J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Perbandingan HTC One M9 vs Samsung Galaxy S6

7 Perbandingan HTC One M9 vs Samsung Galaxy S6

Kamis, 5 Mar 2015, 16:00 WIB
Dua smartphone yang paling diunggulkan pada tahun 2015 adalah Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9. Kedua smartphone tersebut diperkenalkan di acara pameran Mobile World Congress 2015 pekan ini di Barcelona. Spesifikasi yang ditawarkan kedua sm

Dua smartphone yang paling diunggulkan pada tahun 2015 adalah Samsung Galaxy S6 dan HTC One M9. Kedua smartphone tersebut diperkenalkan di acara pameran Mobile World Congress 2015 pekan ini di Barcelona. Spesifikasi yang ditawarkan kedua smartphone ini sama-sama tinggi namun, jika kita bandingkan antara spesifikasi yang dimiliki Galaxy S6 dan HTC One M9 terdapat beberapa perbedaan. Apa saja perbedaannya? Berikut ini ulasannya:

Perbandingan HTC One M9 vs Samsung Galaxy S6

1. Kapasitas Baterai

Kapasitas baterai yang dimiliki Samsung Galaxy S6 memiliki kapasitas sebesar 2.550 mAh dengan jenis baterai Li-Ion non-removable, sedangkan kapasitas baterai yang dimiliki HTC One M9 sebesar 2.840 mAh. Di sisi kapasitas baterai, HTC One M9 lebih unggul dari Samsung Galaxy S6. Bahkan, kapasitas baterai Galaxy S6 masih kalah besar dari smartphone HTC terdahulu, yaitu HTC One M8 yang memiliki kapasitas baterai 2.600 mAh.

HTC One M9 unggul.

2. Resolusi Kamera

Sebelumnya, HTC mengambil risiko besar dengan memperkenalkan kamera UltraPixel yang dipasang pada HTC One dan HTC One M8. Sayang,hasilnya kurang mendapat respon yang baik dan tidak bekerja dengan optimal. Pada HTC One M9, akhirnya perusahaan memutuskan untuk menggunakan kamera dengan sensor 20 MP dari Sony, namun tidak dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization).

Htc One M9

Berbeda dengan HTC, Samsung telah lebih dulu memiliki nama baik dalam hal kamera, terutama pada kamera Samsung Galaxy Note 4 yang terkenal hasilnya memuaskan. Pada Galaxy S6, Samsung kembali membenamkan kamera utama yang memiliki sensor 16 MP dengan berbagai perbaikan, baik di sisi software maupun lensa. Meski sensornya lebih rendah dari kamera HTC One M9, namun kamera Galaxy S6 telah didukung dengan fitur OIS yang sangat memiliki peran penting dan berpengaruh besar terhadap hasil kamera menjadi lebih bagus.

Untuk kamera bagian depan, HTC One M9 memiliki kamera depan beresolusi 4 MP yang mampu menghasilkan video 1080p 30fps dan dibekali fitur HDR, sedangkan kamera depan Samsung Galaxy S6 memiliki resolusi setingkat lebih tinggi, yakni 5 MP yang dilengkapi dengan fitur dual video call dan HDR serta menghasilkan video full HD 30fps.

Samsung Galaxy S6 unggul.

3. Sistem Audio

Di sisi Audio, HTC sepertinya lebih unggul dari Samsung. Pasalnya, HTC One M9 dibekali dengan speaker stereo berteknologi Boom Sound dengan kedua speakernya menghadap ke depan. Hal ini membuat speaker HTC One M9 mampu mengeluarkan suara lebih lantang dan lebih detil.

Pada Samsung Galaxy S6, letak speakernya bukan lagi di bagian belakang seperti yang terdapat pada Samsung Galaxy Note 4, melainkan bergeser di sisi bagian bawah. Hal ini bertujuan untuk menghindari teredamnya suara saat diletakan di atas meja. Meskipun begitu speaker yang dimilikinya hanya satu (mono) bukan stereo.

HTC One M9 unggul.

4. Tampilan Layar

Sejatinya, sebagai smartphone flagship keluaran 2015, standar resolusi layar smartphone mencapai 2K. Namun, ternyata resolusi layar yang digunakan HTC One M9 masih tetap sama dengan HTC One M8, yakni full HD (1.920 x 1.080p) dengan kerapatan 441 ppi.

Sementara, layar yang dipakai oleh Samsung Galaxy S6 menggunakan jenis Super AMOLED beresolusi 2K (1.440 x 2.560 pixel) dengan kerapatan 577 ppi. Dalam hal ini, layar Samsung Galaxy S6 jauh menggungguli layar HTC One M9. Namun disamping itu, baik layar Galaxy S6 maupun HTC One M9 sudah dilindungi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 4.

Samsung Galaxy S6 unggul.

5. Sistem Operasi

Kedua ponsel ini hadir sama-sama menjalankan sistem operasi Android 5.0 Lollipop, namun dengan user interface berbeda. HTC One M9 menggunakan user interface HTC Sense 7.0, sementara Samsung Galaxy S6 menggunakan user interface Samsung TouchWiz terbaru yang terlihat jauh lebih baik dan mengalami banyak peningkatan dari yang sebelumnya.

Mana yang lebih unggul? Untuk user interface tergantung pengguna yang menilai.

6. Adu Kekuatan Hardware

HTC One M9 dibekali prosesor quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 2 GHz Cortex-A57 dengan chipset Qualcomm MSM8994 Snapdragon 810. RAM-nya berkapasitas 3 GB yang dikombinasikan dengan GPU Adreno 430. Memori internal HTC One M9 hanya terdapat satu pilihan kapasitas, yaitu 32 GB.

Samsung Galaxy S6 ditenagai dengan prosesor quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 2.1 GHz Cortex-A57 dengan chipset Exynos 7420. Tampilan grafisnya menggunakan GPU Mali-T760 yang didukung dengan RAM 3 GB. Untuk memori internalnya, Samsung Galaxy S6 menawarkan tiga pilihan kapasitas, yakni 32, 64, dan 128 GB.

Smartphone mana yang memiliki performa lebih unggul? Untuk hal ini, kami belum bisa menyimpulkan smartphone mana yang lebih baik sampai nanti akhirnya keluar hasil tes dan membandingkan keduanya.

7. Fitur Wireless Charging

Di Tahun 2015, telah muncul teknologi untuk pengisian baterai nirkabel atau lebih populer dengan sebutan wireless charging. Fitur ini biasanya hanya terdapat pada smartphone kelas atas saja. Seperti halnya yang terdapat pada Samsung Galaxy S6. Sayangnya pada HTC One M9, fitur wireless charging ini belum tersedia.

Samsung Galaxy S6 unggul.

Artikel MWC 2015 Lainnya:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Galaxy J1 4G, Hape Quad-Core Canggih Harga Murah dari Samsung

Galaxy J1 4G, Hape Quad-Core Canggih Harga Murah dari Samsung

Harga Samsung Galaxy A, HP Selfie Berbodi Tipis

Harga Samsung Galaxy A, HP Selfie Berbodi Tipis

Harga Samsung Galaxy S6, Sang Penjegal iPhone 6

Harga Samsung Galaxy S6, Sang Penjegal iPhone 6

Samsung Rilis Galaxy E7, E5, A3, dan A5 HP Android 4G LTE

Samsung Rilis Galaxy E7, E5, A3, dan A5 HP Android 4G LTE

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal