7 Kelebihan Mobil Listrik yang Bikin Kamu Lebih Nyaman Berkendara, Mau Beli?

Default

Kelebihan mobil listrik yang ditawarkan dibanding kendaraan konvensional berbahan bakar minyak harus diakui memang menggiurkan buat banyak orang. Diprediksi jadi alat transportasi utama di masa depan, adopsi jenis kendaraan satu ini sudah cukup terasa.

Dalam beberapa tahun terakhir, tak terhitung berapa jumlah model mobil listrik yang diluncurkan para pabrikan otomotif dunia. Tesla misalnya, merek ternama yang dibesut Elon Musk ini bahkan menjadi barometer di industri mobil elektrik.

Tak mau tertinggal terlalu jauh, perkembangan kendaraan listrik di Indonesia pun belakangan ini ikut diramaikan oleh kehadiran berbagai mobil elektrik. Mobil listrik semakin dilirik oleh masyarakat Tanah Air yang ingin merasakan sensasi berkendara berbeda.

Lebih ramah lingkungan dan hemat pembiayaan untuk jangka panjang jadi keunggulan utama yang ditawarkan mobil listrik. Mau tahu keunggulan lainnya? Simak kelebihan mobil listrik yang wajib kamu ketahui sebelum memilikinya berikut ini!

Tentang Mobil Listrik

Tentang Mobil Listrik
Sumber foto: CarDekho - Kelebihan Mobil Listrik

Mobil listrik adalah mobil dengan penggerak motor listrik yang menggunakan energi listrik berasal dari baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Sebenarnya, mobil listrik sudah populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tetapi meredup karena teknologi mesin pembakaran yang lebih disukai kala itu.

Baru pada tahun 2000-an para produsen mulai serius mengembangkan kendaraan-kendaraan listrik, termasuk mobil sebagai salah satu jenisnya. Di negara Indonesia sendiri, pada tanggal 1 April 2012 pemerintah mengucurkan Rp100 miliar untuk riset mobil listrik.

Ada beberapa jenis teknologi elektrifikasi kendaraan, meliputi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Mobil jenis ini pun dinilai mampu mengurangi polusi udara. Selain itu, kesan canggih dan tampilan body yang lebih futuristik dibandingkan jenis konvensional, membuat banyak orang mulai beralih menggunakan mobil listrik.

Kelebihan Mobil Listrik

Wuling Air Ev 47c57
Sumber foto: IST - Kelebihan Mobil Listrik

Kelebihan mobil listrik dibanding mobil konvensional menarik untuk disoroti, karena selain lebih maju juga selalu bertambah dalam setiap pengembangannya. Berbagai teknologi dan fitur canggih yang disematkan, membuat mobil listrik nyaris unggul dalam setiap aspek.

Penasaran dengan kelebihan apa saja yang dibawa oleh mobil listrik? Simak beberapa poin yang Jaka sajikan di bawah ini.

1. Ramah Lingkungan

Mobil listrik disebut sebagai mobil ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi yang dapat mempengaruhi polusi udara di sekitarnya. Kendaraan ini memiliki mekanisme laju yang diproses menggunakan daya listrik.

Berkat teknologi penggerak tersebut, mobil jenis ini tidak akan menghasilkan residu emisi Co2 dan Co. Bisa dikatakan, mobil listrik menjadi solusi pilihan kendaraan untuk daerah perkotaan yang sudah terpapar polusi udara tinggi.

2. Suara Mesin Tidak Bising

Digerakkan oleh listrik, maka suara mesin yang dihasilkan mobil ini jadi lebih senyap atau tidak bising. Hal ini membuat pengemudi lebih nyaman dan fokus saat berkendara di jalan, sehingga menambah pengalaman berkendara terbaik.

Berkat suara yang tidak bising, maka kabin dalam mobil lebih sunyi dan tenang. Kamu akan merasakan kenyamanan ekstra ketika sedang menikmati obrolan di perjalanan. Sementara mesin mobil konvensional biasanya menghasilkan getaran ke dalam kabin.

3. Perawatan Mudah & Hemat

Mengingat mobil listrik tidak menggunakan mesin seperti mobil konvensional, maka perawatan yang diperlukan pun akan lebih sedikit. Hal ini dikarenakan mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan.

Biaya yang dikeluarkan untuk pengisian daya mobil listrik pun lebih murah dibandingkan dengan pengisian bahan bakar di mobil konvensional. Selain itu, mobil listrik juga tidak perlu mengganti oli, radiator, dan lainnya.

4. Benefit Pajak & Bebas Ganjil-Genap

Guna meningkatkan penggunaan kendaraan listrik, pemerintah mendukung dengan memberikan stimulus. Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah, mobil listrik termasuk ke dalam lima jenis kendaraan yang dikecualikan dari Objek PKB dan BBNKB.

Mobil listrik dapat kebebasan untuk melintas di kawasan ganjil-genap. Pasalnya, berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Gubernur Nomor 155 Tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu Lintas dengan Sistem Ganjil-Genap, kendaraan listrik dikecualikan dari peraturan ganjil-genap di Jakarta.

5. Performa Taktis

Meski digerakkan dengan daya listrik, performa mobil listrik tak kalah dibandingkan dengan mobil konvensional. Saat pedal diinjak, torsi puncak pada mobil listrik akan langsung tersedia.

Jadi, kamu tak perlu menunggu pada putaran mesin tertentu agar mobil langsung melaju sesuai dengan kecepatan yang dihendaki. Beda dengan mobil konvensional yang torsi puncaknya baru tersedia pada putaran mesin tertentu.

6. Pengisian Daya Baterai Praktis

Salah satu kelebihan mobil listrik paling berbeda dibandingkan mobil BBM adalah pengisian bahan bakar menggunakan listrik. Dibekali daya penampungan arus listrik yang besar, sekali pengisian melalui pengecasan dapat digunakan dalam jarak jauh.

Selain itu, kamu tidak perlu mengantre seperti mobil konvensional di pom bensin, tetapi hanya dengan mengisi bahan baterai di rumah atau tempat umum yang memang sudah disediakan. Cukup hubungkan alat pengisian energi ke mobil listrik!

7. Biaya Pengeluaran Jangka Panjang Lebih Murah

Harga jual mobil listrik memang masih tergolong mahal, terutama di Indonesia. Namun, biaya yang dikelurkan untuk jangka panjang jauh lebih hemat. Penggunaan baterai sebagai sumber tenaga dibanding BBM menjadi faktor utamanya.

Jenis Mobil Listrik & Cara Kerjanya

Jenis Mobil Listrik Cara Kerjanya
Sumber foto: ET Auto - Kelebihan Mobil Listrik

Seperti yang sudah Jaka sebutkan di atas, mobil listrik sendiri terbagi ke dalam beberapa jenis. Meski sama-sama ditenagai daya listrik, masing-masing jenis mobil listrik punya cara kerja yang cukup berbeda.

Berikut jenis-jenis mobil listrik dan cara kerjanya:

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle (BEV) adalah kendaraan yang beroperasi sepenuhnya dengan menggunakan listrik di baterai, seperti Hyundai IONIQ. Jenis mobil BEV tidak memiliki mesin pembakaran (ICE) dengan listrik yang disimpan pada baterry pack.

2. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Hybrid Electric Vehicle (HEV) adalah jenis mobil listrik yang memiliki dua sistem penggerak, yaitu mesin pembakaran (ICE) dan motor traksi. Motor penggeraknya mendapat daya dari baterai, sementara bensin berperan memutar transmisi untuk menggerakkan roda.

3. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) adalah jenis mobil listrik yang dapat ditenagai oleh sumber energi fosil (seperti bensin) atau sumber alternatif (seperti biodiesel) dan oleh baterai. Baterai pada jenis mobil ini dapat diisi-ulang dari sumber listrik eksternal.

4. Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV)

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) adalah jenis mobil listrik yang menggunakan teknologi fuel-cell untuk menghasilkan listrik. Prinsip kerja mobil listrik jenis FCEV hampir mirip dengan cara kerja mobil listrik jenis BEV.

Rekomendasi Mobil Listrik Termurah Terbaik

Harga Bekas K Upgrade 6268b
Sumber foto: Oto - Kelebihan Mobil Listrik

Harus diakui, harga mobil listrik yang masih belum semurah mobil-mobil konvensional menjadi salah satu alasan utama minimnya adopsi oleh masyarakat Indonesia. Banderol mobil listrik biasanya tiga kali lipat lebih mahal dibanding mobil berbahan bakar minyak.

Untungnya, harapan untuk bisa memiliki mobil listrik dengan harga terjangkau di garasi rumah kamu tidak benar-benar sirna. Pasalnya, beberapa pabrikan mulai menghadirkan model-model mobil listrik dengan harga yang lebih masuk akal.

Ingin mengetahui merek dan model mobil listrik termurah apa saja yang layak kamu miliki? Simak artikel Jaka lain di bawah ini untuk mendapatkan inforrmasi selengkapnya. Murah meriah bisa dibeli di Indonesia!

Mobil Listrik Termurah 83cb2
5 Mobil Listrik Termurah 2022 di Indonesia, Ada Harga di Bawah Rp100 Juta!
Harapan untuk bisa memiliki mobil listrik dengan harga terjangkau masih ada! Cek daftar mobil listrik termurah di Indonesia 2022 di sini.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah kelebihan mobil listrik yang menjadi alasan banyak orang untuk akhirnya beralih dari kendaraan konvensional. Semakin dilirik oleh masyarakat, kehadiran mobil listrik dengan berbagai keunggulannya mewarnai industri otomotif saat ini.

Di Indonesia sendiri, dalam beberapa tahun terakhir berbagai pabrikan otomotif cukup gencar meluncurkan mobil-mobil listrik andalan mereka. Mulai dari mobil listrik Toyota, mobil listrik Hyundai, hingga mobil listrik Tesla mencoba memikat konsumennya,

Baca juga artikel Mobil Tesla Termurah, Motor Listrik Murah Terbaik, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Banner 9adf7
Bukalapak Hilang dari Play Store, Ini Aplikasi Jual Beli Online Terbaik Lainnya!
Untitled Design 2021 01 02t130607 151 2f106
Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula, Biar Laris Manis!
Situs Jual Beli Online
7 Situs Jual Beli Online Terbaik dan Terpercaya di Indonesia
Cara Jualan Online Cea99
Cara Jualan Online Tanpa Modal dan Laris Terlengkap 2021 | Jaminan Sukses!
Adegan Terbaik Fast And Furious Banner F111c
7 Adegan Terbaik di Seri Film Fast & Furious, Penuh Aksi Menegangkan!
Tags Terkait: electric vehicle
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal