Cara Daftar Kartu Prakerja Online Gelombang 31, Lengkap dengan Syarat & Jadwalnya!

Default

Cara daftar Kartu Prakerja online wajib banget kamu ketahui sebagai calon pekerja. Apalagi saat ini pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 31 telah dibuka. Yuk simak panduan lengkapnya di artikel ini!

Perlu diingat jika ada dua hal penting yang harus kamu ketahui sebelum mendaftarkan diri pada program pemerintah satu ini.

Pertama, ada beberapa prasyarat yang perlu kamu penuhi. Kedua, kamu juga harus lolos tes untuk mendapat kartu prakerja dari Kementerian Ketenagakerjaan RI ini. Meski terkesan rumit, sebenarnya proses pendaftaran kartu Prakerja ini mudah, kok.

Nah, jika kamu masih merasa kebingungan, berikut ini Jaka akan menjelaskan secara singkat dan mudah cara daftar Kartu Prakerja online Kemnaker khusus buat kamu. Simak baik-baik, ya!

Kapan Prakerja Gelombang 31 Dibuka?

Kartu Prakerja Gelombang Tahun 2022 D3771

Sebelum masuk ke inti pembahasan, tentunya kamu harus mengetahui lebih dulu jadwal pembukaan program Kartu Prakerja gelombang 31, geng.

Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto telah mengumumkan bahwa pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 31 telah dibuka pada hari Sabtu, 28 Mei 2022, mulai pukul 10.30 WIB pagi.

Untuk tahun 2022, pemerintah pusat sendiri telah menargetkan 4,5 juta kuota peserta yang akan dibagi dalam beberapa gelombang. Sementara itu, gelombang ke-31 Kartu Prakerja akan dibuka untuk ratusan ribu peserta.

Nah, agar kamu tidak kehabisan kuota peserta, sebaiknya kamu pahami lebih dulu tata cara dan persyaratan untuk mendaftar Kartu Prakerja seperti yang sudah Jaka siapkan di bawah ini.

Informasi dan Cara Daftar Kartu Prakerja Online

Www Prakerja Go Id Daftar Online Login 60372

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja dari Kemnakertrans yang ditujukan untuk para pencari kerja, terutama bagi fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja.

Namun, seiring perjalanan waktu dan dinamika perubahan ekonomi, program ini juga berlaku bagi para pekerja atau buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Selain fresh graduate atau pencari kerja dan pekerja yang terkena PHK, para pekerja atau buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi juga bisa mendaftar program ini.

Program Kartu Prakerja tidak hanya menyediakan program pengembangan kompetensi. Pemerintah juga memberikan dana insentif, dengan total sebesar Rp2.400.000.

Dana tersebut akan dikirimkan ke rekeningmu bertahap selama empat bulan. Dana yang masuk ke rekeningmu perbulannya adalah sebesar Rp600.000.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan insentif Kartu Prakerja sebesar Rp150.000 jika mengisi tiga survei evaluasi setelah menyelesaikan pelatihan. Menarik, bukan?

Berikut ini adalah rangkuman informasi lengkap cara daftar Kartu Prakerja online 2022. Simak hingga selesai jangan sampai skip, ya!

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja Online

Www Prakerja Go Id Daftar Online Login Gelombang 4 4ccf0

Syarat yang diberikan untuk daftar Kartu Prakerja cukup mudah dan sederhana. Namun, perlu untuk diperhatikan, agar kamu tidak salah mengisi.

Sebelum kamu membuka situs Kartu Prakerja online, ada beberapa syarat yang perlu kamu sediakan terlebih dulu, yaitu:

  1. Menyiapkan Kartu Keluarga sebelum registrasi di situs tersebut. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

  2. Berusia paling rendah 18 tahun dan tidak tengah menempuh pendidikan formal.

  3. Membuktikan diri sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) asli dengan menyertakan scan dari KTP asli. Selain itu, kamu harus lolos verifikasi data, seperti verifikasi email, nomor HP, Nomor Induk Kewarganegaraan (NIK).

  4. Bukan penerima bantuan sosial dari Kemensos (DTKS), BSU, BPUM.

  5. Bukan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.

  6. Calon/pekerja yang sedang mencari pekerjaan, terkena PHK, membutuhkan kompetensi kerja, pelaku UMKM.

  7. Menyelesaikan serangkaian tes motivasi dan kemampuan dasar.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 31

Jika kamu sudah memenuhi syarat yang diperlukan untuk daftar Kartu Prakerja seperti yang sudah Jaka jelaskan sebelumnya. Maka kamu bisa membuka situs www.prakerja.go.id untuk daftar online program Kartu Prakerja.

Perlu kamu ketahui, setelah memenuhi seluruh verifikasi data pribadi yang diperlukan untuk daftar di situs program Kartu Prakerja, kamu selanjutnya akan diminta mengikuti tes online.

Oleh karena itu, luangkan waktu dan siapkan koneksi internet yang baik agar kamu dapat dengan lancar menjalani tahap pendaftaran Kartu Prakerja online. Berikut ini adalah langkah dan cara lengkapnya:

  1. Masuk ke situs pendaftaran di www.prakerja.go.id, menggunakan perangkat HP milikmu.
Cara Daftar Prakerja 2021 Lewat Hp 463c1
  1. Klik tombol Daftar Sekarang di halaman muka website.

  2. Masukkan data diri berupa nama lengkap, email yang masih aktif, dan kata sandi baru.

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2020 13c19
  1. Beri centang pada kotak pernyataan persetujuan syarat dan ketentuan, kemudian klik Daftar.

  2. Cek verifikasi email dari Panitia Prakerja di kotak masuk email yang didaftarkan.

Login Kartu Pra Kerja Ae9b9
  1. Verifikasi KTP dengan log in melalui akun yang sudah didaftar pada situs tersebut. Verifikasi KTP ini hanya dapat dilakukan menggunakan perangkat HP.
Daftar Kartu Pra Kerja Online Eaff1
  1. Lengkapi data diri dengan mengisi formulir pendaftaran berupa nama, email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status perkawinan, jumlah tanggungan, status kebekerjaan, topik pelatihan, dan unggah Foto KTP.
Pendaftaran Kartu Pra Kerja Online 66799
  1. Verifikasi nomor HP dengan memasukkan nomor telepon yang masih aktif, kemudian klik Kirim.
Cara Pendaftaran Kartu Pra Kerja 95834
  1. Masukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan.

  2. Verifikasi status pendidikan dan mulai Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar.

Daftar Online Kartu Pra Kerja C49a5
  1. Pilih Gelombang yang diinginkan disesuaikan domisili, lalu klik Gabung.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan mengenai cara daftar Kartu Prakerja online gelombang 31 beserta penjelasan syarat dan ketentuan lengkapnya.

Pendaftaran program Prakerja ini sebenarnya terbilang sangat mudah, asalkan kamu sudah benar-benar menyiapkan persyaratan yang telah ditentukan.

Kalau perlu, buat check list persyaratan-persyaratan pendaftarannya dulu sebelum masuk dashboard dan mendaftarkan diri ke program ini, ya. Tujuannya adalah agar proses pendaftaran berjalan lancar tanpa terkendala apa pun.

Sambil menunggu hasil tes atau lolos tidaknya pendaftaran Kartu Prakerja online, kamu bisa coba cara untuk membuat blog dan menghasilkan uang dengan blog nih.

Namun kalau kamu mau masih mencoba mencari pekerjaan dengan mengirim lamaran, baiknya cek dulu cara bikin surat lamaran kerja yang baik di artikel ini:

Apakah menurutmu di masa pandemi ini program Kartu Prakerja cukup membantu para pekerja yang mengalami PHK atau dirumahkan? Sampaikan pendapaatmu kepada Jaka, ya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal