J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Perbedaan MOBA, RPG Dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu!

              Perbedaan MOBA, RPG Dan MMORPG, Gamer Wajib Tahu!

              00
              Selasa, 6 Mar 2018, 14:00 WIB
              Kalau kamu suka main game, pasti pernah dengar genre RPG, MMORPG dan MOBA. Ini dia perbedaan dari ketiga genre game berikut.

              Salah satu hobi kebanyakan orang, yaitu bermain game. Memang terbukti bermain game sangat menyenangkan. Selain itu, beberapa game bahkan bermanfaat untuk pendidikan.

              Kalau kamu suka main game, pasti pernah dengar genre RPG, MMORPG dan MOBA. Kira-kira apakah maksudnya, apakah kamu tahu? Karena ternyata banyak yang keliru! Supaya kamu nggak salah, yuk dengar penjelasan Jaka berikut...

              BACA JUGA
              • Pakai Unreal Engine 4, Game Tekken 7 Baru Resmi Dirilis!
              • Main TEKKEN 7 Bisa Dapet Duit JUTAAN! Kok Bisa?

              Perbedaan Genre Game MOBA, RPG Dan MMORPG

              foto-natsume-genregame
              Sumber foto: Gambar: Natsume

              Genre game sebetulnya nggak penting-penting banget kalau menurut Jaka. Apapun genre game yang kamu suka, itu adalah hak masing-masing gamer. Tapi jangan sampai kamu ngaku gamer, tapi nggak tahu genre-genre game yang ada. Duh malu-maluin pastinya. Biar nggak salah, berikut penjelasannya...

              Pengertian Genre RPG

              foto-mobilelegends-genregame1
              Sumber foto: Gambar: CD Projekt Red

              RPG merupakan singkatan dari Role Playing Game. Sesuai namanya apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, di dalam game ini kamu akan memerankan tokoh buatan dan menjalani serangkaian cerita dari tokoh tersebut.

              Gampangnya sih, game yang membuat kamu memerankan seorang tokoh tertentu. Itu sudah, itu adalah jenis game RPG.

              Contoh Game RPG:

              Pengertian Genre MMORPG

              foto-mobilelegends-genregame2
              Sumber foto: Gambar: MMOs

              MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Secara garis besar, mirip dengan RPG. Dimana pada game ini kamu memerankan seorang tokoh, lalu menjalani serangkaian cerita.

              Perbedaannya, disini kamu main ramai-ramai secara online. Jadi katakan kamu jadi Archer, lalu si B jadi Swordman, lalu si C jadi Monk, lalu D, E dan lain-lain. Semuanya bersama-sama menjadi tokoh fiksi, lalu menjalani serangkaian cerita.

              Contoh Game RPG:

              Pengertian MOBA:

              foto-mobilelegends-genregame3
              Sumber foto: Gambar: Mobile Legends

              MOBA merupakan singkatan dari Multiplayer Online Battle Arena. Bisa dibilang merupakan kombinasi antara RPG dan MMORPG, hanya saja disini kamu tidak menjalani serangkaian cerita bersama. Namun disediakan sebuah arena, lalu kamu bertanding melawan pemain-pemain lain secara online.

              Salah satu gamer yang sering keliru, MOBA tidak ada hubungan dengan penggunaan analog. Itu hanya sebatas variasi kontrol saja. Jadi seperti Mobile Legends dan Mobile Arena yang memakai analog, tetap merupakan genre MOBA.

              Contoh Game MOBA:

              Akhir kata

              Gimana, sekarang kamu sudah lebih jelas bukan? Diantara RPG, MMORPG dan MOBA kamu paling suka yang mana? Share ya! Oh iya, pastikan juga kamu membaca artikel terkait Game atau tulisan menarik lain dari 1S.

              Banner: Mobile Legends

              Nggak Perlu Beli! Begini Cara Buat SSD Sendiri Gratis
              Pilihan varian SSD di pasaran sendiri beragam, namun secara garis besar harganya mahal. Kalau kamu juga ngerasa kemahalan, mending buat aja deh sama Jaka. Mau tahu caranya? Yuk simak cara buat SSD sendiri gratis ini!
              LIHAT ARTIKEL

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal