Cara Cek IMEI HP Android & iPhone di Kemenperin 2020 | Bebas Blokir!

Ditulis oleh Jaka - Sabtu, 29 Agustus 2020, 12:00
Cek IMEI HP Android dan iPhone kamu supaya gak kena blokir pemerintah. Pastikan IMEI HP kamu sudah terdaftar di situs Kemenperin. Begini caranya, geng!

Pemerintah telah secara resmi memberlakukan aturan blokir IMEI untuk smartphone atau HP BM (black market) yang beredar di Indonesia per 18 April 2020.

Buat kamu yang masih merasa kurang yakin dengan keaslian HP kamu, sebaiknya segera mengecek nomor IMEI HP di situs Kemenperin.

Di situs cek IMEI Kemenperin, kamu bisa mengetahui apakah nomor IMEI HP milikmu sudah terdaftar di database pemerintah atau belum. Kalau tidak terdaftar, tandanya HP kamu ilegal, geng.

Bagaimanakah cara cek IMEI HP? Nah, berikut bakal Jaka ulas cara cek IMEI HP Android dan iPhone terbaru di 2020 yang bisa kamu praktikkan secara langsung.

Cek IMEI HP Android & iPhone Terbaru 2020

IMEI atau International Mobile Equipment Identity bisa dibilang seperti identitas sebuah ponsel. Kode unik yang terdiri dari 15-16 digit angka ini menyimpan data-data penting, geng.

Pada umumnya cara cek IMEI di hampir kebanyakan HP Android mirip, namun ada juga yang memiliki cara tersendiri untuk mengetahuinya, seperti iPhone dan beberapa tipe Android tertentu.

Penasaran bagaimana caranya? Simak dulu ulasan berikut selengkapnya ya!

ADVERTISEMENT

Cara Cek IMEI HP untuk Pengguna Telkomsel dan XL

Nggak perlu repot lagi! Kini operator selular Indonesia juga menyediakan layanan untuk cek IMEI HP dengan nomor telepon yang terpasang pada perangkat kamu.

Untuk pengguna layanan Telkomsel dan XL, kamu bisa cek IMEI HP sudah terdaftar atau belum lewat cara mudah seperti berikut ini.

1. Cek IMEI HP untuk Pengguna Telkomsel

Untuk pengguna layanan Telkomsel, seperti simPATI, kartu AS, Loop, dan Kartu Halo, kamu bisa mengakses aplikasi Dial dan tekan *337# lalu telepon.

Kemudian kamu pilih opsi 1. Checking IMEI untuk mengecek kode IMEI pada perangkat kamu. Tunggu beberapa saat hingga SMS kamu terima.

Jika IMEI sudah terdaftar, maka SMS akan berbunyi "Pelanggan Yth. Nomor IMEI perangkat Anda sudah teregister.".

2. Cek IMEI HP untuk Pengguna XL

Sementara untuk pengguna layanan XL, kamu bisa mengakses Dial dan menekan *123*817# lalu tekan telepon. Kemudian kamu pilih opsi 1. IMEI REGISTRASI dan tunggu SMS.

Jika sudah terdaftar, kamu akan mendapatkan SMS yang berbunyi "IMEI dan Nomor Anda sudah terdaftar. Pastikan Nomor Anda selalu aktif dengan IMEI ini.".

Cara Cek IMEI HP Android Semua Merek

Setidaknya, ada tiga cara yang dapat kamu terapkan secara umum untuk mengecek kode nomor IMEI pada smartphone Android. Berikut di antaranya:

1. Cek IMEI Menggunakan Kode Dial USSD

Pertama, kamu bisa mengecek IMEI melalui kode USSD yang dimasukkan pada aplikasi Dial di smartphone Android. Langkahnya pun sama seperti saat cek pulsa atau kuota internet, nih.

Kamu tinggal ketikkan kode USSD *#06# pada aplikasi Dial dan secara otomatis akan muncul pop-up nomor IMEI seperti pada gambar di bawah ini, geng.

2. Cek IMEI Melalui Menu Settings

Kedua, kamu bisa juga mengecek melalui pengaturan pada HP Android untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail loh.

3. Cek IMEI Melalui Fisik Ponsel

Ketiga, kamu juga bisa mengecek kode IMEI yang biasanya tertera pada bagian bodi HP, baik dapat berupa sticker yang ditempelkan atau yang terpasang langsung pada bodi.

Nah, pada HP Android dengan tipe baterai yang bisa dilepas-pasang (removable) kamu bisa melihatnya saat melepaskan baterai seperti pada gambar di bawah.

Sebagai contoh, Jaka menggunakan HP LG V20 nih!

Sementara untuk tipe HP Android dengan baterai non-removeable seperti kebanyakan sekarang, biasanya kode IMEI akan dituliskan langsung pada bodi bagian belakang.

Sebagai contoh, Jaka menggunakan HP Samsung Galaxy S10+ ya!

Cara Cek IMEI HP Samsung

Nah khusus pengguna HP bermerek Samsung, kamu bisa mengecek IMEI HP Samsung melalui menu pengaturan, lho. Berikut cara selengkapnya:

Oh ya, cara ini pula dapat kamu lakukan pada semua tipe HP Samsung terbaru yang ada saat ini. Cukup mudah dan nggak terlalu ribet, kan?

Cara Cek IMEI HP Xiaomi

Sama seperti sebelumnya, untuk kamu pengguna HP Xiaomi dapat mengecek IMEI melalui menu Settings yang terdapat pada antarmuka MIUI, lho. Berikut caranya:

Nah, langkah ini juga berlaku untuk HP Android Tiongkok lainnya, seperti Huawei, Honor, HTC, dan lainnya, geng. Jangan lupa cek daftar HP Xiaomi terbaru biar nggak ketipu barang KW, nih.

Cara Cek IMEI HP vivo

vivo bisa dibilang menjadi salah satu merek HP populer di Indonesia. Makanya nggak heran kalau banyak juga yang mencari informasi cara cek IMEI HP vivo. Begini caranya:

Metode yang dapat kamu lakukan lewat tiga langkah ini bisa kamu terapkan pada hampir keseluruhan HP vivo terbaru yang beredar saat ini.

Cara Cek IMEI HP OPPO

Selanjutnya datang dari saudara vivo dari Tiongkok, apalagi kalau bukan OPPO. Di sini kamu juga bisa mengecek IMEI HP OPPO melalui menu Settings dengan mengikuti langkah berikut:

Cara ini cukup umum mirip dengan langkah untuk cek IMEI Xiaomi atau merek Tiongkok lainnya. Kamu juga dapat mengetahui IMEI OPPO melalui dial dengan kode *#06#.

Jangan lupa cek nomor IMEI kamu ya! Jangan sampai kamu dijanjikan HP OPPO dengan harga resmi, tapi kualitas abal-abal.

Cara Cek IMEI HP iPhone dan iOS Lainnya

Terakhir, khusus untuk perangkat berbasis iOS, seperti iPhone dan iPad kamu dapat mengetahui nomor IMEI pada menu Settings dengan langkah-langkah seperti berikut:

Cara cek IMEI iPhone ternyata cukup mudah, kan? Tak hanya itu beberapa nomor IMEI iPhone juga dapat kamu lihat pada bagian bodi belakang HP. Simple!

Bonus: Cara Cek IMEI HP di Situs Kemenperin, Terdaftar atau Tidak?

Aturan pemblokiran HP BM di Indonesia melibatkan tiga kementerian, yakni Kominfo, Kemenperin, dan Kemendag, geng.

Saat ini kamu pun bisa mengecek status IMEI HP kamu, baik itu terdaftar atau tidak, menggunakan situs cek IMEI Kemenperin (https://imei.kemenperin.go.id/). Langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1 - Salin Nomor IMEI HP

Langkah 2 - Pergi ke Situs IMEI Kemenperin

Langkah 3 - IMEI HP Terdaftar atau Tidak

Dengan pemberlakukan aturan blokir IMEI, mungkin beberapa di antara kamu masih punya pertanyaan berkaitan seputar hal ini.

Mulai dari HP BM yang dibeli sebelum tanggal 18 April, pemberlakuan untuk HP wisatawan asing, hingga bagaimana cara daftar IMEI HP yang tidak terdaftar atau dibeli di luar negeri setelah 18 April, kan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Jaka sudah jelaskan pada beberapa poin sebagai berikut.

  1. HP BM atau yang dibeli di luar negeri dan telah diaktifkan dengan layanan operator Indonesia sebelum 18 April 2020, tidak akan terkena dampak pemblokiran IMEI dan dapat digunakan normal.
  2. HP wisatawan asing yang datang ke Indonesia tetap berfungsi normal apabila telah mengaktifkan paket roaming atau menggunakan layanan operator selular Indonesia.
  3. Skema pemblokiran IMEI juga berlaku untuk HP yang hilang atau dicuri, sehingga tidak dapat digunakan kembali oleh orang lain. Pemblokiran ini harus didukung dengan surat bukti kehilangan dan melapor ke operator selular.
  4. Semua HP BM, baik baru atau bekas, yang diaktifkan dengan layanan operator Indonesia setelah 18 April 2020 tidak akan bisa dipakai lagi (tidak dapat menggunakan sinyal selular).
  5. Untuk pembelian HP dari luar negeri, ada juga cara daftar IMEI HP yang tidak terdaftar dengan melalui cukai. Hal ini hanya berlaku untuk dua perangkat yang dibawa penumpang (hand carry), di mana harus melapor dan mendaftarkan IMEI di bandara saat kedatangan. Jika nilai barang di atas 500 dolar AS, juga akan dikenakan pajak impor yang berlaku.
  6. Pemberlakuan blokir IMEI hanya dilakukan untuk perangkat HKT (handphone, komputer genggam, dan tablet), tidak termasuk untuk laptop.

Akhir Kata

Itulah dia beberapa cara cek IMEI HP Android Samsung, Xiaomi, vivo, OPPO, dan tipe lainnya beserta kamu para pengguna iPhone dan perangkat berbasis iOS.

Jadi, apakah kamu sudah mengetahui perangkat kamu resmi atau non-resmi, nih?

Jangan lupa untuk tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah dan sampai jumpa pada artikel JalanTikus.com selanjutnya ya!

Baca juga artikel seputar Blokir HP atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

ARTIKEL TERKAIT

Daftar Harga iPhone Terbaru Oktober 2021, Banyak Diskon!

Daftar Harga HP Samsung Terbaru Agustus 2021, Banyak Diskon!

Daftar Harga HP Xiaomi Terbaru Maret 2021, Murah Berkualitas!

Daftar Harga HP realme Terbaru Maret 2021 & Spesifikasi Lengkap

Daftar Harga HP OPPO Terbaru April 2021, Banyak yang Turun Harga!

Daftar Harga HP vivo Terbaru April 2021, Semua Tipe Banting Harga!

undefined
Kembali Keatas