5 Inovasi Teknologi yang Gagal Mengubah Dunia, Mau Untung Malah Buntung!

Sejak dahulu hingga sekarang, aneka inovasi teknologi bermunculan dan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Beberapa di antaranya bahkan mampu mengubah tatanan hidup dunia dalam sektor tertentu, salah satunya di bidang game.

Akan tetapi, ada beberapa penemuan di bidang teknologi yang nggak begitu berhasil. Bahkan beberapa di antaranya gagal berfungsi dan hanya jadi pajangan di museum.

Dalam artikel ini, Jaka berhasil mengumpulkan deretan inovasi teknologi yang gagal total membawa perubahan dunia. Berikut ulasan lengkapnya!

1. Rumah Dymaxion

Inovasi Teknologi Gagal 1 Custom 54ce0

Mau punya rumah yang bisa dibangun hanya dalam hitungan hari? Semua bisa diwujudkan dengan membeli Dymaxion House!

Diinisiasi oleh Buckminster Fuller, rumah berbentuk bundar dan semi kubah ini hanya membutuhkan waktu 2 hari pembangunannya. Dirakit dengan bahan yang ringan dan sederhana, kamu bakal mendapatkan 1 set rumah berisi 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Sayangnya, rumah semacam itu nggak bisa dimasukkan perabotan rumah tangga. Mulai dari bentuk pintu yang terlalu kecil hingga interiornya yang nggak mendukung keberadaan barang-barang rumah tangga.

Akhirnya, rumah ini menjadi produk gagal yang hanya jadi kenangan semata. Biarpun sempat ada wacana perbaikan desain, namun hal tersebut batal karena Dymaxion dianggap bawa rugi perusahaan.

2. Tank Terbang

Inovasi Teknologi Gagal 2 Custom Be065

Pada masa Perang Dunia II, sekitar tahun 1940, Uni Soviet ingin merancang tank yang bisa terbang layaknya pesawat-pesawat tangguh milik Sekutu.

Proyek tersebut dimulai pada 1942 saat Uni Soviet secara resmi mengembangkan Antonov A-40, tank yang sama jenisnya dengan T60 dengan tambahan sayap.

Sayangnya, secara hukum fisika, tank tersebut nggak bakal mungkin diterbangkan, mengingat saat itu belum ada teknologi yang mampu menerbangkan tank seberat 5,8 ton. Akhirnya, proyek ini dibatalkan dan nggak pernah dilanjutkan lagi.

Padahal sebenarnya, ada beberapa inovasi teknologi canggih yang lahir saat Perang Dunia II. Sayang, tank terbang jadi salah satu yang gagal.

3. Produk dengan Kandungan Radium

Inovasi Teknologi Gagal 3 Custom Dd7ee

Sejak radium ditemukan tahun 1898 oleh Pierre dan Marie Curie, bahan kimia ini mulai dimasukkan dan digunakan di hampir semua produk, mulai dari lipstik, sabun, butter, bahkan hingga coklat!

Hal ini bersumber pada temuan waktu itu yang menyatakan radium mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk kebotakan.

Sayang pada tahun 1925, sebuah kasus keracunan radium massal telah menewaskan sedikitnya 5 orang, sementara ratusan orang mengalami cacat permanen.

Hingga akhirnya, bahan kimia ini dihilangkan dari semua produk yang berpotensi dikonsumsi manusia. Sekadar informasi, radium sendiri sudah membunuh penemunya sendiri, loh!

4. Videophone

Inovasi Teknologi Gagal 4 Custom 09881

Jika zaman sekarang kita sudah bisa ber-video call ria lewat deretan smartphone canggih dan modern, zaman dulu orang-orang hanya bisa menelepon jarak jauh dengan biaya yang terbilang mahal.

Hal tersebut sempat berubah saat tahun 1992, AT&T berhasil mengembangkan VideoPhone 2500 yang membuat orang-orang mampu bertelepon sambil bertatap muka dengan lawan bicara.

Sayang, gadget ini dipatok dengan harga yang luar biasa mahal, yakni 2370 USD atau jika dikonversikan adalah Rp40 Juta. Mahal banget! VideoPhone 2500 sendiri akhirnya berhenti diproduksi tahun 1995 karena dianggap terlalu mahal.

5. Mobil Terbang

Inovasi Teknologi Gagal 5 Custom 83092

Mobil terbang sudah jadi impian semua manusia sejak ditemukannya kendaraan roda empat ini. Harapannya, keberadaan mobil terbang mampu meminimalisir kemacetan di darat sekaligus menandingi popularitas pesawat.

Nah, aslinya sudah ada beberapa purwarupa mobil terbang yang dibuat. Sayang, semuanya gagal, termasuk Aerocar besutan Moulton Taylor yang digarap pada tahun 1949.

Nggak hanya bodinya yang nggak presisi, keberadaan mobil terbang juga terbentur pada persyaratan lain, yakni izin pilot dan bandara udara. Wah merepotkan sekali!

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai daftar inovasi teknologi canggih yang gagal total membawa perubahan dunia. Meski ide-idenya cemerlang, tapi nyatanya malah jadi tidak terpakai sama sekali.

Patut diapresiasi ide-ide inovasi teknologi ini!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal