4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android Tanpa Root

8 November 2017

Smartphone kini sudah jadi tempat penyimpanan file yang sangat bisa diandalkan. Terlebih dengan kapasitas memori internal super besar yang ditawarkan smartphone-smartphone terbaru, maka menyimpan banyak file seperti foto dan video di smartphone sudah lazim dilakukan para pengguna.

Sayangnya, hal itu gak menjamin file kita aman dari risiko hilang. Gak cuma karena virus, kelalaian diri sendiri kadang membuat kita gak sengaja menghapus foto atau video yang seharusnya gak dihapus. Parahnya lagi, kita seperti gak bisa melakukan apa-apa ketika file tersebut sudah terhapus permanen.

Tenang aja. Harapan itu masih ada. Kamu nyatanya masih bisa mengembalikan foto-foto atau video berharga kamu yang gak sengaja terhapus. Berikut Jaka bagikan tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara permanen, dan yang pasti tanpa root.

4 Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

cara-mengembalikan-file-yang-terhapus-di-android

Ada empat cara atau metode yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan file, terutama foto dan video, yang terhapus permanen di Android kamu. Simak dan ikuti langkah-langkah di tiap metodenya.

1. Gunakan Recuva File Recovery

  • Jalankan aplikasi ini, kemudian sambungkan perangkat Android kamu dengan komputer menggunakan kabel USB.

recuva-1

  • Sekarang kamu bisa memilih jenis file apa yang ingin kamu kembalikan ke Android kamu. Jika bingung, kamu bisa memilih "All Files" untuk mengembalikan semua jenis file.

recuva-2

  • Selanjutnya, pilih lokasi terakhir file sebelum hilang atau terhapus. Setelah menentukan lokasinya, klik "OK" untuk memulai proses pencarian.

recuva-3

  • Aplikasi sedang melakukan scanning dan mencari file kamu yang hilang atau terhapus. Tunggu hingga proses komplit, maka file kamu yang hilang bisa kamu ambil kembali.

recuva-4

2. Gunakan Wondershare Dr.Fone

  • Pertama, instal Wondershare Dr.Fone di komputer kamu. Lalu sambungkan perangkat Android kamu pada komputer menggunakan kabel USB.

wondershare-1

  • Kamu perlu mengaktifkan mode "USB debugging" di smartphone Android kamu.

wondershare-2

  • Di tahap ini, smartphone Android kamu sudah terhubung dengan aplikasi. Kamu tinggal memilih file jenis apa yang ingin kamu kembalikan.

wondershare-3

  • Setelah memilih, aplikasi akan otomatis melakukan scanning dan memunculkan kembali file-file yang hilang. Klik "Recover" ketika sudah menentukan file mana saja yang ingin dikembalikan.

wondershare-4

3. Gunakan MobiKin Doctor

mobikin-1

  • Sambungkan Android pada komputer, sekaligus mengaktifkan mode "USB debugging" pada smartphone. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.

mobikin-2

  • Selanjutnya, kamu bebas memilih file apa yang ingin kamu kembalikan. Sebagai contoh pada gambar di bawah ini, Jaka memilih "Photos" untuk mengembalikan beberapa foto yang pernah terhapus. Lalu klik "Recover".

mobikin-4

4. Gunakan Aplikasi 'Sampah'

4.1. Dumpster - Recycle Bin

Dumpster adalah aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin yang biasanya ada di komputer, kini tersedia di smarthone Android kamu. Jadi, kapanpun kamu gak sengaja menghapus file berharga, kamu langsung bisa mengembailkannya karena file itu masih tertampung di recycle bin.

4.2. Es File Explorer

Sedikit berbeda dari Dumpster, aplikasi yang satu ini sejatinya adalah aplikasi yang mengatur dan merapikan file. Namun, aplikasi ini juga punya salah satu fitur serupa recycle bin sehingga memungkinkan file yang terhapus masih bisa dikembalikan secara mudah.

Akhir Kata

Itulah empat cara mengembalikan file yang terhapus di Android tanpa root. File foto dan video berharga yang gak sengaja terhapus secara permanen bisa kamu miliki kembali dengan salah satu atau semua cara di atas. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar