15 Aplikasi Menggambar di HP Android Terbaik 2022, Langsung Jago!

Ditulis oleh Jaka - Senin, 14 Maret 2022, 19:15
Ini daftar aplikasi menggambar di HP Android terbaik yang bisa kamu gunakan. Selamat berkarya dengan aplikasi menggambar paling asyik!

Aplikasi menggambar di HP kini bisa menjadi salah satu alternatif terbaik buat kamu yang memiliki hobi menggambar dan menyukai hal-hal praktis.

Bukan hanya karena kepraktisannnya saja, aplikasi semacam ini juga tentunya menawarkan pengalaman berbeda yang nggak bisa kamu dapatkan jika menggambar di atas kertas biasa, geng.

Maka nggak heran kalau aplikasi Android khusus untuk menggambar kini banyak bermunculan di Play store, menyaingi aplikasi pembuat logo. Namun, manakah yang terbaik?

Nggak perlu bingung! Berikut Jaka punya beberapa rekomendasi aplikasi untuk menggambar di HP terbaik yang bisa menjadi pilihan.

1. Flipaclip

FlipaClip adalah aplikasi yang bisa membantumu membuat animasi frame-by-frame dan mudah. Kamu dapat membuat kartun, animasi film, dan merancang gambar animasi unik dan menarik, geng.

Aplikasi gambar Android gratis ini akan memberikan pengalaman menggambar mulai dari membuat sketsa, storyboard, animasi, dan lainnya. Dengan kontrol sederhana dan intuitif yang mudah kamu bisa membuat semua itu.

Kamu juga bisa membagikan kreasi animasi dengan dunia di YouTube, Instagram, TikTok, dan platform populer lainnya. Seiap gambar bisa kamu ubah menjadi gif animasi.

ADVERTISEMENT

Tak hanya sekadar menggambar dan berkarya untuk dinimati, menariknya kamu juga bisa memenangkan hadiah dari tantangan aplikasi ini.

Detail FlipaClip
Developer Visual Blasters LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 68MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.6/5.0

Download aplikasi FlipaClip di sini

2. Paintastic

Paintastic adalah aplikasi untuk menggambar di HP membuat gambar berwarna, lukisan indah, desain, logo, kartu ucapan, stiker WhatsApp, dan masih banya lainnya lagi.

Lewat aplikasi aplikasi menggambar di Android tanpa stylus ini kamu bisa memulai dari awal atau mempercantik gambar dan foto yang sudah ada. Download aplikasi menggambar ini sekarang.

Kamu tidak perlu menjadi desainer grafis atau seniman untuk melukis dan membuat karya seni. Gunakan fitur seperti kuas, tekstur, bentuk, dan banyak lagi untuk mengekspresikan diri tanpa batas!

Detail Paintastic
Developer Creativity Unlimited
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 17MB
Download 500.000+
Rating (Google Play) 4.5/5.0

Download aplikasi Paintastic di sini

3. SketchAR

SketchAR bisa membuat kreativitasmu semakin berkembang dengan aplikasi gambar sketsa satu ini. Aplikasi ini mengusung pendekatan interaktif unik dari digital AR, pengeditan foto, dan gamifikasi.

Aplikasi menggambar Android ini menggabungkan AR dan AI untuk mempercepat pengalaman belajar kamu dan membuatnya lebih menghibur. Kalau kamu mau menciptakan karya NFT, aplikasi untuk menggambar di HP ini cocok dicoba.

Tersedia beberapa fitur unik di dalamnya, seperti AR untuk menggambar di mana melalui kamera ponsel, kamu bisa melihat sketsa AR di permukaan. Fitur ini cocok digunakan profesional untuk membuat skala sketsa ke permukaan seperti dinding.

Buat pemula, aplikasi ini dapat membantu untuk belajar menggambar dengan mudah dan cepat. Kamu juga dapat memulai dengan set pemula atau mempelajari lebih dalam topik tertentu untuk meningkatkan keterampilan.

Detail SketchAR
Developer SKETCHAR
OS Minimal Android 7.0 ke atas
Ukuran 133MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi SketchAR di sini

4. ibis Paint X

Aplikasi pertama yang ada di daftar ini adalah ibis Paint X. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang akan sangat berguna untuk para seniman ilustrasi.

Selain memiliki lebih dari 300 brush dengan layer yang tak terbatas, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk merekam progres kita.

Aplikasi ini juga memiliki 63 filter, 46 screen tone, 27 mode blending, fitur stroke stabilization, variasi penggaris, dan fitur clipping mask.

Kalau sudah selesai membuat karya, kamu bisa membaginya secara online ke pengguna lain. Ada dua opsi premium yang bisa kamu pilih, antara sekadar menghapus iklan atau menjadi anggota Prime yang fiturnya lebih lengkap.

Kamu bisa berkunjukng ke kanal YouTube resminya jika sedang merasa buntu ataupun kesulitan menggunakan aplikasi ini.

Detail ibis Paint X
Developer ibis inc.
OS Minimal Android 4.1 ke atas
Ukuran 56MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.4/5.0

Download aplikasi ibis Paint X di sini

5. dotpict - Easy to Pixel Arts

Kalau kamu sukanya menggambar dengan gaya pixel art atau retro, maka aplikasi dotpict yang satu ini bakal cocok banget buat kamu, geng! Pilih warna, lantas arahkan kursornya, tekan. Semudah itu.

Download aplikasi menggambar ini untuk membuat kamu bisa menggambar 8-bit terasa seperti permainan. Kamu bisa menggunakan jarimu tanpa perlu membeli stylush yang harganya lumayan menguras kantong.

Ada berbagai ukuran kanvas yang bisa digunakan, tergantung kamu ingin menggambar apa. Kalau sekadar karakter anime mungkin tak perlu besar-besar. Kalau menggambar satu kota penuh butuh kanvas yang besar.

Aplikasi untuk menggambar di Android tanpa stylush ini juga mencakup penyimpanan otomatis, undo, redo, dan fitur ekspor setelah selesai menggambar.

Detail dotpict - Easy to Pixel Arts
Developer dotpict LLC
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 12MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.4/5.0

Download aplikasi dotpics di sini

6. Bamboo Paper

Untuk para pengguna tablet, ada pula aplikasi Bamboo Paper yang merupakan aplikasi sederhana untuk membuat gambar di HP Android.

Dengan aplikasi ini, kamu akan mengubah perangkat Androidmu menjadi semacam buku catatan yang bisa digunakan untuk membuat sketsa ataupun menggambar apapun.

Aplikasi menggambar di HP untuk pemula ini dilengkapi dengan pilihan warna yang beraneka ragam. Kamu bisa menambahkan detail-detail terkecil dengan fitur zoom unik yang dimiliki.

Untuk hasil terbaik, disarankan untuk menggunakan Bamboo Stylush ya, geng!

Detail Bamboo Paper
Developer Wacom Co. Ltd.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 44MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.3/5.0

Download aplikasi Bamboo Paper di sini

7. Adobe Illustrator Draw

Meskipun terkenal karena harga produknya yang mahal, nyatanya Adobe menghadirkan Adobe Illustrator Draw yang bisa kamu gunakan secara gratis di perangkat Android.

Aplikasi ini hadir dengan antarmuka yang sederhana, mekanika gerakan yang intuitif, dan daftar fitur yang bakal bantu kamu untuk menggambar di HP maupun tablet Android.

Sama seperti versi PC-nya, aplikasi ini dapat membuat dan menyimpan gambar berformat vektor. Artinya, gambar buatanmu akan terlihat lebih jernih dan jelas.

Kalau kamu termasuk orang profesional, aplikasi ini bisa memenuhi semua kebutuhan gambarmu.

Detail Adobe Illustrator Draw
Developer Adobe
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi Adobe Illustrator Draw di sini

8. PaperColor

Ketika aplikasi menggambar lain berusaha memberikan tampilan yang modern dan minimalis, aplikasi PaperColor akan memberimu pena dan kuas secara langsung.

Dengan demikian, smartphonemu akan terasa sebagai kanvas yang siap untuk digores tanganmu. Pilihan kuasnya menjadi salah satu yang terlengkap dibandingkan aplikasi sejenis.

Kamu juga bisa mengimpor foto dan mengaturnya ke mode transparan. Dari sana, kamu bisa belajar membuat sketsa dengan mudah dan cepat.

Maka dari itu, aplikasi ini cocok untuk kamu yang masih sedang belajar menggambar. Aplikasi ini menyediakan versi VIP-nya untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap.

Detail PaperColor
Developer Colorfit
OS Minimal Android 4.0.3 ke atas
Ukuran 16MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi PaperColor di sini

9. PicsArt Color Paint

PicsArt Color Paint adalah aplikasi menggambar Android yang akan memudahkanmu untuk membuat ilustrasi dan gambar. Semua fungsi bisa dimunculkan dengan beberapa ketukan.

Dengan banyaknya fitur yang dimiliki, kamu bisa memberikan berbagai efek khusus pada gambar. Kamu bisa menyesuaikan warna dan kuas sesuai kebutuhan. Pilihan kuas dan warnanya jangan ditanya, ada banyak banget!

Aplikasi ini juga memiliki fitur blending warna dan penyesuaian layer. Ada juga text tool kalau kamu ingin memasukkan tulisan.

Detail PicsArt Color Paint
Developer PicsArt
OS Minimal Android 4.0.3 ke atas
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi PicsArt Color Paint di sini

10. SketchBook - draw and paint

Butuh aplikasi yang akan membantumu menggambar imajinasi yang terlintas di kepala? Coba deh aplikasi SketchBook dari Autodesk yang satu ini.

Aplikasi ini memiliki banyak pilihan brush, enam mode blending, variasi zoom yang luas, hingga sensitivitas tekanan. Benar-benar lengkap, deh!

Semua fitur lengkapnya bisa kita gunakan secara gratis tanpa syarat. Bahkan, versi desktopnya juga bisa kamu gunakan secara cuma-cuma.

Detail SketchBook - draw and paint
Developer Autodesk Inc.
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.1/5.0

Download aplikasi Sketchbook di sini

Aplikasi Menggambar Terbaik di Android Lainnya

11. MediBang Paint - Make Art!

Salah satu aplikasi gambar yang tidak boleh kamu remehkan adalah MediBang Paint yang satu ini. UI-nya mirip dengan apliaksi-aplikasi Adobe sehingga akan membuatmu merasa familier.

Aplikasi ini cocok untuk kamu yang ingin membuat komik ala manga Jepang. Kamu akan menemukan alat untuk membuat panel komik, nada layar, font huruf, dan masih banyak lainnya.

Kelebihan utama dari aplikasi menggambar Android anime ini adalah semua fiturnya bisa diakses secara gratis. Hasil karyamu bisa disimpan di cloud saving sehingga kamu bisa membukanya di platform lain.

Oh, iya, selain di perangkat Android kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini di iOS, Mac, dan Windows.

Detail MediBang Paint - Make Art!
Developer MediBang Inc.
OS Minimal Android 5.0 ke atas
Ukuran 25MB
Download 10.000.000+
Rating (Google Play) 4.1/5.0

Download aplikasi Medibang Paint di sini

12. ArtFlow

ArtFlow siap menyulap perangkatmu menjadi buku sketsa digital dengan lebih dari 80 kuas cat, noda, isian, dan alat penghapus. Aplikasi menggambar 3D di Android ini cocok buat kamu yang hobi menggambar.

Aplikasi menggambar offline ini juga memungkinkanmu untuk menggambar secara cepat dan intuitif. Keluarkan semua imajinasi terbaik dan liarmu ke aplikasi menggambar Android satu ini.

Berkat dukungan untuk pena sensitif tekanan (seperti S Pen Samsung), perangkat kamu akan berubah menjadi kanvas nyata. Ini adalah salah satu aplikasi menggambar di Android tanpa stylus terbaik!

Detail ArtFlow
Developer Artflow Studio
OS Minimal Android 4.4 ke atas
Ukuran 12MB
Rating (Google Play) 4.1/5.0

Download aplikasi ArtFlow di sini

13. Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad

Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad mungkin secara tampilan bukan merupakan aplikasi menggambar yang memang ditujukan untuk kalangan profesional.

Namun, tentunya sudah cukup untuk menggambar sketsa dan lukisan dengan ketersediaan banyak pilihan kuas, pensil, dan warna yang bisa digunakan.

Aplikasi menggambar untuk anak ini pas banget buat kamu yang hendak menyalurkan hobi walau masih amatiran!

Detail Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad
Developer 4Axis Technologies
OS Minimal Android 6.0 ke atas
Ukuran 70MB
Download 5.000.000+
Rating (Google Play) 4.0/5.0

Download aplikasi Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad di sini

14. PicsArt

Selama ini mungkin sebagian dari kita hanya mengenal PicsArt sebagai aplikasi edit foto terbaik untuk perangkat Android dan iPhone. Padahal, PicsArt memliki fungsi lain yang bisa kamu andalkan juga untuk menggambar, lho.

Hal ini berkat adanya sebuah fitur bernama Drawing Tools, yang memungkinkan kamu untuk menggambar di atas foto menggunakan berbagai jenis brush yang disediakan.

Bukan untuk kebutuhan profesional memang, tapi fitur ini sudah cukup membantu buat kamu yang ingin menambahkan coretan-coretan aesthetic pada hasil editan foto kamu.

Detail PicsArt
Developer PicsArt
OS Minimal Bervariasi berdasarkan perangkat
Ukuran Bervariasi berdasarkan perangkat
Download 500.000.000+
Rating (Google Play) 4.2/5.0

Download aplikasi PicsArt di sini

15. Concepts

Concepts adalah aplikasi yang fleksibel untuk berpikir, merencanakan, dan berkreasi lewat gambar. Kamu bisa membuat sketsa ide di kanvas digital ini tanpa batas.

Aplikasi ini dioptimalkan untuk perangkat berkemampuan pena terbaru dan Chrome OS. Jangan takut berkreasi dengan setiap coretan karena kamu dapat memperbaikinya dengan mudah.

Aplikasi menggambar 3D di Android ini bahkan digunakan oleh orang-orang luar biasa di Disney, Playstation, Philips, HP, Apple, Google, Unity, dan Illumination Entertainment.

Detail Concepts
Developer TopHatch, Inc.
OS Minimal Android 7.0 ke atas
Ukuran 18MB
Download 1.000.000+
Rating (Google Play) 4.7/5.0

Download aplikasi Concepts di sini

Bonus: Rekomendasi Pen Tablet Murah & Terbaik

Setelah kamu mengetahui deretan aplikasi menggambar di HP Android (dan juga iPhone), Jaka juga menawarkan gadget lain yang bisa kamu gunakan untuk menggambar, yaitu pen tablet.

Keuntungannya jelas besar banget, geng, mengingat pen tablet memang dikhususkan untuk menggambar desain dan rancangan estetik.

Bagi kamu yang ingin tahu lebih lanjut, Jaka sudah buat artikel tentang rekomendasi pen tablet murah dan terbaik di bawah ini.

12 Rekomendasi Pen Tablet Murah & Terbaik | Cocok Buat Pemula!
Pen tablet sangat memudahkan designer dan illustrator dalam bekerja. Kalau kamu sedang mencari pen tablet murah & terbaik, berikut daftarnya!
LIHAT ARTIKEL

Bonus: Aplikasi Desain Grafis untuk Android & PC

Kamu juga bisa menggunakan deretan aplikasi desain grafis terbaik untuk menggambar desain favoritmu.

Selain aplikasinya terbukti berkualitas, lewat aplikasi menggambar di PC & HP ini, gambarmu dijamin jauh lebih matang dan jelas.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut aplikasi desain grafis untuk Android dan PC yang sudah Jaka tulis di bawah ini.

10 Aplikasi Desain Grafis Terbaik Untuk Android Dan PC | Download Gratis!
Ingin tahu aplikasi desain grafis terbaik di 2020? Berikut Aplikasi desain grafis Android dan PC terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membantu pekerjaanmu.
LIHAT ARTIKEL

Daftar Aplikasi Menggambar di HP Android Terbaik

  1. Flipaclip
  2. Paintastic
  3. SketchAR
  4. ibis Paint X
  5. dotpict
  6. Bamboo Paper
  7. Adobe Illustrator Draw
  8. PaperColor
  9. PicsArt Color Paint
  10. SketchBook - draw and paint
  11. MediBang Paint - Make Art!
  12. ArtFlow
  13. Drawing Desk Draw Paint Color Doodle & Sketch Pad
  14. PicsArt
  15. Concepts

Akhir Kata

Itulah daftar rekomendasi aplikasi gambar Android gratis terbaik yang wajib dicoba buat kamu yang memiliki passion di dunia ilustrasi digital nih. Download aplikasi menggambar untuk membuat karya yang keren, geng!

Jika kamu punya rekomendasi aplikasi lain, jangan ragu buat berbagi dengan yang lainnya pada kolom komentar di bawah ya! Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT

20 Aplikasi Desain Rumah PC & Android Terbaik 2022, Pas Buat Pemula!

13 Aplikasi Desain Baju & Kaos Terbaik 2021, Untuk Android & PC!

15 Aplikasi Edit Foto Jadi Kartun Terbaik 2022, Lagi Viral dan Hasilnya Keren

40 Gambar Anime Lucu Terkocak| Bikin Wibu Ketawa Sendiri!

Kumpulan 100+ Foto & Gambar Lucu Terbaru 2021, Ngakak Seharian!

111+ Gambar Wallpaper Keren HD untuk HP dan Laptop, Keren Banget!

undefined
Kembali Keatas