Waspada! Kini Malware Bisa Infeksi PC Kamu Tanpa Perlu Diklik

Default

Rasanya tak ada habisnya jika membahas seputar virus yang mengancam perangkat PC maupun gadget kita. Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan kemunculan Ransomware, kini giliran si pemain lama, Malware, yang sepertinya ingin kembali mencuri headline.

Malware, yang merupakan kependekan dari malicious software (perusak perangkat), sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007 lalu. Namun, semakin berkembangnya beragam antivirus mau tak mau mendorong si virus untuk juga berkembang. Itulah yang nampak terjadi belakangan ini pada Malware.

BACA JUGA
  • Ngeri-ngeri Sedap, Malware Ini Nyebar Lewat Instagram Artis!

Malware Bisa Infeksi PC Tanpa Diklik

Malware
Sumber foto: Sumber: Getty Images

Dilansir dari situs Engadget, para penjahat siber sudah menemukan terobosan baru dalam menanamkan virusnya kepada perangkat. Dengan menggunakan malware downloader yang dapat meng-install Trojan dalam jumlah besar tanpa harus meng-klik apapun. Sebagai gantinya, cukup dengan mengarahkan pointer mouse pada link virus yang dimaksud, si virus sudah mampu menjangkit PC Anda.

Malware1
Sumber foto: Sumber: Trend Micro

Link tersebut dikirimkan melalui e-mail. Biasanya, perusahaan atau organisasi resmi yang menjadi target, namun tak menutup kemungkinan juga menargetkan individu. Dengan kedok mengirim urusan pekerjaan (proposal atau invoice) atau dokumen personal (CV atau undangan interview), e-mail tersebut kemudian mengarahkan si pembaca pada sebuah link. Dan jika si pembaca mengarahkan kursor mouse ke link tersebut, selesaai sudah!

Ada beberapa cara untuk mengantisipasi hal ini. Pertama, gunakan Microsoft Office versi terbaru. Versi terbaru tersebut mampu menangkal malware downloader bekerja otomatis karena harus menunggu persetujuan si pengguna. Selain itu, disarankan untuk segera meng-klik "Disable" ketika ada unduhan mencurigakan yang berjalan secara otomatis.

Intinya, lebih berhati-hati lagi ya!

Baca juga artikel seputar Virus atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Malwarebytes Anti Exploit Icon
Malwarebytes Anti-Exploit 1.08.1.1196
Apps Malwarebytes
Antimalware Icon
Malwarebytes Anti-Malware 2.2.1
Apps Malwarebytes
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal