200+ Arti Emoji WhatsApp Terlengkap & Terbaru 2022, Hati-Hati Salah Pakai!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 20 Juni 2022, 14:30
Arti emoji WA terlengkap dan terbaru 2022 yang wajib kamu ketahui. Jangan sampai salah kirim di chat WhatsApp biar tidak malu-maluin!

Arti emoji WhatsApp atau emoji WA terkadang berbeda persepsi antara kamu dengan orang lain yang menerimanya. Maka dari itu, Jaka akan sajikan arti emoji terakurat biar tidak salah kirim.

Mengetahui arti gambar emoji kini menjadi ilmu pengetahuan baru yang perlu dipelajari. Terlebih, emoticon juga sudah menjadi hal umum yang orang-orang biasa gunakan di berbagai aplikasi chatting populer seperti WhatsApp.

Nah, biar kamu nggak salah paham arti emoticon dari cowok yang kamu suka, di artikel kali ini Jaka akan berikan pembahasan berbagai emoji WA dan artinya secara lengkap, baik emoticon baru atau yang lama.

Daripada penasaran, yuk, langsung simak ulasan arti emoji lengkap berikut ini!

Emoji WA Baru di Tahun 2022

Selayaknya bahasa manusia yang tiap tahun selalu saja bertambah dengan kemunculan ucapan populer seperti daring, emoji juga berada di situasi yang sama.

Kehadiran emoji baru diatur oleh badan Unicode Consortium dan tahun 2022, kita akan bertemu dengan serangkaian emoji baru seperti emoji durian di Emoji 13.1.

Penasaran dengan emoji WhatsApp baru apa saja yang kalian akan temui di tahun ini? Kalian bisa langsung simak di tabel di bawah, geng!

ADVERTISEMENT
Emoji Penjelasan Emoji
Wajah meleleh
Hormat
Invisible, tidak terlihat
Pangeran/Putri
Pria hamil/kekenyangan
Makhluk troll
Bibir menggigit, menggoda
Karang
Sarang burung
Linglung, wajah di awan, kabut tebal
Pusing, terhipnotis, pusing dengan masalah
Perasaan yang membara, terbakar api cemburu, cinta yang begitu membara
Hati yang telah terobati, sedang memulihkan perasaan
Lelah, desahan kekecewaan/ketidaksenangan
Menguap, bosan, obrolan membosankan, mengantuk
Memicingkan jari, menjelaskan isi volume suatu benda (biasanya jika sudah sedikit)
Orang tuli, bahasa isyarat
Orang tuli, bahasa isyarat
Orang tuli, bahasa isyarat
Tersenyum sambil menangis, terharu, meneteskan air mata bahagia
Kacamata Groucho Marx
Jari kuncup khas Italia, isyarat tangan khas Italia
Ninja, bergerak cepat seperti ninja
Kucing hitam
Beruang kutub
Burung Dodo
Singa laut
Kecoak
Lalat
Pria dengan tuksedo, pelayan pria
Wanita dengan tuksedo, pelayan wanita
Wanita dengan cadar, pengantin wanta
Pria dengan cadar, pengantin pria
Bubble tea, es boba
Roller skate
Tongkat sihir, ajaib
Pinata
Boneka Matryoshka
Sandal jepit
Cacing tanah
Berang-berang
Buah zaitun
Paprika
Teko
Batu
Kayu
Gubuk
Jarum jahit
Helm militer
Akordeon
Kendang
Koin
Bumerang
Gergaji kayu
Obeng
Pengait
Tangga
Tanda Lift
Cermin
Jendela
Sedot WC
Perangkap tikus
Ember
Batu nisan, kuburan, kematian
Sikat gigi
Lambang transgender
Patah hati, kecewa

Daftar Arti Emoji atau Emoticon Terlengkap

Selain daftar arti emoticon terbaru 2022 di atas, pasti masih ada banyak jenis emoji lainnya yang sering kamu temukan di WA, Instagram, atau platform medsos lainnya, kan?

Terlebih sekarang ada banyak emoji baru, termasuk salah satunya emoji berambut yang kini sedang viral dan banyak digunakan.

Meskipun kemunculan emot-emot ini sering kita lihat, tapi terkadang ada beberapa di antaranya yang nggak kita tahu apa artinya atau bahkan salah mengartikan. Bisa bahaya nih kalau ternyata kamu menggunakan emoji yang dilarang di negara tertentu!

Oleh karena itu, sebelum kamu mengirimkannya ke seseorang, mending cari tahu dulu apa arti gambar emoji yang kamu kirimkan selengkapnya di bawah ini.

1. Bermuka Tebal

Emoji bermuka tebal dimaksudkan untuk situasi yang sedang membicarakan persoalan yang santai, tanpa menimbulkan efek yang berlebihan.

2. Muka Uang

Emoji muka uang dimaksudkan untuk pembicaraan mengenai uang dengan kondisi sedang lucu-lucuan. Atau, kamu juga bisa menggunakannya untuk mengekspresikan betapa senangnya kamu dengan uang.

3. Kutu Buku

Emoji kutu buku ini dimaksudkan untuk menyampaikan ekspresi untuk pemikiranmu yang dirasa tidak mungkin diterima oleh orang lain.

4. Muka Tenang

Jika berada dalam percakapan yang memiliki banyak anggota, seperti misalnya di grup WA, maka kamu dapat menggunakan emoji muka tenang atau bahasa kerennya adalah Cool, untuk menyampaikan ekspresi yang menarik.

5. Arti Emoticon Memeluk

Mungkin sebagian dari kamu ada yang kurang mengerti arti dari emoji ini. Sebenarnya, emoji ini berarti menunjukkan bahwa kamu sedang mencari seseorang yang bisa memeluk kamu.

Cocok banget nih, geng, kalau kamu selipkan emoticon ini di antara kata-kata bucin yang dikirimkan ke pacar. Pasti bakal baper abis!

6. Senyum Licik

Emoji senyum licik ini berguna saat kamu sedang mengekspresikan sesuatu yang tidak kamu suka. Hal ini berupa sindiran untuk menunjukkan satu hal yang benar-benar tidak kamu hargai.

7. Hampa

Pernah berada dalam posisi kamu bingung untuk bicara apa? Gunakan emoji hampa ini. Sebab, emoji ini mengisyaratkan bahwa kamu tidak bisa menjawab apa pun saat dalam percakapan.

Kika Keyboard - Emoji, GIFs 5.5.8.1527
Apps Productivity Kika Keyboard Team
DOWNLOAD

8. Netral

Emoji netral mengartikan bahwa kamu berada dalam posisi yang tidak tahu harus bahagia atau sedih dalam sebuah topik pembicaraan.

9. Tanpa Ekspresi

Emoji tanpa ekspresi ini menunjukkan seseorang kalau mereka merasa tidak peduli sama sekali.

10. Muka Datar

Ekspresi dari emoji muka datar menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menurut kamu itu 'garing' seperti bercandaan yang tidak lucu atau pembicaraan yang tidak seru.

11. Memutar Mata

Emoji memutar mata dapat kamu andalkan untuk mengekspresikan sesuatu yang tidak menarik secara lebih sopan.

12. Berpikir

Emoji berpikir ini menunjukkan kalau kamu sedang berpikir, apakah hal yang dibicarakan itu baik atau buruk. Selain itu, emoji tersebut juga mengekspresikan suatu hal berupa ajakan.

13. Terpukau

Di saat kamu sedang berantem sama pacar, terus pacar kamu menyebutkan sesuatu yang tidak lazim, kamu bisa menggunakan emoji terpukau. Emoji ini dapat diartikan seperti "aku tidak percaya kamu berkata seperti itu".

14. Muka Sedih

Ketika sedang merasa gundah gulana, sedih, dan lain sebagainya, kamu bisa menggunakan emoji muka sedih ini untuk mengekspresikan hal tersebut.

15. Muka Khawatir

Masih banyak juga yang belum mengerti apa arti dari emoji ini. Emoji muka khawatir sebenarnya menunjukkan ekspresi yang mengkhawatirkan saat kamu mendengar kabar buruk.

16. Marah

Saat kamu sedang merasa marah, kamu bisa menggunakan emoji marah satu ini agar lawan bicara kamu tahu, kamu tidak suka dengan hal yang lagi dibicarakan.

17. Sangat Marah

Emoji sangat marah ini dapat diartikan kamu sedang dalam kondisi yang benar-benar marah, kesal, dan merasa ingin melakukan sesuatu untuk melampiaskan amarahmu.

18. Mengerutkan Dahi

Emoji mengerutkan dahi ini menyampaikan kamu kalau kamu dalam keadaan yang tidak enak terhadap sesuatu yang sedang dibicarakan, atau merasa terpaksa.

19. Arti Emoticon Bingung

Di saat kamu sedang berada pada situasi percakapan yang membingungkan, kamu dapat menggunakan ekspresi dari emoji bingung ini agar lawan bicara tahu kamu sedang merasa bingung.

20. Arti Emoticon Sedih Kecil

Emoji sedih kecil ini bermaksud untuk memberitahu bahwa kamu tetap dalam keadaan sedih dalam satu topik pembicaraan. Namun, jauh lebih dalam sebenarnya kamu tidak peduli akan itu.

21. Tidak Bahagia

Kamu dapat menggunakan emoji tidak bahagia ini ketika mendengar sesuatu yang menyedihkan dan benar-benar mencengangkan.

22. Muka Penat

Emoji muka penat berarti itu menunjukkan bahwa seseorang membutuhkan jeda istirahat untuk menjalani hiruk-pikuk perjalanan hidup.

23. Memalukan

Arti dari emoji memalukan adalah di saat kamu sedang merasa telah melakukan satu hal yang benar-benar memalukan, dan merasa menyerah untuk membalikkan keadaan.

24. Muak

Jika kamu benar-benar dalam keadaan yang sangat membosankan, kamu bisa mengekspresikan dengan emoji muak ini.

25. Putus Asa

Ketika situasi membawa kamu hingga tidak bisa berbuat apa-apa, gunakan emoji putus asa ini untuk mengekspresikannya.

26. Menggerutu

Selain ekspresi marah dan juga sangat marah, ketika kamu sedang merasa kesal, kamu bisa menggunakan emoji menggerutu untuk menyampaikan rasa tidak senang kamu tersebut.

27. Terkejut

Emoji terkejut ini merupakan emoji yang imut untuk menunjukkan rasa kaget kamu terhadap suatu hal yang tengah dibicarakan oleh lawan chatting.

28. Berteriak Dalam Ketakutan

Emoji berteriak dalam ketakutan ini menunjukkan bahwa kamu merasa terkejut, namun dalam arti kondisi kamu takut saat mengetahuinya. Tetapi, kamu juga bisa kok menggunakannya untuk lucu-lucuan.

29. Takut

Emoji takut sudah jelas digunakan untuk apa, benar bukan? Namun, kamu bisa menggunakannya saat mengetahui kabar di mana kamu terkejut tetapi tidak ingin berteriak, atau kaget yang bikin kamu malah terdiam.

30. Arti Emoticon Prihatin

Emoji prihatin merupakan emoji yang bisa kamu gunakan saat mendengar kabar buruk seperti ada yang meninggal atau sesuatu yang benar-benar menakutkan kamu.

31. Muka Kagum

Di saat kamu sedang membicarakan sesuatu hal yang membuat kamu berdecak kagum, kamu bisa menggunakan emoji muka kagum untuk mengekspresikannya.

32. Muka Menganga

Emoji ini sebenarnya merupakan emoji muka menganga atau sesuatu yang bikin takut dan mengejutkan kamu.

Swiftmoji - Emoji Keyboard 1.0.5.83
Apps Productivity SwiftKey
DOWNLOAD

33. Muka Terluka

Emoji muka terluka sebenarnya juga tidak berbeda jauh dengan muka menganga. Namun, emoji ini lebih bisa mengekspresikan situasi yang menyakitkan.

34. Tersakiti

Emoji tersakiti ini cukup ampuh kamu gunakan saat berbicara dalam satu topik dan kamu benar-benar merasa tersinggung akan percakapan tersebut.

35. Muka Stress

Jika sedang stres, tidak tahu mau apa, kamu dapat menggunakan emoji muka stres untuk menyampaikan perasaan kamu saat seperti itu.

Atau, kalau kamu justru melihat emoticon ini dari seseorang di grup WA, coba deh kamu berikan hiburan dengan mengirim gambar-gambar lucu, geng.

36. Kelelahan

Emoji kelelahan adalah emoji yang menyampaikan ekspresi lelah, letih, lesu, dan lunglai.

37. Muka Ngantuk

Ekspresi ini menunjukkan kalau kamu merasa amat mengantuk dalam satu kondisi. Gunakan emoji muka ngantuk di saat yang tepat ya agar tidak terjadi kesalahpahaman.

38. Menangis

Emoji menangis ini mengungkapkan bahwa kamu sedih dan ingin mengeluarkan air mata saat mendengar satu kabar yang menyedihkan.

39. Pusing Tujuh Keliling

Emoji pusing tujuh keliling lebih mengartikan kalau kamu sedang mabuk atau memang pusing yang bikin kamu mual. Selain itu, emoji ini juga dapat berarti kamu tidak tahu ingin mengetik apa lagi.

40. Muka Heran

Emoji muka heran lebih mengartikan kamu tidak percaya dengan apa yang terjadi atau apa yang kamu lihat.

41. Tutup Mulut

Emoji tutup mulut berarti kamu mengekspresikan sesuatu yang kamu tahu tapi kamu tidak ingin memberitahu lawan chatting kamu, atau kamu menunjukkan kamu bisa menjaga rahasia.

42. Muka Masker

Emoji muka masker menandakan kamu itu sedang sakit atau menganjurkan lawan chatting kamu dengan menyuruhnya menggunakan masker agar tidak tertular penyakit.

43. Sakit

Nah, jika muka masker lebih menunjukkan kamu sakit, serupa dengan emoji sakit ini. Dengan mengirimkan emoji ini, kamu ingin menunjukkan bahwa kamu sedang tidak enak badan.

44. Terluka

Emoji terluka lebih menunjukkan kalau kamu sedang mengalami masalah pada kondisi fisik kamu atau kamu habis mengalami kecelakaan.

45. Tidur

Berbeda dengan emoji muka ngantuk, emoji tidur ini benar-benar menunjukkan kalau kamu memang sangat ingin tidur dan tidak kuat lagi untuk mengetik chat.

46. Setan Bahagia

Emoji setan bahagia ini bukan berarti kamu pemuja setan, melainkan menunjukkan kamu merasa bahagia akan sesuatu yang sedang menimpa seseorang, atau berhasil balas dendam.

47. Setan Marah

Emoji setan marah mengekspresikan kamu akan membalas dendam, dan akan menghantui seseorang yang kamu maksud untuk selalu membayangkannya dalam ketakutan.

48. Polisi

Emoji polisi ini lebih diartikan kalau kamu siap untuk melindungi seseorang yang kamu maksud dalam sebuah percakapan di chatting. Bahkan, kamu juga bisa menunjukkan kalau kamu sama kuatnya dengan polisi.

49. Pekerja yang Lelah

Emoji pekerja yang lelah berarti kamu adalah seorang pegawai yang lelah setelah melakukan pekerjaan sebuah bangunan.

50. Detektif

Emoji detektif merupakan ekspresi yang menujukkan kamu suka dengan keahlian berinvestigasi. Seakan emoji ini menunjukkan kamu adalah Sherlock Holmes.

51. Arti Emoticon Selebrasi

Emoji selebrasi ini lebih menunjukkan kamu turut berselebrasi dan merayakan sesuatu yang menyenangkan yang telah dicapai oleh lawan chatting kamu.

52. Tepuk Tangan

Ingin menunjukkan sesuatu dengan baik? Kamu bisa memberikan emoji tepuk tangan untuk menyampaikan rasa bangga kamu terhadap sesuatu.

Atau kamu juga bisa menggunakannya di saat misalnya sedang bermain tebak-tebakan lucu di grup WA, dan ada yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

53. Sampai Jumpa

Emoji sampai jumpa lebih bisa diartikan ketika kamu ingin berpisah dan mengucapkan 'dadah' dalam sebuah simbol.

54. Memberi Jempol

Emoji memberi jempol mengartikan kamu suka dengan sesuatu yang disampaikan oleh lawan chatting atau berharap dia bisa melakukan yang terbaik.

55. Memberi Jempol ke Bawah

Ketika kamu tidak suka dengan pendapat lawan chatting kamu, arti emoji memberi jempol ke bawah lebih cocok untuk digunakan.

56. Kepalan Tangan

Emoji kepalan tangan ini dapat diartikan bahwa kamu ingin memukul seseorang atau kamu ingin melakukan 'tos' kepada sahabatmu.

57. Kepalan Tangan ke Atas

Pernah merasa ingin melakukan sesuatu yang semangat? Kamu bisa menggunakan emoji kepalan tangan ke atas untuk menunjukkan hal tersebut.

58. Perdamaian

Emoji perdamaian ini berarti kamu ingin menunjukkan rasa berdamai atau menenangkan sesuatu bahkan untuk meminta maaf secara menarik kepada lawan chatting kamu.

59. Arti Emoticon OK

Emoji OK ini menunjukkan kalau kamu setuju dengan pendapat seseorang dalam percakapan bersama lawan chatting kamu. Arti OK di sini dapat diartikan sebagai satu hal yang sempurna.

60. Stop

Emoji stop mengekspresikan kalau kamu sudah merasa cukup dengan lawan chatting kamu yang mungkin sudah berbicara terlalu banyak. Atau, kamu juga ingin melakukan 'tos' secara casual.

61. Tangan Terbuka

Emoji tangan terbuka menandakan kalau kamu mengekspresikan rasa keterbukaan. Di sisi lain, emoji ini juga biasa digunakan untuk menunjukkan sebuah pelukan.

62. Melenturkan Otot

Jika kamu sedang ingin membuat pendapat yang kuat, dan kamu tetap bertahan dalam pendapatmu, kamu bisa menggunakan emoji melenturkan otot. Emoji ini mengekspresikan sesuatu yang harus dipertahankan.

63. Memohon

Emoji memohon menandakan kalau kamu sedang memohon kepada lawan chatting kamu. Atau, emoji ini juga bisa berfungsi sebagai rasa terima kasih atau mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

64. Mengangkat Tangan

Emoji mengangkat tangan mengartikan kalau kamu sedang ingin menanyakan sesuatu. Atau, kamu ingin mengikutsertakan diri kamu dalam sebuah topik percakapan.

65. Menunjuk ke Atas

Emoji menunjuk ke atas berarti kamu menegaskan pesan sebelumnya yang masuk dalam sebuah chatting atau dalam media sosial.

66. Menunjuk ke Bawah

Emoji menunjuk ke bawah juga berarti sama seperti emoji menunjuk ke atas. Kamu lebih menegaskan sesuatu yang berada di bawah pesan yang kamu tulis.

67. Menunjuk ke Kiri

Emoji menunjuk ke kiri mengekspresikan sesuatu yang penting dari apa yang kamu tulis. Biasanya, emoji ini diletakkan di akhir kalimat dalam suatu percakapan.

68. Menunjuk ke Kanan

Emoji menunjuk ke kanan menegaskan sebuah pesan di sebelah kamu.

69. Jari Tengah

Sudah jelas, maksud dari emoji jari tengah ini sungguhlah kasar. Di sisi lain, emoji ini dapat digunakan untuk memberikan ekspresi yang benar-benar membuatmu marah.

70. Sapaan

Emoji sapaan lebih menunjukkan kamu ingin menyapa seseorang seakan-akan kamu mengucapkan 'Hai'.

71. Emoticon Metal

Biasanya, emoji metal ini berarti kamu menegaskan kalau kamu sangat tertarik dengan pendapat teman chatting kamu. Arti emoji ini juga menunjukkan sesuatu yang menarik dan pasti lawan chatting kamu suka.

72. Arti Emoticon Spock Star Trek

Kamu penggemar Star Trek? Jika iya, berarti kamu tahu kalau ini merupakan ucapan sapaan dan terima kasih dari para Vulcan.

73. Psst! (Face with Fingering Covering Closed Lips)

Mengisyaratkan untuk diam atau jangan berisik dalam suatu keadaaan tertentu.

74. Wajah sedang berpesta

Sama seperti emoticon Confetti, emoticon ini juga menggambarkan kebahagiaan dan kegembiaraan.

75. Wajah muntah

Menggambarkan ketidaknyamanan fisik karena mual dan muntah. Meski begitu, emoji ini terkadang juga digunakan untuk mengungkapkan perasan lelah dan bosan terhadap suatu hal.

76. Gelas bersulang (Clinking Glasses)

Emoji ini biasanya digunakan ketika orang sedang berpesta atau mengadakan suatu kesepakatan sehingga memiliki arti perayaan dan persetujuan.

77. Tumpukan Kotoran (Poop Emoticon)

Biasanya digunakan untuk mengejek teman saat bercanda atau mengisyaratkan 'harta karun' dalam makna kiasan.

78. Wajah Meleleh (Emoji Baru 2022)

Emoji wajah meleleh ini baru hadir pada 2022. Wajah meleleh menunjukkan rasa malu, rasa takut, dan perlahan tenggelam.

79. Wajah dengan Tangan Mengintip

Wajah dengan tangan mengintip ini mengekspresikan ketakutan atau hal yang memalukan.

80. Wajah dengan tangan hormat

Sudah jelas. Bahwa arti dari emoji wajah dengan tangan hormat adalah sebagai tanda hormat atau respek.

81. Wajah garis putus-putus

Arti emoji baru ini adalah seseorang yang tidak terlihat atau tersembunyi.

82. Person with crown

Mewakili ikon layaknya pangeran atau putri namun emoji ini tidak mendeskripsikan secara detail gendernya

83. Pregnant person

Diartikan sebagai orang hamil atau perasaaan terlalu kenyang setelah makan berlebihan

84. Pria hamil

Mewakili seorang pria yang mengekspresikan perasaan terlalu kenyang setelah makan.

85. Tangan kanan dan tangan kiri

Emoji tangan ini menggambarkan jabat tangan. Begitu juga dengan tangan kiri sebagai balasan jabat tangan.

86. Tangan dengan jari telunjuk dan jempol disilangkan

Emoji ini tentu banyak yang sudah tahu. Tangan dengan jari telunjuk dan jempol disilangkan bermakna tentang jari hati, simbol kasih sayang dari Korea atau bermakna "Saranghae".

87. Menuangkan air dari gelas

Mewakili tindakan seseorang yang sedang menuangkan sesuatu atau mewakili persembahan ritual untuk menghomarti seseorang yang telah meninggal.

88. Bunga Lotus

Emoji bunga lotus mewakili keindahan, kemurnian, ketenangan, atau mewakili sebuah meditasi.

89. Makhluk Troll

Emoji makhluk Troll mewakili sebuah makhluk fantasi atau bisa juga untuk mengungkapkan tindakan jahil.

Akhir Kata

Itulah arti dari semua emoji WhatsApp yang tersedia pada smartphone kamu, baik itu smartphone Android maupun iPhone.

Dengan semakin bertambahnya varian-varian emoticon terbaru, pasti kamus emoji yang Jaka bahas kali ini akan sangat membantu kamu dalam memahaminya.

Apakah masih ada emoji lainnya yang belum disebut pada ulasan di atas? Jika ya, tuliskan pada kolom komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT

4 Cara Membuat Stiker WA (WhatsApp) Sendiri di Android, Bisa Tanpa & dengan Aplikasi!

Cara Menyimpan Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Aplikasi Tambahan!

Cara Membuka Blokir WA Orang yang Memblokir Kita Tanpa Ganti Nomor (Terbaru 2022)

150 Kata-Kata Lucu Gokil dan Paling Konyol yang Bikin Ngakak (Terbaru 2022)

Cara Menggunakan Stiker untuk WhatsApp Biar Tambah Gaul!

undefined
Kembali Keatas