5 Cara Melacak HP yang Hilang Paling Akurat dengan Aplikasi Khusus & Bawaan HP

Ditulis oleh Jaka - Senin, 18 April 2022, 17:30
Cara melacak HP hilang ternyata gampang banget loh. Simak cara melacak HP yang hilang paling akurat berikut ini.

Cara melacak HP yang hilang sebetulnya mudah. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan buat melacak keberadaan HP tersebut, mulai dari menggunakan aplikasi khusus ataupun aplikasi bawaan dari HP.

Trik semacam ini perlu kamu ketahui guna menghindari hal-hal yang tidak terduga, yang mungkin saja terjadi, apalagi di tengah ketidakpastian seperti sekarang.

Kamu juga nggak perlu belajar triknya di mana-mana. Jaka bakalan membagikan trik melacak HP yang hilang secara lengkap. Dengan trik yang Jaka bagikan, nantinya kamu pun bisa menanggulangi kejadian tidak terduga tersebut. Penasaran?

Yuk, simak langsung gimana cara mengembalikan HP yang hilang dengan memamfaatkan berbagai macam fitur canggih yang ada di dalamnya.

Cara Melacak HP yang Hilang Dengan Cepat dan Akurat

Sumber foto: techtimes.com

Rasa takut dan bingung pastinya akan melanda siapa saja yang kehilangan handphone mereka. Perangkat yang satu ini sudah seperti teman dekat bagi banyak orang.

Maka dari itu, kali ini Jaka akan membagikan cara melacak HP yang hilang tanpa aplikasi khusus dan dengan aplikasi tambahan supaya kamu bisa menangani kejadian seperti ini.

Trik yang akan Jaka bagikan juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan, nggak perlu memodifikasi perangkat atau sampai root HP Android kamu.

ADVERTISEMENT

Daripada penasaran mending langsung aja nih cek cara melacak HP Android yang hilang lewat GPS, IMEI, dan beberapa cara lainnya.

Cara Melacak HP dengan Email

Alamat email umumnya selalu terpasang di dalam setiap perangkat smartphone dan hal ini ternyata bisa kamu gunakan sebagai cara melacak HP yang hilang.

Dengan menggunakan aplikasi Find My Device buatan Google, kamu bakalan mengetahui lokasi handphone kamu berada sekaligus memblokirnya jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Fungsi utama dari Find My Device adalah untuk mengendalikan perangkat Android kamu dari jarak jauh jika sewaktu-waktu hilang. Dengan mengaktifkan layanan ini, kamu bisa melacak lokasi HP Android kamu yang hilang.

Cara menggunakan aplikasi tersebut pun tergolong sangat mudah. Berikut langkah-langkah menggunakannya:

  1. Download dan instal aplikasi Find My Device di handphone. Kalau kamu belum punya, kamu bisa langsung download dari link di bawah ini.
Find My Device - Temukan HP Hilang 2.4.026-1
Apps Utilities Google LLC
DOWNLOAD
  1. Log in menggunakan email yang terpasang pada handphone yang ingin dilacak keberadaannya.
  1. Setelah log-in, kamu akan langsung melihat di mana handphone kamu berada.
  1. Selesai.

Dengan 3 langkah sederhana tadi, kamu bisa langsung melihat lokasi handphone yang hilang dengan cepat, mudah, juga akurat.

Cara Melacak HP Hilang Lewat WA

Selain menggunakan email, ternyata nomor WhatsApp juga bisa kamu manfaatkan sebagai perantara untuk melacak keberadaan handphone hilang.

WhatsApp memiliki fitur pendeteksi lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui di mana lokasi handphone kamu yang hilang.

Nah, kalau kamu mau tahu informasi lebih lengkap tentang bagaimana cara melacak HP hilang lewat WA, kamu bisa langsung cek artikel Jaka di bawah ini.

Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp Di HP, Gampang Banget!
Ingin lacak seseorang tanpa diketahui? Simak kumpulan cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp 2022 dengan berbagai perangkat di sini!
LIHAT ARTIKEL

Cara Melacak HP yang Hilang Dengan GPS

GPS merupakan fitur pelacakan lokasi yang tersedia pada setiap handphone Android, dan tentunya fitur ini bisa dimanfaatkan untuk mengetahui posisi handphone kamu berada.

Cara melacak HP Android lewat GPS cukup mudah untuk dilakukan. Kamu pun tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan lain karena pada cara yang satu ini kita akan menggunakan Google Maps.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui posisi smartphone Android yang hilang menggunakan Google Maps.

  1. Buka aplikasi Google Maps, lalu login dengan akun Google yang terpasang pada handphone yang ingin dilacak.

  2. Klik ikon profile kamu yang berada di sisi kiri atas, lalu pilih "Location Sharing".

  1. Setelah menekan menu "Share Location", pilih dengan siapa kamu ingin membagikan lokasi handphone kamu yang hilang. Pilih ingin dibagikan via Maps atau via email.
  1. Setelah selesai melakukan location sharing, kamu bisa memantau lokasi handphone kamu, deh.

Cara Melacak HP dengan IMEI

Berkat kecanggihan teknologi, kamu juga bisa memanfaatkan nomor IMEI untuk menemukan lokasi handphone Android yang hilang tersebut, geng.

Nomor IMEI ini sudah terhubung dengan operator selular dan pihak operator selular bisa melacak keberadaan handphone kamu dengan nomor IMEI.

Meskipun begitu, cara melacak HP dengan IMEI tidak bisa sembarangan dilakukan. Kamu pun diwajibkan buat membawa surat pengantar kehilangan dari pihak berwajib sebelum meminta pihak operator melakukan pelacakan menggunakan IMEI.

Jika sudah memiliki surat pengantar, kamu bisa langsung mengunjungi gerai operator terdekat untuk meminta mereka melakukan pelacakan pada handphone kamu yang hilang.

Cara Melacak HP yang Hilang dalam Keadaan Mati

Ketika masalah HP hilang terjadi, biasanya handphone yang hendak dilacak akan berada dalam keadaan mati dan cara-cara di atas tidak bisa diaplikasikan untuk melakukan pelacakan.

Untungnya, saat ini sudah ada cara melacak HP yang hilang dalam keadaan mati yang bisa kamu manfaatkan, apalagi cara ini pun sangat mudah untuk dilakukan.

Metode itu memanfaatkan fitur timeline yang ada di Google Maps. Lewat timeline ini kamu bisa memantau pola pergerakan juga titik terakhir lokasi handphone kamu berada.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk melacak HP yang hilang dalam keadaan mati.

  1. Buka aplikasi Google Maps, lalu login menggunakan akun pada handphone yang ingin dilacak keberadaannya.

  2. Klik ikon profile di sudut kanan atas, dan ketika jendela menu terbuka pilih timeline.

  1. Di sini kamu bisa langsung melihat titik terakhir keberadaan handphone kamu yang hilang.

Cara yang satu ini memang tidak bisa memberikan pantauan lokasi secara real time karena ponselnya sendiri dalam keadaan mati. Tapi, paling tidak kamu bisa mengetahui lokasi terakhir keberadaan handphone yang hilang itu, geng.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan Jaka tentang beberapa trik cara melacak HP hilang paling mudah dan akurat yang bisa kamu manfaatkan buat mengetahui keberadaan handphone yang ingin dilacak.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa memperkecil risiko kehilangan handphone yang tidak diinginkan. Alhasil, kamu pun jadi merasa jauh lebih tenang karena HP-mu mudah ditemukan.

Semoga informasi yang Jaka sampaikan kali ini berguna untuk kalian semua, ya, geng. Jangan lupa bagikan cara di atas ke teman-teman kamu biar mereka bisa mengatasi masalah kehilangan HP yang sedang dialami. Sekian dan sampai jumpa!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Buat Smartphone Kamu

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus

38 Aplikasi Penghasil Uang Resmi Terbaru 2022, Cepat Cair & Terdaftar di OJK!

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Gratis 2020 | Android & iOS!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

undefined
Kembali Keatas