J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android | Gak Perlu Root!

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android | Gak Perlu Root!

Selasa, 2 Jun 2020, 16:00 WIB
File penting di HP nggak sengaja terhapus? Tenang, Jaka punya cara mengembalikan file yang terhapus di Android. Praktis dan nggak perlu root!

Smartphone kini sudah jadi tempat penyimpanan file yang sangat bisa diandalkan. Mulai dari foto, video, hingga dokumen bisa disimpan dalam perangkat ini.

Sayangnya, file yang disimpan di HP bisa saja terhapus secara nggak sengaja karena kelalaian diri sendiri. Kalau sampai terhapus, kamu pun akan kesal sendiri.

Tapi, nggak usah khawatir, geng, sebab Jaka punya solusinya. Yuk simak penjelasan tentang cara mengembalikan file yang terhapus di Android berikut ini.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

Meski file di Android terhapus, nyatanya kamu masih bisa mengembalikan foto-foto atau video berharga kamu yang nggak sengaja terhapus itu, geng.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan file, terutama foto dan video, yang terhapus secara permanen di HP Android kamu.

Berikut Jaka bagikan tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus permanen di Android. Tentunya, cara ini bisa dilakukan tanpa root.

1. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Recuva File Recovery

Pertama, Jaka akan menjelaskan cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan PC. Di sini, kamu akan membutuhkan software bernama Recuva File Recovery.

- Langkah 1: Download dan jalankan aplikasi ini. Kemudian, sambungkan perangkat Android kamu dengan komputer menggunakan kabel USB.

- Langkah 2: Pilih jenis file yang ingin kamu kembalikan ke HP Android kamu. Jika bingung, kamu bisa memilih All Files untuk mengembalikan semua jenis file yang terhapus.

Recuva 2

- Langkah 3: Selanjutnya, pilih t teempat penyimpanan terakhir file sebelum hilang atau terhapus. Setelah menentukan lokasinya, klik OK untuk memulai proses pencarian.

Recuva 3

- Langkah 4: Aplikasi akan melakukan scanning dan mencari file kamu yang hilang atau terhapus. Tunggu hingga proses selesai dan file yang terhapus akan ditampilkan untuk disimpan kembali.

Recuva 4

Gimana? Mudah, kan? Cara ini terbilang simple karena kamu hanya membutuhkan beberapa klik saja. Kamu juga bisa memilih jenis file yang terhapus dan ingin dikembalikan.

Kerennya lagi, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop atau PC. Bermanfaat banget, kan, geng?

Download Recuva File Recovery melalui tautan di bawah ini.

20121226084404_92
Recuva 4.2.8.0
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD

2. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Wondershare MobileTrans

Cara mengembalikan file yang terhapus di HP juga bisa kamu lakukan dengan mudah melalui PC atau laptop menggunakan software Wondershare MobileTrans.

- Langkah 1: Instal Wondershare MobileTrans di laptop atau PC kamu. Lalu, sambungkan perangkat Android pada komputer menggunakan kabel USB.

Wondershare 1

- Langkah 2: Kamu perlu mengaktifkan mode USB Debugging di HP Android milikmu.

Wondershare 2

- Langkah 3: Di tahap ini, HP kamu sudah terhubung dengan aplikasi. Kamu tinggal memilih jenis file yang ingin kamu kembalikan.

Wondershare 3

- Langkah 4: Setelah memilih, aplikasi akan otomatis melakukan scanning dan memunculkan kembali file yang hilang. Klik Recover ketika sudah menentukan file mana saja yang ingin dikembalikan.

Wondershare 4

Selain untuk mengembalikan file yang terhapus di Android, Wondershare MobileTrans juga merupakan salah satu aplikasi backup data Android terbaik, geng.

Aplikasi ini berguna ketika kamu akan mengganti HP dengan yang baru. Kamu pun bisa melakukan backup dan restore data melalui aplikasi ini.

Download Wondershare MobileTrans melalui tautan di bawah ini.

Wondershare Mobiletrans Icon
Wondershare MobileTrans 7.5.5
Apps Productivity Wondershare Software
DOWNLOAD

3. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan MobiKin Doctor

Selanjutnya ada cara mengembalikan file yang terhapus di memory internal Android melalui PC dengan menggunakan software bernama MobiKin Doctor.

- Langkah 1: Instal MobiKin Doctor di perangkat PC atau laptop kamu terlebih dulu.

Mobikin 1

- Langkah 2: Sambungkan HP Android pada PC, lalu aktifkan mode USB Debugging pada HP. Nantinya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

Mobikin 2

- Langkah 3: Selanjutnya, pilih file apa yang ingin kamu kembalikan. Sebagai contoh, Jaka memilih Photos untuk mengembalikan beberapa foto yang pernah terhapus. Lalu, klik Recover.

Mobikin 4

- Langkah 5: Tunggu hingga selesai dan file yang terhapus akan segera kembali ke HP-mu, geng.

Penggunaan aplikasi ini terbilang sangat mudah dan proses pengembalian datanya pun cukup cepat. Selain itu, file yang dikembalikan pun dijamin aman dan nggak rusak.

Cara ini juga memungkinkanmu untuk mengembalikan foto yang terhapus dari HP tanpa perlu ribet atau bahkan melakukan root. Praktis, kan?

Download MobiKin Doctor melalui tautan di bawah ini.

Mobikin Doctor Android File Recovery Icon
Mobikin Doctor Android - FIle Recovery 2019
Apps Utilities Mobikin
DOWNLOAD

4. Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Aplikasi Recycle Bin

Selain melalui PC, ada juga cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa PC maupun laptop. Tapi, kamu akan membutuhkan aplikasi sampah atau recycle bin.

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi recycle bin yang bisa kamu install dan gunakan secara gratis di HP Android, geng.

4.1. Dumpster - Recycle Bin

Dumpster adalah aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin yang biasanya ada di komputer.

Jadi, kapanpun kamu nggak sengaja menghapus foto, video, atau file berharga lainnya, kamu bisa langsung mengembailkannya karena file itu masih tertampung di aplikasi ini.

Download Dumpster - Recycle Bin melalui tautan di bawah ini.

Dumpster Icon
Restore Deleted Photos by Dumpster 2.33.348.3e64
Apps Productivity Baloota
DOWNLOAD

4.2. ES File Explorer

Sedikit berbeda dari Dumpster, ES File Explorer sejatinya adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur dan merapikan file di HP Android milikmu, geng.

Tapi, aplikasi ini juga punya salah satu fitur serupa recycle bin sehingga memungkinkan file yang terhapus untuk bisa dikembalikan dengan cepat dan mudah.

Download ES File Explorer melalui tautan di bawah ini.

Es Icon
ES File Explorer File Manager 4.2.1.9
Apps Productivity ES APP Group
DOWNLOAD

Rekomendasi Aplikasi Recycle Bin untuk Android

Selain dua aplikasi tadi, Jaka juga masih punya beberapa rekomendasi aplikasi recycle bin untuk HP Android. Kamu bisa cek selengkapnya di artikel berikut ini.

Aplikasi Recycle Bin Android 9257c
7 Aplikasi Recycle Bin Terbaik Untuk Android | Gratis Tanpa Root!
Lagi cari aplikasi recycle bin terbaik untuk HP Android? Berikut adalah rekomendasi 7 aplikasi recycle bin Android terbaik 2019.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu tadi cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root. File berharga yang nggak sengaja terhapus secara permanen bisa kamu miliki kembali dengan cara tadi.

Dengan begitu, kamu nggak perlu panik saat file tersebut nggak sengaja terhapus karena kamu bisa mengembalikannya dengan sangat mudah dan cepat, geng.

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus E0ea5

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus | Android, iPhone, dan PC

Cara Backup Data Banner A0fd9

Cara Backup Data Paling Mudah dan Cepat untuk Android & PC | Aman dan Gratis!

Situs Yang Menyediakan Fitur Backup B3f0d

Inilah 6 Situs Penyedia Fitur Backup Data Terbaik Gratis 2019 | Data Tetap Aman!

Software Recovery Data Gratis Terbaik 24e5a

10 Software Recovery Data Terbaik untuk Kembalikan Data yang Terhapus

Aplikasi Game Booster Banner D1948

15 Aplikasi Game Booster Terbaik Android 2020 | Game Apapun Lancar Jaya!

Mengunci File B16eb

3 Cara Mengenkripsi File di Memori Eksternal, Dijamin Aman!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal