J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir | 100% Sukses!

Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir | 100% Sukses!

Rabu, 13 Mei 2020, 13:00 WIB
Kartu SIM kamu terblokir? Dan, kamu bingung enggak tahu gimana cara mengaktifkanya? Berikut ini adalah cara mengaktifkan kartu yang terblokir.

Kartu SIM terblokir dan kamu ingin mengaktifkannya kembali? Lalu bagaimana cara mengaktifkan kartu yang terblokir? Apakah mungkin?

Di banyak kasus yang terjadi, ada beberapa alasan kenapa kartu SIM sampai bisa terblokir. Pertama karena kamu nggak melakukan registrasi kartu, lupa PIN, atau bahkan karena sudah melewati masa tenggang kartu.

Jika sudah terblokir, maka kamu pun sudah tak lagi bisa menggunakan kartu SIM tersebut seperti sebelumnya, geng.

Kalau nomornya nggak terlalu aktif digunakan sih nggak masalah, tapi kalau itu nomor utama kamu pasti pusing banget dong mikirin cara untuk mengembalikannya?

Nah, oleh karena itu kali ini Jaka akan membahas mengenai cara mengaktifkan kartu yang terblokir untuk mengatasinya. Langsung saja disimak, ya!

Ciri-Ciri Kartu SIM Diblokir

Cara Mengaktifkan Kartu Yang Terblokir Total 2f86e

Sumber foto: Hindi Me Jankari (Jangan salah kenali! Berikut adalah ciri-ciri kartu SIM diblokir).

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir, mungkin ada sebagian dari kamu yang masih bingung ya, geng, mengenai ciri-ciri kartu SIM yang diblokir?

Nah, supaya kamu nggak salah dan asal menebak, berikut sudah Jaka siapkan beberapa poin ciri-ciri kartu SIM diblokir:

  • Tidak bisa melakukan atau menerima panggilan Telpon.

  • Tidak bisa mengirim dan menerima SMS.

  • Sinyal hilang. Biasanya ditandai dengan munculnya gambar silang pada ikon sinyal operator.

  • Kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat smartphone. Biasanya ditandai dengan tidak munculnya ikon sinyal operator apapun (seperti tidak sedang menggunakan kartu SIM).

Gimana? Kartu SIM kamu mengalami semua masalah yang ada pada ciri-ciri di atas?

Kalau iya, kamu bisa mengatasinya lewat beberapa cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir di bawah ini, geng.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Kartu SIM yang Terblokir?

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali kartu SIM kamu, geng. Tapi, cara ini tentu saja harus kamu lakukan sesuai dengan penyebab kenapa kartu SIM bisa terblokir.

Nah, di bawah ini adalah beberapa cara mengaktifkan kartu yang terblokir berdasarkan beberapa penyebabnya. Yuk, disimak!

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Tidak Registrasi

Cara Mengaktifkan Nomor Sim Yang Diblokir 63a8f

Sumber foto: Liputan6

Sejak pemerintah memberlakukan peraturan perihal wajib melakukan registrasi untuk kartu SIM, banyak pengguna yang lupa dan akhirnya nomor mereka terblokir total pada April 2018 lalu.

Kalau kamu ingin mengaktifkan kartu SIM yang terblokir karena tidak registrasi, berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Pertama, kamu bisa mengunjungi pusat layanan operator telepon yang kamu gunakan untuk mengaktifkan kembali kartu SIM.

Bagi pengguna Telkomsel harus mengunjungi GraPARI, untuk pengguna XL maka kunjungi XL Center, dan bagi kamu pengguna Indosat bisa mengunjungi Galeri Indosat terdekat.

Di sana kamu akan mendapatkan bantuan dan akan diarahkan untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.

Kalau memang betul-betul tidak lagi bisa diaktifkan, otomatis kamu pun harus beli nomor baru dan jangan lupa untuk melakukan resgistrasi, geng!.

2. Hubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Mau tahu cara mengaktifkan kartu IM3 yang terblokir atau operator lainnya, tapi malas ke luar rumah?

Kamu juga bisa kok, geng, menghubungi Call Center layanan operator seluler yang digunakan agar lebih praktis dan mudah.

Tapi, jika ingin menggunakan cara ini sebaiknya kamu cek pulsa terlebih dahulu dan pastikan kalau saldo pulsanya cukup untuk melakukan panggilan, ya!

Karena umumnya panggilan Call Center semacam ini akan dikenakan biaya tarif yang berbeda-beda.

Nah, untuk informasi nomor telepon Call Center dari berbagai operator seluler di Indonesia, kamu bisa simak di tabel berikut ini:

Operator Seluler Nomor Telepon Call Center
Telkomsel 188 (Rp300,-/call)
Indosat 185
XL 817
Tri 132 (Rp300,-/call)
Axis 838
Smartfren 888

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Salah Memasukkan PIN

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Yang Terblokir Karena Salah Pin 6f209

Sumber foto: How-To-Geek

Menggunakan PIN pada kartu SIM mungkin akan jauh lebih aman dibandingkan dengan nggak memakainya. Tapi, buat kamu yang pelupa hal ini justru bakal jadi bumerang, geng.

Soalnya, jika kamu salah memasukkan PIN kartu SIM sebanyak tiga kali, maka kartu pun akan terblokir secara otomatis untuk menjaga keamanannya dari tangan-tangan jahil.

Kalau ini sampai terjadi, maka kamu tak lagi bisa menggunakan kartu SIM baik untuk telepon, SMS, atau menggunakan data internet.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu membutuhkan kode PUK sebagai gantinya. Tapi, bagaimana cara mendapatkan kode PUK?

1. Mengunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Sama seperti cara mengaktifkan kartu yang terblokir karena tidak melakukan registrasi, kamu juga bisa mengunjungi pusat layanan operator seluler untuk bisa mendapatkan kode PUK, geng.

Di sana kamu akan dilayani petugas yang siap memberikan bantuan dengan profesional.

Kamu hanya perlu mengingat nomor HP yang sudah terblokir dan memberitahu 16 angka nomor yang ada di bagian belakang SIM Card.

Untuk berjaga-jaga, sebaiknya bawa KTP juga ya, geng!

2. Hubungi Call Center

Cara berikutnya untuk mengaktifkan kartu yang terblokir karena lupa registrasi adalah dengan menghubungi Call Center operator seluler yang digunakan, geng.

Kamu bisa melihat daftar nomor Call Center dari berbagai layanan operator di Indonesia dari tabel yang sudah Jaka berikan sebelumnya di bagian atas.

Sebelum menelpon, Jaka sarankan agar kamu sudah lebih dulu menyiapkan kartu identitas seperti misalnya eKTP sebagai salah satu persyaratannya.

3. Lihat Nomor PUK di Kerangka Pembungkus Kartu SIM

Masih cari alternatif lainnya mengenai cara mengaktifkan nomor yang diblokir karena lupa PIN? Nah, kalau cara yang satu ini gampang banget nih, geng!

Tapi, dengan catatan bahwa kamu masih menyimpan kerangka pembungkus di mana kartu SIM berada saat pertama kali membeli, ya!

Soalnya, di kerangka pembungkus itulah nomor PUK dari kartu SIM kamu tercantum.

Oh iya, buat kamu yang mencari cara mengetahui kode PUK kartu 3 yang terblokir, kamu juga bisa ikuti cara Jaka yang ini, geng.

4. Lihat PUK di Aplikasi Provider

Selain tertulis di kerangka pembungkus kartu SIM, kode PUK juga bisa kamu lihat lewat bantuan aplikasi provider operator yang digunakan.

Misalnya kamu pengguna kartu Telkomsel, maka kamu bisa melihat kode PUK dari aplikasi MyTelkomsel. Jadi, aplikasi semacam ini nggak cuma bisa untuk cek kuota internet atau pulsa saja, ya!

Tapi, sepengetahuan Jaka, fitur untuk melihat kode PUK ini sendiri hanya bisa ditemukan di beberapa aplikasi Provider seperti Telkomsel dan XL.

Sementara, di aplikasi bima+ untuk pengguna Tri fitur ini nggak tersedia. Dan untuk operator lainnya, Jaka masih belum tahu.

Untuk melihat kode PUK di aplikasi MyXL, kamu bisa pergi ke menu Lainnya > Lihat PUK > Masukkan 19 digit nomor ICCID yang terletak di bagian bawah kartu SIM XL.

Setelah itu, silakan kamu tekan tombol 'Lihat PUK' yang ada di bagian bawah.

Buat kamu yang mencari cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang terblokir karena salah PIN, cara ini bisa banget buat kamu coba.

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir Karena Masa Tenggang

Cara Mengaktifkan Kartu Yang Terblokir Karena Tidak Isi Pulsa 2f8a2

Sumber foto: Hai.grid (Mengunjungi pusat layanan operator seluler merupakan satu-satunya cara mengaktifkan kartu yang terblokir karena masa tenggang).

Kartu SIM terblokir gara-gara kamu sudah lama nggak isi pulsa dan akhirnya melewati masa tenggang? Kalau ini, sih, sudah sering banget dialami oleh para pengguna termasuk Jaka sendiri.

Berbeda dengan solusi sebelum-sebelumnya yang sebagian kecil bisa kamu atasi sendiri, cara mengaktifkan kartu yang terblokir karena tidak isi pulsa ini harus ditangani oleh ahlinya, geng.

Jadi, satu-satunya cara yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengunjungi pusat layanan operator seluler yang digunakan.

Ini juga termasuk buat kamu yang mencari cara mengaktifkan kartu yang terblokir Telkomsel karena tidak isi pulsa, ya!

Oh iya, jika kamu melakukan cara ini maka biasanya kamu akan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya mungkin berbeda-beda.

Makanya, supaya kartu kamu nggak terblokir alias hangus karena sudah lama nggak isi pulsa, mending baca artikel Jaka tentang cara memperpanjang masa aktif deh, geng!

Cara Registrasi Kartu SIM Untuk Pengguna Baru

Cara Mengaktifkan Kartu Yang Terblokir Telkomsel Karena Tidak Isi Pulsa 3d12c

Sumber foto: Liputan6

Nah, sekarang sudah tahu, kan, betapa pentingnya registrasi agar kartu SIM kamu tidak terblokir? Jaka mau sharing ke kamu tentang cara registrasi kartu SIM untuk pengguna baru.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk registrasi. Yuk, simak selengkapnya!

Melalui SMS

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melakukan registrasi kartu SIM yaitu melalui SMS ke 4444.

Kamu bisa ikuti format SMS-nya seperti di bawah ini sesuai dengan operator seluler yang digunakan.

Operator Seluler Format SMS Kirim ke
Telkomsel REG#NIK#Nomor KK 4444
Indosat NIK#Nomor KK 4444
Smartfren NIK#Nomor KK 4444
Tri NIK#Nomor KK 4444
XL DAFTAR#NIK#Nomor KK 4444
Axis DAFTAR#NIK#Nomor KK 4444

Secara Online

Selain melalui SMS, kamu sebagai pengguna baru juga bisa melakukan registrasi secara online, berikut daftar linknya sesuai dengan operatornya.

Provider Tautan Registrasi Kartu
Telkomsel (Simpati) -
XL Axiata -
Indosat Ooredoo https://indosatooredoo.com/id/personal/support/knowledge-management-system/faq-registrasi
Tri https://registrasi.tri.co.id/
Smartfren https://my.smartfren.com/prepaid_reg.php

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara mengaktifkan kartu SIM yang terblokir. Selamat mencoba dan semoga kartu SIM kamu bisa diaktifkan kembali, ya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Andini Anissa.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren Banner E44d6

Cara Memperpanjang Masa Aktif Smartfren Terbaru 2020, Langsung 1 Tahun!

Cara Memperpanjang Masa Aktif Xl 9e7db

5 Cara Memperpanjang Masa Aktif XL, Gak Pake Ribet!

Cara Cek Poin Telkomsel Banner E0544

3 Cara Cek POIN Telkomsel Terbaru 2020 & Cara Menukarnya

Daftar Paket Internet Unlimited Terbaru 2020 Banner D148c

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Cara Unreg Kartu Baa7c

Cara Unreg Kartu XL, Smartfren, Telkomsel, Indosat, Tri, dll (Update 2020)

Daftar Harga Paket Internet Xl Terbaru 2020 Banner Dc69b

Daftar Harga Paket Internet XL 3G/4G Terbaru 2020, Unlimited Murah Meriah!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir 2020

Cara Mengaktifkan Kartu yang Terblokir 2020

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati, Bisa Hidup Lagi!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal