J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan Microsoft Excel Online, Solusi Saat Kepepet Mengolah Data!

Jumat, 4 Jun 2021, 19:30 WIB
Tidak perlu download dan kamu bisa mengerjakannya kapanpun dengan koneksi internet, coba Microsoft Excel Online Sekarang!

Aplikasi pengolah angka memang ada berbagai jenisnya, termasuk Microsoft Excel. Namun, tahukah kamu kalau ada Microsoft Excel Online?

Yaps, salah satu produk yang akan membantu seputar pengolahan angka dalam dunia kerja ini, memiliki versi online tanpa perlu download dan instal. Jadi, buat kamu yang penasaran seperti apa dan cara pemakaiannya. Simak ulasan Jaka berikut ini!

Apa itu Microsoft Excel Online?

Aplikasi Excel Online adalah salah satu produk microsoft bisa kamu akses seca online untuk digunakan, tanpa perlu instal melalui desktop ataupun membeli lisensinya.

Selain bisa diakses secara gratis, situs ini juga menyediakan fitur-fitur Excel terbaru, loh! Jadi, kamu bisa tetap menggunakan rumus-rumus Excel untuk membantu memudahkan mengerjakan berbagai penghitungan, baik itu mengumpulkan maupun memvisualisasikan data.

Dasar-Dasar Excel Online

Ketika kamu ingin menggunakan aplikasi Excel Online maka bisa membukanya melalui website resmi Microsof Office di www.microsoft.com

Ketika kamu menggunakan cara dengan membuka Website resminya maka akan melihat berbagai template untuk memulai lembar kerja baru.

Selanjutnya kamu harus membuat akun terlebih dulu untuk bisa menggunakannya secara online dan menikmati berbagai fitur-fitur pada Excel versi online. Tidak hanya itu saja, Excel Online juga terdapat pada Extensions Chrome.

Jadi ketika ingin lebih cepat menggunakannya kamu bisa menautkannya secara langsung pada browser. Website ini juga bisa dikases digunakan pada Android dan IOS.

Perbedaan Excel Online dan Excel Offline

Meskipun dibekali dengan kegunaan yang sama, tentunya Excel offline atau yang biasa ada di PC kita dan menggunakan Excel versi online ada perbedaannya. Untuk itu berikut perbedaannya.

Excel Offline Excel Online
Membutuhkan biaya mahal karena kita harus membeli lisensi Microsoft Office lebih dulu. Tidak butuh biaya bisa menggunakan website Microsoft.
Tidak membutuhkan koneksi internet. Membutuhkan koneksi internet yang stabil.
Fitur terbatas sesuai versi Microsoft Excel yang digunakan. Fitur lebih lengkap dan terbaru.
Tidak bisa berbagi melalui link ataupun diedit bersama-sama. Bisa berbagai link dan diedit bersamaan.

Fungsi Microsoft Excel Online

Pada Microsoft Excel versi Online terdapat 471 rumus fungsi yang bisa digunakan. Misalnya saja fungsi Excel versi desktop terbaru seperti CONCAT, TEXTJOIN, XLOOKUP, dan berbagai fungsi filter lainnya.

Kalau kamu ingin belajar tentang kumpulan rumus Excel lengkap untuk digunakan, baca artikel ini ya!

Rumus Excel Lengkap 8bede
Kumpulan Rumus Excel Lengkap Dan Fungsinya, Kerjaan Makin Mudah!
Berikut adalah kumpulan rumus Excel lengkap yang paling sering digunakan di dunia pendidikan / pekerjaan. Ada contoh penggunaan & fungsinya, lengkap!
LIHAT ARTIKEL

Nah, kalau kamu hanya mencari rumus Excel yang biasa dipakai di dunia kerja, Jaka juga punya artikelnya, nih! Yuk, baca!

Rumus Excel Bannerx C589b
Jobseeker Wajib Baca! Kumpulan 28 Rumus Excel Di Dunia Kerja Paling Penting 2021
Microsoft Excel kini menjadi skill yang wajib dimiliki di dunia kerja. Simak kumpulan rumus Excel penting yang wajib kamu ketahui berikut ini (Update 2021)
LIHAT ARTIKEL

Cara Menggunakan Excel Online

Ketika kita ingin menggunakan Excel versi online tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Untuk itu berikut langkah-langkah ketika kamu ingin memulai menggunakannya.

  1. Buat akun Microsoft Online di sini login.microsoftonline.com dan ikuti prosedurnya. Kamu bisa menggunakan email, nomor telepon ataupun Skype untuk membuatnya.
  2. Setelah kamu memiliki ID, maka bisa masuk ke OneDrive.
  3. Klik buat dan pilih Excel untuk membuat lembar kerja baru.
  4. Buat tabel ataupun kebutuhan penghitungan yang kamu inginkan.
  5. Setelah selesai, kamu bisa klik File dan Save.

Ketika kamu sudah menyimpan lembar kerja Excel Online maka data tersebut akan ada di OneDrive. Jadi, kamu bisa membukanya kembali ataupun mengeditnya.

Selain itu, pada Excel Online juga terdapat fitur bagikan. Jadi, kamu bisa berbagai data tersebut dengan mudah kepada rekan kerja untuk melakukan pengeditan, memberikan komentar dan lain sebagainya melalui link maupun email.

Cara Memindahkan Excel Offline ke Excel Online

Bagi kamu yang sudah menggunakan Excel Online tentunya ingin memindahkan data yang Excel sebelumnya pernah dibuat menjadi online agar lebih mudah sehingga kamu bisa mengedit dan memindahkan file biasa ke online maupun offline secara otomatis.

Kamu bisa menggunakan 2 cara untuk memindahkan Excel offline ke versi Online, diantaranya:

  1. Buka OneDrive.com lalu drag and drop file Excel untuk menyimpannya secara online.
  2. Unduh aplikasi OneDrive lalu sinkronkan file ke Cloud.

Akhir Kata

Bagi kamu yang tidak ingin melakukan pekerjaan pengolahan angka dimana saja maka Microsoft Excel Online bisa jadi pilihannya.

Selain hanya perlu internet yang stabil, aplikasi ini juga bisa dibagikan kepada rekan kerja. Jadi, berminat beralih ke aplikasi Excel Online?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Ruli.

ARTIKEL TERKAIT
Lukisan Dari Microsoft Excel
11 Karya Lukisan Indah Ini Dibuat Hanya dengan MICROSOFT EXCEL! Gimana Caranya?
Cara Membuka Excel Yang Tidak Bisa Diedit Banner 763c8
2 Cara Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit | Singkat & Praktis!
Banner Jadi A9a17
Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dan 2016, Mudah dan Cepat
4 Cara Membuat Ranking Di Excel Dengan Mudah Langsung Tahu Siapa Juaranya 0cba3
4 Cara Membuat Ranking di Excel dengan Mudah | Langsung Tahu Siapa Juaranya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal