Kini Printer 3D Bisa Digunakan Untuk Mencetak Kaca

Default

Sepertinya teknologi printer 3D berkembang pesat dalam ranah teknologi masa kini ya. Setelah kemarin obat yang terbuat dari printer 3D mengejutkan bidang kedokteran, kini printer 3D bisa juga digunakan untuk mencetak kaca!!

MIT meluncurkan sebuah metode yang disebut G3DP yang memperbolehkan kamu untuk berkreasi dengan struktur kaca 3D yang kompleks untuk bisa dicetak layaknya konstruksi yang terbuat dari plastik. Dalam prosesnya, MIT menggunakan dua ruang yakni satu ruang berfungsi sebagai kiln cartridge yang bekerja pada suhu 1900 derajat Fahrenheit, sementara yang lainnya bekerja untuk melelehkan bahan yang dipakai secara bersamaan.

BACA JUGA
  • Setelah Jembatan Baja dan Mobil Super, Kini Obat Juga Diproduksi Lewat Printer 3D
  • Bond, Si Robot Canggih dengan Tulisan Tangan yang Indah
3d Glass

Kaca yang meleleh ini kemudian didistribusiikan melalui alumina-zircon-silica nozzle yang mengalirkan material keluar layaknya es krim. Proses G3DP ini dikembangkan oleh sebuah tim yang terdiri dari MIT Media Lab's Mediated Matter group, the MIT Glass Lab, the Wyss Institute, dan MIT's Mechanical Engineering Department.

Neri Oxman sebagai salah satu pemimpin penelitian ini mengatakan terobosan ini juga dapat mengarahkan menuju kemajuan dalam menciptakan kabel serat optik yang mengirimkan data lebih efisien.

"Sekarang kita bisa mempertimbangkan tentang printable optoelectronics atau kemungkinan menggabungkan serat optik untuk transmisi data berkecepatan tinggi dengan cahaya, dikombinasikan dengan bangunan kaca yang telah dicetak," ujar Oxman dilanspir dari Mashable.

3d Glass

Sebenarnya 3D printing masih dalam kategori lambat jika dibandingkan dengan teknologi produksi kaca masa kini. Namun saat dikomparasikan dengan struktur yang sangat kompleks, proyek G3DP dari MIT bisa menjadi solusi yang paling menjanjikan. Peneliti berencana memamerkan beberapa struktur kaca sebuah pameran di Cooper Hewitt, Smithsonian Design Museum New York pada 2016 nanti. Temukan foto-foto menarik lainnya di situs resmi MIT G3DP.

[vimeo]136764796[/vimeo]

Mirror
Mirror Photo 1.0.6
Apps Photo & Imaging Lolo Apps
DOWNLOAD

Artikel Menarik Lainnya

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal