J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Situs Belajar Online Berbasis Video Untuk Pelajar, Jauh Lebih Murah Daripada Les Private!

Rabu, 6 Sep 2017, 15:00 WIB
Kali ini Jaka akan mengulas situs belajar online berbasis video untuk pelajar. Simak selengkapnya ya!

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa belajar itu butuh proses. Dan tentu ada banyak manfaat yang bisa didapat dari hasil belajar itu. Nah, salah satu proses pembelajaran di luar sekolah adalah les tambahan atau bimbingan belajar. Seiring berkembangnya teknologi, para penyedia layanan bimbingan belajar kemudian menjadikan bimbingan belajar ini menjadi lebih mudah, yaitu dengan belajar secara online. Dengan cara ini siswa tidak perlu repot-repot lagi ke mana-mana, cukup di rumah, di depan layar HP atau laptop.

Jaka pribadi sangat senang bisa belajar online, hanya dengan menonton video tutor-tutor yang sedang menjelaskan materi, langsung bisa paham. Dan salah satu kelebihan dari bimbingan belajar berbasis video adalah videonya bisa diulang-ulang, jadi ketika lupa, tinggal play aja deh. Nah, karena itu kali ini Jaka akan mengulas situs belajar online berbasis video untuk pelajar. Beda dengan di sekolah atau bimbingan belajar biasa, di situs belajar online berbasis video ini materinya bisa dijelaskan ulang. Simak selengkapnya yuk!

BACA JUGA
  • 10 Kamera Terbaik yang Biasa Digunakan Oleh Para YouTuber
  • Cara Jadi Kaya Lewat YouTube! Ini 12 Kiat Sukses Jadi YouTuber di 2017
  • 5 Aplikasi Wajib Instal Bagi YouTuber Pemula | Modal HP!

5 Situs Belajar Online Berbasis Video Untuk Pelajar, Jauh Lebih Murah Daripada Les Private!

Sebelum kita bahas situs-situsnya, perlu Jaka ingatkan bahwa sebagian situs-situs ini berbayar, dan sebagian lainnya gratis. Kalau saran Jaka sih pilih yang berbayar saja karena kualitasnya juga terjamin. Tapi bukan berarti yang gratisan itu kualitasnya nggak bagus ya. Nah, langsung saja kita bahas tuntas situs-situsnya beserta daftar harganya.

1. Quipper Video

Menurut Jaka, di antara semua situs belajar online, Quipper inilah yang paling bagus. Memang berbayar, tapi kualitasnya juga menjanjikan. Untuk materi yang tersedia yaitu 10 mata pelajaran (IPA, IPS, Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia) untuk SMA, dan 5 mata pelajaran (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, kimia, dan biologi) untuk SMP.

Fitur fiturnya bisa dibilang sangat lengkap, ada panduan belajar, video penjelasan dari tutor, soal-soal latihan, dan try out. Untuk harga, baik SMP maupun SMA dibanderol Rp390.000 per tahun ajaran. Saran Jaya jika ingin mendaftar di Quipper Video, pas di awal tahun pelajaran. Selain itu ada paket lain juga yang ditawarkan Quipper Video, yaitu Paket Naik Kelas, berlaku 2 tahun pelajaran dan harganya Rp790.000.

2. Zenius

Tak kalah bagus dari Quipper Video, Zenius juga punya kualitas yang sangat bagus. Banyak dari member-member Zenius yang merasa puas. Untuk materinya, Zenius menyediakan video pembelajaran untuk SD, SMP, dan SMA. Selain itu banyak juga video motivasi yang dibuat oleh para tutor untuk para member terkait dengan pembelajaran, contohnya saja bagaimana cara mengatur waktu dalam belajar, cara mengatasi masalah-masalah dalam belajar, dan masih banyak lagi yang lain.

Untuk harga voucher, mulai dari Rp165.000, berlaku untuk satu bulan. Ada juga yang 3 bulan, 6 bulan , 9 bulan, hingga 12 bulan dengan harga yang bervariasi. Untuk selengkapnya bisa langsung cek di situsnya. Saran JAka jika kamu tertarik bergabung menjadi member di Zenius, beli voucher langsung yang 12 bulan aja dengan harga Rp440.000. Lebih hemat dibanding beli 12 voucher yang 1 bulan, harganya bisa jutaan tuh.

3. Si Bejoo

Berbeda dengan dua situs sebelumnya, sibejoo.com menyediakan ribuan video pembelajaran yang bisa diakses dengan cuma-cuma alias gratis (asalkan ada akses internet). Jadi situs ini mencanangkan program berbagi sejuta video untuk negeri.

Jadi tentor-tentornya itu bisa dibilang relawan sih. Tapi mereka pintar-pintar dan gaul-gaul loh. Karena tentor-tentornya yang gaul-gaul kita jadi menerima pembelajaran dengan santai dan tenang. Materi yang disediakan ada empat mata pelajaran, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi SMA.

3. Ruang Video

Jadi, situs ini bernama ruangguru.com yang di dalamnya terdapat ruang-ruang lainnya seperti Ruang Video, Ruang Les, Ruang Latihan, dan lain-lain. Karena kita akan membahas pembelajaran berbasis video, maka yang dibahas hanya ruang videonya saja. Video yang tersedia adalah video-video persiapan UN dan SBMPTN untuk kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA.

Untuk kelas lainnya saat ini belum tersedia. Namun, kamu bisa menggunakan fitur-fitur lainnya dari ruang guru seperti yang sudah Jaka sebutkan tadi. Dan salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh ruangguru.com adalah tutor-tutornya yang merupakan lulusan universitas terkenal dunia seperti Harvard, Nanyang, dan UI.

Untuk harganya mulai dari Rp149.000 untuk satu bulan akses video. Saran Jaka, karena yang disediakan hanya video persiapan UN dan SBMPTN untuk saat ini, maka beli paket yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Misalnya, kamu mau persiapkan UN sedini mungkin, boleh kok ambil paket yang 6 bulan. Kalau kamu maunya belajar sebulan sebelum UN ambil yang satu bulan aja.

4. Ini Budi

Sama seperti sibejoo.com, inibudi.org juga menyediakan video pembelajaran gratis untuk pelajar-pelajar Indonesia. Bedanya dengan situs-situs yang lain, situs ini baru saja mulai dibangun dan kekurangan relawan. Jadi video yang tersedia tidak begitu banyak. Kamu juga bisa menjadi relawan untuk Ini Budi dengan cara membuat video pembelajaran untuk situs ini. Untuk materi pelajaran yang ada di Ini Budi mulai dari SD hingga SMA.

Nah, itu dia beberapa situs belajar online berbasis video untuk pelajar yang bisa kamu akses untuk belajar. Dengan belajar dari video, kamu nggak perlu takut ketinggalan materi karena semua materi bisa ditonton ulang.

ARTIKEL TERKAIT
Video Editor Untuk Smartphone
10 Aplikasi Video Editing Terbaik untuk Android
Banner Mashable Animasi
GRATIS dan Mudah! Ini Dia Caranya Buat Video Grafis Profesional
Video Terpopuler Di Youtube Indonesia Banner
20 Video Terpopuler di YouTube Tahun 2016 Karya Indonesia
10 Aplikasi Edit Video Di Iphone Dan Ipad Terbaik 2020 Gak Kalah Sama Di Macbook 3955a
10 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2020, Keren Abis!
Cara Membuat Video Gaming
Cara Membuat Video Seperti PewDiePie
APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.5.32.5811
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Ocean King Icon
Ocean King : Fishing Arcade 1.1
Games 88 Entertaiment
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Pasti Kaya! Ini 5 Website Untuk Jualan Video Buatan Sendiri
Pasti Kaya! Ini 5 Website Untuk Jualan Video Buatan Sendiri
7 Situs Download Stok Video Gratis Berkualitas Tinggi, YouTuber Wajib Tahu!
7 Situs Download Stok Video Gratis Berkualitas Tinggi, YouTuber Wajib Tahu!
7 Jenis Video Populer di YouTube yang Bisa Buat Kamu Jadi YouTuber
7 Jenis Video Populer di YouTube yang Bisa Buat Kamu Jadi YouTuber
Bukan Hanya YouTube, 6 Website Ini Juga Mau Membayar Video Buatan Kamu Lho
Bukan Hanya YouTube, 6 Website Ini Juga Mau Membayar Video Buatan Kamu Lho

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal