J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Aplikasi Pengolah Angka | Wajib Tahu!

Pengertian, Fungsi, dan Contoh Aplikasi Pengolah Angka | Wajib Tahu!

Minggu, 21 Jun 2020, 09:00 WIB
Terbiasa bekerja mengolah data dan angka? Kalau begitu, kamu harus tahu aplikasi pengolah angka terbaik, geng! Nggak cuma Microsoft Excel, lho!

Di dunia kerja, aplikasi pengolah angka dinilai sangat penting, terutama di bidang industri seperti keuangan, pendidikan, penelitian, rekayasa, dan statistik.

Salah satu aplikasi pengolahan angka atau spreadsheet yang paling populer adalah Microsoft Excel besutan perusahaan raksasa, Microsoft Corporation.

Tapi, masih ada banyak aplikasi pengolah angka yang sangat bermanfaat dan menawarkan fitur canggih. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Pengertian Aplikasi Pengolah Angka

Sebelum membahas tentang apa saja aplikasi pengolah angka yang bisa kamu gunakan, Jaka akan lebih dulu menjelaskan mengenai aplikasi jenis ini, geng.

Aplikasi pengolah angka atau spreadsheet adalah program komputer yang digunakan untuk memanipulasi, menangkap, dan menampilkan data yang disusun dalam kolom dan baris.

Dalam komputer, spreadsheet berisi tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Tabel tersebut berisi nilai yang sudah saling berhubungan, geng.

Artinya, saat kamu mengubah salah satu nilai yang ada dalam tabel, maka nilai yang berada di tabel lain juga perlu diubah agar hasilnya sesuai.

Meski sama-sama berfungsi untuk mengolah angka, tentunya aplikasi pengolah angka berbeda dengan aplikasi matematika untuk menghitung angka, geng.

Fungsi Aplikasi Pengolah Angka

Secara garis besar, aplikasi pengolah angka spreadsheet memiliki fungsi utama untuk memproses data dalam bentuk angka.

Tapi, jika dijabarkan lebih lanjut, aplikasi spreadsheet memiliki beragam fungsi lain yang mencakup hal berikut ini:

  • Membantu membuat tabel data
  • Mengelola angka dalam bentuk grafik
  • Mengelola angka dalam hal statistik
  • Membantu membuat lembar kerja
  • Memiliki fungsi untuk perhitungan di bidang ilmiah
  • Menyederhanakan perencanaan
  • Mengolah data disertai dengan database, grafik, formula, dan sebagainya.

Dengan kata lain, fungsi aplikasi pengolahan angka bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan, penjualan, pembelian, menghitung formula, membuat tabel lembar kerja, dan masih banyak lagi.

Macam-macam Aplikasi Pengolah Angka

Sudah paham, kan, tentang pengertian dan fungsi aplikasi pengolah angka? Sekarang saatnya Jaka mengulas tentang beberapa aplikasinya.

Di bawah ini, Jaka akan membahas contoh aplikasi pengolah angka yang bisa kamu gunakan untuk memudahkanmu dalam melakukan aktivitas pekerjaan.

1. XESS

Aplikasi multiplatform rancangan Applied Information System (AIS) ini memiliki dalam 2 versi, yaitu versi Enterprise untuk peggunaan perusahaan dan versi Lite untuk pengguna perorangan.

Untuk pengguna di tingkat enterprise, XESS Plus dilengkapi dengan fungsi-fungsi standar dan kompatibel dengan Lotus dan Excel, geng.

Xess Plus juga dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Micro Add-Ins, dan XessSDK dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pemrograman.

Selain itu, aplikasi pengolahan angka XESS ini bisa digunakan pada berbagai sistem operasi, di antaranya UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.

Download aplikasi XESS di sini.

2. OpenOffice Calc

Aplikasi yang Jaka rekomendasikan selanjutnya adalah OpenOffice Calc. Aplikasi ini bersifat open source dan memiliki banyak kegunaan, geng.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan, menampilkan data yang diolah dalam bentuk grafik, dan juga dapat digunakan untuk mengolah data yang disajikan dalam bentuk spreadsheet.

Selain memiliki sheets dengan tampilan mirip Excel yang rapih, aplikasi ini juga memiliki tampilan yang dilengkapi dengan menu dan desain sederhana sehingga mudah dioperasikan.

Download aplikasi OpenOffice Calc pada tautan di bawah ini.

Apache OpenOffice 4.1.1
Apps Office & Business Tools OpenOffice.org
DOWNLOAD

Contoh Aplikasi Pengolah Angka Lainnya...

3. GNOME Office Gnumeric

Contoh aplikasi pengolah angka lainnya adalah Gnumeric. Spreadsheet ini merupakan aplikasi open source dan multiplatform yang masih satu keluarga dengan GNOME Office.

Selain mmemilki 95% fungsi-fungsi yang terdapat di Excel dan 100% fungsi-fungsi engineering, aplikasi ini juga bisa mengatur format teks dan menebak tipe data yang dimasukkan secara otomatis.

Keunggulan dari Gnumeric adalah tampilannya yang user friendly sehingga mudah digunakan. Menu yang berisikan toolbar juga semakin memudahkanmu saat menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi gratis ini bisa kamu download di laman resminya maupun melalui situs download aplikasi PC, geng.

Download aplikasi Gnumeric di sini.

4. Abacus

Abacus merupakan aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan penyimpanan memori yang kecil. Penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah, geng.

Karena membutuhkan memori yang kecil, Abacus memiliki lembar kerja yang banyak tapi jumlahnya dibatasi karena ketersediaan memori komputer.

Ada pun fitur lain dari aplikasi ini seperti perintah pengeditan data di sel, berbagai pemformatan sel, hingga menyisipkan, menghapus, serta mengubah ukuran kolom dan baris.

Awalnya, Abacus dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portuga. Pengembangan aplikasi ini juga dibimbing oleh Prof. Arlindo Oliveira.

Download aplikasi Abacus di sini.

5. Microsoft Excel

Seperti yang Jaka bilang tadi, aplikasi pengolah angka terbaik dan paling populer adalah Microsoft Excel, geng.

Kalau kamu terbiasa bekerja menggunaka laptop atau PC, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan aplikasi ini. Kamu juga mungkin sudah menggunakannya dari jaman sekolah.

Aplikasi spreadsheet yang dirilis di bawah naungan Mocrosoft Corporation ini bisa dioperasikan pada sistem operasi Windows dan Mac OS.

Aplikasi Microsoft Excel memiliki semakin banyak pengguna, terlebih karena bisa digunakan pada perangkat lain, yakni smartphone Android maupun iPhone.

Selain dibekali fitur kalkulasi dan pembuatan grafik, Microsoft juga menyediakan berbagai rumus di Excel yang bisa membantumu mengolah angka dengan lebih mudah.

Download aplikasi Microsoft Excel pada tautan di bawah ini.

Microsoft Excel 16.0.4201.1006
Apps Office & Business Tools Microsoft Corporation
DOWNLOAD

Bonus: Cara Membuat Pivot Table di Excel dan Google Sheet

Software pengolah tabel Microsoft Excel kini semakin canggih dan praktis. Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti cara memaksimalkan fitur di dalamnya.

Misalnya saja salah satu fitur paling berguna dari Microsoft Excel bernama Pivot Table. Kamu tahu cara membuatnya, geng?

Untuk yang belum tahu cara membuat Pivot Table di Excel dan Google Sheet, Jaka sudah siapkan penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Cara Membuat Pivot Table Di Excel Dan Google Sheet Untuk Mengolah Data, Mudah Banget!
Bingung cara untuk mengolah ratusan hingga ribuan data di Excel dengan mudah? Gak perlu pusing, simak artikel berikut untuk mengetahui cara membuat pivot table
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itu tadi pengertian, fungsi, dan macam-macam aplikasi pengolah angka yang perlu kamu tahu, terlebih jika kamu bekerja di bidang yang membutuhkan keahlian mengolah angka.

Dengan aplikasi tadi, proses pengolahan data berupa angka bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan praktis, geng. Jadi, mana favoritmu?

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Tia Reisha.

ARTIKEL TERKAIT

7 Aplikasi Beli Saham Online Terbaik 2020, Mudah & Terpercaya!

Cara Membuat Grafik di Excel 2010 dan 2016, Mudah dan Cepat

7 Aplikasi Office Android Ringan & Terbaik 2020, Buat Makin Produktif!

Cara Ubah PDF ke Excel dengan Mudah dan Praktis, Nggak Harus Bayar

Cara Print Excel Agar Rapi, Tidak Terpotong & Full Kertas

7 Aplikasi Penghitung Kalori Terbaik 2020, Dijamin Kurus!

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal