Cara Cek BI Checking di HP Android Lewat Aplikasi 2021, Bisakah?

Default

Cara cek BI Checking di HP Adroid lewat aplikasi sangat di cari masa kini. Dengan kondisi dunia yang saat ini tidak baik, mencari alternatif kegiatan secara online adalah hal yang penting.

Minat mencari tahu cara cek BI Cchecking Android juga punya latar belakang tersendiri. Ada yang sudah menganjukan kredit bank, tapi ditolak berkali-kali. Ada juga yang terlanjut kena blacklist BI dan ingin tahu berapa lama proses pemutihan BI Checking.

Tidak sedikit masyarakat ingin tahu status BI Checking untuk mengajukan kredit atau pinjaman bank. Ini merupakan salah satu bantuan di kala tidak punya uang yang cukup dengan harapan mereka bisa mengajukan kredit dan pinjaman ke bank.

Sebenarnya, gampang banget cara cek BI Checking via HP Android. Dalam hitungan menit, kamu akan mengetahui cara cek BI checking lewat HP Android agar bisa melakukannya dari mana saja. Kamu simak saja sampai selesai, ya!

Apa Saja yang Di Cek di BI Checking?

Cek Bi Checking Via Hp 05bd0

Mungkin kamu sudah mulai penasaran ketika mau cek BI Checking secara online. BI Checking adalah catatan pinjaman yang menjelaskan riwayat keuangan seseorang dengan bank selama berhutang.

Ketika kamu sudah tahu apa saja yang di cek di BI Checking, prediksimu bakalan muncul terkait pengajuan pinjaman dan kredit. Apakah nanti kamu punya kemungkinan diterima atau ditolak oleh bank saat mengajukan kredit atau pinjaman.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang kamu siapkan sebagai objek BI Checking. Yuk, catat apa saja poin-poinnya, ya!

  1. Identitas debitur.
  2. Agunan.
  3. Pemilik dan pengurus untuk badan usaha yang telah menjadi debitur.
  4. Jumlah pembiayaan diterima.
  5. Riwayat pembayaran cicilan.
  6. Kredit macet.

Berapa Lama Blacklist di BI?

Cara Cek Bi Checking Di Hp Android 00f61

Jika kamu ingin meminjam uang, keluar dari blacklist adalah hal yang sangat diharapkan. Proses pembersihan blacklist di BI butuh waktu kisaran 24 bulan atau 2 tahun sebelum bisa mengajukan pinjaman lagi.

Jaka sangat menyarankan kamu agar membayar hutang tepat waktu dan lunas di berbagai bank. Khususnya buat kamu yang belum kena blacklist di BI.

Skor BI Checking yang Disukai Bank

BI Checking punya skor khusus untuk mengelompokkan seseorang terkait kedispilan membayar atau melunasi kredit dan pinjaman bank. Nantinya, kamu bakal menemukan skor untuk diri sendiri.

Setiap skor BI Checking menjadi rujukan dari setiap bank sebelum menyetujui pengajuan pinjaman atau kredit nasabahnya. Biar kamu lebih paham, simak beberap skor di BI Checking di bawah ini!

Skor BI Checking Detil Penjelasan
Skor 1 Debitur lancar membayar kewajiban cicilan dan bunga rutin setiap bulan hingga lunas tanpa tunggakan alias kredit lancar.
Skor 2 Debitur dalam perhatian khusus (DPK) karena pernah nunggak mencicil selama 1-9 hari.
Skor 3 Kredit tidak lancar (KTL) karena debitur nunggak mencicil selama 91-120 hari.
Skor 4 Kredit diragukan yang berarti debitur tercatat pernah nunggak 121-180 hari.
Skor 5 Kredit macet yang berarti debitur tercatat pernah nunggak lebih dari 180 hari.

Bank akan menolak pengajuan kredit dan pinjaman kalau kamu punya catatan BI Checking di skor 3, 4, dan 5. Ketiga kategori ini membuat bank tidak mau ambil resiko Non Performing Loan (NPL) alias kredit bermasalah.

Nah, kamu juga harus tahu kalau suatu bank punya kasus NPL tinggi, artinya bank tersebut bermasalah. Kalau sudah begini, bank beresiko tidak bisa mengeluarkan bantuan kredit dan pinjaman ke nasabah-nasabah selanjutnya karena kekurangan modal.

Kini, kamu sudah tahu berapa skor di BI Checking yang disukai oleh bank. Yup, kamu butuh skor 1 dan 2 agar pengajuan kredit dan pinjaman cepat cair.

Bagaimana Cara Cek BI Checking di HP Android lewat Aplikasi?

Cara Cek Bi Checking Via Hp Android Dan IOS 98f8b

Sebelum ngomongin cara cek BI checking lewat aplikasi HP Android atau iOS, kamu harus tahu dulu kalau sejak tanggal 1 Januari 2018 semua layanan Sistem Informasi Debitur (SID) sudah dialihkan dari BI ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, secara tidak langsung informasi debitur (iDEB) juga sudah bermuara ke OJK. Demikian juga kalau mau mengajukan permohonan Sistem Infomrasi Layanan Keuangan (SILK), kamu harus datang ke kantor layanan contact center OJK.

Cek BI Checking di HP Android Lewat Aplikasi Browser

Sayangnya, untuk melakukan cek BI Checking via HP Android atau iOS belum ada kejelasan dari OJK. Aplikasi OJK di Google Play Store hanya memberikan informasi seputar dunia keuangan saja.

Cara alternatifnya, kamu harus mengunjungi website OJK untuk mengajukan permohonan iDEB online. Nantinya, kamu mengambil antrian SILK via HP Android atau PC. Caranya, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini, ya:

  1. Buka aplikasi browser Google Chrome atau lainnya.
  2. Buka https://konsumen.ojk.go.id/MinisiteDPLK/Registrasi untuk mengajukan antrian SILK online.
  3. Data pemohon dan jam antrian di kolom registrasi.
Cara Cek Bi Checking Di HP Android Lewat Aplikasi Browser 46139

Setelah semua data antrian SILK kamu lengkapi, kamu tinggal datang lansung ke kantor OJK Pusat Jakarta di Komplek Perkantoran Bank Indonesia. Lt.2, Gd.A/Menara Radius Prawiro. Jl. M.H.Tahmrin No.2 Jakarta Pusat. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi contact center OJK ke nomor 1500655.

Dokumen lengkap sebagai persyaratan iDEB harus kamu bawa. Cek kembali kelengkapan dokumen sebelum datang ke kantor OJK Pusat, ya!

Akhir Kata

Sampai disini dulu penjelasan dari Jaka, ya. Cara cek BI Checking di HP Android lewat aplikasi hanya sekedar untuk registrasi antrian SILK OJK secara online saja.

Untuk mendapatkan SILK, kamu harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke kantor OJK Pusat Jakarta. Jangan lupa datang sesuai jam antrian SILK kamu, ya.

Bersegera untuk merencanakan keuangan bisa menghindarkan kamu dari ketergantungan hutang. Sebaiknya, kamu rencanakan program investasi untuk mengelola keuangan, ya.

Semoga kamu bisa dapat SILK dari OJK! Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Fintech menarik lainnya dari Nabila Ghaida Zia.

ARTIKEL TERKAIT
Apa Itu Fintech Banner 81cbc
Penjelasan Lengkap Apa Itu Fintech, Manfaat, dan Jenisnya | Biar Makin Paham!
Daftar Fintech Yang Terdaftar Di BI 9ccac
Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019
Fintech Ilegal Banner 2920d
Tidak Punya Izin dari OJK, Inilah Daftar 231 Fintech Ilegal di Indonesia!
Gopay Ovo 9b58e
GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?
Line Banner 902c3
Indonesia Siap dengan Kehadiran Fintech, Riset dari Line
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal