10 Cara Melacak HP Hilang untuk Android & iPhone, Dijamin Ketemu!

Ditulis oleh Jaka - Rabu, 15 Juli 2020, 14:00
HP kamu hilang karena dicuri atau hal lain? Berikut ulasan lengkap cara melacak HP hilang untuk Android & iPhone dengan berbagai metode. Pasti ketemu!

Memang benar kata orang! Nggak ada yang lebih pahit dari kehilangan, termasuk hilangnya HP kamu, geng. Pernah merasakan kejadian pahit ini?

Entah karena lupa meletakkan di suatu tempat ataupun dicuri orang lain, pasti membuat kamu panik setengah mati mengingat data penting di dalamnya.

Tapi tenang, karena di sini Jaka akan menjelaskan kumpulan cara melacak HP hilang yang bisa kamu lakukan tanpa memiliki keahlian ala Detektif Conan, geng!

Cara Melacak HP Hilang untuk Android & iPhone (Update 2020)

Selain langkah dasar di atas, ada juga beberapa cara melacak HP yang hilang menggunakan bantuan teknologi seperti yang akan Jaka bahas di sini, geng.

Banyak banget layanan yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara mencari HP hilang, seperti layanan Google Maps dan bahkan aplikasi WhatsApp.

Di beberapa bulan terakhir, muncul banyak pertanyaan cara melacak HP hilang dengan IMEI tapi cara seperti ini hanya bisa dilakukan dengan bantuan pihak berwenang, geng.

Untuk daftar cara yang bisa kalian lakukan sendiri, simak langsung cara melacak HP hilang untuk Android & iPhone berikut!

ADVERTISEMENT

1. Cara Melacak HP Hilang dengan Aplikasi

Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga, melacak HP hilang nggak lagi membuatmu harus repot menjelajahi bumi hanya untuk mencari HP kamu yang hilang.

Tapi ingat, aplikasi cara mencari HP yang hilang ini harus kamu install sebelum HP kamu hilang. Jadi, lebih kalian langsung ikuti instruksi berikut dari Jaka ya!

Langkah 1 - Download dan Install Aplikasi Prey Anti Theft

Prey Anti Theft: Find My Phone & Mobile Security 2.1.9
Apps Utilities Prey Project
DOWNLOAD

Langkah 2 - Lakukan Pendaftaran Akun Baru

Langkah 3 - Aktivasi Proteksi

Langkah 4 - Aktivasi Perizinan

Langkah 5 - Lakukan Pengaturan Tambahan

Langkah 6 - Akses Dashboard Prey Anti Theft

Langkah 7 - Masukkan Alamat Email

Langkah 8 - Masukkan Password dan Login

Langkah 9 - Kontrol HP Lewat Dasboard

Langkah 10 - Konfirmasi HP Hilang

Langkah 11 - Update Perangkat Ditemukan

2. Cara Melacak HP Hilang dengan Find My Device

Sebagai induk perusahaan utama dari sistem operasi Android, Google tentu akan menjaga keamanan perangkat kamu sebaik mungkin, geng.

Untuk memfasilitasi penggunanya, Google sudah menyediakan cara menemukan HP yang hilang melalui aplikasi Android Device Manager yang kini berubah nama menjadi Google Find My Device.

Selama kamu sudah mengetahui cara membuat email Gmail, kamu nggak akan mengalami kesulitan menggunakan aplikasi ini.

Bagaimanakah cara melacak HP hilang dengan GPS melalui aplikasi ini? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1 - Download dan Install Google Find My Device

Find My Device - Temukan HP Hilang 2.4.026-1
Apps Utilities Google LLC
DOWNLOAD

Langkah 2 - Login Akun Gmail

Langkah 3 - Cari Lokasi Perangkat

Langkah 4 - Berikan Petunjuk Arah

3. Cara Melacak HP Hilang dengan GPS

Aplikasi GPS offline terbaik, Google Maps nggak hanya efektif untuk berpergian saja karena ternyata bisa juga digunakan sebagai cara melacak HP yang hilang dengan GPS, geng.

Google Maps for Android 10.35.2
Apps Productivity Google Inc.
DOWNLOAD

Pasalnya, Google Maps akan mencatat perpindahan dan cek lokasi mana saja yang kamu kunjungi, bahkan sebelum HP mati, geng.

Untuk cara melacak HP Android yang hilang dengan GPS di Google Maps, yuk ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1 - Masukkan Akun Google

Langkah 2 - Tambahkan Akun Google

Langkah 3 - Mulai Lacak Lokasi Terakhir

Langkah 4 - Lacak Lokasi di Hari Sebelumnya

4. Cara Melacak HP Hilang dengan Gmail

Semua pengguna HP Android diharuskan membuat akun Gmail tapi apakah kamu tahu kalau Gmail memiliki banyak fitur rahasia, geng?

Salah satunya, kamu bisa melakukan cara melacak HP hilang dengan email Gmail, loh! Detailnya akan Jaka bahas langsung di bawah ini.

Langkah 1 - Pilih Opsi Account Gmail

Langkah 2 - Pilih Opsi Find Your Phone

Langkah 3 - Pilih Perangkat

Langkah 4 - Cari Lokasi Perangkat

5. Cara Melacak HP Hilang Lewat WhatsApp

Apakah kamu tahu kalau aplikasi chatting terbaik WhatsApp memiliki banyak fungsi lainnya selain hanya untuk ghibah, geng?

WhatsApp juga bisa digunakan untuk melacak HP kamu, loh! Tapi sayangnya fitur ini memiliki batas durasi 8 jam dan membutuhkan bantuan perangkat kedua.

Meskipun bersifat preventif, cara melacak HP hilang dengan HP lain yang satu ini tetap efektif buat orang yang sedang berpergian sendirian, geng.

Langkah 1 - Buka chat dengan akun lain

Langkah 2 - Aktifkan Fitur Send Location

Langkah 3 - Pilih Opsi Live Location

Sebagai langkah preventif untuk melacak HP hilang, langkah tadi bisa kamu lakukan untuk melacak nomor WA milikmu yang sudah di-share ke kontak lain.

6. Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI

Selanjutnya adalah cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati dengan IMEI. Untuk melakukan cara ini, kamu harus tahu nomor IMEI HP yang kamu miliki, geng.

Setiap HP hanya memiliki satu atau dua nomor IMEI tergantung jumlah sim yang digunakan. Tapi umumnya, IMEI dari SIM satu saja yang akan digunakan sebagai identitas resmi.

Untuk itu, cek nomor IMEI HP milikmu, lalu kamu bisa mulai cara melacak HP hilang dengan IMEI. Tapi, cara ini sedikit ribet karena kamu harus menghubungi operator seluler.

Meski begitu, cara ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat HP hilang. Sebab, operator seluler bisa mencari keberadaan HP yang hilang dengan berbekal nomor IMEI HP tersebut.

Hubungi service center operator yang kamu gunakan, lalu jelaskan kalau HP kamu hilang dan kamu ingin melacak HP yang hilang tersebut, geng.

Tapi sebelum melakukan cara ini, sebaiknya kamu bersiap untuk menghubungi pihak yang berwenang alias polisi untuk mendapatkan surat melacak IMEI atau surat keterangan hilang.

7. Cara Melacak HP Hilang dengan Nomor HP

Selain cara di atas, Jaka juga punya cara melacak HP hilang dengan no HP yang bisa kamu lakukan dalam beberapa langkah.

Untuk tahu penjelasan lengkap mengenai cara melacak HP hilang dengan nomor HP, kamu bisa baca artikel seputar cara melacak nomor HP dari Jaka berikut ini.

Cara Melacak No HP Paling Akurat & Bisa Tanpa Diketahui (Update 2020)
Cara melacak nomor HP dapat menjadi solusi buat kamu yang selalu was-was dengan keberadaan seseorang. Yuk, cari tahu di sini langkah-langkah selengkapnya!
LIHAT ARTIKEL

8. Cara Melacak HP Samsung yang Hilang

Meskipun harga HP Samsung terbaru sering dipatok lebih mahal dibandingkan kompetitornya, brand yang satu ini terbukti masih sangat populer di Indonesia, geng!

Nggak heran apabila banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana cara melacak HP Samsung yang hilang, baik karena lupa atau dicuri, geng.

Nah, kalau kamu merupakan pengguna HP Samsung, kamu bisa memanfaatkan Samsung ID sebagai cara melacak HP Samsung hilang yang akan Jaka bahas dengan detail di sini!

Note:

Pastikan kamu sudah memiliki dan mendaftar Samsung ID yang bisa diakses melalui menu Settings - Security - Find My Mobile. Jangan lupa aktifkan pengaturan Remote controls dan Google location service untuk melakukan pelacakan.

Langkah 1 - Kunjungi Situs Find My Mobile

Langkah 2 - Masukkan Samsung ID

Langkah 3 - Setujui Legal Information

Langkah 4 - Temukan dan Kontrol HP Hilang

9. Cara Melacak HP Xiaomi Hilang

Dengan harga HP Xiaomi terbaru yang sangat kompetitif, brand asal China yang satu ini sudah menjadi favorit di pasar kelas menengah kebawah, geng.

Untuk mengakomodasi pengguna, Xiaomi juga sudah menyediakan cara melacak HP Xiaomi yang hilang di semua produknya, seperti seri Redmi, seri Mi, dan Pocophone.

Dibantu dengan fitur Mi Cloud, berikut adalah tutorial cara melacak HP Xiaomi hilang yang bisa kamu ikuti!

Note:

Pastikan kamu sudah memiliki dan daftar Mi Account yang bisa diakses melalui menu Settings - Mi Account. Selain itu, pastikan juga layanan Find Device sudah aktif pada opsi Mi Cloud di menu tadi.

Langkah 1 - Kunjungi Situs Mi Cloud

Langkah 2 - Masukkan Mi Account

Langkah 3 - Pilih Opsi Find Device

Langkah 4 - Lokasi HP Xiaomi Ditemukan

10. Cara Melacak iPhone yang Hilang

Meskipun harga HP iPhone sudah semahal motor, produk bekas andalan Apple yang satu ini masih banyak dipakai di Indonesia.

Saat iPhone hilang, kamu nggak perlu panik karena Apple sudah menyediakan cara melacak iPhone hilang dengan memanfaatkan fitur Find My iPhone yang tersedia di dalam iCloud.

Untuk ulasan selengkapnya, kamu bisa ikuti beberapa langkah mudah sebagai berikut.

Note:

Pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur Find My iPhone melalui menu Settings - Apple ID - Apple Device - Find My iPhone - On untuk melacak perangkat jika hilang sewaktu-waktu.

Langkah 1 - Kunjungi Situs iCloud

Langkah 2 - Pilih Opsi Find My iPhone

Langkah 3 - Lacak Lokasi Perangkat

Akhir Kata

Nah, itu tadi kumpulan cara melacak HP hilang yang wajib kamu coba di saat darurat, geng. Caranya juga cukup mudah dan cepat untuk dilakukan.

Jadi, kamu nggak perlu panik saat HP hilang maupun dicuri. Ikuti langkahnya dan semoga HP kamu bisa ditemukan serta kembali dengan selamat.

Oh ya, jangan lupa setiap mengambil tindakan untuk melacak lokasi, mintalah bantuan orang lain, terutama pihak berwajib, ya!

Baca juga artikel seputar Lacak atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Cara Melacak No HP Paling Akurat & Bisa Tanpa Diketahui (Update 2021)

Cara Share Lokasi Lewat WA, Google Maps, LINE, Facebook, dan Lainnya | Lengkap!

Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps, 100% Works Mudah Banget!

Cara Melacak Nomor HP Telkomsel | Cuma Pakai SMS!

Cara Sadap HP & Rekomendasi Aplikasi Sadap HP Terbaik 2021

20 Aplikasi untuk Melacak Keberadaan Seseorang dan Caranya

undefined
Kembali Keatas