J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Jangan Asal Colok, Ini Jenis Audio Jack 3.5 mm yang Harus Kamu Ketahui!

              Jangan Asal Colok, Ini Jenis Audio Jack 3.5 mm yang Harus Kamu Ketahui!

              00
              Senin, 28 Nov 2016, 11:00 WIB
              Tapi pernah nggak kamu perhatikan colokan headphone kamu? Secara umum, hampir semua smartphone menggunakan jenis audio jack 3.5 mm.

              Mendengarkan musik, menonton film, maupun berkomunikasi lewat smartphone terkadang kamu menggunakan alat yang satu ini bukan? Ya, entah itu headset, headphone, maupun earphone. Semuanya digunakan untuk mendengarkan audio dari smartphone kamu.

              Tapi pernah nggak kamu perhatikan colokan headphone kamu? Secara umum, hampir semua smartphone menggunakan jenis audio jack 3.5 mm. Di sisi lain, ada juga audio jack 2.5 mm namun kurang populer dan kebanyakan dipakai pada handphone tipe lama.

              Tunggu dulu, sebelum kamu dengerin musik di smartphone kamu, kenali perbedaan audio jack 3.5 mm. Jangan sampai kamu asal colok dan mengurangi pengalaman mendengarkan musikmu.

              BACA JUGA
              • Cuma 200 Ribuan, Headset Xiaomi Terbaru Punya Fitur Tahan Banting!
              • Bisa Jadi Headset Bluetooth, Ini Dia Handphone Paling Kecil di Dunia!
              • Begini Cara Mengembalikan Lubang Headset 3,5mm di iPhone 7

              Jenis Audio Jack 3.5 mm dan Perbedaanya

              Secara umum, audio jack 3.5 mm digunakan pada berbagai smartphone, kecuali pada iPhone 7 dan 7 Plus ya. Ada 3 bagian utama pada audio jack 3.5 mm, yaitu Tip, Ring, dan Sleeve. Tiap bagian punya fungsinya masing-masing. Untuk lebih lanjutnya, simak pembahasan berikut.

              Tipe Tip-Sleeve (TS)

              TS Jack Pict

              Jack tipe TS ini hanya memiliki 2 bagian, yakni 1 Tip dan 1 Sleeve. Jadi, hanya terdapat 2 konduktor pada audio jack tipe TS. Audio jack 3.5 mm tipe TS hanya mendukung mode mono dan microphone.

              Bagian Tip untuk audio mono, dan Sleeve untuk ground. Ini berarti yang ada hanyalah mode mono, suara pada heaphone sebelah kiri dan kanan sama saja.

              Tipe Tip-Ring-Sleve (TRS)

              TRS Jack Pict

              Jack tipe TRS memiliki 3 bagian, yakni 1 Tip, 1 Ring, dan 1 Sleeve. Terdapat 3 konduktor dalam audio jack tipe ini. Audio jack 3.5 mm tipe TRS sudah mendukung mode stereo, namun belum mendukung microphone.

              Bagian Tip untuk headphone sebelah kiri, Ring untuk headphone sebelah kanan, dan Sleeve untuk ground. Dengan audio jack tipe ini, kamu dapat mendengarkan musik dengan mode stereo tapi tidak dapat melakukan panggilan dengan menggunakan microphone.

              Tipe Tip-Ring-Ring-Sleeve (TRRS)

              TRRS Jack Pict

              Audio jack tipe ini yang paling lengkap. Jack tipe TRRS memiliki 4 bagian, 1 Tip, 2 Ring, dan 1 Sleeve. Audio jack 3.5 mm tipe TRRS mendukung mode stereo sekaligus microphone.

              Bagian Tip untuk headphone sebelah kiri, Ring atas untuk headphone sebelah kanan, Ring bawah untuk ground, dan Sleeve untuk microphone. Tiap vendor punya susunan sendiri untuk jack tipe TRRS ini. Dengan audio jack ini, kamu dapat mendengarkan musik mode stereo, dan komunikasi dengan menggunakan microphone.

              Nah, itulah beberapa jenis audio jack 3.5 mm dan perbedaannya. Tentu kamu sudah tahu kan, jangan sampai salah colok lagi ya. Eh, tapi menurut kamu lebih nyaman mana, headset, headphone, atau earphone? Tulis pendapat kamu di kolom komentar ya.

              APPS TERKAIT
              Realtek High Definition Audio 2.78 Win 7
              Apps Realtek
              WavePad Audio Editing 6.37 Beta
              Apps NCH Software
              Switch Audio File Converter 4.65
              Apps NCH Software
              jetAudio 8.1.4 Basic
              Apps COWON America
              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal