PENTING! Inilah 4 Alasan Kamu Harus Menyembunyikan Alamat IP

6 November 2017

Sekitar dua dari tiga orang di dunia menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari. Entah untuk mendapatkan informasi, menambah wawasan, sebagai sarana hiburan, menyapa teman melalui sosial media, dan masih banyak lagi. Dunia web sendiri sangatlah luas, sebaiknya kamu lebih hati-hati ketika melakukan aktivitas browsing.

Ya, kamu harus mewaspadai kejahatan cyber. Banyak kegiatan tidak sah yang terjadi di internet, baik itu peretasan maupun terorisme. Salah satu cara agar terhindar adalah dengan menyembunyikan dan mengubah alamat IP. Tapi apa itu alamat IP?

PENTING! Inilah 4 Alasan Kamu Harus Menyembunyikan Alamat IP

Alamat IP adalah Internet Protocol Address atau sering disingkat IP, yakni deretan angka biner antara 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet di seluruh dunia. Alamat IP ini bukanlah sesuatu yang statis, artinya bisa berubah setiap kali perangkat terputus dari server Internet. Lebih lanjut, inilah 4 alasan untuk menyembunyikan alamat IP.

1. Untuk menyembunyikan Lokasi Geografis

Untuk menyembunyikan Lokasi Geografis

Berbekal alamat IP kamu, ditambah informasi Internet Service Provider (ISP) dan beberapa rincian pengguna, seseorang dapat melacak untuk mengetahui lokasi detail kamu. Banyak oknum yang tidak bertanggung jawab yang bisa saja menyalahgunakan informasi tersebut untuk kepentingannya sendiri.

2. Mencegah Pelacakan Web

Mencegah Pelacakan Web

Jika kamu pengguna smartphone dan laptop yang sering Internet-an menggunakan WiFi gratis di tempat umum, sebaiknya kamu harus menyembunyikan alamat IP kamu. Hal ini untuk menghindar dari pelacakan pengelola jaringan WiFi tersebut. Terkadang, situs yang kamu kunjungi bisa saja berbahaya. Lebih luas lagi, dengan menyembunyikan alamat IP, situs-situs berbahaya tersebut tak bisa melacak kamu. Intinya, browsing jadi lebih aman.

3. Menghindari Meninggalkan Jejak Digital

Menghindari Meninggalkan Jejak Digital

Dengan menyembunyikan alamat IP, artinya kamu mencegah agar tidak meninggalkan jejak digital aktivitas online. Dengan begitu, kamu dapat menelusuri situs anonim tanpa meninggalkan jejak identitas kamu. Jadi, aktivitas online kamu pun tetap aman dari penyusup dan hacker karena kamu menunjukkan alamat IP palsu di dunia maya dan menjaga alamat IP asli tetap tersembunyi.

4. Membuka Situs yang Diblokir

Membuka Situs yang Diblokir

Selain terhubung dengan dunia maya jadi lebih aman dari serangan hacker, menyembunyikan IP Address juga dapat membuka situs yang diblokir (internet posisit) atau website tertentu karena adanya sensor atau syarat untuk membuka website tersebut, misalnya hanya di negara tertentu.

Ada banyak cara untuk menyembunyikan alamat IP, salah satu caranya adalah menggunakan VPN. Jika ingin menyembunyikan alamat IP di laptop, cara paling mudah adalah menggunakan browser Opera versi developer. Lebih lanjut kamu bisa baca artikel berikut, Cara Paling Mudah Akses Situs yang Diblokir Pemerintah. Untuk menyembunyikan alamat VPN di Android, kamu bisa baca artikel Gratis Seumur Hidup! Begini Cara Membuka Situs yang Diblokir Dengan Mudah. Selamat mencoba ya!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar