J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mudah Membuat GIF Sendiri di WhatsApp, Gampang Banget!

Cara Mudah Membuat GIF Sendiri di WhatsApp, Gampang Banget!

Kamis, 11 Jun 2020, 20:00 WIB
Belum tahu cara membuat GIF di WA? Sini Jaka ajarin cara bikin GIF di WA yang paling simple, tanpa aplikasi apapun. Langsung siap perang chat di grup!

Aktivitas chatting di WhatsApp kini sudah bukan lagi sekedar saling berkirim teks atau tulisan. Penggunaan simbol, emoji, hingga gambar bergerak (GIF) kini membuat chatting lebih menarik.

Ngomongin soal GIF, ternyata WhatsApp mempunyai fitur untuk membuat GIF sendiri, lho. Kamu bisa sesuka hati membuat dan mengirim GiIF ke siapapun yang kamu mau.

Penasaran gimana cara membuat GIF di WA? Nah, kali ini Jaka akan kasih tips cara bikin GIF di salah satu aplikasi chatting populer. Berikut cara membuat GIF di WhatsApp dengan mudah.

Cara Membuat GIF di WA dengan Mudah dan Praktis

Mode berikrim pesan sudah berkembang jauh. Kini mayoritas pengguna smartphone lebih sering mengirim pesan via berbagai aplikasi chatting yang tersedia karena berbagai fitur menariknya.

Tak lagi hanya sekedar berkirim kata-kata melalui tulisan, kini kita bisa lebih ekspresif dalam chat dengan adanya simbol, emoji, dan juga GIF.

GIF biasanya berisi gambar lucu yang bisa bergerak, diambil dari potongan adegan film tertentu, yang menggambarkan berbagai situasi entah sedih, senang, tertawa, dan sebagainya.

Saat ini WhatsApp sudah membebaskan penggunanya untuk berekspresi dengan GIF. Maka dari itu, kamu wajib banget buat tahu cara bikin GIF di WA supaya nggak ketinggalan zaman.

Manfaat Menggunakan GIF di WhatsApp

Sebagai salah satu aplikasi perpesanan paling populer dengan jumlah pengguna terbanyak, WhatsApp ternyata juga memungkinkan penggunanya untuk menggunakan GIF dalam aktivitas chatting mereka.

Dengan menerapkan cara membuat GIF di WhatsApp, pesan yang dikirimkan terasa lebih hidup dan seakan menggambarkan ekspresi si pengirim dengan akurat.

Selain membuat pesan lebih hidup, banyak juga manfaat lain yang bisa didapatkan jika menggunakan GIF di WhatsApp. Salah satunya sebagai sarana melatih kreativitas kita sebagai pengguna.

Selain menyediakan berbagai koleksi GIF, ternyata kita juga bisa memodifikasi, bahkan nantinya membuat GIF kita sendiri lho.

Cara Membuat GIF di WhatsApp Menggunakan Gboard (Google Keyboard)

Kamu bisa menerapkan cara membuat GIF di WhatsApp ini dengan mudah saat akan chat atau kirim pesan ke siapapun, tanpa ribet dan juga tanpa pusing.

Syaratnya, kamu cukup menggunakan Gboard sebagai keyboard utama atau keyboard yang digunakan saat chatting menggunakan WhatsaApp.

Gboard memiliki fitur yang mendukung penggunanya untuk mengedit berbagai macam GIF yang ada di koleksinya. Maka dari itu aplikasi ini wajib hukumnya buat kamu instal.

Kalau kamu belum menggunakan Gboard, kamu bisa download aplikasinya melalui link di bawah ini.

Google Keyboard Icon
Gboard (Google Keyboard)
Apps Productivity Google
DOWNLOAD

Selanjutnya kamu bisa langsung mulai cara buat GIF dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Langkah 1 - Pertama-tama, buka aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone atau perangkat Android milikmu setelah menginstal dan memasang Gboard.

  • Langkah 2 - Pilih teman atau kerabat yang ingin kamu kirimkan GIF. Pastikan juga bahwa keyboard utama yang kamu gunakan adalah Gboard. Jika sudah, pilih ikon GIF yang terpampang di bagian atas.

Cara Membuat Gif 01 C8fb2
  • Langkah 3 - Cari GIF yang kamu mau dengan mengetikkan keywordnya, dan akan muncul koleksi GIF yang tersedia dari aplikasi Gboard yang kamu gunakan.
Cara Membuat Gif Di Wa 02 2712e

Ada berbagai kategori GIF sebut saja HIGH FIVE, CLAPPING, WHAT, SLEEPY dan sebagainya. Per kategori juga terdapat beberapa GIF dengan tema sesuai kategori tersebut. Pilih salah satu yang ingin kamu gunakan.

  • Langkah 4 - Setelah memilih salah satu GIF, kamu bisa mendesain alias menambahkan elemen lain yang kamu ingin sebelum dikirimkan.

Kamu bisa memasukkan simbol, teks/tulisan, gambar atau tulisan tangan hingga caption untuk GIF tersebut. Jika sudah, pilih ikon Send di sebelah kanan bawah.

Cara Membuat Gif Wa 03 51de4

Dengan menekan ikon send yang ada di sebelah kana bawah, GIF yang kamu buat sudah sukses terkirim ke teman atau kerabat kamu via aplikasi WhatsApp.

Cara Buat Gif 04 9af5d

Cara bikin gif di WA yang pertama ini bisa kamu gunakan untuk menambah unik GIF yang akan kamu kirimkan, dengan memodifikasinya terlebih dahulu.

Cara ini akan membuat GIF yang kamu kirim terlihat lebih estetis dan tentu saja lebih original juga.

Cara Membuat GIF di WhatsApp Menggunakan Video Sendiri

Kalau kamu merasa kurang puas dengan pilihan GIF yang tersedia dan ingin membuat GIF dari video kamu, hal ini juga bisa banget buat kamu lakukan, geng.

Cara membuat GIF di WhatsApp menggunakan video sendiri juga tidak memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Langkah-langkah yang harus kamu ikuti juga tergolong simple, geng. Caranya, silakan lihat secara terperinci di bawah ini!

  • Langkah 1 - Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa dan pilih logo attachment kemudian pilih Galeri. Patikan video yang ingin kamu buat menjadi GIF sudah ada.
Cara Bikin Gif Di Wa 01 4e357
  • Langkah 2 - Silakan pilih video apapun yang ada di HP kamu. Tidak ada batasan panjang video, karena nantinya akan kamu edit di dalam aplikasinya.
Cara Membuat Gif 02 53b97
  • Langkah 3 - Buat menjadi GIF dengan mendrag slide video yang terpampang hingga durasinya menjadi cukup pendek, lalu ubah formatnya menjadi GIF dengan menekan ikon GIF di atas.
Cara Membuat Gif Di Wa 03 28b82

Ada beberapa hal yang musti kamu perhatikan baik-baik sebelum kamu mengedit video menjadi GIF di WhatsApp.

Pertama, tentukan panjang video yang akan diubah menjadi GIF. Normalnya, GIF hanya berdurasi 2-3 detik saja. Jika terlalu panjang, potong sampai sependek mungkin hingga bisa dijadikan GIF.

Kedua, jangan lupa untuk mengubah format video tersebut menjadi GIF. geser Logo video menjadi GIF seperti gambar di atas.

  • Langkah 4 - Selesai, dan kamu bisa langsung mengririm GIF buatan sendiri ke orang-orang di kontak WhatsApp kamu.
Cara Membuat Gif Wa 04 21f7b

Sekarang kamu sudah bisa membuat GIF dari file video milik kamu sendiri di WhatsApp. _Gampang kan, geng? Gak butuh aplikasi apapun, lho!

Selain tanpa aplikasi, cara buat GIF di WA ini juga tergolong praktis dan mudah diaplikasikan. Hanya beberapa klik saja, kamu bisa langsung membuat GIF sendiri.

Akhir Kata

Itulah cara mudah membuat GIF di WhatsApp hanya dengan bermodal Gboard alias Google Keyboard.

Kini kamu gak perlu lagi merasakan bosan akibat chatting yang gitu-gitu aja alias miskin kreativitas. Kamu bisa langsung bikin GIF seru kamu sendiri.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
Whatsapp Ilegal 15cb5

5 Aplikasi WhatsApp Terlarang Super Canggih yang Aman untuk Digunakan

Banner Jadi C3a96

5 Alasan Harus Uninstall WhatsApp di Tahun 2020, Menjadi Sumber Berita Hoax?

Aplikasi Chatting Alternatif Banner Bd316

10 Aplikasi Chatting Alternatif Terbaik Saat WhatsApp Tumbang!

Aplikasi Stiker Wa Lucu Terbaik 2020 Banner A0168

10 Aplikasi Stiker WA (WhatsApp) Terbaik 2020 | Bikin Stiker Sendiri!

10 Whatsapp Mod Apk Dengan Fitur Terbaik 2020 Bisa Dark Mode 67ef9

10 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik 2020, Bisa Dark Mode!

Backup Data Whatsapp Banner

Cara Backup WhatsApp ke Cloud Storage Lain (Dropbox, OneDrive, Box)

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kumpulan Cara Menyadap WA Tanpa Ketahuan, Ampuh Buat Kepoin Pacar!

Kumpulan Cara Menyadap WA Tanpa Ketahuan, Ampuh Buat Kepoin Pacar!

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

3 Cara Mengganti Tema WhatsApp Tanpa Aplikasi & Root, Sudah Coba?

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal