• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan Dengan Baik dan Benar, Dijamin Tembus!

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan Dengan Baik dan Benar, Dijamin Tembus!

00
Jumat, 29 Mei 2020, 16:00 WIB
Gak punya akses komputer dan internet untuk bikin surat lamaran kerja? Jangan sedih, Jaka bakal ajarin kamu cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan

Banyaknya lulusan baru dari universitas dan SMA/SMK setiap tahunnya nggak sebanding dengan banyaknya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Dalam mencari pekerjaan, seringkali orang cuma memerhatikan desain dan konten dari CV tanpa memedulikan surat lamaran kerja. Padahal surat lamaran kerja itu penting banget, lho.

Selain untuk menunjukkan ketertarikan kepada posisi pekerjaan yang kosong di sebuah perusahaan, surat lamaran pekerjaan juga mencerminkan kepribadian si pelamar.

Meskipun kini surat lamaran kerja biasa dibuat di komputer dan dikirim melalui email, namun masih banyak orang yang nggak memiliki akses teknologi.

Buat kamu yang pengen melamar kerja tapi nggak ada akses internet dan komputer, nggak perlu bersedih. Jaka bakal kasih tahu kamu cara membuat lamaran kerja tulis tangan dengan baik dan benar.

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Sebelumnya Jaka sudah membahas mengenai cara membuat lamaran kerja via email yang mungkin bisa membantu kamu saat melamar kerja.

Kali ini, Jaka bakal berfokus untuk kasih tahu kamu cara membuat surat lamaran kerja tulis tangan supaya kamu bisa mendapatkan pekerjaan di tempat impianmu.

Terdapat tujuan tertentu mengapa HRD perusahaan kadang-kadang meminta kamu untuk menuliskan surat lamaran dengan tulis tangan. Salah satunya mungkin karena ingin melihat kepribadian kamu melalui tulisan.

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yang ditulis dengan tangan. Berikut adalah beberapa tips dari Jaka untuk cara menulis surat lamaran kerja dengan rapi dan sopan:

1. Gunakan kertas Folio Bergaris

1 6ab26

Untuk memudahkan kamu dalam menulis dan menentukan ukuran kertas surat lamaran kerja tulis tangan, sebaiknya kamu menulis surat lamaran kerja di kertas folio bergaris.

Menurut Jaka ini wajib kamu lakukan karena kertas folio bergaris akan memudahkan kamu dalam menulis dan akan membuat tulisan kamu menjadi lebih rapi.

Kalau kamu menulis surat lamaran di kertas HVS biasa, kemungkinan besar tulisan kamu akan berantakan dan miring. Pastinya kamu nggak mau, dong, surat lamaranmu jadi nggak rapi?

2. Wajib Menggunakan Pulpen

2 C1fae

Tips selanjutnya adalah jangan pernah sekalipun menggunakan pensil atau bahkan spidol untuk menulis surat lamaran kamu.

Kamu hanya diperbolehkan menggunakan tinta pulpen berwarna hitam atau biru. Jaka lebih menyarankan kamu menggunakan tinta warna hitam karena terkesan lebih formal.

Meskipun tinta biru dan hitam sama-sama diperbolehkan, tapi jangan menggunakan keduanya sekaligus di dalam surat lamaran kerja kamu. Kamu bakalan terlihat nggak prepare dan nggak profesional.

3. Menulis Serapi Mungkin

3 8f1c9

Jaka yakin tips satu ini mungkin agak sulit dilakukan untuk beberapa, karena setiap tulisan orang pasti berbeda.

Tetapi bukan tidak bisa ya, geng! Kamu bisa berlatih terlebih dahulu untuk menulis surat lamaran kerja sebelum akhirnya mengirimkan versi finalnya.

Tulisan yang bagus dan rapi akan memudahkan HRD untuk membaca tulisan kamu. Poin penting yang ingin kamu sampaikan di surat lamaran pun bakal lebih mudah dimengerti.

4. Gunakan Bahasa yang Formal

4 9817d

Sekalipun kamu menuliskan surat lamaran kamu dengan tulisan tangan, tetapi jangan lupa kamu harus tetap menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris (jika diperlukan) dengan baik dan benar.

Selain bahasa yang formal, kamu juga wajib banget untuh mengetahu kaidah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dan mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jangan sekalipun kamu menuliskan surat lamaran dengan bahasa gaul dan bahasa tidak formal sekalipun kamu melamar di perusahaan startup yang terkenal dengan budaya kerja modern.

5. Pastikan Halaman Kertasnya Bersih dan Tidak Lecek

5 2e7ef

Ini yang paling penting! Jangan sampai kertas lamaran kerja yang akan kamu berikan atau kirimkan kotor dan lecek.

Hal ini akan terlihat kamu tidak profesional, jorok dan menyepelekan pekerjaan yang akan kamu lamar. Pokoknya nggak banget, deh, geng.

Jaga sebaik mungkin surat lamaran kerja kamu, jangan sampai kotor dan lecek hingga sampai ke HRD. Simpan di wadah yang terlindung dari air dan kotoran hingga kamu mengirimkannya.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Ditulis Tangan

Setelah kamu mengetahu tips-tips dari cara membuat lamaran kerja tulis tangan dengan baik dan benar, mungkin masih ada beberapa dari kamu yang bingung mau nulis apa di surat tersebut.

Di bawah ini, Jaka telah melampirkan beberapa kertas folio contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang sudah sesuai dengan standar HRD dan ditujukan untuk perusahaan dari berbagai bidang usaha.

Kalau kamu nggak menemukan bidang usaha perusahaan yang ingin kamu lamar, kamu bisa meniru format penulisan dan pemilihan kata dari surat lamaran kerja tulis tangan di bawah ini.

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Posisi IT

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan 4 89c89

Sumber foto: Pinterest

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan untuk Melamar PNS

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan 3 45d8f

Sumber foto: Pinterest

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan Bahasa Inggris

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan 3 3bfc0

Sumber foto: guild jobs

Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan dengan Revisi

Cara Membuat Lamaran Kerja Tulis Tangan 1 483d3

Sumber foto: Pinterest

Akhir Kata

Demikian tips dari Jaka cara membuat lamaran kerja tulis tangan. Semoga tips dan contoh yang Jaka berikan bisa membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan.

Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

Baca juga artikel seputar Produktivitas atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

ARTIKEL TERKAIT
Header 3 5c309

10 Pertanyaan Interview Bahasa Inggris Saat Melamar Kerja. (Plus Jawaban)

Header 13 65b23

Cara Menjawab Pertanyaan Interview Kerja Tentang Kelebihan dan Kekurangan

Header 21 5d595

Daftar Pertanyaan Interview yang Sering Ditanyakan Saat Melamar Kerja

Header 15 C7538

Ini Dia Tips Cara Menjawab Pertanyaan Interview Agar Dapat Pekerjaan

Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate Dd1b1

Kumpulan Pertanyaan Interview&Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal