J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Saat Internetan! Kalau Tidak...

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Saat Internetan! Kalau Tidak...

Rabu, 24 Mei 2017, 12:00 WIB
Kebiasaan buruk apa sih yang tidak boleh dilakukan saat online? Yuk, simak ulasan Jaka berikut ini ya.

Mungkin kita semua sering melakukan kebiasaan buruk setiap hari. Misalnya malas olahraga, jarang sarapan, dan lain sebagainya. Saking seringnya, kebiasaan tersebut sudah menjadi sebuah rutinitas sehari-hari.

Rupanya tak hanya di dunia nyata saja kebiasaan buruk bisa dilakukan. Saat online pun tanpa disadari kita sering melakukannya. Rutinitas yang tidak baik ini jika dilakukan terus-menerus dapat membahayakan diri kita sendiri. Lalu, kebiasaan buruk apa yang tidak boleh dilakukan saat online? Yuk, simak ulasan Jaka berikut ini ya.

BACA JUGA
  • Ssstt, Ini Dia Trik Rahasia Mempercepat Performa Komputer Hingga 150%!
  • Cara Menggunakan Internet HTTP Injector, Bisa Internet Gratis!
  • Penjelasan Ping, Ini Dia Yang Buat Internet Kamu Stabil!

Jangan Pernah Lakukan Hal Ini Saat Internetan!

1. Jangan Mudah Percaya

5a41a3e4fe3b427de125713b10d7a9dd

Kalian tahu hoax? Ya, kini berita hoax atau berita bohong banyak seliweran di internet. Biasanya ciri-ciri berita hoax memiliki judul yang sangat menarik dan menggoda, misalnya berita tentang seorang artis yang bunuh diri atau panduan menemukan lubang jack headphone yang tersembunyi dengan cara mengebornya. Berita model seperti ini terlalu banyak tersebar di internet, dan sayangnya tidak sedikit orang yang tertipu.

Memang tidak mudah untuk menilai sebuah informasi itu benar atau tidaknya. Tetapi jika kalian melihat berita atau mendengarkan sesuatu yang begitu mengejutkan, Jaka sarankan tidak langsung memercayainya. Cari dahulu kebenaran informasi tersebut melalui pencarian internet. Dengan begitu kita akan dapat menentukan informasi tersebut benar adanya atau hanya sekedar hoax.

2. Jangan Abaikan 2FA (Two-Factor Authentication)

Fdd4be85aa161e67f28590566e74ca0b

Fitur 2FA dibuat untuk meningkatkan keamanan akun penggunanya. Sebagian besar layanan populer di internet sudah menawarkan fitur ini, tinggal penggunanya ingin memanfaatkan fitur ini atau tidak. Memang benar, saat memakai fitur ini proses login akan sedikit ribet dan lama. Namun cara ini lebih aman dan para hacker akan kesulitan menembus akun kalian.

Layanan sosial media seperti Instagram sudah menerapkan fitur ini, sehingga ketika pengguna akan login, mereka akan diminta memasukkan kode yang dikirim melalui SMS ke nomor ponsel.

3. Jangan Gunakan Kata Sandi yang Sama Untuk Beberapa Situs

18975d6ffeac6ddefb3fc70d117e5d29

Belum lama ini 'risiko keamanan internet' menjadi perbincangan yang hangat di beberapa situs populer. Jika sampai sekarang kalian masih menggunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun sosial media, maka segera hentikan kebiasaan itu.

Selain itu, jangan juga menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti nama hewan peliharaan, nama tengah, nama pacar, tanggal lahir, dan lain sebagainya. Kata sandi yang umum tersebut sangat mudah untuk dibobol oleh hacker.

4. Jangan Sinkronkan Semua Akun Sosial Media

Afd0d5bff598d0ab5654606874163736

Memiliki banyak akun sosial media pastinya sangat merepotkan. Menggunakan layanan seperti Buffer, Hootsuite, dan SproutSocial merupakan solusi yang tepat untuk membantu kita mengelola semua akun sosial ke dalam satu dashboard. Namun seringk ali orang menggunakan layanan ini untuk melakukan semua posting yang sama di semua profil mereka. Tindakan ini bisa saja mencerminkan jika kita bukan orang yang kreatif, dan perlu diketahui jika media sosial rupanya dapat mencerminkan pribadi kita yang sebenarnya.

5. Jangan Terlalu Banyak Berbagi Informasi Tentang Anak-Anak

13370ef661724904870b964a300fe80f

Berbagi foto anak-anak yang lucu merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan, asal tidak berlebihan dan menimbulkan masalah di kemudian hari. Namun, berbagi foto anak-anak setiap saat dan posting rutinitas mereka sehari-hari merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari mulai sekarang.

Kenapa? Karena informasi yang cenderung sepele tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh orang jahat untuk mencari kesempatan dalam menjalankan aksinya. Jadi, jangan beri akses informasi yang berlebihan di dunia maya dan tetap cerdas menggunakan sosial media.

6. Jangan Gunakan WiFi Umum Tanpa Pengamanan

08e48cf0fd85196924a716e06e4c59de

Kebanyakan dari kita mungkin merasa sangat nyaman nongkrong di kafe sembari menggunakan akses WiFi yang disediakan. Tetapi faktanya, ada banyak sekali layanan WiFi yang tersebar di area kafe tersebut, dan tanpa disadari kita sering terjebak dan asal menggunakannya tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Para hacker bisa dengan mudah membuat akses WiFi tersebut dengan nama yang unik agar orang tertipu untuk mengaksesnya. Jadi, saat pengguna melakukan proses login, saat itu pula hacker dengan mudahnya mem-bypass informasi pribadi kita. Hacker juga mampu mengirim program malware yang sudah disamarkan, sehingga begitu malware terinstal di perangkat korban, hacker dapat dengan mudah mendapatkan kontrol penuh perangkat tanpa sepengetahuan korban.

Untuk mencegah hacker membobol informasi kita, maka gunakan layanan VPN saat mengakses WiFi publik. Dengan begitu, hacker tidak dapat melihat lalu lintas kita secara langsung.

7. Jangan Pernah Debat di Sosial Media

0bc2a82f41d6ff899875c17d39d99da1

Kita mungkin pernah merasa marah saat ada seseorang yang membagikan sesuatu yang sifatnya memprovokasi di sosial media. Tak jarang hal tersebut menimbulkan perbedaan pendapat dan akhirnya timbul perselisihan yang semakin melebar.

Itulah 7 hal yang terlarang dilakukan saat internetan. Menurut kamu bagaimana? Apa kamu pernah melakukan salah satunya? Lalu bagaimana dampaknya dalam kehidupan kamu? SIlakan share di kolom komentar di bawah ini ya. Semoga bermanfaat!

ARTIKEL TERKAIT
Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengguna Android Banner

Waspada, 8 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pengguna Android!

Game Peniru Warcraft 3

5 Game Android 'Peniru' Warcraft 3, Ada yang Pernah Kamu Mainkan?

922a2f21d47b41d3205a4448ab5e8e0b

5 Smartphone Lawas Ini Masih Layak Kamu Pakai Hingga Sekarang!

Asus Zenfone2 12

Cara Merawat Smartphone Non-Removable Battery

Fungsi Wifi Yang Jarang Digunakan Banner

5 Fungsi WiFi di Smartphone yang Jarang Digunakan

APPS TERKAIT
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Internetspeedtest Icon
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Awas, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hack!

Awas, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hack!

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun Kamu Nggak Gampang Di-hack!

Inilah 5 Langkah Mudah Agar Akun Kamu Nggak Gampang Di-hack!

15 Artis Terkenal Ini Tidak Punya Akun Media Sosial, Kenapa Ya?

15 Artis Terkenal Ini Tidak Punya Akun Media Sosial, Kenapa Ya?

Cuma Suka Komen dan Nyebarin Hoax? Ini 6 Jenis Netizen di Internet

Cuma Suka Komen dan Nyebarin Hoax? Ini 6 Jenis Netizen di Internet

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal