J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Tips Memilih Kamera Digital, Kamera DSLR Atau Mirrorless?

Tips Memilih Kamera Digital, Kamera DSLR Atau Mirrorless?

Sabtu, 28 Jan 2017, 16:00 WIB
Berhati-hatilah agar tidak tertipu! Berikut ini tips memilih kamera digital dan pertimbangan sebelum kamu membelinya..

Buat kamu penggila fotografi, tapi kurang puas memotret menggunakan kamera smartphone, mungkin sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk membeli kamera digital.

Banyak banget pilihan kamera digital saat ini. Nah, agar tidak menyesal, tentunya kamu harus hati-hati ketika membeli kamera digital untuk pertama kali. Berikut tips memilih kamera digital dan pertimbangan sebelum kamu membeli kamera digital.

BACA JUGA
  • Cara Membuat Kamera Smartphone Secanggih Kamera Mirrorless
  • 10 Channel YouTube Terbaik untuk Belajar Fotografi
  • 6 Tips Merekam Video di Android Agar Terkenal Seperti Raditya Dika

Tips Memilih Kamera Digital! Pertimbangkan Hal Berikut Ini.

Kamera Smartphone Flagship Vs Kamera Digital

Kamera Smartphone Flagship

Sumber foto: Foto: Pcadvisor

Smartphone flagship kini sudah dibekali dengan kamera yang canggih dan disebut-sebut sudah menyamai kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR). Banyak yang beralih menggunakan kamera smartphone karena kemudahan penggunaannya.

Contohnya, sekarang banyak para awak media yang memotret saat liputan dengan smartphone. Jadi, yakin masih ingin membeli kamera digital saat ini?

Mungkin kamu bisa merenungkan jawaban kamu sendiri, jika memang fotografi adalah passion kamu, maka jangan ragu untuk membeli dan belajar menggunakan kamera digital. Sesuaikan juga ya dengan kebutuhan dan tujuan kamu.

DSLR Vs Mirrorless

Dslr Vs Mirrorless Camera

Digital Single Lens Reflex (DSLR) telah sejak lama menjadi pilihan utama para fotografer. Namun, dalam beberapa tahun terakhir mirrorless interchangeable lens cameras atau biasa disebut kamera mirrorless ini semakin populer digunakan.

Kamera jenis ini menggunakan sebagian besar sensor yang sama dengan komponen seperti DSLR. Namun dengan viewfinder elektronik dan ukuran yang jauh lebih kecil serta lebih ringan.

Selain DSLR dan mirrorless, ada juga kamera point and shoot alias kamera saku yang juga sangat populer sebelum munculnya smartphone. Kamera jenis ini harganya terbilang murah, tapi jika kamu membutuhkan sesuatu yang lebih baik dari kamera smartphone, jawabannya memang hanya DSLR dan mirrorless meskipun kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

Sekarang, keputusan terbesar kamu adalah ketika harus memilih antara DSLR dan mirrorless. Kemampuan DSLR bagaimana pun tak perlu diragukan lagi dan masih banyak diandalkan oleh para profesional. Ya, meskipun kamu harus agak repot dibandingkan mirroless. Selain itu, para produsen juga terus berupaya untuk membuat kamera mirroless lebih canggih.

Cara Expert Menggunakan Mode Manual Di Kamera Smartphone
Cara Expert Menggunakan Mode Manual di Kamera Smartphone
Pada kondisi tertentu mode otomatis pada kamera smartphone tidak mampu menghasilkan foto sesuai harapan kita. Beruntung, sekarang sudah mulai banyak smartphone yang punya mode kamera manual. Begini cara menggunakan mode manual smartphone
LIHAT ARTIKEL

Pertimbangan Memilih Kamera Digital Antara DSLR dan Mirrorless

Mirrorless

Sumber foto: Foto: Pictured

Fitur apa yang kamu butuhkan? DSLR memiliki fitur faster burst rates, baterai yang lebih baik, lebih banyak pilihan lensa. Jika kamu memerlukan kamera dengan berbagai fitur yang bisa di-upgrade, jelas pilihannya DSLR.

Namun, jika kamu menginginkan sebuah kamera yang lebih kecil untuk dibawa sehari-hari, pilihannya adalah mirrorless. Bagaimana pun ukuran itu penting. DSLR ukurannya relatif lebih besar dan kurang portable.

Mana yang kamu sukai? Coba pinjam kamera teman kamu dan rasakan perbedaan antara menggunakan DSRL dan mirroless, sekalian minta saran dari mereka yang lebih ahli.

Akhir Kata

Demikianlah tips memilih kamera digital yang bisa kami rangkum, jika kamu memutuskan untuk membeli DSLR pilihannya dua produsen yakni Canon dan Nikon. Sementara, jika kamu memilih kamera mirrorless, ada Sony, Fujifilm, dan Olympus.

Ingat, membeli kamera digital berarti juga melakukan investasi. Share pendapat kamu! Baca juga artikel seputar Kamera atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

Banner: Shawacademy.com

ARTIKEL TERKAIT
APPS TERKAIT
Logo Kmbtechnologies Klaksontelolet Icon
Klakson Telolet 4.4
Apps KMB Technologies
Logo Disney Disneygif Icon
Disney GIF 1.0.9
Apps Disney
Logo Telkom Useetv Icon
UseeTV 4.4.4
Apps PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk
Bersosial Icon
Bersosial 5.0.1
Apps DanPros
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jangan Salah Beli, Kenali 3 Jenis Kamera DSLR ini

Jangan Salah Beli, Kenali 3 Jenis Kamera DSLR ini

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas agar Tidak Mudah Tertipu

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas agar Tidak Mudah Tertipu

Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?

Kamera Digital Vs Kamera Smartphone; Mana yang Lebih Baik?

Pengen Hits dan Kekinian? Ini 5 Kamera Polaroid Terbaik Harga Rp1 Jutaan

Pengen Hits dan Kekinian? Ini 5 Kamera Polaroid Terbaik Harga Rp1 Jutaan

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal