J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Membuat Video ala Raditya Dika Hanya Bermodalkan Smartphone

Cara Membuat Video ala Raditya Dika Hanya Bermodalkan Smartphone

Kamis, 17 Agt 2017, 15:00 WIB
Kali ini Jaka akan bagikan tutorial membuat video berkualitas ala Raditya Dika. Semoga bisa membantu kamu yang sedang berniat belajar ya!

Sering main YouTube atau main vlog? Atau mungkin kamu tidak pernah, tapi sedang berniat untuk belajar membuat video berkualitas baik untuk YouTube ataupun Vlog. Nah, tutorial membuat video berkualitas ala Raditya Dika ini mungkin bisa membantu kamu yang sedang berniat belajar.

Membuat video berkualitas sebenarnya nggak wajib mengandalkan kamera khusus, bermodal smartphone saja sudah cukup. Tapi, usahakan smartphone kamu mempunyai kamera minimal 8 MP, kalau bisa lebih, supaya hasilnya memuaskan. Kalau sudah siap, maka bisa langsung simak ulasan Jaka di bawah ini ya!

BACA JUGA
  • 10 Kamera Terbaik yang Biasa Digunakan Oleh Para YouTuber
  • Cara Jadi Kaya Lewat YouTube! Ini 12 Kiat Sukses Jadi YouTuber di 2017
  • 5 Aplikasi Wajib Instal Bagi YouTuber Pemula | Modal HP!

Cara Membuat Video ala Raditya Dika Hanya Bermodalkan Smartphone

1. Bersihkan Kamera Smartphone Agar Tidak Buram

B60d1b6632816a782ed390f1250e0fc3

Yang pertama adalah hal umum, namun tidak sedikit yang sering mengabaikan hal ini. Padahal bisa dibilang penting loh. Tujuannya untuk membersihkan debu supaya kamera ponsel kamu jernih. Untuk membersihkannya kamu bisa memakai apa saja, misalnya tisu.

2. Setting Manual Pilih Kualitas Terbaik 1080p

47bb5ae654ffdf556aef65906c8c8a75

Yang kedua, tentu membuka kamera smartphone. Kemudian setting atau atur secara manual. Kamera tanpa kita setting biasanya kualitasnya berada pada titik terendah sehingga pengaturan secara manual diperlukan agar kualitasnya pas dengan kebutuhan kita. Saran Jaka adalah pilih kualitas 1080p atau yang paling terbaik.

3. Jangan Mengaktifkan EIS Pada Pengaturan

Edf563c57a1aa8267360b7384a15c71e

Apa itu EIS? EIS adalah singkatan dari Electrical Image Stabilization*. Sedikit saran, sebaiknya kamu jangan mengaktifkan fitur EIS ini ya, karena dapat membuat kualitas video menjadi tidak bagus alias turun kualitasnya.

Tapi kalau smartphone kamu sudah dibekali fitur Optical Image Stabilization atau yang biasa disebut OIS maka kamu boleh mengaktifkannya. Tapi, yang jelas fitur ini hanya ada pada ponsel flagship.

4. Akan Lebih Baik Jika Menggunakan Alat Pelengkap Seperti Stabilizer Atau Tripod

42343f476b3a514bdd6f1d92ac765781

Untuk memperoleh video yang lebih menarik, kamu harus sedikit mengeluarkan modal. Setidaknya, kamu memakai alat pelengkap seperti Stabilizer atau Tripod sehingga nggak akan goncang saat merekam videonya. Sebab salah satu kendala saat merekam dengan smartphone adalah selalu disertai goncangan.

Kelebihan mengandalkan alat pelengkap seperti ini yaitu kamu bisa membuat video sendiri tanpa perlu minta bantuan dan merepotkan orang lain. Tapi, jika kamu tidak punya, maka abaikan saja alat pelengkap semacam stabilizer atau tripod ini.

5. Rekam Secara Horizontal Agar Hasilnya Lebih Memuaskan

565196a2ff8d7a4592281fa60f56aff3

Mulai merekam dong! Tunggu apa lagi? Tapi, Jaka sarankan untuk merekam secara horisontal sehinggga videonya akan tampak lebih baik. Terlebih, merekam secara horizontal ini akan membuat kamu lebih mudah saat pengeditan.

6. Aktifkan Fitur Slow Motion Atau Sesuaikan Semaksimal Mungkin

D208dab3914f81208b583a23c8961cec

Yang terakhir, sebenarnya dikhususkan untuk kamu yang punya smartphone berspesifikasi handal. Coba untuk berinovasi sedikit dengan videomu dengan mengandalkan fitur bawaan smartphone seperti Fitur Slow Motion. Fitur ini hanya ada pada smartphone flagship saja. Jika ponselmu kelas standar, coba sesuaikan fitur apa pun sebaik-baiknya.

Kamu hanya perlu mengantur pada fps, coba kamu setting pada 60fps atau boleh juga yang lebih tinggi lagi. Dengan begitu, videomu bakal jadi keren.

Itulah ulasan tentang cara membuat video ala Raditya Dika hanya bermodalkan smartphone. Bagaimana? Mudah banget kan bikin video berkualitas? Nggak perlu pakai kamera khusus kok, asalkan kamera smartphone kamu memadai, dijamin bakal bagus video yang kamu hasilkan. Dengan begitu, kamu bisa upload di YouTube atau bikin vlog deh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

ARTIKEL TERKAIT
Video Editor Untuk Smartphone

10 Aplikasi Video Editing Terbaik untuk Android

Banner Mashable Animasi

GRATIS dan Mudah! Ini Dia Caranya Buat Video Grafis Profesional

Video Terpopuler Di Youtube Indonesia Banner

20 Video Terpopuler di YouTube Tahun 2016 Karya Indonesia

Aplikasi Edit Video Iphone 399a8

10 Aplikasi Edit Video di iPhone dan iPad Terbaik 2020

Cara Membuat Video Gaming

Cara Membuat Video Seperti PewDiePie

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Ocean King Icon
Ocean King : Fishing Arcade 1.1
Games 88 Entertaiment
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal