Tutorial Cara Mudah Menggambar Anime Bagi Pemula

Ditulis oleh Jaka - Minggu, 30 Desember 2018, 10:00
Siapa yang ingin bisa menggambar anime? Buat kamu yang ingin belajar, berikut ada tutorial cara menggambar anime yang mudah dilakukan bagi pemula.

Gambar anime tuh susahnya minta ampun! Banyak banget teknik yang harus dilakukan, mulai bikin sketsanya gerakan tubuhnya sampai kasih detail-detail kecil. Boro-boro gambar satu tubuh, bikin mata aja enggak bisa-bisa!

Benarkah begitu?

Mungkin tutorial yang kamu baca bukan untuk pemula. Tenang, Jaka udah bikin cara menggambar anime untuk pemula buat kamu. Jaka yakin jika kamu baca artikel ini sampai habis dijamin langsung bisa!

BACA JUGA
  • 75+ Gambar Anime Keren Terbaik 2020, Cocok untuk Wallpaper!
  • 20 Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Dijamin Epic Abis!
  • 10 Game Anime Offline 2018 Paling Gokil Tanpa Butuh Internet!

Tutorial Cara Menggambar Anime Jepang untuk Pemula

Supaya enggak omdo, Jaka yang belum pernah nggambar anime juga ikutan nyoba lo gaes. Hasilnya memang enggak bagus-bagus amat, tapi setidaknya membuktikan kalau kamu juga pasti bisa!

Jaka akan kasih cara menggambar anime langkah demi langkah. Di sini, sebagai contoh Jaka akan ngasih cara menggambar anime perempuan, untuk yang laki-laki menyusul ya!

Sumber foto: youtube.com

Btw, kalau kamu ingin mencoba tutorial ini di pagi hari, pasti butuh alarm. Jaka ada lo tulisan tentang aplikasi alarm bertemakan anime, langsung aja buka di sini!

Selain itu, Jaka saranin buat kamu untuk pakai pensil selama latihan ya!

ADVERTISEMENT

Cara Menggambar Anime (Bagian Kepala)

Pertama-tama, kamu harus latihan untuk menggambar berbagai ornamen wajah. Bagian ini penting karena ekspresi karakter ditampilkan oleh wajah, sehingga kamu butuh latihan yang tekun untuk bisa fasih menggambarnya.

Buat inspirasi menggambar, mungkin kamu bisa unduh wallpaper bertemakan anime di bawah ini!

100+ Wallpaper Anime Keren Terlengkap Di 2018
Wallpaper anime keren favoritmu yang bikin tampilan HP kamu makin kece. tersedia banyak di sini! Yuk download wallpaper anime keren HD 4k di sini!
LIHAT ARTIKEL

Langkah 1: Latihan Menggambar Pinggiran Mata

Hal pertama yang mungkin kamu butuhkan sebelum menggambar karakter anime adalah berlatih membuat mata.

Kamu bisa mulai mencoba bagian luar mata terlebih dahulu dengan menggunakan satu garis. Tebalkan garis yang sudah kamu buat tadi, tapi hanya bagian atas dan samping saja.

Langkah 2: Latihan Menggambar Pola Mata

Nah, jika rangka mata sudah selesai, kamu bisa membuat beberapa pola mata yang sesuai dengan keinginanmu.

Gambar mata ke 1, 2, dan 4 adalah mata dalam kondisi biasa, gambar mata ke 3 dan 5 adalah mata yang menghadap ke atas, dan mata ke 6 adalah mata yang digunakan untuk mengekspresikan keterkejutan.

Langkah 3: Latihan Menggambar Kedua Mata

Setelah fasih menggambar satu mata, maka sudah saatnya kamu menggambar pasangannya. Kamu harus memilih, karakter yang ingin kamu buat sedang menghadap lurus atau sedikit miring.

Jika posisi kepala lurus, maka ukuran mata harus sama, akan tetapi jika posisi kepala miring, buat sedikit tipis mata yang posisinya lebih jauh dari sudut pandangnya.

Langkah 4: Menggambar Bagian Wajah Lain

Jika sudah puas berlatih membuat mata, langkah selanjutnya adalah menggambar bagian lain dari wajah, seperti mulut dan hidung.

Mata yang sama bisa memiliki makna yang berbeda dengan menggambar mulut. Maka dari itu pastikan bahwa apa yang ingin kamu ekspresikan tergambar melalui mulut.

Jangan lupa untuk menggambar garis wajah agar gambar animemu mulai terlihat.

Cara Menggambar Anime (Sketsa Tubuh dan Kepala)

Gimana, sudah lancar menggambar bagian wajah? Saatnya melangkah maju ke tahap selanjutnya, yakni menggambar sketsa tubuh.

Sketsa ini akan menjadi dasar bagaimana karaktermu akan bergerak, entah berdiri ataupun duduk.

Langkah 5 (Menggambar Sketsa Tubuh)

Oke, masalah wajah selesai, sekarang saatnya kita melangkah ke tahap selanjutnya, yakni menggambar tubuh. Kamu perlu membuat sketsanya terlebih dahulu, ingin karaktermu bergerak seperti apa.

Untuk karakter wanita, biasanya memiliki kaki yang lebih panjang dari manusia normal. Selain itu, posisi bahu juga lebih kecil dan dekat dengan kepala jika dibandingkan dengan pria.

Langkah 6 (Menggambar Kepala)

Setelah selesai membuat sketsa tubuh, saatnya mencoba hasil latihan menggambar kepala. Lingkaran kepala yang sudah kamu gambar tadi adalah panduanmu.

Bengkokkan garis untuk menciptakan dagu. Buat juga garis lengkung untuk panduan menggambar wajah, dari dagu ke bagian atas kepala dan dari bagian kiri wajah mengelilingi ke sebelah kanan.

Langkah 7 (Menggambar Mata)

Saatnya mulai sedikit detail! Gambarkan mata yang sudah kamu latih berkali-kali dari garis lengkung yang horizontal. Ingat, mata yang berada lebih jauh dari sudut pandangnya digambar lebih tipis.

Mau istirahat dulu? Enaknya sambil nonton anime, nih Jaka kasih link rekomendasinya!

Langkah 8 (Menggambar Bagian Wajah Lain)

Tambahkan beberapa detail untuk bagian wajah, seperti hidung dan mulut untuk menunjukkan ekspresi apa yang ingin kamu tunjukkan.

Cara Menggambar Anime (Menggambar Tubuh dan Rambut)

Langkah 9 (Membuat Garis Tubuh)

Kita kesampingkan dulu masalah kepala, sekarang malih beralih ke bagian tubuh. Dengan menggunakan garis sketsa yang sudah dibuat tadi, gambarlah bagian sisi-sisi tubuhnya.

Untuk karakter wanita seperti pada contoh, pergelangan tangan dan kaki lebih kecil daripada karakter laki-laki. Leher dan bahu juga harus diperhatikan betul agar karakter tidak seperti karakter laki-laki.

Selanjutnya adalah pinggang. Karakter perempuan anime harus memiliki lekuk tubuh. Pinggul harus terlihat lebih lebar daripada bagian bahu.

Langkah ini termasuk langkah yang paling vital, jadi kamu harus berhati-hati ketika menggambarnya.

Langkah 10 (Menggambar Rambut)

Oke, kita mulai menambahkan detail-detail lagi. Pertama adalah menggambar rambut. Pada contoh, Jaka kasih contoh rambut dengam model ear tails.

Potongan rambut ini adalah model rambut di mana rambut samping jatuh di depan telinga hingga mencapai bagian dagu. Gambarkan rambut dari sisi kepala yang melengkung dan tambahkan beberapa poni di atas mata.

Langkah 11 (Menambah Detail Rambut)

Selanjutnya, kamu bisa menggambar bagian pony tail-nya. Buat semacam sanggul di bagian belakang kepala, lalu gambarkan rambut di bagian samping seolah-olah rambut tertiup angin.

Cara Menggambar Anime (Bagian Pakaian dan Finishing)

Oke, saatnya memasuki bagian terakhir, yakni memberikan detail-detail terakhir dan tentu saja menggambarkan desain pakaian untuk karakter kita.

Langkah 12 (Menggambar Pakaian)

Bagian kepala selesai, sekarang saatnya menjadi desainer pakaian. Kamu bisa menggambar model apapun, tapi di sini Jaka menggunakan seragam sekolah.

Jaka mendesain seragam yang longgar agar tidak melanggar peraturan sekolah, sehingga harus ada sedikit jarak antara pakaian dan garis sketsa yang sudah dibuat. Untuk bagian leher, Jaka menggunakan kerah bermodel V.

Langkah 13 (Memberikan Detail Pada Pakaian)

Tambahkan beberapa detail seragam, seperti garis-garis di tepi seragam dan dasi. Ingat, seragam bukan benda dua dimensi, jadi gambar seragam yang kamu buat harus terlihat sedang dikenakan oleh karaktermu, bukan hanya ditempel.

Langkah 14 (Menggambar Bawahan)

Selesai atasan, saatnya menggambar bawahan. Karena tadi temanya tertiup angin, maka buat rok sedikit mengembang.

Kamu bisa mulai dengan menggambar bagian tengah dulu agar ukuran rok bisa simetris. Semakin ke tepi, semakin tinggi garis rok yang digambarkan.

Langkah 15 (Terakhir)

Karaktermu hampir selesai! Gambarlah detail-detail lain yang tersisa, seperti kaus kaki, sepatu, dan tentu saja jari tangan.

Periksa juga bagian wajah, karena tadi Jaka belum memberitahu untuk menggambar alis dan telinga yang tersembunyi di balik poni.

Akhir Kata

Gimana, mudah bukan tutorial cara menggambar anime untuk pemula di atas? Jaka aja bisa, apalagi kamu. Langkah-langkah yang ada di atas tadi Jaka ambil dari hellokids.com. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Anime atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT

16 Game Dragon Ball Terbaik di Android, PC, dan Konsol

20 Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa, Jadi Pengen Punya Waifu!

12 Situs Nonton Anime Sub Indo Gratis & Terlengkap 2020 | Streaming One Piece Kualitas HD!

Auto Wibu! Inilah Aplikasi Edit Foto Muka Jadi Tokoh Anime

10 Rekomendasi Anime Terbaru dan Terbaik 2020, Semua Genre Ada!

Kembali Keatas