Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI, Lebih Aman dan Privasi!

Ditulis oleh Jaka - Kamis, 16 Juni 2022, 16:30
Bagaimana cara melacak HP dengan IMEI agar bisa ketemu? Jaka punya cara lengkapnya di sini!

Cara melacak HP yang hilang dengan IMEI disebut-sebut sebagai salah satu cara melacak HP paling akurat ketika kita kehilangan ponsel.

Setiap handphone yang kita beli secara resmi dan asli pasti memiliki IMEI atau International Mobile Equipment Identity yang terdiri dari 15 atau 16 digit angka.

Nah, fungsi IMEI sendiri adalah sebagai nomor identitas bagi suatu ponsel. Mirip-mirip KTP gitu deh, kalau untuk kita.

Berkat fungsinya ini, kamu jadi bisa mencari HP yang hilang atau dicuri dan membuat telepon genggam tak lagi bisa digunakan oleh orang yang memilikinya sekarang. Gimana caranya? Simak baik-baik, ya!

Apa Itu IMEI?

Sumber foto: wikiHow.com (Pengertian IMEI)

IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM (GSMA) untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen HP.

Nomor identitas IMEI biasanya terdiri dari 15-16 digit angka, di mana salah satu nomor serinya berisi informasi tipe HP. Mengingat sifatnya yang unik, nomor kode IMEI tidak akan sama dengan pengguna HP lainnya.

ADVERTISEMENT

Itu sebabnya, IMEI juga bisa digunakan untuk melacak HP yang hilang. Untuk info selengkapnya, Jaka sudah menulis artikel lengkap mengenai fungsi dan kegunaan IMEI yang bisa dibaca lewat banner di bawah ini.

3 Fakta Tentang IMEI Yang Jarang Diketahui | Gak Cuma Buat Blokir HP BM!
Apa itu IMEI? Berikut akan Jaka jelaskan pengertian IMEI, fungsinya IMEI itu sendiri dan bagaimana cara melihat IMEI di smartphone.
LIHAT ARTIKEL

Cara Cek IMEI HP

Sebelum melacak HP yang hilang, pertama-tama kamu harus mengetahui nomor IMEI HP kamu. Ada 3 cara yang bisa kamu coba. Berikut penjelasannya.

1. Cara Cek IMEI HP lewat Kode Dial USSD

Pertama, kamu bisa mengecek IMEI melalui kode USSD yang dimasukkan pada aplikasi Dial di smartphone. Langkahnya pun tak jauh berbeda seperti cek pulsa atau kuota internet, loh.

Berikut panduan cek IMEI lewat kode dial USSD:

  1. Buka menu Dial/Panggilan.
  2. Ketik *#06#.
  3. Dapatkan pesan pop-up yang menampilkan nomor IMEI.

Sumber foto: Istimewa (Nomor IMEI via kode Dial USSD)

2. Cara Cek IMEI HP lewat Menu Settings

Cara lain yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengeceknya langsung di menu Pengaturan/Settings yang ada di HP kamu. Cara ini sedikit lebih ribet namun kamu bisa langsung mendapatkan nomor IMEI mu.

Berikut panduan cek IMEI lewat Menu Settings:

  1. Buka menu Settings.
  2. Tekan About Phone > Status > IMEI.

3. Cara Cek IMEI HP lewat Fisik Ponsel

Sumber foto: Istimewa (Box HP)

Cara lain yang lebih simpel adalah melihat nomor IMEI langsung di bagian fisik ataupun kotak HP. Itu sebabnya, jangan pernah langsung buang kotak HP saat pertama kali membelinya.

Pada HP dengan tipe baterai removable, kamu bisa melihatnya saat melepaskan baterai. Sementara untuk tipe HP dengan baterai non-removeable seperti kebanyakan sekarang, biasanya nomor IMEI akan dituliskan langsung pada bodi bagian belakang.

Untuk info selengkapnya mengenai cara cek IMEI HP Android maupun iPhone, kamu bisa membaca artikel lengkap Jaka pada banner di bawah ini.

Cara Cek IMEI HP Android & IPhone Di Kemenperin 2020 | Bebas Blokir!
Cek IMEI HP Android dan iPhone kamu supaya gak kena blokir pemerintah. Pastikan IMEI HP kamu sudah terdaftar di situs Kemenperin. Begini caranya, geng!
LIHAT ARTIKEL

Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Sumber foto: Google Maps (Cara Melacak HP Hilang)

Jika kamu memang ingin melacak HP yang hilang menggunakan IMEI, kamu akan memerlukan waktu yang cukup lama lantaran kamu harus mendapatkan surat keterangan dari pihak berwenang.

Untuk apakah surat itu? Nah, surat tersebut akan digunakan sebagai permintaan ke pihak provider telekomunikasi untuk melacak ponselmu yang hilang.

Hal ini dikarenakan setiap ponsel yang memiliki nomor IMEI terkoneksi secara langsung dengan database kartu SIM operator yang kamu gunakan.

Tentu saja cara melacak handphone lewat IMEI ini akan melibatkan beberapa pihak sehingga kamu harus sabar dengan prosesnya, tapi bisa dikatakan bahwa cara ini aman karena data privasimu akan lebih terjaga.

Berikut cara melacak HP yang hilang dengan IMEI:

  1. Ketahui nomor IMEI handphone kamu.
  2. Telepon pihak operator seluler, beritahukan bahwa kamu telah kehilangan handphone dan ingin melacaknya menggunakan IMEI.
  3. Kamu akan diminta untuk membuat surat keterangan kehilangan dari kepolisian.
  4. Hubungi kepolisian setempat, minta surat yang diperlukan.
  5. Telepon call center dari provider telekomunikasi yang kamu gunakan.
  6. Informasikan nomor IMEI dan nomor ponsel kepada customer service.
  7. Kamu akan mendapatkan lokasi tempat HP mu berada.

Ada hal yang perlu kamu ingat, yaitu hal ini hanya dapat dilakukan apabila HP yang hilang memiliki koneksi internet, GPS, ponsel dalam kondisi aktif, dan kartu SIM masih ada.

Apabila kartu SIM sudah diganti oleh pelaku yang memiliki HPmu saat itu, lokasi ponsel juga tidak akan bisa diketahui.

Jika ponselmu ternyata dalam keadaan mati, kamu bisa membaca artikel Jaka tentang cara mencari HP yang hilang dalam keadaan mati. Semoga beruntung ya, geng!

Cara Melacak HP yang Hilang Lainnya

Sumber foto: Google Maps (Cara Melacak HP Hilang)

Sudah membaca langkah-langkah mencari HP bermodalkan IMEI di atas tapi merasa caranya terlalu ribet untuk dilakukan?

Harus diakui, pasti kita semua butuh yang serba cepat dan simple. Hanya saja, mengingat rumitnya proses birokrasi yang harus dilakukan membuat banyak orang menjadi malas dan mencari jalan pintas.

Jaka sendiri sudah menyiapkan beberapa artikel yang bisa kamu baca, jaga-jaga jika kamu membutuhkan panduan melacak HP yang hilang. Silakan klik salah satu atau kedua banner di bawah ini.

10 Cara Melacak HP Hilang Untuk Android & IPhone, Dijamin Ketemu!
HP kamu hilang karena dicuri atau hal lain? Berikut ulasan lengkap cara melacak HP hilang untuk Android & iPhone dengan berbagai metode. Pasti ketemu!
LIHAT ARTIKEL
4 Cara Melacak HP Yang Hilang Dalam Keadaan Mati Terbaru 2022
Bingung HP hilang karena dicuri? Jangan khawatir, kamu capat menggunakan cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati. Yuk simak cara selengkapnya!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah cara melacak HP dengan IMEI yang sebenarnya sangat aman, hanya saja kamu memang perlu melakukan usaha lebih untuk melakukannya.

Kalau kamu ingin solusi yang sederhana, silakan coba menggunakan aplikasi Find My Device seperti yang sudah Jaka jelaskan, ya!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT

11 Aplikasi Pelacak Nomor HP Terbaik 2022, Bisa Cek Identitas & Lokasi Penipu!

10 Cara Melacak HP Hilang untuk Android & iPhone, Dijamin Ketemu!

5 Cara Melacak HP yang Hilang Paling Akurat dengan Aplikasi Khusus & Bawaan HP

Cara Melacak HP Android yang Hilang Tanpa Aplikasi Apapun

Cara Menggunakan Find My Device di Semua Perangkat | Lacak HP yang Hilang!

4 Cara Melacak HP yang Hilang Dalam Keadaan Mati Terbaru 2022

undefined
Kembali Keatas