Klaim Saldo DANA Gratis dari Pemerintah Terbaru 2024, Benar-Benar Cair?

Default

Sudah dengar belum? Menurut kabar yang belakangan beredar, katanya kamu bisa dapat saldo DANA tanpa biaya dari pemerintah, loh. Padahal, pemerintah nggak berkolaborasi dengan e-wallet DANA untuk melakukan hal tersebut. Kira-kira benar nggak, ya?

Sayangnya, informasi saldo DANA gratis dari pemerintah ini hoax, geng. Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah yang memberikan saldo DANA gratis untuk masyarakat. Dulu mungkin kamu bisa mendapatkannya melalui Kartu Prakerja atau bansos. Namun hal ini punya syarat dan ketentuan, geng.

Tapi jika kamu tetap penasaran dan ingin mendapatkan saldo DANA gratis, kamu bisa coba daftar Kartu Prakerja saja. Berikut sudah Jaka ulas syarat dan langkah-langkahnya.

Disclaimer:

Pemerintah memberikan bantuan gratis melalui program resmi. Jika ada aplikasi pihak ketiga yang mengaku bisa memberikan saldo DANA gratis dari pemerintah tapi tidak terikat dengan program resmi, bisa jadi itu penipuan. Jadi, tetap waspada!

Syarat Mendapatkan Saldo DANA Gratis dari Pemerintah

Saldo DANA Gratis
Sumber foto: FIN.CO.ID - Saldo DANA Gratis

Untuk mendapatkan saldo DANA gratis dari pemerintah, ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Harus terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja
  • Wajib mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat
  • Melakukan ulasan, memberikan rating, serta mengisi survei evaluasi Kartu Prakerja
  • Menghubungkan akun DANA dengan situs Prakerja
  • Meningkatkan status akun DANA menjadi premium.

Perlu dicatat bahwa saat ini klaim saldo DANA dari pemerintah telah ditutup. Jadi, jika ingin mendapatkan saldo gratis,kamu harus menunggu informasi dari pemerintah.

Cara Daftar Prakerja 2024 lewat HP

Daftar Kartu Prakerja
Sumber foto: detikcom - Prakerja

Cara pertama mendapatkan saldo DANA gratis langsung cair adalah dengan mengikuti program Prakerja. Jika lolos Prakerja, maka kamu bisa mendapatkan saldo DANA gratis dari pemerintah 2024.

Program Kartu Prakerja diperuntukkan bagi Warga negara Indonesia (WNI) yang berusia antara 18-64 tahun. Kamu bisa dapat dana Rp4,2 juta yang tersebar untuk pelatihan dan insentif.

Nggak hanya dapat subsidi dana, program ini juga akan memberikan kelas pembekalan keterampilan bagi pesertanya. Berikut adalah langkah dan cara daftar Prakerja 2024 lewat HP untuk memperoleh saldo DANA gratis hari ini:

  1. Akses situs pendaftaran Prakerja di URL www.prakerja.go.id melalui perangkat mobile kamu.
  2. Klik tombol Daftar Sekarang yang terdapat di dashboard.
  3. Masukkan data diri kamu seperti nama lengkap, email yang masih aktif, dan membuat kata sandi baru.
  4. Konfirmasi password yang telah kamu buat.
  5. Centang kotak pernyataan yang disediakan dan klik tombol Daftar.
  6. Cek verifikasi email di kotak masuk email yang telah didaftarkan.
  7. Akun Prakerja kamu berhasil dibuat!

Ingatlah untuk mempersiapkan dokumen KTP dan KK sebelum mendaftar karena akan dibutuhkan untuk proses verifikasi nantinya, geng. Perlu diketahui program ini sendiri berbeda dengan fitur DANA Kaget yang ada di aplikasi, ya.

Sebagai informasi, Kartu Prakerja gelombang 55 dibuka pada tanggal 16 Juni 2024. Jika sudah dibuka, kamu bisa langsung mendaftar lewat cara yang Jaka beberkan di atas. Untuk kamu yang sudah memiliki akun Prakerja dan ingin mendapatkan saldo DANA gratis langsung cair tanpa aplikasi, kamu hanya perlu gabung gelombang terbaru saja.

Baca juga: 5 Cara Lolos Prakerja 2024 dengan Mudah, Dijamin Anti Gagal!

Cara Daftar Bansos Online, Dijamin Lolos!

Kamu juga bisa mendapatkan saldo DANA gratis tanpa syarat dengan mendaftar bansos online. Di sini ada banyak peluang meraih saldo DANA gratis dari Google serta pemerintah, lho.

Namun salah satu masalah yang dihadapi masyarakat saat ini adalah proses pendaftaran sebagai penerima bantuan sosial (Bansos) yang cukup sulit dan lama. Hal ini berpotensi menyebabkan bantuan tidak tepat sasaran dan rawan dipermainkan.

Tapi tenang saja, guys. Untuk mengatasi masalah tersebut, Kementerian Sosial RI membuat aplikasi Cek Bansos. Aplikasi penghasil saldo DANA 100 ribu gratis 2024 ini dapat mempercepat proses administrasi, sehingga masyarakat dapat segera menerima bantuan yang tepat waktu dan tepat sasaran.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui artikel Jaka berjudul "Download Aplikasi Cek Bansos Terbaru" atau melalui tautan yang tersedia di bawah ini.

>>> Download Aplikasi Cek Bansos APK Terbaru 2022, Untuk Daftar & Cek Bansos Secara Mandiri <<<

Aplikasi ini memiliki 2 fitur utama, yaitu fitur "Usul" dan "Sanggah". Fitur "Usul" digunakan untuk mengajukan diri atau orang lain sebagai penerima bantuan sosial. Sedangkan fitur "Sanggah" digunakan untuk menilai apakah seseorang di sekitar daerah kamu layak untuk menerima bantuan sosial atau tidak.

Sudah mendaftar tapi belum tahu statusnya sudah diverifikasi atau belum? Tenang saja! Selain menghubungi command center Kementerian Sosial di nomor telepon 021-171, kamu juga bisa mengeceknya sendiri lewat situs Cek Bansos.

Apakah Saldo Dana Gratis Pemerintah Hoax?

Narasi yang menyebutkan adanya bantuan saldo DANA gratis dari pemerintah dengan besaran dana hingga Rp2 juta ternyata adalah hoax, geng. Pemerintah tidak pernah membuat pemberitahuan untuk pendaftaran bantuan sosial di luar aplikasi resmi Kemensos, seperti melalui aplikasi DANA.

Penyajian informasi tersebut sangat menyesatkan dan berpotensi menciptakan pandangan negatif terhadap Kemensos. Sebaiknya dicatat bahwa Kemensos tidak pernah mengeluarkan pengumuman terkait pendaftaran bantuan sosial di platform selain aplikasi resmi Kemensos. Klaim yang beredar, seperti melalui aplikasi DANA, tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kata Kunci Terkait

  • saldo DANA gratis langsung cair
  • saldo DANA gratis 2023
  • saldo DANA gratis dari pemerintah
  • dana gratis dari pemerintah 2023
  • cara dapat saldo DANA gratis
  • saldo DANA 1 juta gratis
  • hoaks saldo DANA gratis
  • saldo DANA 100 ribu gratis
  • klaim Rp4 200.000 saldo dana gratis dari pemerintah pakai KTP dan KK
  • saldo dana gratis dari google
  • saldo dana gratis hari ini
  • saldo dana gratis 50k
  • giveaway saldo dana gratis

Akhir Kata

Nah, jadi sudah tahu kan kalau cara untuk mendapatkan saldo dana gratis dari pemerintah itu nggak ada dan informasinya hoax? Sekarang kamu bisa mendapatkan saldo tersebut melalui cara lain. Semoga bermanfaat, ya!

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Nural

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal