10 Orang Terkaya di Indonesia, Hartanya Nggak Habis Sampai 7 Turunan!

Default

Forbes Real Time Billionaire kembali merilis daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2021 nih, geng. Bersama para konglomerat dari seluruh dunia, kekayaan nama-nama ini bikin kita tercengang!

Dalam daftar terbaru ini, anggotanya tak banyak berubah. Posisi puncak masih ditempati oleh Robert Budi dan Michael Hartono. Posisi kedua juga masih ada Keluarga Widjaja.

The Real Crazy Rich ini diprediksi memiliki kekayaan gabungan yang meningkat sebesar 22% dari tahun 2020, yakni dari 133 miliar dollar AS atau sekitar Rp1.901,90 triliun menjadi 162 miliar Dollar AS atau setara Rp2.316 triliun.

Hal itu wajar saja, pasalnya selama pandemi Covid-19 harta orang-orang kaya di Indonesia dan dunia diprediksi meningkat berkali lipat.

Mau tahu lebih lengkap tentang daftar Crazy Rich Indonesia siapa saja? Berapa sih total kekayaan mereka? Simak info selengkapnya di bawah ini!

10. Bachtiar Karim dan Keluarga (Rp50,21 triliun)

Bachtiar Karim 56583
Sumber foto: Istimewa

Posisi ke-10 ditempati Bachtiar Karim dan Burhan Karim yang menjalankan perusahaan kelapa sawit, Musim Mas. Total kekayaan keduanya ditaksir mencapai 3,5 miliar Dollar AS.

Musim Mas Group memang adalah salah satu perusahaan minyak sawit terintegrasi terbesar di dunia dengan operasi yang mencakup seluruh rantai nilai di wilayah Amerika, Eropa, dan Asia.

Berawal dari pabrik sabun Nam Cheong di Medan, kini Musim Mas Group memiliki operasi di 13 negara dengan berbagai produk turunan yang digunakan di berbagai industri.

9. Jogi Hendra Atmadja (Rp58,81 triliun)

Jogi Hendra Atmadja 9db90
Sumber foto: VOI

Buat kamu yang suka makan biskuit Roma, Beng Beng, hingga permen Kopiko, kamu harus berterima kasih pada Pak Jogi Hendra Atmadja.

Menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia, Jogi Hendra Atmadja merupakan pendiri sekaligus otak di balik kejayaan bisnis FMCG Mayora Group.

Sebelumnya, Jogi Hendra Atmadja beserta keluarga merintis bisnis dengan membuat biskuit pada 1948, lalu secara resmi mendirikan grup Mayora pada tahun 1977.

8. Boenjamin Setiawan (Rp60,25)

Boenjamin Setiawan 10856
Sumber foto: 101Red

Selanjutnya ada Boenjamin Setiawan, pendiri Kalbe Farma yang memiliki kekayaan mencapai 4,2 miliar Dollar AS. Perusahaan farmasi terbesar di Indonesia itu ia dirikan bersama lima saudara kandungnya pada 1966 lalu.

7. Susilo Wonowidjojo (Rp68,86 triliun)

Susilo Wonowidjojo C784c
Sumber foto: VOI

Dilansir Kompas, Susilo Wonowidjojo memiliki kekayaan atas perusahaan Gudang Garam yang memproduksi 96 miliar batang rokok pada 2019.

Tidak cukup hanya bidang rokok, Susilo Wonowidjojo juga memperluas bisnisnya ke bidang lainnya, termasuk bidang aviasi.

Bahkan, ia sudah membangun bandara di Kediri di atas lahan seluas 450 hektar. Tercatat landasan pacu bandaranya sendiri sepanjang 3.000 meter.

Ia juga memiliki unit bisnis perkebunan kelapa sawit lewat Makin Group yang berkonsentrasi di Provinsi Jambi dan Kalimantan Tengah melalui anak perusahaannya, PT Matahari Kahuripan.

6. Chairul Tanjung (Rp69,6 triliun)

Chairul Tanjung Da6f5
Sumber foto: VOI

Selanjutnya ada Chairul Tanjung yang menempati posisi keenam dengan total kekayaan 5,5 miliar Dollar AS atau setara Rp7,89 triliun.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun lalu yang berjumlah 4,8 miliar Dollar AS atau Rp69,6 triliun di tahun 2020. Hal itu melontarkannya naik beberapa tingkat sekaligus dalam daftar orang terkaya di Indonesia 2021.

Kamu pasti tahu gurita bisnis milik Chairul Tanjung. CT Corp memiliki beberapa diversifikasi bisnis, tersebar dari perusahaan media online dan televisi sampai bisnis rilet Carrefour, Transmart, dan juga franchise Wendy's di Indonesia, Versace, Mango, hingga Jimmy Choo.

Terbaru, ia dilaporkan membeli saham mayoritas PT Bank Harga International Tbk (BBHI) dan mengganti namanya menjadi Allo Bank Indonesia.

5. Prajogo Pangestu (Rp87,51 triliun)

Prajogo Pangestu 3bd30
Sumber foto: CNBC

Nama Prajogo Pangestu sudah familiar di kalangan para pengusaha. Siapa sangka hasil kekayaannya kini merupakan hasil kerja kerasnya sejak dini.

Pendiri Barito Group ini memulai kariernya dari mulai sopir angkot. Jatuh bangun, suka duka, semua ia rasakan.

Kini, ia menjadi menempati posisi orang terkaya ke-5 di Indonesia dengan total harta kekayaan sekitar 6,1 miliar Dollar AS yang berasal dari perusahaan Barito Pacific miliknya. Posisinya turun 2 tingkat dari tahun 2020 lalu.

Perusahaan tersebut memiliki sekitar 70% kepemilikan perusahaan petrokimia Chandra Asri yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

4. Sri Prakash Lohia (Rp88,9 triliun)

Sri Prakash Lohia Ce0f3
Sumber foto: VOI

Merupakan pengusaha keturunan India, ia bersama sang ayah, Mohan Lal Lohia pindah dari India ke Indonnesia, lalu merintis bisnisnya dengan berjualan kain di Purwakarta.

Ia pun lalu mendirikan pabrik benang Indorama Synthetics di Purwakarta dengan menggelontorkan modal awal sebesar 10 Juta USD.

Yang membuat makin sukses adalah perambahan bisnis polyethyle yang mereka lakukan. Polyethyle merupakan bahan baku botol plastik seperti Coca-cola, Pepsi, dan Aqua.

Bisnisnya juga berkembang jadi Indorama Corporation yang sekarang menjadi perusahaan pembangkit tenaga listrik petrokimia yang juga memproduksi sarung tangan medis, pupuk, bahan baku tekstil, dan produk industri lainnya.

Total kekayaannya kini mencapai 6,2 miliar Dollar AS yang berhasil membuatnya naik 1 tingkat dari daftar orang terkaya di Indonesia tahun 2020.

3. Anthoni Salim (Rp121,9 triliun)

Anthoni Salim 593c4
Sumber foto: VOI

Kalau kamu gemar mengonsumsi mie instan, kamu harus berterima kasih pada sosok Anthoni Salim. Ia memimpin Salim Group yang bergerak di perbankan, makanan, dan telekomunikasi.

Secara khusus, ia merupakan CEO Indofood yang terkenal dengan makanan instannya yang produknya sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Anthoni Salim juga merupakan pemilik PT Indomarco Prismatama (Indomaret Group) yang merupakan bisnis gerai waralaba terbesar di Indonesia.

Posisi Anthoni Salim naik satu tingkat dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Tahun lalu, ia menempati posisi keempat.

Jumlah kekayaannya sekarang ini total mencapai 8,5 Dollar AS, meningkat 44% dari tahun lalu karena saham-saham yang ia miliki sedang naik daun.

2. Keluarga Widjaja (Rp139,5 triliun)

Keluarga Widjaja 6668d
Sumber foto: Tribun

Keluarga Widjaja bertahan di posisi kedua orang terkaya di Indonesia 2021. Keluarga ini mewarisi bisnis Grup Sinar Mas yang dibangun dan dirintis oleh Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada Januari 2019 pada usia 98 tahun.

Total kekayaan mereka adalah 9,7 miliar Dollar AS atau setara Rp139,5 triliun dan bersumber dari Grup Sinar Mas yang bergerak di berbagai sektor bonafit Indonesia, mulai dari bidang kertas, real estate, jasa keuangan, agribisnis dan telekomunikasi.

Secara khusus yang paling besar adalah Smartfren, lewat daftar paket internet serta layanan terbaiknya yang murah dan terjangkau.

1. Robert Budi Hartono & Michael Hartono (Rp612,8 triliun)

Robert Budi Hartono Michael Hartono 02bb7
Sumber foto: Paper

Dua bersaudara Robert Budi & Michael Hartono adalah jawaban untuk pertanyaan Siapa Paling Kaya di Indonesia 2022?

Keduanya masih bertahan di peringkat pertama orang terkaya di Indonesia sejak tahun lalu. Nggak mengherankan, mengingat Robert Budi & Michael Hartono merupakan pemilik Bank Central Asia.

Sumber kekayaan mereka juga berasal dari bisnis rokok Djarum yang diwariskan dari sang ayah, Oei Wie Gwan yang wafat pada tahun 1963.

Mengingat rokok Djarum merupakan salah satu pabrik rokok terbesar di Indonesia, jelas saja Hartono bersaudara sangat diuntungkan dengan profitnya yang menjanjikan.

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Robert Budi dan Michael Hartono mencapai 42,6 miliar Dollar AS atau setara Rp612,8 triliun.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan Jaka daftar orang terkaya di Indonesia yang bikin kita cuma bisa geleng-geleng kepala. Mereka semua adalah The Real Crazy Rich yang sukses dengan usaha-usaha dan bisnisnya. Semoga suatu hari nanti kita juga bisa sekaya mereka, ya!

Baca juga artikel seputar Ragam atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Asisten Artis Indonesia yang Cantiknya Menyaingi Sang Bos, Bagaikan Model!

5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

5 Hewan Purba yang Masih Hidup di Indonesia | Bikin Takjub Dunia!

8 Foto Kehidupan Hikikomori di Jepang, Gaya Hidup Terisolasi yang Mengkhawatirkan!

5 Orang Super Kaya yang Hidup Luar Biasa Hemat, Tak Peduli Gengsi!

ARTIKEL TERKAIT
Desain Rumah Paling Nyeleneh A1869
Kumpulan Foto Desain Rumah Nyeleneh dan Kocak | Waduh, Jadi Salah Fokus!
Kata Kata Senja 2fe13
105+ Kata-Kata Senja Aesthetic Terbaru 2022, Satukan Suka & Duka dalam Rasa!
Lagu Galau Indonesia 0f8b8 654a2
100+ Lagu Galau Indonesia Terbaik 2022, Bikin Nangis & Hati Pilu!
Foto Artis Korea 0c6c5
50+ Kumpulan Foto Artis Korea Tertampan dan Tercantik untuk Wallpaper
Nonton Film Orang Kaya Baru 3a8fb
Nonton Film Orang Kaya Baru, Tajir Melintir dalam Semalam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal