• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus | Android, iPhone, dan PC

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus | Android, iPhone, dan PC

00
Minggu, 3 Mei 2020, 19:00 WIB
Ingin mengembalikan foto yang terhapus di HP atau PC? Berikut ini cara mengembalikan foto yang hilang dengan mudah di Android, iPhone, dan PC. (2020)

Menyimpan foto atau gambar di HP merupakan cara pengguna untuk mengabadikan kenangan indah. Sayangnya, nggak semua HP memiliki kapasitas memori yang jumbo.

Hal ini bikin kita seringkali menghapus foto-foto lama, foto mantan misalnya. Meskipun begitu, menghapus foto terkadang bikin kita menyesal karena kenangan nggak akan bisa terulang.

Kabar baik buat kamu, geng! Kali ini Jaka bakal kasih tahu kamu beberapa cara mengembalikan foto yang terhapus. Penasaran? Simak terus, yah!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus dengan Mudah dan 100% Works

Sebenarnya, foto yang kamu hapus dari galeri nggak akan langsung hilang dari HP maupun Laptop/Desktop kamu. Terdapat folder penyimpanan sementara yang bakal menampung foto yang telah kamu hapus.

Namun, jika kamu telah melakukan pembersihan memori sebanyak lebih dari 1 kali atau membersihkan Recycle Bin, foto bakalan hilang secara permanen.

Cara mengembalikan foto yang terhapus ini bakal berhasil asalkan kamu belum menghapus foto-foto tersebut secara permanen. Kalau sudah gak sabar, langsung saja cari tahu caranya!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Pertama-tama, Jaka akan membagikan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Cara ini tergolong simple dan mudah untuk kamu lakukan

Tenang, kamu nggak perlu melakukan root pada Android-mu untuk mengembalikan foto yang telah terhapus.

Yang kamu butuhkan hanyalah aplikasi yang tersedia gratis di Play Store maupun di toko aplikasi lainnya. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan Google Photos, lho!

1. Cara Mengembalikan Foto yang Hilang Menggunakan Software atau Aplikasi Pengembali Foto

Buat kamu yang suka menggunakan aplikasi galeri lain alias gak menggunakan Google Photos, sejatinya banyak aplikasi alternatif untuk mengembalikan foto.

Salah satunya adalah aplikasi Dumpster. Aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini kualitasnya cukup baik.

Lalu gimana cara mengembalikan foto yang terhapus menggunakan Dumpster? Cukup ikuti langkah demi langkah mudah di bawah ini:

  • Langkah 1 - Instal aplikasi Dumpster di smartphone atau perangkat Android kamu.
Dumpster Icon
Restore Deleted Photos by Dumpster 2.33.348.3e64
Apps Productivity Baloota
DOWNLOAD
  • Langkah 2 - Jika sudah, segera buka aplikasinya dan pilih ikon tiga garis yang terletak di sebelah kiri atas. Lanjutkan dengan memilih opsi Deep Scan Recovery.
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus 01 A7c49
  • Langkah 3 - Aplikasi kemudian akan memunculkan seluruh foto yang pernah ada dan sudah terhapus dari perangkat Android kamu. Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin kamu kembalikan.
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Hp 02 67b93
  • Langkah 3 - Setelah membuka foto, pilih Restore to Gallery. Foto tersebut kemudian akan otomatis kembali muncul di galeri smartphone.
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Google Foto 03 5a53f

Selain Dumpster dan aplikasi Android lain yang juga tersedia di Play Store, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi atau software lain di perangkat PC. Salah satunya adalah Wondershare Dr.Fone.

2. Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Menggunakan Google Photos

Google Photos adalah salah satu aplikasi bawaan dari Google yang berfungsi untuk manajemen file berupa foto dan video yang banyak digunakan pengguna smartphone Android.

Aplikasi yang satu ini punya berbagai keunggulan, salah satunya menyimpan ribuan foto dan juga bisa digunakan sebagai alternatif cara mengembalikan foto yang hilang di galeri.

Dengan kata lain, kamu bisa mengembalikan foto yang terhapus dengan mudah di aplikasi ini. Caranya? Cukup dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah 1 - Buka aplikasi Google Photos yang ada di smartphone Android kamu. Lalu pilih ikon tiga garis yang ada di sebelah kiri atas.
Cara Mengembalikan Foto Yg Terhapus 04 9ee14
  • Langkah 2 - Lanjutkan dengan memilih opsi Trash.
Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android 05 1eb1e
  • Langkah 3 - Aplikasi kemudian akan menampilkan seluruh foto yang pernah ada di perangkat Android-mu, termasuk yang sudah terhapus. Pilih salah satu atau beberapa foto yang ingin kamu kembalikan.
Cara Mengembalikan Foto Yang Hilang 06 A5c05
  • Langkah 4 - Pilih ikon tiga titik yang ada di sebelah kanan atas, lalu pilih Restore. Foto tersebut akan otomatis muncul kembali di galeri.
Cara Mengembalikan Foto Yang Hilang Di Galeri 07 E601e

Untuk cara selengkapnya mengembalikan foto terhapus menggunakan Google Photos, kamu bisa pelajari dan ikuti langkah-langkahnya di artikel berikut ini.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iPhone

iPhone sendiri terkenal akan kualitas foto jepretannya yang beresolusi tinggi, namun memiliki ukuran yang cukup makan memori.

Nggak jarang, orang-orang banyak yang secara sengaja ataupun nggak sengaja menghapus foto-foto penting di iPhone supaya jadi lebih luas.

Kalau kamu pengen tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di HP iPhone, ikuti beberapa cara di bawah ini ya, geng!

1. Fitur Recently Deleted

Seperti yang Jaka bilang sebelumnya, foto yang kau hapus nggak akan langsung hilang dari memori HP kamu melainkan disimpan sementara.

iPhone memiliki folder bernama Recently Deleted yang menyimpan data-data yang dihapus tersebut. Kamu bisa memanfaatkan folder ini untuk mengembalikan foto.

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang hilang di galeri iPhone:

  • Langkah 1 - Buka aplikasi Photos, lalu scroll terus ke bawah hingga kamu menemukan folder bernama Recently Deleted.

  • Langkah 2 - Album tersebut bakal menampilkan foto-foto yang terhapus dalam 30 hari terakhir. Setelah 30 hari, foto tersebut bakalan dihapus secara permanen.

  • Langkah 3 - Sentuh pada foto yang ingin kamu kembalikan, lalu pilih opsi Recover.

Cara Mengembalikan Foto Yang Sudah Terhapus 08 4baaa

2. Menggunakan Software

Kalau foto yang ingin kamu kembalikan ternyata sudah terhapus secara permanen dari iPhone, kamu bisa memanfaatkan beberapa software di PC kamu.

Salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi iBackup Extractor.

Penggunaan aplikasi mengembalikan foto yang terhapus ini cukup mudah. Kamu bisa langsung download software tersebut melalui link berikut:

Ibackup Extractor Logo 28628
iBackup Extractor 3.17.0.0
Apps Utilities Wide Angle Software
DOWNLOAD

Perlu diingat, untuk menggunakan cara ini, kamu harus terlebih dahulu memiliki file backup yang berisikan foto yang telah kamu hapus sebelumnya.

Namun, metode ini bakal menimpa semua file di iPhone kamu. Semua file baru yang ada setelah backup tersebut bakalan hilang dari iPhone kamu.

Berikut ini adalah langkah-langkah terperinci yang harus kamu ikuti:

  • Langkah 1 - Download dan install software iBackup Extractor di PC atau laptop kamu.

  • Langkah 2 - Sambungkan iPhone kamu, lalu buka software tersebut.

  • Langkah 3 - Pilih file backup iPhone kamu dari daftar.

  • Langkah4 - Klik tab Photos di setiap backup untuk mencari foto iPhone yang terhapus.

  • Langkah 4 - Setelah menemukan foto yang ingin kamu kembalikan, pilih file tersebut, lalu klik Copy Photos.

Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android 09 C50cb

3. Melalui iTunes

Sama seperti cara di atas, kamu bakal mengandalkan backup dari iPhone kamu yang telah tersimpan di iTunes. Metode ini juga bakal menimpa data-data yang baru kamu simpan.

iTunes ternyata juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara mengembalikan foto yang hilang di galeri, dan hasilnya pun cukup bisa diandalkan.

Berikut adalah cara mengembalikan foto yang sudah dihapus di iPhone melalui iTunes:

  • Langkah 1 - Hubungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB.

  • Langkah 2 - Buka aplikasi iTunes, lalu klik ikon perangkat kamu ketika muncul di iTunes.

  • Langkah 3 - Pilih opsi Restore Backup, setelah itu, pilih file backup yang ingin kamu recover ke iPhone.

  • Langkah 4 - Klik Restore lalu tunggu hingga seluruh proses selesai.

  • Langkah 5 - iPhone kamu bakal nge-restart dan mengembalikan foto yang terhapus di iPhone.

Aplikasi Mengembalikan Foto Yang Terhapus 10 604e5

4. Melalui iCloud

Selain melalui iTunes, kamu juga bisa mengembalikan foto yang terhapus di iPhone dengan memanfaatkan fitur backup via iCloud.

Fitur yang terdapat di dalam iCloud memungkinkan kamu untuk mengambil kembali foto yang sempat terhapus.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengembalikan foto yang sempat terhapus melalui iCloud.

  • Langkah 1 - Reset iPhone kamu melalui menu Setting, kemudian nyalakan kembali iPhone kamu.

  • Langkah 2 - Ikuti langkah-langkah pengaturan awal di layar iPhone sampai muncul pilihan Apps & Data, lalu pilih Restore from iCloud Backup.

  • Langkah 3 - Masukkan ID Apple kamu, setelah itu pilih backup yang ingin kamu restore untuk mengembalikan foto yang terhapus di iPhone.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus 11 A05aa

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di PC/Laptop

Selain di HP, masalah kehilangan foto juga sering dialami pengguna yang menyimpan foto-fotonya di PC atau laptop mereka. Gak perlu khawatir karena Jaka juga akan kasih cara mudah mengembalikannya di PC/laptop.

Foto yang sudah terhapus masih bisa dikembalikan lagi asalkan masih memenuhi kriteria-kriteria tertentu.

Ada empat metode yang bisa kamu lakukan dan tergolong mudah untuk mengembalikan foto kesayanganmu. Seperti apa? Berikut adalah keempat caranya:

1. Memeriksa Recycle Bin

Cara pertama ini sudah pasti kamu ketahui. Tapi untuk lebih memastikan, hal pertama yang harus kamu periksa ketika ingin mengembalikan foto terhapus adalah Recycle Bin.

Ya, 'tempat sampah' yang ada di komputer atau laptop ini jadi tempat pembuangan sementara file yang pernah dihapus penggunanya.

Otomatis, foto-foto yang pernah atau gak sengaja kamu hapus masih tersimpan di sini.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Hp 12 F905c

Dengan mengakses tempat yang satu ini, kamu bisa mengembalikan foto terhapus agar muncul kembali ke ruang penyimpanan dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan.

Caranya adalah dengan memilih foto yang hendak dikembalikan, klik kanan pada mouse lalu pilih Restore. Foto kemudian akan otomatis kembali ke perangkat PC/laptop.

2. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Google Foto 13 A79c5

Kamu sudah memeriksa dan gak menemukan foto yang kamu maksud di Recycle Bin? Jangan khawatir! Masih ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menemukan foto yang kamu cari.

Kamu cukup tuju folder terakhir tempat foto berada sebelum dihapus. Klik kanan pada mouse lalu pilih Restore Previous Versions.

Akan muncul folder tempat di mana tempat foto terakhir berada dan bisa kamu restore untuk mengembalikannya.

3. Menggunakan Software Khusus

Jika fitur-fitur bawaan yang ada di atas belum cukup 'nendang', kamu bisa mencoba berbagai software khusus yang bisa membantu kamu mengembalikan foto.

Berikut Jaka kasih rekomendasi beberapa software yang bisa kamu coba:

  • MiniTool Partition Recovery
Minitool Partitiion Logo Ec454
Minitool Power Data Recovery 8.7
Apps Utilities Minitool
DOWNLOAD
  • Recuva
20121226084404_92
Recuva 4.2.8.0
Apps Cleaning & Tweaking Piriform
DOWNLOAD
  • Wise Data Recovery
Wise Data Recovery Logo F6db1
Wise Data Recovery 5.1.3.331
Apps Productivity WiseCleaner.com
DOWNLOAD
  • PC Inspector File Recovery
20121226072550_154
PC Inspector File Recovery 4.0
Apps Cleaning & Tweaking Convar
DOWNLOAD

4. Melindungi Data (Foto)

Cara Mengembalikan Foto Yg Terhapus 14 97396

Mencegah lebih baik dari mengobati. Ungkapan itu cocok untuk menggambarkan cara yang satu ini. Ya, jika gak ingin kehilangan foto penting, lakukan back up data lebih dulu.

Salin foto-foto tersebut ke perangkat lain selain PC atau laptop yang kamu gunakan sebagai tempat penyimpanan.

Dengan begitu, jika foto di PC/laptop hilang, kamu bisa menyalin kembali foto yang sudah kamu simpan di perangkat lain.

Akhir Kata

Itulah artikel mengenai cara mudah mengembalikan foto yang terhapus baik di HP Android, iPhone dan PC kamu, geng. Semoga dapat menjad solusi, yah!

Kini kamu bisa mengembalikan foto penting kapan aja tanpa harus root smartphone kesayangan atau melakukan coding tingkat dewa.

Semoga informasi kali ini berguna untuk kalian semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Banner 24071

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android 2020 | Bikin Foto Kekinian!

Aplikasi Edit Foto Kekinian Banner

5 Aplikasi Edit Foto Kekinian Terbaik yang WAJIB Digunakan!

Aplikasi Bingkai Foto 978dc

10 Aplikasi Bingkai Foto Android Terbaik Paling Keren 2019

Aplikasi Kamera Dengan Fitur Dslr 11e89

25 Aplikasi Kamera yang Bisa Mengubah Android Secanggih DSLR

Aplikasi Edit Foto 3d 7eb7c

7 Aplikasi Keren untuk Membuat Foto 3D di Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal