC atau laptop, tapi lihat notifikasi kalau ternyata akunmu sedang aktif. Untuk mengeceknya kamu bisa ikuti langkah berikut ini.

  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp kemudian pergi ke pengaturan ikon tiga titik di sebelah kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.
Ciri Ciri Wa Disadap 02a 2122f
  • Langkah 2: Pada laman ini kamu akan tahu info mengenai di perangkat mana WhatsApp Web diaktifkan seperti pada gambar di bawah. Kamu juga bisa melihat status WA Web di bar notifikasi, geng.
Ciri Ciri Wa Disadap 02b 7ea6c

3. Akun WhatsApp di Smartphone Log Out Sendiri

Terkadang aplikasi WhatsApp ter-log out sendiri tanpa kamu sadari sering disepelekan dan cuma dianggap sebagai angin lalu saja.

WhatsApp yang tiba-tiba log out sendiri bisa saja kamu anggap sebagai aplikasi yang crash saja, kan?

Ciri Ciri Wa Disadap 03 8d056

Jadi, WA yang sering forced close dan keluar secara tiba-tiba, bisa jadi salah satu ciri-ciri akun WA disadap oleh pihak lain.

Bisa jadi akun WhatsApp sedang dibuka di perangkat smartphone lain, sehingga WhatsApp akan keluar sendiri dan kamu tidak bisa log in kembali.

Hingga saat ini, WhatsApp memang nggak mendukung mode untuk mengaktifkan 1 nomor WA pada 2 perangkat smartphone yang berbeda.

Namun satu-satunya cara untuk log in WA adalah dengan melewati verifikasi kode OTP. Jika akun tiba-tiba log out sendiri, besar kemungkinan hacker juga sudah menyadap nomor telepon kamu, lho!

Ciri-Ciri WA Disadap Lainnya...

4. Suhu Smartphone yang Meningkat

Ciri Ciri Wa Disadap 04 C087d

Jika smartphone kamu tiba-tiba mengalami peningkatan suhu yang nggak wajar atau istilahnya HP mengalami overheat, kamu mungkin sedang mengalami WhatsApp di-hack, geng!

Alasannya, karena beberapa hacker mungkin menggunakan metode untuk menyusupkan aplikasi, virus, atau malware ke smartphone untuk mengintai aktivitasmu.

Hal ini bisa terjadi, misalnya saat kamu mengunduh gambar, file, atau mengklik tautan dengan sumber yang tidak jelas.

Aplikasi, virus, atau malware tadi tentu akan berjalan di background dan membuat kinerja meningkat lalu membuat smartphone jadi cepat panas.

5. Konsumsi Baterai yang Boros

Ciri Ciri Wa Disadap 05 Ef661

Pernah mengalami baterai smartphone yang tiba-tiba berkurang secara aneh? Inilah yang menjadi salah satu tanda WhatsApp disadap, lho.

Sama seperti sebelumnya, konsumsi baterai yang boros bisa disebabkan karena ada aplikasi, virus, dan malware mencurigakan yang berjalan di background sehingga tidak kamu ketahui.

Jika kamu menemukan permasalahan baterai smartphone drop tiba-tiba, coba putuskan koneksi internet dan restart HP kamu untuk mengatasinya.

6. Penggunaan Internet yang Tidak Normal

Ciri Ciri Wa Disadap 06 0e6f4

Merasa kalau paket internetmu lebih cepat habis daripada biasanya, padahal penggunaan normal? Bisa jadi WhatsApp kamu juga sedang dibajak, nih.

Untuk cara mengetahui WA disadap jarak jauh dengan metode ini, kamu bisa cek penggunaan data internet di smartphone kamu dengan mudah.

Nggak perlu pasang aplikasi untuk melacak penggunaan data yang malah mencurigakan, kamu bisa mengaksesnya di menu Settings > Wireless & Networks > Data Usage.

Dengan begini kamu bisa mengetahui aplikasi mana saja yang menggunakan data internet dan WiFi, yang juga bisa kamu lacak harian hingga bulanan.

7. Terdengar Suara Bising Ketika Telepon WA

Ciri Ciri Wa Disadap 07 6464a

WhatsApp saat ini sudah dilengkapi dengan fitur voice call dan video call, di mana hal ini juga bisa dimanfaatkan menjadi celah hacker untuk melakukan tindak penyadapan.

Salah satu ciri-ciri WA disadap lewat fitur ini adalah terdengar suara bising (noise) saat kamu sedang melakukan panggilan.

Kenapa bisa begitu? Alasannya sederhana, soalnya ada aplikasi mata-mata yang digunakan untuk merekam percakapan kamu ketika menelepon.

Setelah merekam panggilan, selanjutnya hacker akan mengumpulkan data tersebut, geng. Waspadalah ketika menemukan ciri-ciri seperti ini, ya!

Bahaya & Solusi Cara Mengatasi Akun WA yang Disadap, Biar Makin Waspada!

Cara Mengetahui Wa Disadap 67c2a

Akun WhatsApp yang diretas tentu bakal menimbulkan banyak kerugian buat kamu yang disalahgunakan oleh pihak yang nggak bertanggung jawab, misalnya seperti:

  • Kalau cuma untuk sekadar iseng, chat-chat pribadi dan sensitif bisa jadi bahan konsumsi orang lain. Terlebih kalau berisi aib, bisa jadi senjata pihak tak bertanggung jawab untuk memeras korban.
  • Digunakan untuk mengirim spam chat WA yang bisa jadi berisi informasi palsu (hoax) yang bertujuan untuk memprovokasi orang lain yang menerimanya.
  • Keamanan data-data penting, seperti email, password, dan data perbankan yang mungkin bakal dicuri untuk meraup keuntungan bagi pelaku.

Buat kamu yang belum atau mungkin sudah menyadari ciri-ciri WA disadap seperti di atas, sebenarnya ada beberapa langkah pencegahan dan cara mengatasi WA disadap yang bisa kamu lakukan.

Setidaknya ada lima metode yang bisa kamu lakukan, nih. Apa saja? Simak ulasannya pada poin-poin sebagai berikut.

1. Jangan Gunakan WiFi Publik

Cara Mengatasi Wa Disadap 01 E2426

Cara mengatasi WA disadap yang pertama adalah jangan gunakan WiFi publik di tempat umum jika nggak dalam keadaan darurat. Kenapa?

Karena WiFi publik tentunya siap saja bisa mengaksesnya dan rentan serta berbahaya akan serangan siber. Terlebih jika kamu menggunakannya untuk mengakses informasi pribadi, seperti WhatsApp.

2. Perketat Sistem Keamanan Pada Smartphone

Cara Mengatasi Wa Disadap 02 2acd5

Bukan nggak mungkin kalau pelaku peretasan WhatsApp adalah orang-orang terdekatmu, misalnya teman atau rekan kerja, geng.

Agar WA tidak di-hack dengan mudah, jangan memberikan akses WhatsApp kepada orang lain. Di sini kamu bisa perketat sistem keamanan smartphone dengan mengaktifkan password.

Password di sini adalah kunci keamanan ponsel dengan alternatif lain berupa sidik jari, PIN, atau pola. Dan juga kunci WhatsApp dengan aplikasi pengunci WA untuk menambah keamanannya.

3. Hindari Penggunaan Aplikasi Pihak Ketiga untuk WhatsApp

Cara Mengatasi Wa Disadap 03 88a5b

Saat ini banyak aplikasi pihak ketiga yang tersedia untuk WhatsApp. Di sini Jaka membaginya ke dalam kedua kategori, yakni aplikasi pendukung WhatsApp dan aplikasi WhatsApp MOD.

Pertama, aplikasi pendukung WhatsApp bisa jadi menjadi salah satu celah hacker untuk mencuri data pengguna akun WhatsApp. Misalnya aplikasi pembuat sticker WA hingga aplikasi perekam telepon.

Kedua, ada aplikasi WhatsApp MOD yang tentu mencurigakan dan mungkin saja terdapat beberapa malware yang bisa mencuri data kamu.

Di tengah segala kelebihan dan fitur keren dari aplikasi WA MOD, lebih baik kamu menggunakan aplikasi resminya saja ya, geng!

4. Aktifkan Pengaturan Verfikasi Dua Langkah (2-Step Verification)

Hal inilah yang mungkin sering dilewatkan oleh banyak kalangan yang awam saat menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone mereka.

Dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah atau 2-step verification, tentu membuat hacker susah menjebol akunmu, geng.

Untuk cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap dengan menggunakan fitur bawaan ini, kamu bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp, kemudian ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas dan pilih menu Settings.
Cara Mengatasi Wa Disadap 04a 3e90b
  • Langkah 2: Lalu pilih opsi Account dan pilih opsi Two-step verification.
Cara Mengatasi Wa Disadap 04b 46b7c
  • Langkah 3: Aktifkan fitur Two-step verification dengan ketuk tombol Enable dan ikuti langkah berikutnya seperti memasukkan PIN dan email pemulihan.
Cara Mengatasi Wa Disadap 04c 363be

5. Rutin Log Out WhatsApp Web

Seperti Jaka sebutkan di atas, salah satu ciri-ciri WA dibajak jarak jauh adalah adanya aktivitas mencurigakan dengan menggunakan layanan WhatsApp Web.

Cara menghentikan WA disadap menggunakan WhatsApp Web adalah dengan rutin melakukan log out dengan cara berikut.

  • Langkah 1: Buka aplikasi WhatsApp lalu ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih opsi WhatsApp Web.
Cara Mengatasi Wa Disadap 05a Fa9cf
  • Langkah 2: Untuk menonaktifkannya, kamu tinggal pilih opsi Log out from all devices > Log out. Otomatis akun WhatsApp akan keluar dari perangkat yang ada pada daftar tersebut.
Cara Mengatasi Wa Disadap 05b F8d0c

Video: Tetap Waspada! Ternyata Ini Tanda-Tanda Smartphone Disadap dan Di-Hack Orang Lain

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa ciri-ciri WA disadap dan cara mengatasi untuk kamu yang sudah kena dan cara mencegahnya untuk menghindari hal yang nggak diinginkan.

Sekali lagi Jaka ingatkan untuk tetap waspada dan menjada seluruh informasi penting yang ada di smartphone kamu, geng. Sampai jumpa di artikel Jaka berikutnya!

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Naufaludin Ismail.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Melacak Nomor Wa Banner 32c3b

3 Cara Mudah Melacak Lokasi Nomor WhatsApp Orang Lain | Terbukti Akurat!

Tanda Diblokir Whatsapp Banner F18db

Jangan Suudzon Dulu! Inilah 6 Tanda WhatsApp Diblokir oleh Orang Lain

Cara Membuat Tulisan Unik Di Whatsapp Banner E80d6

8 Cara Buat Tulisan Unik di WhatsApp, Bikin Chatting Makin Seru!

Wallpaper Whatsapp Keren 67c5a

100+ Wallpaper Keren WhatsApp | Terbaru & Terlengkap 2020

Cara Menggunakan Dua Whatsapp Dalam Satu Hp 42dda

4 Cara Menggunakan Dua WhatsApp dalam Satu HP, Ga Usah Beli HP Baru!

Cara Mengembalikan Chat Wa Yang Terhapus Bb6ee

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Tanpa Aplikasi

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal